Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3167 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Naskah ini berisi gambar 13 pola dasar batik, yaitu pola: Tapak Manggis, Wader Keset, Godhong Jarak, Parang Kusuma, Kembang Manggar, Peciring, Kembang Randhu, Sisik Miring, Panjeng Ganting, Onthang, Kembang Nangka, Sasian, Panji Rompal. Dalam naskah tidak dijumpai keterangan tentang nama penyusun, tempat dan tarikh pembuatan naskah."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
KR.40-W 69.04
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
"Buku ini berisi penjelasan bagaimana cara-cara memberi warna merah dengan buah saga untuk kain panjang. Tata cara membuat kain panjang tulis beserta dengan berbagai macam bumbu-bumbunya."
Semarang: G.C.T. van Dorp, 1921
BKL.0864-LL 116
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
"Naskah ini merupakan salinan ketik tembusan karbon dari naskah FSUI/KR.28. Untuk tembusan lainnya, lihat KR.20. Naskah tidak dimikrofilm."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
KR.21-B 56.05
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
"Naskah induk kawruh bathik ini ditulis oleh Ki Mas Sastrasayana pada Desember 1933, di Surakarta. Naskah kemudian disalin oleh Ki Sinu Jayanggeni pada Desember 1934, di Yogyakarta, sebanyak empat eksemplar. Teks ini merupakan tembusan karbon, tembusan lainnya terdapat pada FSUI/KR.21, sedangkan ketikan aslinya dapat dilihat pada FSUI/KR.28. "
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
KR.20-D 3.08
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
"Naskah ketikan tembusan karbon ini merupakan salinan alih aksara dari naskah KBG 555. Penyalinan dibuat pada Desember 1928, sebanyak dua eksemplar. Nama penyalin dan tempat penyalinan tidak diketahui. Teks yang berisi keterangan mendetail tentang pembuatan kain batik ini, mungkin serupa dengan FSUI/KR.32. Menurut keterangan yang terdapat di h.i, Pigeaud menerima naskah induk dari Vereeniging voor Oudheid, Taal-, Land- en Volkenkunde te Jogjakarta. Keterangan selengkapnya lihat deskripsi naskah FSUI/KR.32."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
KR.19-A 9.07
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1997
S28387
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trinil (Sri Setyowati)
Sragen: Ardha Dhadhali, 2012
899.222 SRI b (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
R. Cecep Eka Permana, 1965-
"Penelitian ini mengenai gambar tangan yang banyak terdapat pada gua-gua prasejarah di daerah Pangkep dan Maros Sulawesi Selatan. Gambar tangan yang banyak tersebut menunjukkan persamaan dan perbedaan baik bentuk maupun keletakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola gambar tangan pada gua-gua prasejarah di daerah Pangkep dan Maros, Serta perbedaan antara gambar tangan di daerah Pangkep dan Maros yang menunjukkan dua subkebudayaan. Penelitian ini didasarkan atas pandangan normatif dari kebudayaan (normative view of culture), bahwa perilaku manusia itu berpola. Pola-pola itu ditentukan oleh kebudayaan dan bersifat normatif, yakni menunjukkan ketaatan pada suatu perangkat aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku yang diturunkan dari generasi ke generasi. Adapun gambar tangan yang dianalisis berjumlah S49 gambar dari 745 gambar yang teridentitikasi pada 36 situs gua dari 101 gua yang disurvei.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pola gambar tangan pada gua-gua prasejarah tersebut. Terdapatnya pola tersebut menunjukkan adanya norma-norma yang sama yang rnengarahkan dan menjadi landasan perilaku masyarakat di daerah Pangkep dan Maros pada masa Ialu dalam membuat gambar tangan dan penempatannya dalam gua-gua mereka. Pola gambar tangan di wilayah Pangkep-Maros itu ditunjukkan dengan bentuk negative hand stencil berupa telapak kiri atau kanan yang berorientasi ke atas, memiliki limajari, berukuran besar, dan berwarna cokelat. Seiain itu, diketahui pula terdapat dua pola penggambaran bentuk gambar tangan yang berbeda; di daerah Pangkep berdasarkan bagian guanya terbanyak terdapat pada bagian belakang gua, sedangkan di daerah Maros terbanyak terdapat pada bagian depan gua. Sementara itu, berdasarkan biclang guanya terbanyak di daerah Pangkep diternukan di langit-langit gua, sedangkan di daerah Maros terbanyak ditemukan di dinding gua. Pola yang berbeda tersebut diperkirakan merupakan dua subkebudayaan (subculture) dalarn satu wilayah kebudayaan yang sama (Sulawesi Selatan)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
D853
UI - Disertasi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Leihitu, Irsyad
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan karena banyaknya variasi gambar cadas di Leang Uhallie. Penelitian
ini berusaha untuk mengetahui hubungan antara bentuk-bentuk dan keletakan gambar cadas
di Leang Uhallie sehingga diketahui pola penggambaran dan perilaku manusia masa lalu
dalam menggambar gambar cadas. Berdasarkan analisis bentuk diketahui bahwa terdapat 21
varian motif tangan dan enam varian motif hewan. Dari analisis keletakkan diketahui bahwa
gambar-gambar cadas digambarkan secara berdekatan pada dinding dan langit-langit gua.
Melalui analisis bentuk dan kontekstual diketahui pola dari tiap motif, yaitu motif tangan
digambarkan dengan pola acak dan motif hewan digambarkan dengan pola individu dan
berpasangan. Sementara itu, motif tangan dan motif hewan memiliki pola yang saling
beriringan.

ABSTRACT
This research was conducted because of the large variety of the rock art in Leang Uhallie.
This study is trying to determine the relationship between form and its locations in Leang
Uhallie to determine the pattern and human behavior in the past in depictions of rock art.
Based on the form analysis is known that there are 21 variants motif hand and six variants
animal motif and from contextual analysis is known that the rock art was depicted on the
walls and ceiling of the cave. With the form and contextual analysis it can be seem that handstencil
was depicted with a random pattern and animal motif was depicted in individuals and
pairs. Meanwhile, both of hand-stencil and animal motif was depicted contiguously."
2016
S65403
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Naskah ini berisi gambar-gambar wayang dengan judul wayang di bagian bawah gambar. Tiap halaman terdiri atas satu gambar. Jumlah keseluruhan ada 17 halaman gambar. Gambar-gambar tersebut kemudian difotocopy dan dijilid dalam satu bundel."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
WY.22-KS 99
Naskah  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>