Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16924 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Faulkner, David
Yogyakarta: Andi, 1997
658.401 2 FAU e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Saliyastuti
"Perusahaan pelaku bisnis senantiasa dituntut untuk menghadapi dan memenangkan persaingan. Lingkungan operasi perusahaan yang semakin global, dimana batas-batas nasional bukan merupakan halangan lagi untuk melakukan inovasi atas produk, jasa dan sumber daya. Kompetisl akan semakin liberal dan aktifitas bisnis ke depan akan berlanjut dan diwarnai dengan Technological Transfer dan Competitiveness.
Industri telekomunikasi merupakan salah satu sektor industri yang sangat dipengaruhi oleh perubahan ini. Menanggapi semakin tingginya tingkat deregulasi industri telekomunikasi Indonesia dan perkembangan yang berlaku pada sektor industrl Iainnya membuat pelaku bisnis dalam industri telekomunikasi harus mampu menerapkan strategi bersaing untuk mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis.
PT lndosat Tbk merupakan salah satu industri telekomunikasi di Indonesia. Perubahan lingkungan industri telekomunikasi menuntut lndosat menjadi lebih dinamis dan dapat menetapkan strategi bersaing yang mampu mengantisipasi perubahan Iingkungan dengan memperhatikan keunggulan kompetitif yang dimiliki dalam hal kapabilitas dan sumber daya yang dimiliki perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal dalam bisnis telekomunikasl yang mempengaruhi kemampuan PT lndosat Tbk dalam menghadapi persaingan yang semakln kompetitif dan memetakan posisi persaingan PT Indosat Tbk untuk kemudian merumuskan strategi bersaing yang dapat dipilih oleh perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif. Responden penelitian adalah para pejabat di PT Indosat Tbk yang dinilai memiliki keahlian dan kompetensi sebagai expert. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan case studi kepustakaan dan penelitian lapangan melalui pengisian kuesioner.
Analisis strategi mengenai lingkungan internal dan eksternal perusahaan menggunakan aliran posisi dengan memetakan Matriks General Electric dan untuk merumuskan pilihan strategi menggunakan teknik AHP (Analytical Hierarchi Process).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik industri berada dalam posisi yang kuat (menarik) dan kemampuan perusahaan berada pada taraf sedang, maka berdasarkan hasil penelitian disarankan agar PT Indosat Tbk merurnuskan strategi bersaing dengan menggunakan strategi diferensiasi melalui pengembangan produk dan layanan jasa kepada pelanggan.

Companies are always demanded to anticipate and win competition. Companies' operation scope is getting global and national borders are no longer restrictions to make innovation of products, services and resources. Competition is liberally increasing and future business activities will continue and it is colored with Competitiveness.
Telecommunication industry is one of industrial sectors that is highly influenced by these changes. Responding highly increasing deregulation in telecommunication industry in Indonesia, and the development of the other industrial sectors, businessman in telecommunication industry must be able to apply competition strategy to anticipate changes in business world.
PT lndosat Tbk is one of the telecommunication industries in Indonesia. Changers in telecommunication industrial sector demand PT lndosat Tbk to be more dynamic and able to apply competition strategy that is able to anticipate environmental changes by utilizing competitive advantage of the company's capability and resources.
The purpose of this research is to find internal environmental factors in the telecommunication business which is influencing the ability of PT lndosat Tbk in facing increasingly competitive competition, to map PT lndosat Tbk position in the competition and then to formulate the appropriate competition strategy for the company.
Research method that is used is descriptive analysis research method. Research respondents are PT lndosat Tbk executives, which are assumed to have capability and competence as experts. Data collection techniques are library research and field research using questioner polling.
Strategy analysis about company internal and external environment uses position flow by mapping PT lndosat Tbk position on telecommunication business competition using Matrix General Electric and to formulate strategy option Analytical Hierarchy Process (AHP) is applied.
The result of the research shows that telecommunication industry attractiveness is in the strong position (attractive) and company's ability is in the medium position, therefore based on the result of research it is suggested that PT lndosat Tbk fomulate differentiation strategy by product and service development to customers.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T22253
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Rini Setia
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk melakukan analisis strategi bersaing PT Pusri Palembang terkait adanya rencana reformasi kebijakan subsidi pupuk nasional. Dalam rangka memperbaiki skema subsidi pupuk yang berlaku saat ini, Pemerintah sedang mengkaji beberapa alternatif penyaluran subsidi pupuk. Kajian ini masih terus berkembang.Saat ini Pemerintah sedang menerapkan uji coba penyaluran pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani di Jawa Tengah. Kartu Tani merupakan sebuah kartu multifungsi yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, menabung di bank dan selanjutnya akan diintegrasikan dengan program pertanian strategis lainnya. Dengan menggunakan Kartu Tani, penyaluran kuota pupuk bersubsidi khusus diberikan kepada individu petani tepat subjek . Selanjutnya pada tahun 2020, Pemerintah berencana untuk menerapkan Program Bantuan Langsung Petani sehingga petani mendapatkan cash transfer.Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dan dilakukan wawancara dengan petani di Kabupaten Batang dan sejumlah pimpinan di Pusri menggunakan semi structured questionnaire. Analisis terhadap dokumen perusahaan dan kajian tentang subsidi pupuk dilakukan untuk melengkapi hasil wawancara yang telah dilaksanakan.Strategi yang perlu dilakukan perusahaan adalah cost leadership strategy dengan cara efisiensi penggunaan bahan baku, optimalisasi kinerja pabrik dan Cost Reduction Program. Differentiation strategy dapat dilakukan melalui pengembangan produk, hubungan dengan pelanggan dan melalui pembiayaan. Pengembangan inovasi dan knowledge management juga merupakan merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk bertahan dan tumbuh di tengah kompetisi industri pupuk yang semakin ketat.

ABSTRACT
This study aimed to analyze competitive strategies of PT Pusri Palembang related to the national fertilizer subsidy policy reform plan. In order to improve the current fertilizer subsidy scheme, the Government is reviewing several alternatives to fertilizer subsidy distribution.The government currently implementing a trial for the distribution of subsidized fertilizer using Kartu Tani in Central Java. Kartu Tani is a multifunctional card that can be used to purchase subsidized fertilizer, a debit card and will be integrated with other strategic agriculture programs. By using Kartu Tani, the distribution of subsidized fertilizer by quota is given to individual farmers. Furthermore, by 2020, the Government plans to implement Bantuan Langsung Petani and farmers will get cash transfer to buy fertilizer.This research was conducted with approach using case study method and interview with farmers in Batang Regency, Central Java and some leaders in Pusri. An analysis of company documents and a review of fertilizer subsidies was conducted.Strategy that need to be done by Pusri is cost leadership strategy with efficiency of raw material usage, plant performance optimization and Cost Reduction Program. Differentiation strategy can be through product development, customer relations and through financing. Development of innovation and knowledge management is also a step that can be done by Pusri for going concern and grow in the midst of the increasingly fierce fertilizer industry competition."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Windy Bharata
"ABSTRAK
Industri properti di Indonesia pernah mengalami masa boom pada sekitar tahun 1995 -
1996. Khusus di Jakarta bilamana sampai akhir tahun 1994 sudah tersedia I terbangun secara akumulatif sebanyak 6.340 di berbagai wilayah, maka pada tahun berikutnya (1995) bertambah menjadi 14.887 unit. Ini berarti pasokan unit apartemen mengalami kenaikan sebesar 130%.
Masa perkembangan bisnis apartemen menjadi terhambat, ketika Indonesia mengalami
krisis moneter. Krisis berlanjut menjadi krisis sosial ketika terjadi kerusuhan besar pada bulan Mei 1998 di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk kerusuhan etnis di Maluku,
Kalimantan dan Papua. Keadaan ini tentunya membuat WNA menjadi merasa tidak aman dan sebagian besar PMA memutuskan untuk membatalkan atau menarik investasinya dari Indonesia.
Pada iklim ekonomi yang masih lesu, pangsa pasar yang tidak berkembang, maka
strategi bersaing sangat menentukan kelangsungan usaha di bidang Apartemen ini. Competitive Advantage ( keunggulan daya saing ) harus bisa ditemukan dan dimanfaatkan untuk memperbesar pangsa pasar. Analisa Internal seperti analisa SWOT, dan Analisa Industri menjadi hal yang harus dilakukan agar dihasilkan masukan untuk menentukan kebijakan perusahaan.
Dalam tbesis ini dibahas bagaimana kondisi persamgan bisnis apartemen dan bagaimana apartemen Hilton menempatkan posisinya. Sdanjutnya untuk menghadapi
persaingan yang sangat ketat terse but strategi apa yang sebaiknya dilakukan oleh apartemen Hilton
"
2003
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pohan, Kautsar Ridha:
"Monopoli Pertamina di pasar Pelumas telah berakhir, persaingan di pelumas otomotif semakin ketat dengan munculnya pelumas lokal dan import. Pertamina mengalami penurunan kinerja yang berdampak pada merosotnya market share ditengah kepemilikian akan sumber daya yang begitu besar, untuk itu diperlukan analisis eksternal dan internal untuk mengidentifikasi strategi yang dapat dilakukan agar memiliki keunggulan daya saing. Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memperkuat sumber daya baik tangible dan intangible yang memiliki potensi dan lebih berorientasi kepada pasar untuk memiliki daya saing yang unggul melalui transformasi dalam BTP (Breakthrough Project).

Monopoly of Pertamina Lubricant in the market has ended, competition in the automotive lubricant with the advent of increasingly stringent local and imported lubricants. Pertamina has decreased the impact on the performance of market share amid declining resources of ownership for resources so large, it is necessary for external and internal analysis to identification strategies that can be done in order to have a competitive advantage. Strategies that can be done is to strengthen the resources both tangible and intangible that has potential and is more oriented to the market to have competitive advantage by transformation in the BTP (Breakthrough Project)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T28254
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rayyan Hanaya Putri
"Dalam lanskap pasar yang sangat kompetitif, menerapkan strategi kompetitif adalah fundamental bagi perusahaan yang ingin membangun posisi pasar yang kuat relatif terhadap pesaing. Pendekatan strategis ini dapat meningkatkan keunggulan kompetitif dan kinerja organisasi mereka. Namun, penekanan pada penelitian tentang implementasi strategi kompetitif dalam industri asuransi jiwa, terutama di Indonesia, masih kurang. Selain itu, literatur yang ada sebagian besar telah mengabaikan kemampuan adaptasi strategi terhadap lanskap eksternal yang berkembang, aspek penting bagi perusahaan yang beroperasi di pasar dinamis seperti Indonesia. Untuk menjembatani kesenjangan ini, penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan komprehensif terhadap proses-proses yang terlibat dalam implementasi strategi kompetitif, faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan implementasinya, dan manfaat yang dihasilkan dalam industri asuransi jiwa di Indonesia. Data untuk studi ini diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur dengan empat individu yang bertanggung jawab atas implementasi strategi di sebuah perusahaan asuransi jiwa tertentu di Indonesia. Analisis tematik kemudian digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Penemuan menekankan faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi, yang melibatkan penilaian kapabilitas internal dan lingkungan eksternal. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya mengikuti kerangka kerja melingkar untuk implementasi strategi yang efektif, dengan menekankan perlunya menganalisis lingkungan eksternal, menyelaraskan strategi di dalam organisasi, beradaptasi dengan kondisi pasar yang dinamis, dan mengevaluasi kinerja strategi. Melalui implementasi proses yang efektif dan pertimbangan faktor-faktor kunci keberhasilan, perusahaan mampu memperoleh keunggulan kompetitif dan meningkatkan kinerjanya. Oleh karena itu, disertasi ini berkontribusi pada peningkatan pengetahuan di bidang ini dengan menawarkan wawasan terkini tentang implementasi strategi kompetitif dalam industri asuransi jiwa di Indonesia. Ini menekankan pentingnya implementasi yang efektif dalam menghadapi tantangan eksternal dan mencapai keberhasilan dalam lingkungan yang dinamis. Dengan demikian, studi ini memberikan wawasan yang berguna bagi para manajer, menekankan pentingnya menilai lingkungan internal dan eksternal, memastikan keselarasan strategi, mendorong komunikasi yang efektif, dan mempertahankan kelincahan dalam merespons perubahan pasar dan persyaratan regulasi.
In a fiercely competitive market landscape, implementing a competitive strategy is fundamental for companies seeking to establish a strong market position relative to competitors. This strategic approach may enhance their competitive advantage and organisational performance. However, there has been a lack of emphasis on research into the implementation of competitive strategies within the life insurance industry, particularly in Indonesia. Furthermore, existing literature has largely overlooked the adaptability of strategies to evolving external landscape, a critical aspect for firms operating in dynamic markets like Indonesia. To bridge these gaps, this research aims to conduct a comprehensive examination of the processes involved in implementing competitive strategies, the factors influencing their successful implementation, and the subsequent benefits within the Indonesian life insurance industry. Data for this study was obtained through semi-structured interviews with four individuals in charge of strategy implementation at a specific life insurance company in Indonesia. Thematic analysis was then employed to analyse the collected data. The findings underscore the key factors of successful implementation, involving assessment of internal capabilities and external environment. Moreover, it highlights the importance of adhering to a circular framework for effective strategy implementation, emphasising the necessity of analysing external environment, aligning strategy within the organization, adapting to dynamic market conditions, and evaluating strategy performance. Through the implementation of an effective process and consideration of key success factors, the company was able to earn a competitive advantage and enhance its performance. Therefore, this dissertation contributes to advancing knowledge in the field by offering updated insights into competitive strategy implementation within the Indonesian life insurance industry. It underscores the significance of effective implementation in navigating external challenges and attaining success within a dynamic environment. Consequently, the study provides useful insights for managers, emphasizing the importance of assessing both internal and external environments, ensuring strategic alignment, fostering effective communication, and maintaining agility in response to market changes and regulatory requirements."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rothschild, William E.
New York: McGraw-Hill, 1984
658.401 2 ROT h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ifa Dahlia
"Sejak dua tahun terakhir, perusahaan pembiayaan otomotif mulai intens memasuki industri pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB motor sebagai produk alternatif. Industri Pinjaman Dana Tunai cukup berkembang disebabkan kebutuhan masyarakat akan dana tunai yang terus ada. Terlebih paska krisis Keuangan Global akhir 2008, kebutuhan tersebut semakin meningkat dan menjadi peluang bisnis. Peluang yang besar, ditambah kemudahan regulasi, memunculkan pelaku-pelaku pasar yang baru sehingga intensitas persaingan semakin tinggi. Untuk memenangkan persaingan, Adira Finance perlu memformulasikan strategi bersaing berdasar analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada. Strategi terpilih adalah strategi intensif, yaitu strategi pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk.

For the last two years, the automotive finance companies have been competing on cash loan product. Customers need to place their motorcycle Ownership Vehicle Registration Document (BPKB) as a collateral to get the cash. The growth of this specific product is high due to high demand for cash to support customers needs. After global crisis at the end of 2008, the demand increased and many new entrants appeared, made the intensity of rivalry became higher. Adira Finance is formulating competitive strategy based on analysis of strengths, weaknesses, opportunities, and threats to win the competition. The chosen strategy is the intensive strategy: strategic market development, market penetration, and product development."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28118
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Northampton: Edward Elgar, 2012
658.401 2 HAN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dede Mulyana
"Sistem informasi bisa di manfaatkan dalam mendukung perusahaan utk mencapai sasaran bisnisnya. Ketidakselarasan Infrmation System Strategy dan business strategy sudah menjadi isu yang klasik, hal ini seringkali membawa sistem informasi menajdi tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis. Unit TI perusahaan adalah pihak yang paling bertanggung jawab untuk menciptakan nilai dari SI. Penelitian ini dilakukan terhadap unit TI PT. MCND. PR MCND adalah salah satu cabang dari perusahaan modern kelas dunia, Metric International. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam produksi modern, PT MCND baru produk yang murah. Dengan menggunakan IT Strategi Map, penelitian ini mencoba memberdayakan unit IT sebuah perusahaan manufaktur untuk mencapai strategi cost leadership, sehingga mampu meningkatkan kontribusi keuangan ke korporat. Penelitian ini juga akan mencoba membuat unit TI perusahaan untuk mengedepankan dirinya menjadi partner strategis pursahaan melalui effective IT Strategic Management. Hasil dari penelitian iniadalah IT Strategy Map dan portofolio aplikasi yang dapat digunakan oleh unit TI dalam mengelola sistem informas i dan teknologi informasi perusahaan."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
TA106
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>