Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1342 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nakoela Soenarta
Jakarta: Pradnya Paramita, 1985
621.402 2 NAK m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fadel
"Indonesia mengalami krisis ekonomi yang cukup berat sejak tahun 1997. Hal ini membawa darnpak serius terhadap seluruh sektor kehidupan termasuk sektor industri. lndustri skala kecil dan menengah terimbas krisis yang lebih kecil dibandingkan industri besar dan berbahan baku impor. Oleh karena itu perhatian terhadap industri keeil dan menengah barus tebih ditingkatkan agar penunjMg perekonomian nasional ini dapat tetap eksis. Diantara industri kecil tersebut adalah industri pengecoran logam dengan metoda cetllkan pasic Komponen utarna pada pengecoran logam dengan metoda cetak:an pasir adalah pola pengecoran logarn. Pola pengecoran logarn dibuat dari kayu dengan menggunakan mesin-mesin seperti mesin gergaj~ mesin ketam, dan mesin ampias. Mesin gergaji dan mesin ketam digunakan pada proses pemhentukan awal. sedMgkan mesin arnplas digunakan pada proses akhir untuk mendapatkan kekasaran pennukaan yang diinginkan. Mesin amplas terdiri dari 2 jenis yaitu mesin arnplas permukaan luar dan mesin arnplas permukaan dalarn. Industri pola pengecoran logarn membutubkan kedua jenis mesin tersebut untuk menghasilkan produk. dengan kualitas yang baik, tetapi kernarnpuan industri kecil sangat terbatas untuk menginvestasi kedua jenls mesin tersebut. Oleh karena itu perlu dipikirkan solusi agar industri poJa pengecoran logam dapat terus berproduksi dengan kualitas produk yang baik dan investasi yang tidak terialu besar. Mesln amplas serbaguna yang dapat menggantikan kedua jenis mes:in amplas yang ada saat ini merupakan alternatif pemecahan yang tepat. Dengan mesin ini, fungsi pengarnplasan permukaan tuar dan permukaan dalarn dapat ditakukan pada satu mesin."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37657
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Proyek Induk Serbaguna Kali Brantas
Malang: Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik, 1971
627.84 Pro u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1990
S27893
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Agus Farhan
"Rangka merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu kendaraan, karena dapat dikatakan rangka adalah pondasi dari suatu kendaraan. Dalam perancangan, rangka kendaraan harus mampu memuat dan menahan semua ragam komponen di dalam kendaraan tersebut. Selain itujuga rangka harus di desain untuk dapat menahan dan melindungi pengemudi maupun penumpang dalam kendaraan, oleh karena itu keamanan rangka harus menjadi aspek utama dalam merancang suatu rangka kendaraan. Dengan merancang rangka, kita juga dapat menentukan jenis kendaraan apakah yang akan dibuat nantinya yaitu mengenai batas kapasitas kekuatan rangka. Rangka dasar suatu kendaraan cukup mempengaruhi jarak Center of Gravity kendaraan dengan tanah ( ground ) dimana hal ini berpengaruh pada kestabilan kendaraan pada saat kendaraan melaju ataupun berbelok yang disebabkan oleh momen yang dihasilkan oleh kendaraan itu sendiri. Untuk itu dalam perancangan rangka kendaraan, perencanaan serta perhitungan mengenai beban maksimum yang akan diterima oleh rangka kendaraan merupakan suatu keharusan karena kekuatan serta keamanan rangka harus menjadi frontline dalam perancangan ini tetapi juga tidak melupakan aspek berat dari rangka tersebut maupun dalam segi estetika sehingga nantinya dapat menghasilkan menghasilkan suatu bentuk kendaraan yang baik, stabil, ringan namun kuat dan aman. Analisa metode hingga ( Finite Element Analysis) akan digunakan untuk menganalisa kekuatan dan kekakuan rangka untuk menjamin bahwa rangka tersebut layak seperti yang di inginkan yaitu dengan mengetahui tegangan utama, tegangan geser serta tegangan Von mises yang terjadi pada rangka akibat pembebanan statik maupun dinamiknya berada dibawah batas kekuatan dari rangka tersebut.

Chassis constitute the most important part of vehicle, because it can said that chassis is foundation from vehicle. The chassis is designed to be able to contain and provide support for the various components of the vehicle. Beside that, It is also designed to hold up and protect the driver as well as the passenger and hence the safety of the chassis has to be a major aspect of the chassis design. With chassis design, we also be able to determine what kind of vehicle will be product next that is about limit of strength chassis capacity. Chassis of vehicle influence enough distance between center of gravity the vehicle with ground where in this case influence to vehicle stability at the vehicle moving rapidly or turn around that cause by moment which product by the vehicle itself. On behalf of chassis design, planning and calculation about maximum load that will accepted by the chassis constitute imperative because strength and safety chassis must be frontline in this design with the result that later it can production a good, stable, light in weight chassis yet powerful and safety. Finite Element Analysis will use to analyse strength and stiffness of chassis for guaranteed that chassis meets the proper requirements that is with find out or detect principal stress, shear stress and von mises stress which happened to chassis consequence static loading as well as dynamic loading in under limit of strength that chassis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryono Saputro
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S38615
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulani Saripulono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
TA2519
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ulani Saripulono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
TA2516
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
I Wayan Ekadiana
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
TA2463
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Andreas
"Brisbane, the capital city of Queensland, Australia is a city with multicultural inhabitant. Therefore, freedom of assembly in a community is very important. Brisbane’s Cultural Precinct is a place where diverse communities gather every week. Equipped with several educational buildings, Cultural Precinct becomes a very popular tourist destination for both local and international. Currently there are six buildings, standing in good shape and working properly as it was built years ago. The oldest building of the area is the QAG (Queensland Art Gallery) with almost 120 years old, while the youngest is the QAGOMA (Queensland Gallery of Modern Art), which was built on 2006. Ascertaining the Cultural precinct is high value asset, Government has planned to develop it by hiring several developers to complete the master plan planned.
Millions of Australian dollar will be spend for a massive development, which to be honest very pleasing, since the government let locals involved to the master plan. As planned before, government wanted to develop Southbank as a place of artistic and cultural value where the whole community is welcomed and inspired. Along with the spirit of community and freedom of assembly, author tries to participate in development by providing a design of Banquet hall. On that account, author tries to develop a design method to bring harmony and perfection to the Cultural Precinct."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58530
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>