Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 70240 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zakiruddin Zain
"Perpustakaan memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, karena itu merupakan sumber informasi untuk digali dan diolah oleh peminat-peminatnya menjadi informasi baru. Sudah barang tentu tidak semua peminat dapat menyesuaikan bidangnya dengan setiap jenis perpustakaan, karena koleksi yang dimiliki masing-masing perpustakaan dititik beratkan pada bidang yang selaras dengan tujuan lembaga/badan dimana perpustakaan itu berada. Perpustakaan Departemen Penerangan Pusat ini termasuk jenis perpustakaan khusus yang mempunyai koleksi selaras dengan bidang-bidang yang menjadi tujuan Departemen ini, serta melayani anggota-anggotanya yang terdiri dari para pejabat, para pegawai dan individu-individu yang ada hubungannya dengan Departemen ini."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1973
S15615
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wardhani Kusumawati
"Penelitian mengenai peran perpustakaan telah dilakukan di Perpustakaan Pusat Bank Indonesia, pada bulan November 1994 dan Desember 1994. Tuiuannya ialah untuk memperoleh gambaran seberapa besar peran Perpustakaan Pusat Bank Indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi staf/karyawan. Urusan Ekonomi dan Statistik dan Urusan Sumber Daya Manusia Bank Indonesia, macam jasa yang diberikan, dan sumber-sumber informasi yang dimiliki oleh Perpustakaan Pusat Bank Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Cara penyusunan kuesioner dan pemilihan sampel dijelaskan. Data populasi penelitian diperoleh dari Kepala Seksi Perpustakaan Bank Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa 84,15% menyatakan Perpustakaan Pusat Bank Indonesia dengan jasa-Jasa yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan informasi mereka, 95,12% responden menyatakan bahwa Perpustakaan Pusat Bank Indonesia dapat menunjang tugas/pekerjaan mereka sehari-hari. Jasa peminjaman adalah jasa yang paling sering dimanfaatkan oleh 73% responden. Sumber-sumber informasi yang biasa digunakan adalah buku dan majalah berita. Perpustakaan Pusat Bank Indonesia sudah cukup bermanfaat dan cukup berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi staf/karyawan, tetapi untuk meningkatkan pemanfaatan dan peranannya diperlukan usaha-usaha sebagai berikut : (1) Komputerisasi sarana pelayanan dan sistem temu kembali secara terpasang. (2) Peningkatan kualitas staf perpustakaan, terutama dengan penambahan tenaga pustakawan profesional. (3) Penyiangan koleksi secara teratur, untuk koleksi yang sudah usang dan tidak relevan. (4) Perluasan ruang perpustakaan. (5) Pembuatan katalog induk, untuk mengetahui semua koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Bank Indonesia baik perpustakaan pusat maupun. (6) Perpustakaan mini di kantor cabang dan perpustakaan kantor perwakilan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15876
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harianto
"Skripsi ini mengenai layanan buku elektronik di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia yang membahas karakteristik pengguna dan pemanfaatan layanan buku elektronik pada tahun 2009. Layanan buku elektronik memberikan keuntungan kepada pengguna antara lain akses jarak jauh tanpa dibatasi waktu dan tempat, meningkatkan minat baca dan melek teknologi informasi, membantu kegiatan belajar dan penelitian, serta kenyamanan menggunakan dan menyimpan banyak judul buku elektronik dalam satu perangkat. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survai deskriptif analitik dengan dengan desain cross sectional study. Hasil penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu mengadakan promosi/sosialisasi, pelatihan/pendidikan pemakai tentang layanan buku elektronik dan buku elektronik yang ada di perpustakaan pusat Unversitas Indonesia lebih mudah dicari (user friendly).

The Focus of this study is about electronic books service in the library center, University of Indonesia, which discusses the characteristics of the users and electronic books services in 2009. Electronic books service provide benefits to the user include remote access without limited of the time and place, to increase interest in reading and information technology literacy, to help research and learning activities, and convenience of using or saving multiple electronic books title in one device. Research method in this research using a quantitative approach. This type of research that is descriptive analytical research survey with a cross-sectional study design. Research results suggest that libraries need to conduct promotion/dissemination, training /education about the electronic book and electronic books in the library center, University of Indonesia more easily searchable (user friendly)."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15628
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wardiyono
"Koleksi mikrofis literatur bidang nuklir Perpustakaan Pusat Pengembangan Informatika (PPI) Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) belurn banyak digunakan staf BATAN sebagai sumber informasi bagi penelitian dan tugas mereka. Penelitian deskriptif dilakukan untuk mendapatkan gambaran pengelolaan, pemanfaatan dan hambatan dalam penggunaan koleksi tersebut. Dalam penelitian digunakan tehnik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada para staf di Pusat-pusat penelitian yang berada di Serpong, Pasar Jum'at dan Kantor Pusat BATAN. Metode observasi semi-partisipasi serta wawancara digunakan untuk memperoleh data dari pihak perpustakaan dan stafnya. Dan 274 kuesioner yang disebarkan, diperoleh 139 tanggapan (atau 50,73%). Responden (lebih Bari separuhnya) sejumlah 79 orang (56,83%) ternyata belum mengetahui tersedianya layanan mikrofis di perpustakaan akibat kurangnya informasi tentang koleksi dan belum efektifnya promosi yang dilakukan. Masan yang diajukan untuk tidak menggunakan koleksi ini di perpustakaan disebabkan pula koleksi yang terbatas hanya di PPI Serpong, pelayanan yang dianggap kurang memuaskan, sebagai sesuatu hal yang baru, tidak mudah, terlalu mahal, dan lebih suka literatur tercetak. Perlu diperhatikan juga alasan yang berkaitan dengan pola pencarian informasi staf dan kebiasaan staf dalam membaca literatumya. Sementara dari perpustakaan diharapkan kesiapan dan dukungan program dan kebijaksanaan perpustakaan terhadap koleksi mikrofis yang lebih baik serta perbaikan promosi dan penyebaran informasi koleksi ini. Tanggapan positif diberikan terhadap layanan yang pernah diterima staf dan kesediaan staf untuk menggunakan lagi koleksi ini dimasa mendatang. Pemanfaatan CD-ROM sebagai sarana pendukung masih dapat lebih ditingkatkan melihat kaitannya yang cukup erat dalam pemanfaatan koleksi mikrofis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15641
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulis Indiarto
"ABSTRAK
Penelitian ini berusaha mengetahui pemanfaatan layanan 'online' Pusdata Depperin yang difokuskan pada sudut pandang pemakai. Selain itu penelitian ini bertujuan menggambarkan kebutuhan pemakai Pusdata Depperin dan berusaha mengetahui kesesuaian antara kebutuhan informasi pemakai dengan informasi yang diberikan.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian survei. Pengumpulan datanya dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara acak kepada 95 responden yang merupakan anggota jasa layanan 'online', selain itu dilakukan juga wawancara kepada staf Pusdata Depperin. Hasil penelitian ini diolah dengan tabulasi frekuensi berjumlah 16 buah tabel, 2 diantaranya merupakan tabel silang. Setelelah data tersaji dalam bentuk tabel, kemudian data dianalisa guna pengambilan kesimpulan dengan menggunakan rumus persentase dan parameter untuk penafsiran nilai persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar pemakai jasa 'online' adalah dari kalangan mahasiswa yang bukan merupakan target utama pemakai Pusdata. Selain itu sebagian besar pemakai dari kalangan mahasiswa tersebut menggunakan jasa layanan ini hanya untuk keperluan hiburan dan coba-coba. Sedangkan pemakai dari kalangan usahawan yang juga merupakan target utama telah menggunakan jasa ini untuk membantu tugas pekerjaanya.
Informasi mengenai jasa layanan 'online' Pusdata lebih banyak diketahui secara lisan dari teman. Ini berarti promosi yang dilakukan Pusdata belum maksimal, sehingga target utama pemakai dari Pusdata kurang terjaring. Tingkat keberhasilan pemakai dalam menemukan informasi masih belum maksimal, karena masih banyak pemakai yang merasa kadang-kadang saja menemukan informasi yang mereka cari. Jasa layanan yang diberikan oleh Pusdata secara terpasang ini sangat membantu mengurangi hambatan ruang dan waktu, sehingga pemakai merasa lebih praktis dalam mencari informasi. Namun dari data yang terkumpul dan dari jadwal pemutakhiran data dapat disimpulkan informasi yang disediakan dari Pusdata kurang mutakhir.

"
1995
S15705
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Penerangan RI, 1996
R 353.15 IND s
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Penerangan , 1991
R 338.959 8 IND k
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Tonny Anggoro Wibisono
"TONNY ANGGORO WIBISONO. Penerapan Persyaratan Fungsional dalam Sistem Kearsipan Elektronik : Studi Kasus di Kantor Unit Pusat Kearsipan Departemen Kehutanan (Di bawah bimbingan Ibu Hani Qonitah, MIMS dan Bapak Putu Laxman Pendit, Ph.D) Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003. Penelitian mengenai Sistem Kearsipan Elektronik dan penerapan persyaratan fungsional kearsipan Sistem Kearsipan Elektronik di Kantor Unit Pusat Kearsipan Departemen Kehutanan Cimanggis, sejak bulan Oktober 2002, tujuannya ialah untuk memberikan deskripsi penerapan persyaratan fungsional dalam Sistem Kearsipan Elektronik serta untuk mengetahui apakah sistem kearsipan elektronik layak dan memenuhi persyaratan fungsional kearsipan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung (observasi) pada subjek dan wawancara dengan objek, ditambah dengan studi pustaka atau kajian pustaka subjek dan objek. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem kearsipan elektronik yang digunakan temyata belum menerapkan persyaratan fungsional kearsipan secara keseluruhan. Sehingga belum layak dikatakan sebagai sistem kearsipan elektronik, karena sistem yang digunakan temyata belum menjalankan karakteristik sebagaimana sistem kearsipan elektronik. Sistem Kearsipan Elektronik Departemen Kehutanan saat ini lebih tepat adalah berfungsi layaknya sebagai sistem informasi dalam simpan, temu kembali informasi rekod (arsip dinamis) in aktif. Agar sistem kearsipan elektronik (sistem informasi) di departemen kehutanan dapat memenuhi persyaratan fungsional kearsipan maka perlu dilakukan perbaikan modifikasi serta penambahan fungsi sistem kearsipan elektronik yang disesuaikan ketentuan fungsional sistem kearsipan yang baik. Salah satu caranya adalah dengan membeli dan menggunakan software sistem kearsipan elektronik baru atau merancang sistem kearsipan elektronik yang memenuhi persyaratan fungsional kearsipan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S15660
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Etty Martini
"ABSTRAK
Penelitian mengenai permintaan penelusuran literatur melalui surat telah dilakukan di Pusat Informasi SEAMEO BI0TR0P, Bogor, pada bulan Juli - Nopember 1994. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah permintaan penelusuran literatur melalui surat cukup efektif dan efisien bagi pemakai di luar lembaga SEAMEO BIOTROP dan tinggal di luar kota Bogor. Keefektifan berkaitan dengan ketepatan sedangkan efisiensi menyangkut biaya dan waktu.
Pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner yang dikirimkan dengan bantuan jasa pas kepada responden. Kategori dalam penyusunan kuesioner dan penarikan sampel dijelaskan.
Hasilnya menunjukkan bahwa 58% responden menyatakan literatur basil penelusuran sebagian tepat untuk kebutuhannya, 34% menyatakan tepat dan hanya 8% yang tidak tepat. Biaya yang dikeluarkan oleh 40% responden Rp. 10.000 kurang dari Rp. 20.000, 28% kurang dari Rp. 10.0.00, 22% Rp. 20.000 kurang dari Rp. 30.000, 8% Rp. 30.000 - kurang dari Rp. 40.000 dan hanya 2 % Rp. 40.000 - kurang dari Rp.50.000. Mengenai biaya tersebut, 70 % responden berpendapat sedang, 16% berpendapat murah, dan 14% berpendapat mahal. Jangka waktu antara permintaan sampai basil penelusuran diterima oleh 46% responden adalah 1 - kurang dari 2 bulan, 38% kurang dari 1 bulan, 10% 2 kurang dari 3 bulan, 4% 3 bulan - kurang dari 4 bulan dan hanya 2% lebih atau sama dengan 5 bulan. Mengenai jangka waktu tersebut, 48% responden berpendapat sedang, 34% lama dan 18% cepat.
Permintaan penelusuran literatur melalui surat di Pusat Informasi SEAMED BIOTROP sudah cukup efektif dan efisien bagi pemakai di luar lembaga SEAMEO BIOTROP dan tinggal di luar kota Bogor, tetapi untuk lebih meningkatkan layanannya diperlukan usaha-usaha sebagai berikut: Pemakaian kembali formulir penelusuran literatur yang diantaranya berisi batasan bahasa, periode waktu, dan jenis bahan pustaka pada surat balasan. Penekanan biaya penelusuran dan fotokopi khususnya untuk para mahasiswa. Mempercepat proses penelusuran dan pengiriman surat balasan. Peningkatan kualitas fotokopi literatur hasil penelusuran.

"
1995
S14941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Irawati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendapatkan deskripsi tentang jasa penyebaran informasi majalah oleh delapan perpustakaan perguruan tinggi negeri yang menjadi Pusat Layanan Disiplin Ilmu (Pusyandi). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UPT Perpustakaan Perguruan Tinggi yang menjadi Pusyandi, yaitu UPT Perpustakaan Universitas Indonesia, UPT Perpustakaan Universitas Gajah Mada, UPT Perpustakaan Universitas Airlangga, UPT Perpustakaan IPB, UPT Perpustakaan ITB, UPT Perpustakaan ITS, UPT Perpustakaan IKIP Bandung, dan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui dua cara, yaitu pertama, wawancara tidak berstruktur terhadap kepala UPT Perpustakaan dan atau Kepala Bagian Layanan Majalah. Cara kedua yaitu pengumpulan data tertulis dari perpustakaan yang diteliti dan dokumen terbitan UKKP yang berhubungan dengan Pusyandi. Teknik analisis data yang dipakau dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan data yang di peroleh, diketahui bahwa koleksi majalah ilmiah berada di UPT Perpustakaan dan perpustakaan fakultas/jurusan. UPT perpustakaan telah memperoleh sejumlah majalah ilmiah terbitan luar negeri dari Dirjen Pendidikan Perguruan Tinggi (DIKTI) dan telah menyebarkan informasi majalah kepada perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Hanya UPT Perpustakaan UI, UNAIR, dan ITB yang menyatakan sanggup melanjutkan informasi tidak ada keseragaman dari biaya dann prosedur pelayanan. Pemanfaatan jasa penyebaran informasi oleh pemakai di luar lingkungan responden belum maksimal. Dari penelitian ini terungkap bahwa belum ada koordinasi antara UPT Perpustakaan dengan perpustakaan fakultas/jurusan dan juga perpustakaan perguruan tinggi lain di Indonesia, serta terdapat masalah kekurangan tenaga staf perpustakaan dan anggaran pengadaan majalah. Pusyandi belum berjalan seperti yang diharapkan.

"
1996
S15424
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>