Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78840 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shakira Tamayanti
1986
S2084
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
S2017
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Usia remaja akhir merupakan masa yang kritis dalam perkembangan konsep diri. Pengalaman child abuse merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh terbadap terbentaknya konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan pengalaman child abuse dengan konsep diri pada remaja akhir. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan studi cross sectional. Metode sampling yang digunakan adalah stratified sampling pada 91 responden di SMA Negeri 39 Jakarta, dengan instrumen berupa kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan pengalaman child abuse dengan konsep diri pada remaja akhir (p=0,000; α=0,05). Peneliti merekomendasikan kepada keluarga, institusi pendidikan, dan pelayanan keperawatan untuk menyedialcan lingkungan yang bebas dari child abuse agar remaja dapat membentuk konsep diri positif.

Late-adolescence is a critical time in self-concept development. The experience of child abuse is one of many factor that can influence the formation of self-concept. This study aimed to identify child abuse experience related to self-concept in late-adolescent. This research used descriptive correlation design with a cross sectional study. Sampling method used stratified sampling in 91 respondents in SMA 39 Jakarta, using questionnaire as the instrument.
The results showed a correlation between experience of child abuse with late-adolescent's self-concept (p=0.000, α=0.05). Researchers recommend to families, educational institutions, and nursing services to provide a safe environment from child abuse so that teenagers can construct a positive self-concept.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
TA5853
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Irina Pendjol
Depok: Universitas Indonesia, 1990
S2329
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aria Ahmad Mangunwibawa
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
S3398
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Naelufara
"ABSTRAK
Pada setiap tapan perkembangan selalu ada tugas-tugas atau sejumlah
perilaku yang harus dipenuhi, yang merupakan harapan atau tuntutan dari
masyarakat. Salah satu tugas perkembangan remaja adalah adanya
perubahan dari homosocial interest menjadi heterosocial concern, dimana
remaja mulai tertarik dan menaruh perhatian pada lawan jenis (Rice,1990).
Pada masa remaja akhir menjelang dewasa, umumnya remaja telah memiliki
pacar. Bila keadaan dirinya tidak sesuai dengan peran untuk usianya maka
hal ini diartikan sebagai suatu kegagalan baginya yang akhirnyaberpengaruh
terhadap pandangan orang tersebut mengenai dirinya.
Penelitian ini ingin menguji apakah benar bahwa ada perbedaan yang
bermakna pada konsep diri remaja yang sudah berpacaran dengan yang
belum berpacaran.
Subyek penelitian ini adalah remaja akhir usia 18-22 tahun baik yang sudah
berpacaran ataupun belum berpacaran. Subyek dipilih pada usia 18-22 tahun
karena pada umumnya remaja dengan usia tersebut sudah pernah
berpacaran.
Penilaian konsep diri ini diukur dengan menggunakan Tennessee Self-
Concept Scale (TSCS) yang terdiri atas tiga dimensi eksternal yaitu dimensi
diri identitas, kepuasan diri, dan diri tingkah laku serta lima dimensi internal
yaitu, dimensi diri fisik, diri moral-etik, diri personal, diri keluarga dan diri
sosial, penelitian ini dilakukan pada 66 remaja yang sudah berpacaran dan
65 remaja yang belum berpacaran. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisa diperoleh hasil yang
menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara konsep diri remaja
yang sudah berpacaran dengan remaja yang belum berpacaran. Remaja
yang sudah berpacaran memiliki konsep diri yang lebih tinggi atau positif
dibandingkan remaja yang belum berpacaran.
Kami berharap penelitian ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat
dan dapat memberi masukan bagi orang tua yang memiliki anak usia remaja,
sehingga mereka dapat lebih memahami tahap perkembangan remaja
beserta kebutuhan-kebutuhannya."
2004
S3463
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sirait, Melani L.
"Tahap perkembangan individu berbeda-beda dalam batas usia tertentu. Remaja putri SLTP Budi Utomo Depok berada pada tahap perkembangan remaja awal. Salah satu tugas perkembangan remaja awal adalah kemampuan remaja menerima perubahan tubuh yang terjadi pada masa pubertas. Perubahan tubuh pada masa pubertas adalah dimana individu mengalami perubahan secara fisik atau kemalangan seks primer dan sekunder. Kemampuan remaja menerima perubahan diri mempengaruhi harga diri remaja. Remaja yang menerima perubahan tubuh pada masa pubertas memiliki harga diri yang tinggi. Sedangkan remaja yang tidak menerima perubahan tubuh pada masa pubertas harga diri yang rendah. Hurlock (2002) mengatakan bahwa salah satu tugas perkembangan pada masa puber yang penting adalah menerima kenyataan bahwa tubuhnya mengalami perubahan. Hanya sedikit remaja pada masa pubertas yang mampu menerima kenyataan bahwa tubuh mengalami perubahan dan remaja tidak puas dengan penampilannya. Melalui penelitian yang menggunakan desain korelasi deskriptif ini, peneliti mencoba mencari hubungan antara perubahan tubuh pada masa pubertas dengan harga diri remaja putri SLTP Budi Utomo Depok. Dengan menggunakan rumus chi-square peneliti menganalisis data dan mendapatkan hasil nilai P sebesar 0,410 sodangkan nilai alpha 0,05. Sehingga penelitian ini tidak mampu membuktikan bahwa ada hubungan bermakna antara perubahan tubuh pada masa pubertas dengan harga diri. Hal tersebut disebabkan oleh lingkungan keluarga yang memberikan dukungan dan perhatian yang cukup kepada anak sehingga dalam kondisi apapun remaja putri mampu menerima dirinya."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
TA5700
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dwiana Maya Asmaradewi
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S3111
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mestika Dewi
"ABSTRAK
Pelecehan seksual biasanya terjadi dengan perempuan sebagai korban dan lakilaki
sebagai pelakunya, terjadi di berbagai kalangan, tidak memandang suku,
agama, maupun ras dan usia. Hal ini, mungkin pula rentan terjadi pada remaja,
kliususnya remaja perempuan, mengingat remaja perempuan juga sedang
mengalami perubahan dan perkembangan yang bersifat seksual. Penelitian ini
berusaha menggali sejauh mana pelecehan seksual yang dialami oleh remaja
perempuan, terutama implikasinya terhadap konsep diri. Karena pada masa
remaja, konsep diri juga merupakan tuntutan perkembangan yang hams
dipenuhi. Pembentukan konsep diri seseorang sangat dipengaruhi pengalaman
yang berkaitan dengan dirinya, dan pengalaman pelecehan seksual sebagai
salah satunya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan
kualitatif, dengan metode pengambilan data yang dilakukan, yaitu melalui
FGD (focus group discussion) untuk menggali berbagai pengalaman pelecehan
seksual yang dilakukan pada tiga sekolah (10 orang per kelompoknya), dan
wawancara untuk menggali pengalaman pelecehan seksual yang berimplikasi
terhadap konsep diri (6 orang). Ditemukan bahwa pengalaman pelecehan
seksual berimplikasi bagi konsep diri yang bersifat sementara {tramcitoryf
yaitu memberikan pengamh terhadap penilaian yang negatif, seperti kurang
percaya diri, rendah diri. Lebih lanjut penelitian ini menjawab berbagai hal
yang mengenai pelecehan seksual di kalangan remaja perempuan."
2001
S2852
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chatmiwati D. P
"ABSTRAK
Krisis moneter yang telah berlangsung kurang lebih empat tahun
belakangan ini menghancurkan sektor ekonomi sebagian besar rakyat Indonesia.
Akibatnya, banyak remaja dari keluarga miskin, terutama remaja perempuan
terpaksa harus putus sekolah dan berusaha mencari pekerjaan guna membantu
ekonomi keluarga. Sistem patriarkal dalam budaya Indonesia membuat orang tua
cenderung mengorbankan remaja perempuannya untuk ikut membantu
menambah penghasilan keluarga.
Latar belakang pendidikan yang minim, pengalaman yang kurang serta
keterampilan yang terbatas, menyebabkan kesempatan remaja perempuan untuk
memperoleh pekerjaan sangat kecil dan umumnya terkonsentrasi pada pekerjaan
rendah dengan penghasilan yang relatif kecil, sehingga akhirnya bekerja sebagai
pelacur dipilih sebagai alternatif karena penghasilan yang diperoleh dapat
beberapa kali lipat besarnya.
Melacur bukanlah merupakan suatu pekerjaan yang tanpa resiko.
Karakteristik pekerjaan yang dilakukan membuatnya menjadi suatu pekerjaan
yang beresiko tinggi, antara lain menghadapi perlakuan yang tidak manusiawi
baik dari aparat keamanan maupun pelanggannya, kemungkinan terjangkit
penyakit menular seksual bahkan sampai menderita HIV/AIDS, ataupun
perlakuan-perlakuan lain yang dapat mengancam nyawanya. Selain itu, pelacur
juga harus menghadapi sikap sebagian masyarakat yang menganggap mereka
sebagai bukan perempuan baik-baik, tidak bermoral, sampah masyarakat, sumber
penyakit kotor, manusia penuh dosa dan lain-lain.
Remaja sebagai individu yang sedang menjalani peralihan dari masa
kanak-kanak ke masa dewasa, mengalami perubahan-perubahan baik secara fisik
maupun secara psikis yang sangat penting dalam kehidupannya (Papalia & Olds,
1995). Peristiwa-peristiwa yang dialami sebagai pelacur ini tentu akan
berpengaruh pada perkembangan mereka dan dapat mempengaruhi konsep
dirinya.
Konsep diri merupakan konstruk sentral untuk dapat memahami manusia
dan perilakunya dan merupakan kerangka acuan yang digunakan individu dalam
berinteraksi dengan dunianya (Fitts, 1971). Konsep diri tidak terbentuk begitu
saja, tetapi merupakan hasil pengaruh terus menerus dan timbal balik antara
individu dengan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode
pengumpulan data wawancara kualitatif Subyek penelitian sebanyak empat
orang remaja perempuan, terdiri dari dua subyek pelacur dan dua subyek bukan
pelacur berusia 17-20 tahun, pendidikan maksimal kelas 3 SMP dan berasal dari
keluarga dengan sosial ekonomi menengah kebawah.
Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa remaja pelacur memiliki
konsep buruk hampir pada seluruh dimensi kosep dirinya, sedangkan pada bukan
pelacur tidak diperoleh suatu gambaran umum karena konsep diri masing-masing
subyek penelitian sangat berbeda. Antara remaja pelacur dan bukan pelacur
terdapat perbedaan konsep diri pada dimensi diri etik-moral dan diri sosial.
Remaja pelacur memiliki konsep buruk pada kedua dimensi ini dibandingkan
bukan pelacur.
Penelitian ini masih jauh dari sempurna, akan lebih baik hasilnya jika
wawancara dilakukan lebih mendalam dan disertakan juga data yang bersifat
kuantitatif, seperti kuesioner, tes mengenai konsep diri ataupun tes proyeksi
lainnya."
2003
S3186
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>