Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2801 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kuper, Adam
New York: Pica Press, 1973
301.092 KUP a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Boston: Little, Brown, 1974
301.36 ANT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Winter, C.F. (Carel Frederik)
London : Geofferey Cumberlege, 1948
750 WIN b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fisher, Michael D.
London: Routledge, 1993
306.028 FIS a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sofi Suwaris
"Ada berbagai fungsi dan tujuan dari perpustakaan sekolah, salah satunya adalah untuk meningkatkan minat baca para siswa. Program Book Week merupakan suatu program yang bisa dilakukan oleh perpustakaan yang bertujuan untuk mengakrabkan anak dengan buku dan meningkatkan minat baca mereka. Penelitian mengenai Program Book Week di British International School bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan.dan minat para siswa terhadap program ini serta menunjukkan bagaimana program ini.mempengaruhi kegiatan membaca para siswanya. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden, wawancara dengan para pustakawan serta dari pengamatan penulis sendiri. Hasilnya menunjukkan bahwa para siswa berminat terhadap berbagai aktivitas yang diselenggarakan dalam program Book Week. Aktivitas yang paling disukai secara berturut-turut adalah jumpa pengarang, aneka lomba, DEAR, Book Buddies, Readathon dan mendongeng. Aktivitas-aktivtas tersebut merangsang para siswa untuk membaca, terbukti dengan jawaban para siswa (60%) yang mengatakan bahwa mereka lebih banyak membaca ketika program Book Week berlangsung. Tanggapan para siswa terhadap keseluruhan program Book Week sangat postif, terbukti dengan jawaban para siswa yang sangat suka (35%) dan suka (31%) dengan acara Book Week. Program Book Week merupakan kegiatan yang menarik bagi anak-anak dan bisa dijadikan sebagai contoh program yang bisa dilakukan oleh perpustakaan-perpustakaan sekolah di Indonesia. Yang diperlukan hanyalah sedikit kreatifitas, antusiasme dan kerja keras dari para guru dan terutama pustakawan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15300
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leary, Peter
"The delineation of the Irish border radically reshaped political and social realities across the entire island. For those who lived in close quarters with the border partition was also an intimate occurrence, profoundly implicated in everyday lives. Otherwise mundane activities such as shopping, visiting family, or travelling to church were complicated by customs restrictions, security policies, and even questions of nationhood and identity. The border became an interface, not just of two jurisdictions, but also between the public, political space of state territory, and the private, familiar spaces of daily life. Political disunity was intertwined with a degree of unity of social life that persisted and in some ways even flourished across, if not always within, the boundaries of both states. On the border, the state was visible to an uncommon degree at the same point as its limitations were uniquely exposed. For those whose life-worlds continued to transcend the border, the power and hegemony of either of those states, and the social structures they conditioned, could only ever be incomplete. Border residents lived in circumstances that were burdened by inconvenience and imposition, but also endowed with certain choices. Influenced by microhistorical approaches, this book uses a series of discrete histories, of the Irish Boundary Commission, the Foyle Fisheries dispute, cockfighting tournaments regularly held on the border, smuggling, and local conflicts over cross-border roads, to explore how the border was experienced and incorporated into peoples lives; emerging, at times, as a powerfully revealing site of popular agency and action."
Oxford: Oxford University Press, 2016
e20470100
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Aryani
"Skripsi ini membahas tentang evaluasi library induction dalam menulis extended essay yang dilaksanakan setelah siswa year 12 di The British International School mengikuti library induction yang diberikan oleh manajer perpustakaan untuk selanjutnya ditanyakan kembali dalam kondisi dimana mereka sudah menyelesaikan extended essay mereka. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa membuat pertanyaan penelitian dalam menyiapkan extended essay, mengetahui bagaimana siswa menentukan kata kunci untuk penelusuran dalam menyiapkan extended essay, mengetahui apakah perpustakaan mempunyai sumber-sumber yang siswa perlukan dalam menyiapkan extended essay, mengetahui apa saja daftar situs yang digunakan oleh siswa sebagai sumber informasi dalam menyiapkan extended essay, dan mengetahui kemampuan menulis extended essay pasca library induction. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan cara memeriksa dokumen terkait, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini juga dikaitkan dengan model literasi informasi Empowering 8.

This undergraduate thesis covers the evaluation of library induction in writing an extended essay that is executed after year 12 students at The British International School follows the library induction was provided by the library manager then asked to return to in the conditions which they have completed their extended essay. This evaluation aims to determine how students make the research question in preparing the extended essay, to know how students learn to define keywords for searching in preparing the extended essay, to find out if the library has the resources that students need to prepare an extended essay, find out what are the list of sites used by students as a source of information in preparing an extended essay, and determine the ability to write an extended essay after library induction. This study was a qualitative research with case study method. The research data obtained by examining relevant documents, interviews, and observation. The results of this study was also associated with the information literacy model of Empowering 8."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43510
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hanna Chaterina George
"Skripsi ini membahas kinerja modul sirkulasi OASIS di Perpustakaan Senior School, British International School. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 1994 - April 1995. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara keraa modul sirkulasi OASIS yaitu Borrowers, Overdue Notices, Circulation dan Stock-take, keuntungan dan kerugian sub-submodul tersebut, dan masalah serta pemecahannya.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif, yaitu penulis terjun langsung dalam kegiatan sirkulasi perpustakaan yang menggunakan sub-submodul ini, serta dengan wawancara informal dengan staf perpustakaan setempat dan System Manager sekolah. Pembahasan cara keraa dan analisa keuntungan, kerugian, masalah serta pemecahannya dijelaskan.
Hasilnya menunjukkan bahwa modul sirkulasi OASIS menolong staf perpustakaan dalam mengawasi sirkulasi perpustakaan Senior School. Kegiatan sirkulasi perpustakaan dapat dilaksanakan dengan lebih cepat, tepat dan akurat. Namun demikian. di samping manfaat positif juga ditemui kekurangan pemanfaatannya. Keunggulan dan kerugian pemanfaatannya dijelaskan. Pembahasan tersebut mengungkapkan banyaknya keuntungan-keuntungan yang diperoleh jika dibandingkan dengan kerugian pemanfaatannya. Masalah yang dihadapi terjadi pada masalah tekhnis yaitu listrik padam dan kerusakan pada perangkat keras komputer. Langkah-langkah pemecahannya dijelaskan.
Penerapan perangkat lunak OASIS untuk sirkulasi di perpustakaan Senior School sudah membantu staf dalam melakukan tugasnya dengan lebih baik, tetapi untuk meningkatkan pengawasan terhadap koleksi perpustakaannya, dapat dilakukan usaha_usaha berikut: (1).Melakukan siocktake dalam suatu jangka waktu tertentu di ke-tiga perpustakaan, sehingga staf dapat mengetahui kondisi koleksinya dan mengambil langkah_langkah tertentu bila diperlukan; (2).Pembuatan surat peringatan untuk pengembalian bahan perpustakaan yang telah lewat waktu tidak saja dilakukan terhadap siswa, tetapi juga dilakukan terhadap semua anggota perpustakaan,(3).Staf dapat mengingatkan anggota perpustakaan yang telah menandon bahan perpustakaan tertentu dengan membuat Reserve Notices."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15108
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Retno Widaty
"Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis perilaku pencarian informasi digital siswa asing year 12 di The British International School Jakarta. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku pencarian informasi digital siswa asing year 12 di BIS Jakarta dalam menyelesaikan extended essay, untuk mengetahui sumber dan saluran informasi digital yang paling sering digunakan, alasan yang mempengaruhi pemilihan sumber informasi digital tersebut, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan yang muncul berkaitan dengan pencarian informasi digital siswa asing tersebut.Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara berpedoman. Penentuan jumlah sampel berdasarkan pertimbangan informasi yang diperoleh mengenai jumlah populasi. Sampel dipilih berdasarkan kriteria-kriteria yang mendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber-sumber informasi digital yang sering digunakan oleh responden yaitu internet, khususnya web site. Alasan mereka menggunakan internet karena internet mudah digunakan, ketersediaan informasi yang melimpah, cepat dan mutakhir. Titik awal pencarian informasi responden di web site yaitu melalui search engine yang terdapat dalam www.google.com. Alasan mereka menggunakan search engine di www.google.com yaitu karena karena Google merupakan sumber yang bagus dan terpercaya, cepat dan tepat dalam menampilkan informasi yang dicari dan juga karena sederhana cara menggunakannya.Faktor eksternal yang menjadi hambatan dalam melakukan pencarian informasi yaitu koneksi internet yang lambat, banyak informasi yang ditemukan yang tidak relevan dengan informasi yang dicari, mahalnya harga sebuah informasi, link yang menjauhkan responden dari tempat informasi itu sendiri berada, penggunaan bahasa. Sementara faktor internal adalah kemampuan pencarian informasi yang dirasa kurang, kurangnya pemahaman responden mengenai sumber-sumber informasi digital yang dapat digunakan dalam mencari informasi, perubahan tujuan, lelah, frustasi, suasana hati yang sedang tidak baik.Model pencarian informasi digital siswa asing year 12 di BIS Jakarta yaitu dimulai dengan tahap mendefinisikan tugas, strategi-strategi pencarian informasi, lokasi dan akses, penggunaan informasi, sintesa dan evaluasi.Saran penelitian yaitu pustakawan atau staf perpustakaan perlu mengadakan pelatihan pencarian informasi dalam menggunakan sumber_sumber informasi, pustakawan ataupun staf perpustakaan di Secondary Resource Centre (SRC) perlu mendapat kesempatan dari pihak sekolah untuk turut terlibat dan bekerja sama dengan guru dalam kegiatan belajar mengajar dalam kaitannya dengan pengenalan dan pemanfaatan sumber-sumber informasi yang tersedia di SRC, dan perpustakaan perlu menambah sarana dan prasarana sumber informasi seperti buku, komputer, CD-ROM, kecepatan akses internet dan penambahan sumber-sumber informasi lainnya. Saran lain bagi pengelola web site yaitu perlu membuat kategorisasi subyek yang dapat memudahkan pencarian informasi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15679
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mendy Andriana
"Penelitian ini mengambil judul: _Program Pendidikan pemakai untuk Siswa year 7 di The British International School, Tangerang. Masalah yang dimunculkan dalam penelitian ini ialah bahwa di The British International School sudah ada sebuah program orientasi untuk siswa namun materi yang tercakup di dalamnya masih belum lengkap. Hal ini dibuktikan dengan pengamatan oleh penulis yang menemukan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami informasi umum mengenai Secondary Library BIS dan juga belum memanfaatkan sumber-sumber informasi yang terdapat disana secara maksimal. Tujuan penelitian ialah memberi usulan program pendidikan pemakai untuk Secondary Library The British International School. Jenis penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Wawancara dilakukan dengan empat orang staf Secondary Library BIS yang sudah mengetahui keadaan perpustakaan dengan baik. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi seharihari di Secondary Library BIS, kemampuan siswa dalam menggunakan perpustakaan serta kebijakan-kebijakan yang ada di sana sehingga dapat diketahui apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam usulan program pendidikan pemakai. Pengamatan juga dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai keadaan sehari-hari di Secondary Library BIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, dan bahwa program orientasi yang sudah ada di sana belum mencakup materi-materi penting yang seharusnya ada di sebuah program pendidikan pemakai. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum memanfaatkan perpustakaan dengan maksimal sehingga koleksi yang ada di SL BIS. Saran penelitian yaitu pustakawan harus lebih proaktif sehingga pemakaian perpustakaan bisa meningkat, harus mengadakan kerjasama dengan guru. Pustakawan juga diharapkan dapat memberikan program pendidikan pemakai yang lebih baik daripada yang sudah dijalankan sebelumnya di BIS. Penulis memberikan usulan program pendidikan pemakai yang bias diterapkan di Secondary Library BIS sesuai dengan hasil penelitian."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15295
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>