Ditemukan 1053 dokumen yang sesuai dengan query
Oost, Heinze
Amsterdam / Antwerpen: Contact, 1995
BLD 439.2 OOS h
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Lamers, h.a.j.m
Bussum: Dick Coutinho, 1993
BLD 439.318 LAM h
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Nopi Melani
"
ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efektivitas belajar siswa melalui suatu program simulasi, yaitu Easy Java Simulation (EJS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada tahun akademik 2015/2016 di SMA Cakra Buana dengan jumlah responden sebanyak 20 siswa kelas MIPA. Pada penelitian ini, siswa memanfaatkan program Easy Java Simulation untuk meningkatkan efektivitas dalam belajar fisika pada pokok pembahasan lensa. Siswa mempelajari simulasi lensa secara visual di komputer dengan bantuan tools program Easy Java Simulation di mana program ini membantu siswa dalam pengembangan pokok bahasan lensa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke II rata-rata siswa yang aktif meningkat menjadi sebesar 67.5% dan yang tidak aktif sebesar 26.3%. Dengan demikian, pemanfaatan program EJS dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa."
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018
371 TEKNODIK 22:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sitti Hajrah
"
ABSTRAKHasil belajar Matematika siswa Indonesia yang diukur secara internasional melalui TIMSS masih sangat rendah.Sikap siswa sangat dipengaruhi oleh menarik-tidaknya kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satu hal yang menarik siswa adalah ketersediaan media pembelajaran. Dalam kaitan ini, peneliti mencoba mencari hubungan antara sikap siswa dengan media pembelajaran di sekolah. Data yang digunakan adalah data TIMSS 2011 yang berupa data hasil angket kuesioner yang terdiri dari 25 pertanyaan tentang sikap dan 5 pertanyaan tentang media. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta TIMSS 2011 untuk mata pelajaran Matematika yang berjumlah 5795 orang siswa kelas VIII perwakilan dari seluruh Indonesia. Sikap belajar Matematika yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah kesukaan siswa terhadap Matematika, sikap menghargai Matematika, serta kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan matematikanya dan kegunaannya untuk kehidupannya dan masa depannya. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara perasaan senang atau suka belajar Matematika, sikap menghargai pelajaran Matematika dan gurunya, serta rasa percaya diri terhadap kemampuannya dan kegunaan Matematika dengan media pembelajaran (komputer, perangkat lunak komputer, dan media audio visual). Untuk media kalkulator, hanya berkorelasi pada sebagian kecil dari item yang ditanyakan. Hal yang menarik dari penelitian ini adalah bahwa media yang digunakan guru sangat berhubungan dengan sikap siswa dalam belajar Matematika dan memahami kegunaan Matematika untuk kehidupannya dan masa depannya."
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018
371 TEKNODIK 22:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Chyntia Hualangi
"
ABSTRAKSeeing the development of China that was able to affect the world economy, the Headmaster of the School to take steps to provide Mandarin materials ranging from kindergarten, elementary, junior high school. Learning a foreign language, students can directly connect the brain with oral. Learning Mandarin, the brain must deal with two different departments at once: sounds and meanings. That is why children who as young as learning IQ Mandarin languages are up between 15-20%. With that, it is expected that Mandarin can be learned since childhood because in addition to children more quickly in absorbing the lesson, Mandarin is a difficult language and has a lot of vocabulary. TK Wiyata Dharma Medan is one kindergarten that realizes the importance of Mandarin. Therefore, Head of Kindergarten Tama Wiyata Dharma Medan gives opportunity writer to conduct research in big zero class (B) and small zero class (A) with aim of student of TK Wiyata Dharma Medan can know and learn basic Mandarin language. The material given is the same, just different teaching methods. Because in class A not all students can read and write, so students are still assisted to spell Mandarin pronunciation from teacher's utterance and assisted in writing letters, either writing pinyin or hanzi. While class B students already have the competence of reading and writing, so students stay deepening pronunciation, how to write hanzi and its meaning. And because the new Chinese subjects were first taught in this kindergarten, so the unavailability of guidebooks to be presented. So, the author sought and made his own material to be delivered.Based on the discussion can be concluded as follows; If there is an error in the pronunciation position and the way of pronunciation, then the resulting pronunciation will be less precise. Media images in the process Teaching and Learning Activities can motivate TK Wiyata Dharma Medan students in learning Mandarin. Students can write and memorize hanzi with image media. Game media can create classroom situations to be democratic and open, thus making students comfortable in class and daring to explore themselves. This is evident from the evaluation results in every meeting. Results obtained by students on average are good."
Sumatera Utara: Universitas HKBP Nommensen, 2018
VISI 26:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Acep Saepul Rahmat
"
ABSTRAKGames Book merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan materi pelajaran kepada siswa melalui permainan. Permainan terselip di dalam sebuah buku yang berisikan variasi permainan yang memungkinkan siswa tertarik dan mengikutinya. Games Book memberikan alternatif baru dalam membelajarkan siswa secara aktif dan kolaboratif untuk meningkatkan minat dan aktivitas baca, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Berdasarkan penelitian di kelas V SD Negeri Karamatjaya, media Games Book ternyata memberikan rangsangan positif terhadap aktivitas dan minat baca siswa terutama pada materi pelajaran tentang unsur unsur intrinsik cerita. Berdasarkan data yang dikumpulkan, kualitatif dan kuantitatif, didapatkan data rata-rata pengaruh perlakuan pemanfaatan media games book terhadap minat dan aktivitas baca siswa secara signifikan, yakni dari rata-rata 62,24% menjadi 90,81%. Merujuk pada data tersebut, tampaklah adanya peningkatan aktivitas dan minat baca, siswa lebih kritis, mandiri, dan mampu membangun interaksi dan kerjasama dengan siswa lain."
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018
TEKNODIK 22:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Rusli
"
ABSTRAKMother-of-pearl is a monocot plants are flowering and fruiting once and then die (monokarpik). Based on its physical properties, mother-of-pearl trunk can be divided into (3) three parts, namely the center (core zone), medium (the middle between center and edge) and the edges (dermal zone). Until now, the mother-of-pearl at the center of the stem is only used as fodder, because of low density, which ranged between 0.15 to 0.20 g/cm3. Therefore, in this study conducted densification techniques against gewang wood soft part (the center) to improve the physical and mechanical properties. Wood sample compression process is divided into two groups, namely (1) the sample is wrapped with aluminum foil with the hope to function as water vapor heat treatment (stem treatment) and (2) a sample directly felted heat/heat treatment (heat treatment). "
Bandung: Research Institute for Human Settlements , 2017
363 JHS 9:2 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Kossmann, Alfred
Amsterdam: Em. Querido's Uitgeverij N.V, 1972
BLD 839.36 KOS w
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Poetri Monalia
"Kualitas penampang seismik, khususnya pada daerah yang memiliki struktur geologi komplek sangat sukar untuk diinterpretasikan. Pada saat ini, banyak geoscientist yang menggunakan pengolahan data seismik dengan tujuan untuk memperoleh kenampakan perlapisan pada penampang seismik sebaik-baiknya. Dalam meningkatkan kualitas dari penampang seismik, diperlukan model kecepatan interval yang akurat. Tomografi refleksi waktu tempuh merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memperbaiki model kecepatan interval.
Metode tomografi refleksi waktu tempuh merupakan metode tomografi seismik yang terdiri dari 2 (dua) buah proses utama, yaitu pemodelan ke depan dan pemodelan ke belakang. Pada proses pemodelan ke depan, nilai dari waktu tempuh suatu data seismik sintetis akan diestimasi dengan menggunakan metode penelusuran jejak sinar (metode resiprokal).
Berdasarkan hasil estimasi waktu tempuh tersebut, pemodelan kecepatan akan diperbaiki secara iteratif dengan pemodelan ke belakang. Pada tesis ini permasalahan pemodelan ke belakang akan diselesaikan dengan metode Simultaneous Iterative Reconstruction Technique (SIRT). Setiap metode diselesaikan dengan algoritma yang dituliskan dalam skrip MatLab.
Geo-scientists have always had a hard time to interpret a complex geological structure. To fulfill the need of having an interpretable cross section of seismic data, there are more researchers developing the seismic data processing. The quality of the seismic section could be improved by an accurate interval velocity model. In this thesis, a more accurate interval velocity will be achieved by applying travel time tomography reflection method. Travel time tomography reflection method is divided into two processes, which are forward tomography and inverse tomography. In forward tomography, the travel time of rays penetrating in a sintetic model are estimated by using ray tracing method (reciprocal method). The estimated travel time model then becomes the input for inverse tomography. In order to generate velocity model iteratively, Simultaneous Iterative Reconstruction Technique (SIRT) algorithm is used to find the solution for inverse tomography. Every method in this whole process is solved by writing the algorithms in MatLab script."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
T29592
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Schwartz, Laurent
Reading, MA: Addison-Wesley , 1966
530 SCH m
Buku Teks Universitas Indonesia Library