Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2371 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Claiborne, Robert
Viginia: Time-Life Books, 1974
417.7 CLA b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Claiborne, Robert
New York: Time-Life Books, 1974
417.7 CLA b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Singapore: SEAMEO Regional Language Centre, 2005
428.4 INN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Saussure, Ferdinand de, 1857-1913
New York: Oxford University Press,, 2006
411 SAU w
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Asra
"ABSTRAK
Perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara laki-laki dan perempuan merupakan suatu hal yang konsisten terjadi. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan untuk menemukan perbedaan karakteristik linguistik tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan dari perspektif linguistik. Metode paduan dengan pendekatan convergent parallel design digunakan untuk menganalisis 60 tulisan esei mahasiswa yang dipilih dengan cara purposive sampling technique. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Mahasiswa perempuan ditemukan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam kompetensi penyusunan paragraf, tanda penghubung, jumlah keluaran teks, pengaturan topik, penutup, pembuka kalimat, klausa, dan struktur sintaksis. Secara umum, hasil penelitian ini mendukung gagasan bahwa perbedaan karakteristik linguistik antara laki-laki dan perempuan harus dipertimbangkan dalam pengajaran keterampilan menulis akademik.

ABSTRACT
Differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls are inevitable to happen. Therefore, this study aims at finding out the differences of boys rsquo and girls rsquo in linguistic characteristics of academic writing from the perspective of linguistics. Mixed method research with convergent parallel design is used to analyze sixty students rsquo essay writing chosen by using a purposive sampling technique. The result reveals that there are some differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls. The girls are found more capable in paragraphing competences, linking devices, text output counts, topical organization, ending, sentence openings, clauses, and syntactical structures. The findings generally support the notion that differences of linguistic characteristics between boys and girls should be considered in teaching academic writing."
2017
T48575
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Audrey Gabriella Titaley
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh balikan sesama pemelajar terhadap peningkatan kualitas tulisan pemelajar dan persepsi pemelajar terhadap penggunaannya di kelas kemahiran menulis pada tingkat bahasa B2. Data utama penelitian ini adalah tulisan pemelajar dan hasil kuesioner dari 18 pemelajar bahasa Jerman di suatu perguruan tinggi, yang telah dilatih sebanyak 3 pertemuan untuk memberikan balikan isi dan kebahasaan. Temuan penelitian ini menunjukkan signifikasi pengaruh pemberian balikan sesama pemelajar yang berlangsung di kelas kemahiran menulis pada tingkat bahasa B2 terhadap peningkatan kualitas tulisan pemelajar. Pemberian balikan sesama pemelajar juga berperan pada peningkatan nilai tulisan pada tingkat bahasa B2 pada keempat kriteria penilaian tulisan yang dgunakan Goethe-Institut 2007 . Perbedaan kualitas buram pertama dan buram ketiga secara signifikan terlihat dari satu kriteria aspek isi yaitu pengaturan teks dan juga satu kriteria aspek kebahasaan yaitu kemampuan mengungkapkan makna. Kualitas tulisan dapat meningkat berkat adanya interaksi antarpemelajar yang berlangsung selama proses pemberian 162 balikan fasilitatif dan 190 balikan korektif. Kedua bentuk balikan tersebut mengarahkan pemelajar untuk memperbaiki tulisan mereka. Temuan penelitian ini mendukung pernyataan Hyland 2004 terkait peran positif BSP dalam peningkatan kualitas tulisan pemelajar dan interaksi antarpemelajar yang komunikatif. Hasil penelitian ini juga mendukung perlunya pemelajar dilatih untuk memberikan balikan yang efektif. Selain itu, hasil kuesioner yang dibagikan untuk mengkaji persepsi penggunaan balikan sesama pemelajar menunjukkan persepsi positif terhadap penggunaan dan manfaat balikan sesama pemelajar.

ABSTRACT
The research aims at studying the influence of peer feedback to improve the quality of students rsquo writing and the perception of the usage of peer feedback in the writing class in the B2 language level. The primary data of this research are student writings and the questionnaires given to 18 German learners in a university, that have been trained in three meetings to give content and language feedback. The research findings show the significant impact of peer feedback that was given during the writing class on the quality improvement of students rsquo writing. The peer feedback plays also a role in score increase completely in 4 criteria of Goethe Institut rsquo s writings measure for B2 level 2007 . The different quality of first and third draft can be seen significantly in a criterion of content aspect, namely text organization and also in a criterion of language aspect, namely vocabulary complexity. The writings quality improves with the help of student student interaction while giving 162 facilitative feedbacks and 190 language feedbacks. Both feedbacks facilitate students during revising their writing. These research findings support Hyland rsquo s 2004 statements about the positive roles of peer feedback to increase students rsquo writing quality and communicative stundent student interaction. That is why, these research findings emphasize that the learner need to be trained to give effective feedback. Moreover, the questionnaire distributed to investigate the students rsquo perception toward peer feedback in the writing class shows positive perception supporting peer feedback in the writing class. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T51345
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Elizabeth
"ABSTRAK
Tes Cambridge International General Certificate of Secondary Education Cambridge IGCSE Indonesian merupakan tes bahasa Indonesia sebagai bahasa asing yang terstandardisasi internasional. Umumnya tes itu diselenggarakan di akhir kelas 10 di sekolah-sekolah Satuan Pendidikan Kerja Sama SPK di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesahihan isi tes Cambridge IGCSE Indonesian Paper 2 Reading membaca dan Paper 4 Writing menulis tahun 2016 ??2017 karena pada kedua tes itu terdapat revisi yang signifikan pada tahun 2016. Agar tujuan itu dapat tercapai, peneliti menelisik komponen input dan respons yang diharapkan pada tes-tes itu kemudian membandingkannya dengan silabus tes/dokumen-dokumen terkait. Selain itu, peneliti juga berusaha untuk mengetahui pandangan pengajar terhadap isi tes-tes itu dengan melakukan wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pemilihan pengajar sebagai subjek penelitian adalah dengan teknik purposful sampling dan intensity sampling. Berdasarkan kajian atas komponen-komponen input dan respons yang diharapkan pada tes Paper 2 Reading dan Paper 4 Writing tahun 2016 ??2017 serta hasil wawancara dengan pengajar dapat disimpulkan bahwa kedua tes itu memperlihatkan kesahihan isi yang besar atau tinggi.

ABSTRACT
The Cambridge International General Certificate of Secondary Education Cambridge IGCSE Indonesian is an Indonesian as foreign language test. The test is generally held at the end of grade 10 in Satuan Pendidikan Kerja Sama SPK schools in Indonesia. The purpose of this study was to evaluate the content validity of Paper 2 Reading and Paper 4 Writing tests in years 2016 2017 since there have been significant revisions in those tests starting in 2016. To achieve the purpose, this study explored the characteristics of input and expected response of the tests and compared the tests to test syllabus and related documents. Teachers were also interviewed to gain their views on the content of the tests. A qualitative method was applied in this study. The teachers were selected by using purposeful sampling and intensity sampling techniques. Based on the results of exploring the characteristics of input and expected response and teachers rsquo interview, the Paper 2 Reading and Paper 4 Writing tests in years 2016 2017 revealed a high content validity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T52081
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aitchison, Jean, 1938-
London: Hodder & Stoughton, 1992
410 AIT l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Verhaar, J.W.M.
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 1990, c. 1982
410 VER p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sudaryanto
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1992
410 SUD m (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>