Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3674 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jon, Song-hui
Seoul : Youngjin, 2006
KOR 005.38 JON p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Coulthard, Glen J.
Boston: McGraw-Hill, 2003
005 COU m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gracia Lestari T.
"Setiap jenjang usia memiliki tahap perkembangan masing-masing. Mahasiswa FIK UI reguler 2003 berada pada tahap perkembangan dewasa muda. Salah satu dari tugas pekembangan yang seorang dewasa muda penuhi untuk memenuhi tugas perkembangan merencanakan karir. Merencanakan karir adalah sebuah proses dimana seorang individu menetapkan tujuan-tujuan karir dan mengetahui bagaimana mencapainya. Fokus utama dari perencanaan karir harus disesuaikan oleh tujuan pribadi seorang individu dan kesempatan yang tersedia. Abraham Maslow dalam teori hirarki kebutuhannya rnenyatakan jika seseorang memilki kebutuhan maka akan muncul dalam dirinya sebuah dorongan untuk melakukan sesuatu demi mencapai hal tersebut. Dorongan itu disebut motivasi. Untuk mendapatkan sebuah karir yang baik tentunya seseorang harus membuat perencanaan karir yang baik. Salah satu persiapan yang baik adalah dengan mendapatkan komptensi dan kapabilitas yang baik yang dibutuhkan pada lapangan karir yang diinginkan.
Untuk mencapai kompetensi tersebut maka seseorang harus mempcrsiapkan diri dengan baik secara kognitii psikomotor afektif dan lain sebagainya. Melalui penelitian yang menggunakan desain kolerasi ini peneliti mencoba mencari hubungan antara merencanakan karir sebagai seorang perawat dengan motivasi belajar mahasiswa FIK Ul reguler 2003. Dengan menggunakan rumus chi-square peneliti menganalisis data dan mendapatkan hasil nilai P sebesar 0,172 sedangkan nilai a 0,05. Sehingga penelitian ini tidak berhasil membuktikan bahwa ada hubungan yang hermakna antara merencanakan karir dengan motivasi belajar mahasiswa. Hal tersebut disebabkan oleh banyak Faktor antara lain ternyata memang ada banyak mahasiswa keperawatan yang ternyata tidak merencanakan karir sebagai seorang perawat dan juga informasi yang kurang mengenai profesi keperawatan."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5301
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"The research discuss about a profile and academic potential of student majoring the Japanese language class of 2001 - 2003 on Literature Faculty of Bina Nusantara University The research discover that most of the respondent are living in Jabo area,  come from private high school,  never taking the SPMB test,  also come from middle class family.  In an academic potential, most of the respondent can absorb the study well In gaining information about the Japanesse language majoring in Bina Nusantara University beside from the brochure of Bina Nusantara University, there is also a role from friends and relative. "
NIGAKU 1:1 (2005)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Roro Herliani
"Keberhasilan prestasi belajar Sains seorang siswa dipengaruhi banyak faktor. Salah satu faktor internal yang diperkirakan ikut mempengaruhi hal tersebut adalah sikap (attitude) siswa terhadap obyek yang berkaitan dengan pelajaran Sains. Sikap Terhadap sekolah, Sikap Terhadap Biologi, Sikap Terhadap Ilmu Bumi dan Sikap Terhadap Fisika adalah sikap-sikap yang ikut mempengaruhi Sikap Terhadap Sains yang selanjutnya akan mempengaruhi prestasi belajar Sains.
Dengan menggunakan data sarnpel study TIMSS 2003 sebanyak 3796 siswa usia 13 tahun atau kelas 8 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dari dua instrumen yaitu instrumen kuesioner sikap dengan skala Likert dan instrumen prestasi belajar Sains pilihan ganda, dicari hubungan analisa faktor antara variabel-variabel pengukuran dengan variabel konstruk sikap dan hubungan struktural antara variabel-variabel konstruk yang satu dengan variabel konstruk lainnya.
Analisis data dengan ITEMAN dan SPSS pada instrumen sikap menyeleksi 9 butir soal yang tidak memenuhi syarat untuk dibuang. Reliabilitas instrumen kuesioner sikap hasil ITEMAN dan SPSS bemilai sama dan cukup besar (di atas 0,8) untuk keempat variabel sikap. Analisis data prestasi belajar Sains menggunakan BILOG dua parameter sebagai aplikasi Item Response Theory menghasiikan 9 butir soal dibuang dan basil akhir menunjukkan reliabilitas tes cukup besar (indeks reliabilitas = 0,923) . Tingkat kesukaran butir-butir soal tes prestasi belajar Sains lebih banyak berada pads kategori sedang dan sukar dengan diskriminasi item rata-rata rendah.
Hasil analisis selanjutnya dengan metode LISREL pada measurement model menunjukkan hasil yang tidak fit antara model dengan data pada variabel laten Sikap Terhadap Biologi, Ilmu Bumi dan Fisika, namun pads Sikap Terhadap Sekolah model fit dengan data Hasil analisis structural model melalui 7 model konseptual , didapatkan 4 model fit dengan data sedangkan tiga lainnya tidak fit Model yang fit adalah model dengan variabel Sikap berupa jumlah skor, sedangkan variabel Prestasi Belajar Sains berupa gabungan materi Sains maupun pembagian 3 materi Sains. Pengujian model strukturaI antar gender menunjukkan adanya pengaruh gender pads Sikap Terhadap Sains dan kaitannya dengan Prestasi Belajar Sains."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18822
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naibaho, Kalarensi
"Sejak tahun 2002, Universitas Indonesia mengembangkan kurikulum untuk mahasiswa baru melalui Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT). Metode belajar yang digunakan dalam PDPT adalah active learning dengan model Collaborative Learning (CL). Problem Based Learning (PBL) dan Computer Mediated Learning (CML). Metode active learning menuntut kemampuan tertentu khususnya dalam hal mengelola informasi. Perpustakaan dapat membantu mahasiswa dalam mengakses, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara efektif dan efisien melalui pendidikan pengguna perpustakaan. Untuk mengetahui layanan seperti apa yang tepat bagi mahasiswa khususnya dalam hal mengelola informasi, perpustakaan perlu mengetahui kebutuhan pengguna perpustakaan. Salah satu cara adalah dengan mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa mencari, mengevaluasi dan menggunakan informasi.
Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada kemampuan mahasiswa Fakultas Psikologi UI 2003 dalam mencari dan menggunakan informasi dalam konteks active learning dan self regulated learning. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa menentukan dan mengidentifikasi informasi; 2) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa mengakses informasi; 3) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa mengevaluasi informasi dan sumber-sumbernya; 4) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa menggunakan informasi; 5) mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa mengenai isu-isu sosial ekonomi informasi; dan 6) mengetahui bagaimana peran pendidikan pemakai yang diberikan perpustakaan bagi mahasiswa.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan disain deskriptif. Definisi information literacy yang digunakan adalah kemampuan mencari, mengevaluasi dan menggunakan informasi. Model operasional penelitian menggunakan Information Literacy Standards .for Higher Education yang dikeluarkan oleh American Library Association (ALA). Informan dalam penelitian ini terdiri dad 13 prang mahasiswa Fakultas Psikologi IIi yang mengikuti PDPT tahun 2003. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, sedangkan analisis dilakukan dengan merujuk pada standar dan pendapat para peneliti di bidang information literacy.Dari analisis terhadap hasil wawancara, disimpulkan bahwa : 1) kemampuan mengidentifikasi informasi masih tergolong novice; 2) kemampuan mengakses informasi digolongkan dalam kelompok intermediate; 3) kemampuan mengevaluasi informasi masih sangat rendah; 4) kemampuan menggunakan informasi cukup baik; 5) pemahaman mengenai legalitas informasi cukup baik; 6) hampir tidak ada manfaat pendidikan pemakai yang diberikan perpustakaan dalam kaitannya dengan information literacy. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa adalah : mendefinisikan permasalahan untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan, menentukan informasi yang relevan dan merangkum informasi yang diperoleh menjadi suatu ide baru. }Iasi] penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu dilibatkan dalam pengembangan kurikulum; materi pendidikan pemakai perpustakaan hares dikcuibangkan sesuai dengan komponen-komponen yang ada dalam information literacy; Perpustakaan juga harus menvediakan sarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan literacy mahasiswa."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T39161
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London : CIRAD, 2003,
630.25 Cir
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: National Information Agency, 2002
915.98 IND i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wilson, Billie Ann
New Jersey: Prentice-Hall, 2003
R 615.19 WIL n
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>