Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6994 dokumen yang sesuai dengan query
cover
New York: The New American Library, 1952-1956
808.8 NEW
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anna Lestari
"Masa orientasi perawat baru merupakan masa transisi perawat dari sebagai mahasiswa menjadi seorang perawat. Perlu pendampingan oleh mentor untuk perawat baru agar dapat melewati masa transisi dan mencapai target kompetensi. Peran mentor sebagai advisor, role model, coach, problem solver, teacher, supporter, organiser and planner, guide akan memberikan kepuasan kerja bagi mentor sendiri karena dapat membantu orang lain dalam meningkatkan prestasi kerja. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan pengalaman menjadi mentor dalam membimbing perawat baru di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, melibatkan enam orang perawat sebagai partisipan dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam.
Hasil riset ini berupa tema yaitu: 1 Memahami tugas dan tanggung jawab sebagai mentor, 2 Pengetahuan mentor tentang mentee yang pernah bekerja di tempat lain dan kinerja mentee, 3 Persepsi mentor tentang mentee, 4 Saran mentor dalam program penerimaan perawat baru untuk mengurangi turnover pada perawat baru, 5 Mentor membutuhkan dukungan dari kepala ruangan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa mentor telah melaksanakan tugasnya dalam mempersiapkan staf baru untuk siap bekerja. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengeksplorasi perawat yang mengundurkan diri ditahun pertama kerja dan alasan perawat untuk bertahan dalam pekerjaannya.

Orientation of fresh graduate nurses is a transition period for nurse as a student to become a nurse. The role f mentor is advisor, rolemodel, coach, problem solver, teacher, supporter, orgniser and planner, guiede will provide job satisfaction for their own mentor because it can help others to improve work performance.The objective of this study is to outlines experience of becoming a mentor to guide fresh graduate nurses in Premier Jatinegara Hospitals. This research used a phenomenology qualitative approach, involving six nurses as participants and collecting data process through interviews, observation.
In this study has identified into five themes, i.e. 1 Understanding duties and responsibilities as a mentor, 2 Mentor knowledge in respect to mentee who has worked in another place and mentee performance, 3 Mentor perception towards the mentee, 4 Mentor advices in nurses enrollment program to eliminate new nurse turnover, 5 mentor need support and support.
The research concluded that a mentor has been carrying out its work in preparing for new nurses tobe ready to work. Sugestion for further research is explore the nurses who resign in the first year of work and the reasons nurses to survive.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
T47108
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Kusumaningsih
"ABSTRAK
Pengaruh Penguatan Peran Mentor dengan Pendekatan Teori Caring Swanson terhadap Kompetensi Mentor dalam Program Mentorship AbstrakProgram mentorship efektif dalam membentuk perawat yang profesional, namun mentor belum diberikan dukungan yang baik dalam menjalankan perannya. Tujuan penelitian ini yaitu melihat pengaruh penguatan peran mentor dengan pendekatan teori caring Swanson terhadap kompetensi mentor dalam program mentorship. Metode menggunakan pendekatan pre-eksperimental design, dengan melakukan intervensi pada satu kelompok tanpa kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling terhadap semua mentor di ruang rawat inap sebanyak 12 mentor. Observasi dilakukan pada 36 kali kegiatan mentoring, sehingga setiap mentor dilakukan penilaian observasi sebanyak tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan, sikap, dan keterampilan mentor sebelum dan sesudah intervensi dengan p=0,0001;=0,05. Keterampilan mentor merupakan kompetensi mentor dengan peningkatan terendah 78,96 dibandingkan dengan pengetahuan 85,4 dan sikap mentor 84,65 . Faktor yang dominan yang mempengaruhi kompetensi mentor, yaitu pendidikan, pelatihan, penguatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hasil penelitian ini memberikan masukan kepada rumah sakit untuk meningkatkan kompetensi mentor dengan mengaplikasikan program mentorship dengan pendekatan teori caring Swanson, dengan mendukung pendidikan dan pelatihan mento.

ABSTRACT
The Influence of Strengthening Mentor rsquo s Role Approching The Swanson rsquo s Caring Theory to the Mentor rsquo s Competency in The Mentorship ProgramAbstract The mentorship program is effective in forming a professional nurse, but mentors have not been given good support in performing their role. The purpose of this study is to see the effect of strengthening the role of mentors using Swanson rsquo s caring theory to mentors competences in the mentorship program. The method used a pre experimental design approach, by intervening in one group without a control group. Sampling used total sampling technique for all mentors in the inpatient room of 12 mentors. Observations were conducted on 36 mentoring activities, so each mentor performed three observational observations. The results showed that there were significant differences in the knowledge, attitudes, and skills of mentors before and after intervention with p 0.0001 0.05. The mentor skill is the competence of mentor with the lowest increase 78,96 compared with knowledge 85,4 and mentor attitude 84,65 . The dominant factors affecting the competence of mentors are education, training, strengthening knowledge, attitudes, and skills. The results of this study provide suggestion to the hospital to improve the competence of mentors by applying mentorship program with Swanson rsquo s caring theory, by supporting education and mentor training. Keywords Caring, competences, mentor, and mentorship."
2017
T48059
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Charney, Cy
""Up-and-coming professionals may have smarts, but they don't have all the answers. Every day presents issues they've never had to consider before. They'll be thankful for The Portable Mentor. This one-stop resource is jam-packed with hundreds of bite-sized tips and strategies for dealing with common yet critical concerns, from goal-setting, decision-making, and project management to self-development and career planning. A "24-7" coach, adviser, and problem solver, The Portable Mentor will help readers: * Be more productive and make better decisions * Build better relationships with peers and supervisors * Enhance skills like writing, speaking, listening, time management, and negotiation * Take better care of their physical and mental well-being * Get ahead and lay the groundwork for further advancement Read start-to-finish or consulted as needed, this A-Z companion gives rising professionals practical guidance when they need it: every day.""
New York: [American Management Association;, ], 2004
e20438539
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Bagus Baskoro
"ABSTRAK
Tujuan:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang berhubungan
dengan kondisi intra-operatif dan pasca-operasi selama proses pembelajaran dan
melakukan evaluasi hasil dari metode berbasis
mentor-initiated pada LDN di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Indonesia.
Material dan Metode: Penelitian retrospektif ini menggambarkan pengalaman pada 140 prosedur LDN yang dilakukan di RSCM sejak November 2011 sampai Agustus 2014. Sebanyak 66 kasus LDN pertama, dilakukan oleh seorang ahli bedah laparoskopi sebagai operator utama (mentor) dan secara bersamaan, membimbing operator kedua (trainee). Setelah itu, operasi dilakukan secara bergantian oleh kedua ahli bedah. Dilakukan analisis pada variabel yang berhubungan dengan kondisi intra-operatif dan pasca operasi pada 66 kasus LDN pertama, serta analisa perbandingan antara prosedur operasi yang dikerjakan oleh masing-masing ahli bedah.
Hasil: Rerata usia pendonor adalah 32.97 tahun dengan rasio jenis kelamin 6:4 (laki-laki:perempuan). Sebanyak 64% pendonor tidak memiliki hubungan keluarga dengan resipien. Donor ginjal kiri dilakukan pada 82.1% (n=112) prosedur, dan kanan sebanyak 17.9% (n=28). Tidak ada perbedaan signifikan pada waktu operasi (p=0.36), Warm Ischemia Time (WIT) 1 (p=0.66), jumlah perdarahan intra-operatif (p=0.46) antara kedua operator. Hanya satu variable (time to clip) yang ditemukan secara statistik bermakna, p = 0.024. Perbandingan antara grup pertama (1-50 LDN) dan grup terakhir (100-140 LDN) hanya variable WIT 1 dan time to clip; p = 0.029, p = 0.029 yang ditemukan signifikan secara statistik.
Kesimpulan: LDN merupakan suatu prosedur yang cukup menjanjikan dan aman untuk meningkatkan jumlah pendonor ginjal. Kesulitan untuk mencapai suatu learning curve menjadi permasalahan utama yang harus dihadapi oleh setiap ahli bedah laparoskopik, terutama karena dampak yang potensial terhadap keberhasilan suatu transplantasi ginjal. Pengalaman yang cukup pada operasi laparoskopi saluran kemih bagian atas sangat diperlukan sebelum melakukan LDN. Pendekatan berbasis mentor-initiated akan membantu peserta latihan untuk mengenali dan melakukan keseluruhan operasi dengan baik tanpa membahayakan patient safety.

ABSTRACT
Objective: variables related to both surgical and postoperative outcome during the learning curve and evaluate the result of mentor-initiated approach of laparoscopic donor nephrectomies at Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta, Indonesia.
Materials and Methods: This retrospective study describes our experiences on 140 laparoscopic nephrectomies in living donors performed in Cipto Mangunkusumo Hospital from November 2011 to August 2014. First sixty-six LDN was performed by one experienced laparoscopic surgeon as the main operator while mentoring the second operator. Afterward the surgery was performed alternately between the two surgeons. Variables related to both the surgical and postoperative outcome during the initial phase and comparisons of the procedures performed by each surgeon were analyzed.
Results: Donors’ average age was 32.97 years with male female ratio 6 : 4. About 64% patients were not family related. The left kidney procedures was performed 112 times (82.1%), whereas the right kidney 28 procedures (17.9%). No significant difference in operating time done by both operators (p= 0.36), WIT 1 (p=0.66), and intraoperative blood loss (p=0.46) with only time to clip as single statistically significant variable with p=0.024. Comparison between 1-50 LDN group and the 100-140 LDN group on WIT 1 and time to clip were found statistically significant with p = 0.029, p = 0.029. Conclusion: Laparoscopic donor nephrectomy (LDN) is a fairly safe and a promising procedure to increase the kidney donation pool. A steep learning curve is still the main problem that every surgeon had to deal with, mainly due to the concern of its potential impact on graft survival. Experience in laparoscopic upper urinary tract surgery is recommended to start with LDN. A mentor-initiated approach allows the introduction of this procedure to trainees with good results on
the overall surgery without compromising patient safety.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lee, Won-jun
Seoul: Jakeun Ssiat, 2009
KOR 920.9 LEE k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ratu Fidela Hanadestia
"Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan menganalisis teori Carl Jung yaitu arketipe mentor-mentee dalam proses individuasi diantara dua novel yaitu Demian karya Hermann Hesse dan Aristotle and Dante Discover the Secrets of the Universe karya Benjamin Alire S enz. Arketipe adalah suatu bentuk dari ketidaksadaran kolektif yang memiliki pengertian bahwa seluruh konsep, ide, dan ingatan itu bersifat universal dan telah diteruskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Satu contoh dari arketipe oleh Jung ini ada didalam hubungan antara seorang mentor dan mentee yang bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari kita ataupun didalam platform kreatif seperti film, musik, dan di penelitian ini khususnya dibidang sastra.
Dengan menggunakan psikoanalisis oleh Jung, jurnal ini bertujuan untuk mengurai cara kedua novel tersebut menggunakan arketipe mentor sebagai bantuan bagi muridnya untuk mencapai realisasi diri mereka, dan untuk mengetahui signifikansi peran mentor itu sendiri. Jurnal ini menggunakan analisis tekstual untuk membandingkan kedua buku tersebut. Selain itu, penulis menghubungkan konteks novel dengan arketipe untuk melihat pengaruhnya terhadap arketipe mentor mentee.

This research tries to compare and analyze Carl Jung's mentor-mentee archetype in the process of individuation in Hermann Hesse's Demian and Benjamin Alire S enz's Aristotle and Dante Discover the Secrets of the Universe. Archetype is a form of collective unconscious in which it means that every concept, idea, and memory is shared universally and has been passed from one generation to the next. One example of Jung's archetype exists in mentor and mentee's relationship, which can be found in our daily life and in creative platforms such as in film, music, and in this research specifically literature.
By using Jung's psychoanalysis, this journal aims to dissect the way both novels use Mentor Archetype as a succor for the pupil to come to their self-realization, and to figure out the significance of the mentor's role itself. Textual analysis is used for this journal to compare the two books. In addition, the author connects the context of the novel with the archetype to see how it influences the mentor-mentee archetype.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S4406
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cottrell, David
"Tuesday morning coaching draws on real examples of people and organizations that have identified and implemented simple philosophies that led to their success, and outlines a simple yet profound approach that can lead to spectacular personal and business achievements."
New York: McGraw-Hill , 2013
650.1 COT m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Micka Permata Putri
"Emtek Group menciptakan Vidio sebagai salah satu platform OTT (Over the Top) lokal di Indonesia untuk bersaing dengan platform lain di pasar bebas. Kehadiran Vidio menjadi media hiburan masyarakat untuk menonton berbagai hiburan yang ada, seperti live streaming, original series, content sports dan sinetron. Vidio bekerja sama dengan program kampus merdeka untuk melahirkan program magang demi mengembangkan soft skill dan hard skill mahasiswa. Saya mengikuti kegiatan magang di Vidio melalui program kampus merdeka. Saya harus melakukan proses adaptasi sendiri dengan budaya organisasi di Vidio, yang berbeda dengan diri saya di awal masuk magang. Namun, karyawan juga membantu proses adaptasi saya terhadap budaya organisasi di Vidio. Karyawan berperan sebagai mentor untuk membantu proses adaptasi saya dengan budaya organisasi di Vidio. Karyawan tidak hanya membantu proses adaptasi saya di Vidio, namun karyawan juga melakukan learning process untuk mengembangkan skill saya. Mentor menerapkan mentorship untuk membantu saya dalam beradaptasi dengan budaya organisasi Vidio serta melakukan learning process kepada saya.

Emtek Group created Vidio as one of the local OTT (Over the Top) platforms in Indonesia to compete with other platforms in the free market. The presence of Vidio has become a media for public entertainment to watch various existing entertainments, such as live streaming, original series, sports content, and soap operas. Vidio collaborates with the independent campus program to create an internship program to develop students' soft skills and hard skills. I took part in an internship at Vidio through the independent campus program. I had to adapt myself to the organizational culture at Vidio, which was different from what I was at the beginning of my internship. However, the employees also helped me adapt to the organizational culture at Vidio. Employees act as mentors to help me adapt to the organizational culture in Vidio. Employees not only helped me adapt to Vidio, but they also carried out a learning process to develop my skills. The mentor applied mentorship to help me adapt to Vidio's organizational culture and carry out the learning process for me.."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>