Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 85380 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ratna Dumilah
Depok: Universitas Indonesia, 1999
S27574
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Persamaan modus terkopel yang berhubungan dengan "intensity dependent refractive index (MI)" yang merupakan efek dari medium optik nonlinear adalah dasar dari perambatan berkas dalam konfigurasi simetris dari lima lapisan film tipis yang berbentuk planar, dengan dua pandu gelombang yang terkopel merupakan bahan nonlinear dengan indeks bias yang sama. Dua lapisan yang lain yaitu selubung dan substrat merupakan bahan linear dan mempunyai indeks bias yang berbeda. Basil simulasi menunjukkan bahwa untuk pandu gelombang simetris dengan panjang kopling dapat bekerja sebagai saldar optik dan pembagi daya 3 dB secara sempurna, bergantung terhadap koefisien kopling linear, perubahan daya masukan dan tebal pandu gelombang"
JURFIN 6:19 (2002)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Silalahi, Susy Dame Yanti
"Dalam tulisan ini, dibahas tentang metode perancangan untuk sistem kendali dengan discrete time fuzzy. Metode ini dikembangkan berdasarkan Model State Space yang diajukan oleh Takagi dan Sugeno. Fungsi kuadratik Lyapunov digunakan untuk mendapatkan kestabilan asimtotik dari sistem lingkar tertutup. Kondisi yang perlu untuk kestabilan dari sistem discrete-time fuzzy diberikan dalam penjelasan metode perancangannya. Selanjutnya, dikembangkan suatu algoritma untuk membangun feedback yang menjamin kestabilan sistem. Algoritma ini dibuat dengan menyelesaikan persamaan Ricatti untuk sistem discrete-tine. Selanjutnya, di bagian akhir, diberikan contoh yang menggunakan algoritna kestabilan yang diajukan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S39648
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deni Almanda
"Pembakaran bahan bakar fosil pada pembangkit untuk menghasilkan energi listrik umumnya berlangsung kurang sempurna akibatnya dihasilkanlah emisi CO2, NOx dan SOx. Emisi itu sendiri besarnya ditentukan oleh produksi energi listrik dan angka koefisien emisi pembangkit. Karena konsumsi energi listrik terus meningkal akibatnya produksi energi listrik juga meningkat dan sebagai konsekuensinya emisinya pun juga meningkat. Produksi listrik yang dalam perkembangannya terus meningkal berasal dari pembangkit batu bara, sedang produksi listrik dari pembangkit minyak dan pembangkit gas terus menurun. Sementara itu koefisien emisi CO2 pembangkit batu bara yang paling besar dan koefisien emisi SOx pembangkit gas yang paling kecil. Dengan demikian emisi yang terhesar adalah CO2 yang berasal dari pembangkit batu tiara dan yang terkecil adalah SOx yang berasal dari pembangkit gas.
Untuk mengelahui dengan "tepat" berapa besar emisi pembangkit listrik di masa depan digunakanlah pendekatan sistem dinamis. Sistem dinamis ini dioperasikan dengan menggunakan perangkat lunak yang disebut powersim. Data yang digunakan adalah data konsumsi energi listrik, data fraksi (rugi T&D, pemakaian sendiri energi listrik dun pembangkit-pembangkit) serta data koefisien pembangkit. Keunggulan perangkat lunak powersim adalah dapat menghitung emisi pembangkit listrik sebanyak 81 macam dalam waklu singkat.
Emisi pembangkit listrik yang datum perkembangannya sudah menghawatirkan adalah emisi CO2 PLTU-B untuk itu perlu dikendalikan atau dikurangi. Pengendalian emisi ini dapat dilakukan dengan menghemat energi, melakukan diversifikasi energi, memberlakukan pajak karbon dan menerapkan teknologi baru (meningkatkan efiisiensi dan memperkecil koefisien emisi)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T14942
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Kondisi perkerasan akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Perubahan yang terjadi mengakibatkan perubahan kecepatan rata-rata lalu-lintas yang dapat dicapai. Semakin baik kondisi perkerasan maka kecepatan yang bisa dicapai juga semakin tinggi. Tingkat kecepatan kendaraan juga turut mempengaruhi perkembangan lalu-lintas. Karya tulis ini membahas tentang konsep dan pendekatan yang diambil dalam memprediksi tingkat kerataan permukaan serta pengaruh kondisi perkerasan terhadap jumlah kendaraan yang melintas ruas jalan tersebut. Sebuah program aplikasi yang didasarkan pada konsep dan pendekatan tersebut akan dibuat. Program yang dibuat membantu mensimulasi dan akan memberikan output berupa perkiraan perkembangan kondisi yang akan terjadi dari parameter-parameter yang ditinjau."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S34786
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36035
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1989
S27295
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Gas bumi merupakan sumber daya alam yang tidak terbaharui, karena itu diperlukan suatu kebijakan yang tepat agar pemanfaatan gas burni bisa dilakukan semaksimal mungkin bagi kebaikan bangsa Indonesia. Pemodelan yang dilakukan dalam skripsi ini bertujuan untuk membantu membuat kebijakan yang baik untuk gas bumi.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah system dynamic, karena system dynamic mempunyai kelebihan yaitu memasukan kebijakan sebagai bagian dalam model sehingga lebih mudah menentukan kebijakan dan system dynamic juga mampu menjelaskan struktur masalah dan mekanisme sebab akibat yang dapat memprediksi dan memproyeksikan kemungkinan yang terjadi. Diharapkan menggunakan metode ini model bisa mewakili sistem umpan balik dan kedinamisan
dalam sistern energi gas bumi . Uji sensitivitas dilakukan untuk mencari variable-variabel yang berpengaruh pada model terutama produksi gas bumi. Dengan mengetahui variabel variabel sensitif diharapkan bisa. ditemukan kebijakan yang paling baik bagi sistem energi gas bumi di Indonesia.
Ada 5 jenis skenario yang terdapat dalam model yaitu skenario untuk
Ekspor, skenario pertumbuhan PDB, skenario perubahan harga minyak, skenario…
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S49359
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutanto Soehodho
"This paper deals with the development of evaluation model for pavement management with emphasis on the interrelation of pavement roughness to other influencing variables; nameLv average speed and traffic volume. As can be expected that those three components are inter-acting one with another in discrete or instant time, so it is inevitably that a dynamic approach of analysis is new paradigm should he introduced to achieve better analyasis on pavement performance. The three components are convertible and a clear indicator of economic value is easily derived from. It is then the aim of the research to represent the indicator in terms of vehicle operating cost through which more eminent rational of costing the maintenance would directly be related to the engineering analysis. The model is applicably implicate in the simulation model, and actively performed in the simulation software called Powersim@. Results of simulation are quite promising for any decision making or policy making within the context of pavement management since it deals with financial consideration. It is expected farther that the model can be used to define and test various design parameters within the pavement constructian and maintenance."
2001
JUTE-15-2-Jun2001-118
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
TA3376
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>