Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 188332 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18256
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meinita Setiawati
"Salah satu faktor yang mendorong perkembangan sektor moneter, keuangan dan perbankan di Indonesia adalah dikeluarkannya paket deregulasi dan debirokratisasi. PAKTO No. 27 tahun 1988 memberikan kemudahan untuk mendirikan bank baru atau membuka cabang. Dengan demikian para pelaku perbankan dituntut untuk membuat sistem perencanaan dan pengendalian yang baik melalui anggaran. Permasalahan yang ditemukan pada penerapan sistem anggaran tradisional adalah ketidakefisienan pada suatu tahun akan terbawa ke tahun berikutnya (incremental inefficiency) dan tidak mendukung enterprise excellence. Pendekatan anggaran berdasarkan aktivitas dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Pendekatan tersebut dikenal dengan Sistem Activity Based Budgeting (Sistem ABB), Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menjawab pertanyaan tentang apa yang dimaksud dengan sistem ABB, bagaimana penerapannya pada Bank X serta kekuatan dan kelemahan sistem tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa wawancara dan observasi langsung. Dan untuk memudahkan pihak manajemen Bank X memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai penerapan sistem ABB, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa dengan menerapkan sistem ABB, manajemen Bank X dapat merencanakan dan mengendalikan aktivitasaktivitas dalam perusahaan dengan lebih baik, yang akan berdampak pada pengurangan biaya yang timbul dari aktivitas-aktivitas yang tidak memberi nilai tambah. Selain itu, karena sifat dari aktivitas yang dinamis akan menghasilkan anggaran yang dinamis juga. Dari sisi pengendalian, sistem ABB memiliki sistem pengendalian yang build-up sehingga dengan mudah dapat diantisipasi bila terjadi kondisi di luar yang direncanakan. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini, perlu adanya pengembangan ilmu mengenai sistem ABB, dengan melakukan penelitian dan pengkajian ulang agar sistem ini dapat diterapkan di berbagai industri, baik barang dan jasa."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
S19156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sugeng Pramono
"Serangkaian paket deregulasi yang Lelah digulirkan oleh pemerintah selama satu dasawarsa terkhir ini Lelah membuktikan berbagai dampak pada kehidupan perekonomian negara kita. Paket paket deregulasi tersebut diantaranya adalah deregulasi perbankan yang mana dimulai dari Pakjun 1983, Pukto 1988. Pukjan 1990, Paktri 1991. Pakjun 1991. UU Perbankan 1992 dan Pukmei 1993. Semua paket kebijaksanaan ini membawa konsekwensi didunia perbankan. Diantaranya yang paling jelas adalah situasi persaingan antar bank yang semakin ketat. Untuk menghadapi suasana kompetisi yang ketat ini bank dituntut suatu operasi yang makin efisien dari efektif. Operasi yang efisien dan efektif hanya akan tercapai jika bank memiliki manajemen yang handal dan peralatan yang memadai sebagai alat bantu untuk menyediakan informasi yang memadai guna pengambilan keputusan yang tepat. Maka pada titik inilah akuntansi manajemen berperan. Karena akuntansi manajemen pada dasarnya adalah suatu sistem informasi yang dapat mengakumulasi, mencatat dan melaporkan biaya produksi, serta membantu untuk membuat perencanaan dan sekaligus alat pengendalian biaya produksi."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18485
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joko Tri Santoso
"Kerangka kerja konseptual mengenai praktik Audit Internal telah dikeluarkan oleh The Institute of Internal Auditor dimana Auditor Internal harus memiliki pengetahuan yang memadai untuk mengevaluasi risiko fraud dan cara organisasi mengelola risiko tersebut. Sehingga Audit Internal turut mempunyai peran dalam mencegah dan mendeteksi fraud. Walaupun pencegahan dan pendeteksian fraud merupakan tanggung jawab manajemen perusahaan, Auditor Internal diharapkan dapat melakukan dua hal tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan tugas manajemen.
Penelitian ini mengkaji penerapan program pencegahan dan pendeteksian fraud serta peran Audit Internal dalam mendukung efektivitas Fraud Management Program yang ada di perusahaan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Observasi, wawancara dan studi dokumentasi digunakan dalam proses pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen telah memiliki struktur pengendalian yang cukup baik dalam pencegahan dan pendeteksian fraud dan Audit Internal sudah berperan secara menyeluruh dalam semua komponen pembentuk effective Fraud Management Program.

Internal Audits Professional Practices Framework has been issued by The Institute of Internal Auditors, stated that Internal Auditors must have sufficient knowledge to evaluate the risk of fraud and the manner in which it is managed by the organization. Thus, Internal Audit also has a role in fraud prevention and detection. Although the responsibility in fraud prevention and detection addressed to the management, Internal Audit is expected to conduct those activities as part of the managements task force.
This study examines the application of fraud prevention and detection program and the role of Internal Audit in improving the effectiveness of Fraud Management Program in place by using qualitative descriptive research method and using case study approach. Observation, interview and documentation studies are used in data collection method.
As result explains that currently the management already has sufficient control structure in preventing and detecting fraud and Audit Internal has played a comprehensive role in all components that forming the effective Fraud Management Program.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizki Triawan
"ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan untuk membahas praktik penganggaran biaya operasi pada perusahaan industri jasa, khususnya perusahaan jasa yang menggunakan sistem pemborongan kerja. Analisis dilakukan dengan membandingkan perencanaan anggaran ruas jalan tol yang dioperasikan PT. Jasa Layanan Operasi dan evaluasi atas perencanaan anggaran dengan pengertian dari biaya standar yang ada di literatur-literatur akuntansi biaya. Anggaran biaya merepresentasikan komitmen PT. Jasa Layanan Operasi terhadap peraturan Badan Usaha Milik Negara mengenai pengadaan barang dan jasa, terutama dalam skema penunjukan langsung dan terhadap asas persaingan.

ABSTRACT
This report aims to examine the budget planning of operational cost practice in a service company, specifically a service company which uses a chartering contract system for a whole job. The analysis was done by comparing the budget planning of operational cost practice in PT. Jasa Layanan Operasi and its evaluation with cost accounting literatures rsquo explanation of standard cost. PT. Jasa Layanan Operasi rsquo s budget planning of operational cost practice represents its commitment to the state owned company rsquo s regulations in procurement of goods and services, specifically in direct appointment scheme, and to the principle of competition. "
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Tiffany Ruth
"ABSTRAK
Perencanaan dan pengujian audit sangat penting untuk proses audit. Dalam penugasan ini, saya akan membahas proses perencanaan dan pengujian audit BlueCircle Chemicals Ltd. berdasarkan informasi yang tersedia dan menerapkan prosedur audit yang relevan dalam praktiknya. Laporan ini akan menjelaskan risiko audit yang dapat diterima yang dinilai organisasi, risiko yang melekat, risiko pengendalian, dan analisis rasio.

ABSTRACT
Audit planning and testing is essential to the audit process. In this assignment, I am going to discuss BlueCircle Chemicals Ltd. s process of audit planning and testing based on available information and apply relevant audit procedures in practice. This report will describe the organization s assessed acceptable audit risk, inherent risk, control risk and analysis of ratios."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Arif Shabria
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit substantif atas akun beban pokok pendapatan oleh KAP AAS pada laporan keuangan PT ADK yang merupakan perusahaan yang bekerja pada bidang jasa konsultasi teknik di tahun 2021. Laporan magang ini melakukan analisis terhadap kesesuaian antara prosedur audit substantif beban pokok pendapatan KAP AAS dengan teori audit dan standar audit yang berlaku. Hasil evaluasi menyatakan bahwa prosedur audit substantif atas akun beban pokok pendapatan PT ADK yang dilakukan oleh KAP AAS telah sesuai dengan teori audit dan standar audit yang berlaku serta tidak ditemukan salah saji material pada akun beban pokok pendapatan PT ADK.

This internship report aims to evaluate the substantive audit procedures on the cost of revenue account by KAP AAS on the financial statements of PT ADK which is a company working in the field of technical consulting services in 2021. This internship report analyzes the suitability between substantive audit procedures for cost of revenue AAS KAP with audit theory and applicable auditing standards. The evaluation results stated that the substantive audit procedures for the cost of revenue account of PT ADK carried out by KAP AAS were in accordance with audit theory and applicable audit standards and no material misstatements were found in the cost of revenue account of PT ADK."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Syelvira Yonansha
"Penulis ingin membahas mengenai evaluasi pelaksanaan audit internal sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang telah berlangsung di PT X selama tahun 2012-2014. Pelaksanaan audit internal ditinjau ulang menggunakan standar internasional, yaitu ISO 19011. Penelitian yang dilakukan ini bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini melibatkan informan kunci dan informan sebagai sumber data primer melalui wawancara mendalam dan telaah dokumen pelaksanaan audit pada tahun 2012-2014.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan audit internal sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di PT belum berjalan dengan baik dan maksimal. Poin utama dari lemahnya pelaksanaan audit internal tersebut adalah implementasi, pemantauan, tinjauan ulang dan perbaikan pada sistem manajemen audit yang dilaksanakan. Perbaikan pada tahap perencanaan dan implementasi menunjukkan poin utama yang harus segera diperbaiki guna meningkatkan kualitas sistem manajemen audit dan bisa mengevaluasi sistem manajemen yang berlangsung di perusahaan dengan lebih baik.

This research studied about Evaluation of Internal Audit Implementation of Occupational Health And Safety Management System on 2012-2014 at PT X. Internal audit implementation has been monitor by using international standard, ISO 19011. This research is descriptive with qualitative methodology. This research involve key informant and informant as primer source data through indeep interview and document review on audit implementation on 2012-2014.
This research result show that internal audit implementation of occupational health and safety management system in PT X is not run well and maximum yet. Key point on the weakness of internal audit are implementation, monitoring, review and improvement the audit management system that have been done. Improvement on the planning and implementation step show that it is key point to improve soon in order to increase audit management system quality and evaluate management system on that.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T44737
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ray Ryan
"ABSTRAK
BlueCircle Chemicals adalah perusahaan publik yang terdaftar di ASX. CEO Jane
Randolph telah bersama perusahaan selama enam tahun. Jane meninggalkan peran sebelumnya sebagai CEO di perusahaan lain menyusul perselisihan yang konstan dengan auditor. Berdasarkan berita di media bahwa dia saat ini sedang berselisih dengan serikat pekerja mengenai kondisi kerja di pabrik mereka. Jane telah didorong untuk meningkatkan kinerja perusahaan dengan diberikan 35% dari remunerasi dalam bentuk saham perusahaan. Komite audit perusahaan biasanya bertemu setiap kuartal untuk meninjau laporan manajemen triwulanan. Namun, mereka belum punya waktu untuk bertemu dalam dua belas bulan terakhir karena anggota komite terlalu sibuk. Perusahaan telah mulai menjual produknya ke Saturn Holdings Ltd, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Mark Randolph, saudara lelaki dari CEO Jane Randolph.

ABSTRACT
BlueCircle Chemicals is a publicly traded company that is listed on the ASX. The CEO Jane Randolph has been with the company for six years. Jane left her previous role as CEO at another company following constant disputes with the auditors. I have read in the media that she is currently in dispute with the worker s union over employment conditions in their factories. Jane has been encouraged to improve the company s performance by being given 35% of her remuneration in the form of the company s shares. The company s audit committee used to meet every quarter to review the quarterly management reports. However, they have not had time to meet in the last twelve months as the members of the committee have been too busy. The company has started to sell its products to Saturn Holdings Ltd, a company owned by Mark Randolph, the brother of the CEO Jane Randolph."
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dharmanita Marlisza
"International Monetary Fund (IMF) mempublikasikan data Tax Audit Coverage Ratio (ACR) tahun 2010 dari negara-negara anggotanya dengan rata-rata tingkat ACR sebesar 3% - 5%. Laporan Kinerja DJP tahun 2018 menunjukan bahwa tingkat ACR Indonesia pada tahun 2018 adalah sebesar 1,61%. Data tersebut menunjukan bahwa Indonesia memiliki tingkat ACR dibawah tingkat ACR ideal IMF. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat ACR di Indonesia serta memberikan rekomendasi hal-hal yang perlu diperhatikan oleh DJP guna meningkatkan kinerja pemeriksaan pajak. Analisis dalam studi ini menggunakan komponen-komponen dari teori Institutional Logics yaitu Symbolic carrier yang berupa Peraturan dan Kebijakan DJP dan Material Carrier yang berupa Aktor, Routines dan Artifacs. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang perlu di perhatikan oleh DJP untuk meningkatkan kinerja pemeriksaan pajaknya. Dari sisi aktor, hal-hal yang perlu diperhatikan mencakup jumlah SDM pemeriksa pajak, kompetensi pemeriksa pajak dan motivasi pemeriksa pajak. Dari sisi artifacs (hal-hal pendukung), hal-hal yang harus diperhatikan adalah kemudahan dan ketersediaan data dan integrasi sistem informasi dan teknologi. Sedangkan dari sisi budaya organisasi, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sinergi tim, komunikasi dengan seksi lain dan pola kepemimpinan atasan.

The International Monetary Fund (IMF) published 2010 Tax Audit Coverage Ratio (ACR) data from its member countries with an average ACR rate of 3% - 5%. The 2018 DGT Performance Report shows that Indonesia's ACR rate in 2018 was 1.61%. The data shows that Indonesia has an ACR level below the IMF's ideal ACR level. This study aims to identify factors related to the level of ACR and provide recommendations to DGT in order to improve tax audit performance. The analysis in this study uses components of Institutional Logics theory, namely Symbolic carriers in the form of DGT Regulations and Policies and Material Carriers in the form of Actors, Routines, and Artifacts. This study uses a descriptive qualitative approach and uses questionnaires and interviews as research instruments. The results of the study indicate from the actor's point of view, factors that need to be considered include the number of human resources for tax auditors, competence, and motivation of tax auditors. From artifacts (supporting matters), the factors are the ease and availability of data and the integration of information systems and technology. From organizational culture, the factors are team synergy, communication with other sections, and leadership patterns."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>