Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 74264 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tanto Febriady Anwar
"Dalam perencanaan transportasi perkotaan, model - model perkiraan tata guna lahan menjadi bagian yang penting dalam proses tersebut. Salah satu model yang paling banyak digunakan sebagai dasar pengembangan program - program perencanaan transportasi adalah Model Lowry yang dikembangkan oleh Lowry tahun 1964. Model Lowry merupakan model perkiraan tata guna lahan yang berdasarkan jumlah pekerjaan (employment). Model ini mengasumsikan bahwa adanya basic employment membutuhkan tempat untuk tinggal, alokasi tempat tinggal ini didasari dengan model distribusi gravitasi yang mempunyai variabel nilai housing opportunities tiap zona. Populasi yang didapat dari multiplier jumlah penduduk per pekerja ini membutuhkan service employment sebagai additional employment yang mana juga membutuhkan tempat untuk tinggal dan membuat additional populasi. Alokasi service employment yang didapat dari multiplier jumlah pekerja service per penduduk ini juga memakai model distribusi gravitasi dengan variabel nilai service floor space tiap zona. Jumlah employment dari basic dan service ini akan diproses lagi dari awal dan akan berlangsung sampai mencapai titik keseimbangannya. Proses perhitungan tersebut dilakukan secara berulang - ulang (iterasi) sehingga membutuhkan ketelitian yang sangat baik disetiap iterasi dan waktu yang sangat panjang untuk menyelesaikan persoalan menggunakan model Lowry ini, sehingga membutuhkan alat bantu berupa perangkat lunak komputer untuk menghitungnya. Program perangkat lunak yang diberi nama ProLowry 2000 ini dibuat karena proses iterasi ini yang sangat dibutuhkan perangkat bantuan untuk menghitungnya. Bahasa pemograman yang dipakai adalah Microsoft Visual Basic 5 karena sifatnya yang user friendly dan memiliki tampilan gratis yang cukup baik. Hasil dari program ProLowry 2000 ini diuji dan dibandingkan dengan perhitungan manual dan dapat disimpulkan bahwa program ini dapat menghitung perhitungan pada model Lowry dan dari hasil pengujian mempunyai kesalahan literatur dibawah 1,3 %."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S35045
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parlindungan, Satria Utama
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S35026
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iskandar
"Dalam setiap hal yang berkaitan dengan pemanfaatan air dalam suatu wilayah tangkapan hujan (Catchment Area), peranan analisa hidrologi menjadi sangat penting. Salah satu metode analisa hidrologi yang dipakai adalah dengan melakukan pendekatan-pendekatan statistik, yang dengan melakukan pendekatan ini dapat dilakukan pengolahan data untuk menjajaki kemungkinan yang terjadi pada masa yang akan datang. Berkaitan dengan proyek-proyek bangunan air , maka perencanaan dengan memperhatikan faktor-faktor keamanan sangat diperlukan agar bangunan tersebut dapat bennanfaat sesuai dengan kegunaannya. Misalnya untuk pembangunan bendungan untuk keperluan irigasi, seorang perencana bangunan air haruslah dapat mengetahui keadaan sebenarnya yang terjadi di lapangan. Besarnya debit air rencana yang akan diperhitungkan, bagi seorang perencana bangunan air sangat menentukan dimensi dari bangunan air tersebut. Dan seorang perencana bangunan air haruslah dapat memperkirakan umur bangunan yang akan dibangunnya. Pada kenyataannya, walaupun seorang perencana bangunan air telah dapat memperkirakan dengan baik perencanaan pembebanan yang mungkin akan ditanggung oleh bangunan tersebut, tetapi ia tidak berani menjamin apakah beban-beban perencanaan itu akan terlampaui atau tidak. Sehubungan dengan hal tersebut maka ia lalu membuat asumsi-asumsi dan memberikan faktor keamanan yang cukup besar. Agar mendapatkan hasil yang diinginkan maka dalam pelaksanaannya, pendekatan statistik melalui suatu distribusi peluang untuk analisa debit banjir rencana merupakan altematif dalam melihat karakteristik hidrologi yang mendekati dengan keadaan yang sebenarnya. Kemajuan teknologi pada saat ini melalui proses komputerisasi dapat memberikan kemudahan-kemudahan dalam melakukan suatu analisa agar menjadi lebih cepat, mudah dan menghemat waktu kerja, serta dapat memberikan hasil analisa yang optimum. Oleh karena itu dalam tugas akhir ini lebih ditekankan kepada pemodelan perangkat lunak dengan metode statistik untuk analisa debit banjir rencana, sehingga hasil yang diperoleh dapat dipakai sebagai acuan (data dasar) dalam perencanaan-perencanaan berbagai konstruksi bangunan air."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S35072
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nursyamsi Rina Surya
"Pemilihan jenis persimpangan, perencanaan geometnk persimpangan dan perencanaan
pengaturan waktu lampu lalulintas sebagai elemen dari perencanaan persimpangan
harus dirancang secara cermat agar persimpangan dapat berfungsi secara optimal.
Proses perencanaan persimpangan memerlukan waktu dan tingkat keahlian dari
perencana. Untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang terbaik pada
perencanaan persimpangan maka dikembangkan perangkat Iunak yang bersifat interaktif untuk perencanaan persimpangan.
Pengembangan perangkat lunak ini dilakukan dengan menggunakan bahasa
pemrograman Visual Basic versi 3.0. Proses pengembangannya meiiputi konsep dan
perancangan program yang dibuat berdasarkan tahap-tahap perencanaan persimpangan yaitu pemilihan jenis persimpangan, perencanaan geometri persimpangan, analisa tundaaan persimpangan prioritas dan perencanaan pengaturan waktu lampu lalulintas. Tahap-tahap ini merupakan modul terpisah yang dapat disatukan dan diatur dengan membuat satu program utama. Secara keseiuruhan paket perangkat Iunak perencanaan persimpangan ini diberi nama Intersign versi 1.0.
Hasil penggunaan lntersign dapat memberikan rekomendasi jenis persimpangan,
perencanaan geometri persimpangan, analisa tundaan persimpangan prioritas dan
perencanaan pengaturan waktu lampu Ialulintas. intersign merupakan perangkat lunak
yang bersifat terbuka dan dapat dimodihkasi secara mudah sehingga dapat
dikembangkan Iebih Ianjut untuk mendapatkan prototipe yang lebih komprehensif dan
handal untuk perencanaan persimpangan.

"
1996
S34479
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Persimpangan Bundaran dapat dikatakan merupakan tipe persimpangan yang jarang digunakan. Hal ini terjadi karena kekurang-tahuan masyarakat akan keuntungan dan kerugian dari penggunaan persimpangan bundaran itu sendiri. Skripsi ini menjelaskan tipe-tipe bundaran, karakteristik tiap tipe-tipe tersebut serta perencanaan geometrinya. Tipe-tipe bundaran yang terdapat pada skripsi ini adalah Normal Roundabout, Mini Roundabout, Double Roundabout, Ring Junction, One Bridge Roundabout, Two Bridge Roundabout dan Signalised Roundabout. Perencanaan geometrik yang dikembangkan dalam perangkat lunak ini adalah meliputi perencanaan jumlah dan lebar lajur, jarak pandang, kelandaian, diameter pulau, lajur pemisahan belok kiri dan marka jalan. Adapun standar yang digunakan adalah TD 42/84 dan peraturan - peraturan lainnya yang diperlukan dalam perhitungan kapasitas dan tundaan yang terjadi pada persimpangan bundaran. Pengembangan perangkat lunak ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic versi 5.0. Proses pengembangannya meliputi konsep dan pengembangan program yang dibuat berdasarkan tahap-tahap perencanaan geometrik persimpangan bundaran. Perangkat lunak ini diberi nama Intersign S.O. Hasil penggunaan Intersign 5.0 dapat memberi rekomendasi perencanaan geometrik persimpangan dari tipe-tipe persimpangan bundaran untuk tiga kaki simpang atau lebih."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S34977
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Pemilihan jenis pesimpangan, perencanaan geometrik persimpangan dan perencanaan pengaturan lampu lalu lintas serta bundaran, sebagai elemen dari perencanaan persimpangan hams dirancang secara cermat agar persimpangan berfungsi secara optimal dengan biaya yang ada. Proses perencanaan biaya persimpangan ini memerlukan waktu dan tingkat keahlian dari perencana. Untuk itu dibuat suatu model pemrograman untuk membantu perencana dalam merencanakan biaya persimpangan yang paling menguntungkan, baik dari segi kualitas dan efisiensi biaya yang dipakai. Pengembangan perangkat lunak ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic versi 5.0. Proses pengembangannya meliputi konsep dan perancangan program yang dibuat berdasarkan tahap-tahap perencanaan persimpangan yang selanjutnya dihitung biaya persimpangannya. Tahap-tahap ini merupakan modul terpisah yang dapat disatukan dan diatur dengan membuat program utama. Secara keseluruhan paket perangkat lunak perencanaan biaya persimpangan ini diberi nama Intersign versi 5.0. Hasil penggunaan Intersign memberikan rekomendasi besarnya biaya persimpangan. Intersign merupakan perangkat lunak yang bersifat terbuka dan dapat dimodifikasikan secara mudah sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut untuk mendapatkan prototipe yang lebih komprehensif dan handal untuk perencanaan biaya persimpangan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S34973
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S35581
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S34449
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Intan Suri
"Penerapan pengetahuan dan pengalaman konstruksi diperlukan untuk memperbaiki efektifitas pelaksanaan di lapangan. Salah satu bentuk untuk menyederhanakan usaha konstruksi dilakukan dengan memprediksi kinerja pelaksanaan lebih awal. Dalam kasus pondasi tiang franki standar, akan diperoleh perkiraan berapa jumlah tiang yang dapat diproduksi oleh kontraktor pelaksana dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Tujuan tesis ini melakukan analisis berkenaan dengan membuat model perkiraan jumlah Tiang Franki Standar (Standard Franki Pile) yang bisa diproduksi pada proyek gedung bertingkat.
Metode penelitian yang digunakan adalah interview, studi kepustakaan dan melakukan survey dengan kuesioner kepada para kontraktor yang melaksanakan pekerjaan pondasi Tiang Franki Standar pada proyek gedung bertingkat di Jakarta Bogor.
Data yang berhasil dikumpulkan akan dianalisa secara kuantitatif untuk mengetahui korelasi dan membuat model regresi antara faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tiang franki standar dan pengaruhnya terhadap jumlah Tiang Franki Standar (Standard Franki Pile) pada proyek gedung bertingkat.
Hasil penelitian dari 32 sampel mendapatkan temuan-temuan, setelah dianalisa dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) menghasilkan persamaan regresi berganda linear yang sudah lulus uji model. Selain itu, dihasilkan adanya korelasi positif antara faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tiang franki standar dengan jumlah Tiang Franki Standar (Standard Franki Pile) yang bersifat linier dengan nilai Adjusted R2 = 0.907. Ditemukan pula variabel-variabel yang memberikan konstribusi dalam meningkatkan Jumlah Tiang Franki standar yaitu yang pertama mobilisasi dan yang kedua penyediaan material.
Kemudian sampel berjumlah 32 buah yang dianalisa dengan SPSS diatas, diolah kembali untuk mendapatkan suatu persamaan polinomial dimana dalam persamaan ini hari dinyatakan sebagai variabel bebas dan jumlah tiang sebagai variabel terikat. Dengan bantuan program HTBasic didapatkan persamaan polinomial dengan pangkat 2 dan pangkat 3, dimana pangkat dilihat selisih terkecil antara hasil perhitungan teoritis dengan aktual.
Dengan mengabaikan dimensi dari kedua bentuk persamaan tersebut dan dengan mengasumsikan bahwa jumlah tiang adalah sama untuk kedua persamaan yang didapat pada hari kerja pemancangan yang sama, maka kedua persamaan tersebut dapat dikombinasikan menjadi satu persamaan saja yang mana variabel bebasnya adalah faktorfaktor yang mempengaruhi pelaksanaan tiang dan hari kerja pemancangan sedangkan variabel terikatnya adalah jumlah tiang. Kemudian kedua persamaan tersebut digabung menjadi satu dimana jumlah tiang franki standar ditentukan oleh variabel kualitas mobilisasi dan penyediaan material dan hari pelaksanaan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T8535
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haditia Wahju Dewanata
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2001
T40491
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>