Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 160019 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35370
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2004
TA402
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Auliasyah
"Pengembangan alat uji impak ini dilakukan dengan maksud untuk melakukan improvisasi terhadap alat uji impak yang sudah ada sebelumnya. Metode pengembangan yang dilakukan berupa penambahan sistem pneumatik dan elektrik. Pada alat uji impak ini bola impactor diberikan tekanan udara dari system pneumatik, dimana besar tekanan udaranya dapat diatur. Pengaturan kontrol untuk menjalankan dan mematikan alat uji impak dilakukan melalui sistem elektrik. Dengan adanya penambahan sistem pneumatik dan elektrik maka penggunaan alat uji impak menjadi lebih mudah. Adanya perubahan tekanan akan mempengaruhi besarnya pembebanan impak dari impactor. Pengaruh dari perubahan tekanan dapat dilihat dari besarnya ukuran crater yang dihasilkan. Pada estimasi perhitungan kecepatan impak terlihat bahwa besarnya kecepatan impactor meningkat seiring kenaikan tekanan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S37345
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S35979
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edwards, Harry J.
New York: McGraw-Hill, 1980
697 EDW a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fleischer, Henry
New York: Mcgraw-Hill, 1995
R 629.804 5 FLE m
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Ramlan Kusumayadi
"Skripsi ini membahas perancangan sistem aktuator berbasis motor servo untuk memenuhi kinerja yang diharapkan. Aktuator merupakan bagian untuk menggerakan posisi sirip (fin) dari suatu wahana terbang kendali, Diperlukan respon sistem kontrol yang cepat. Sistem aktuator yang dirancang adalah sistem lingkar tertutup dengan komponennya terdiri dari mikrokontroler, motor servo, gear, dan sensor rotasi. Sistem ini dikendalikan dengan pengendali PID untuk mendapatkan sudut pergerakan sirip yang diinginkan. Dari hasil uji coba sistem menunjukkan kinerja yang bagus dengan atau tanpa beban.

In this paper discusses the design of servo motor-based actuation system based to meet the desired performance. Actuator is a part of rocket to derive the fin angle position. It is a requirement to make fin movement in high speed. Actuator system has been designed as closed loop system including microcontroller, servo motor, gear, and a rotation sensor. The system is controlled by PID controllers to obtain the desired angle fin movement. From the test results show a good performance system with or without a load."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S43953
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2010
TA559
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lutfah Eko Rohmani
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S38439
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ridwan
"ABSTRAK
Pada pesawat terbang dengan sistem kendali konvensional, tongkat kendali pada
mang kemudi (kokpit) dihubungkan ke pennukaan-permukaan kendali (control surfaces) melalui kabel-kabel mekanis. Pada saat tongkat kendali tersebut digerakkan oleh penerbang, permukaan kendali akan bergerak yang berakibat terjadinya perubahan pada sikap (attitude) pesawat terbang.
Pada saat permukaan kendali digerakkan, terjadi perubahan distribusi tekanan
aerodinamik pada permukaan kendali sehingga tedadi momen perlawanan akibat beban
aerodinamik yang disebut rnomen engsel. Pilot akan merasakan timbulnya momen engsel ini sebagai beban perlawanan dalam mcnggerakkan tongkat kendali. Timbulnya beban perlawanan pada tongkat kendali saat digerakkan mempakan suatu informasi tambahan bagi pilot akan kondisi pwawat akan efektilitas pexmukaan kendali pada saat itu.
Pada pesawat terbang dengan sistem kendali Fly by Mre, tongkat kendali dihubungkan dengan permukaan kendali melalui kabel-kabel serat optik. Hal ini mengakibatkan timbulnya beban akibat gaya aerodinamik tidal: lagi dirasakan oleh pilot. Hal ini tentu saja akan mengurangi informasi tentang sikap pesawat yang dapat membahayakan kondisi penerbangan.
Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dibuat suatu konstruksi tongkat kendali
dengan beban buatan untuk pesawat-pesawat terbang yang menggunakan sistem kendali Flyby Wire. Beban yang timbul merupakan pemodelan dari momen engsel yang timbul pada permukaan kendali pada saat tongkat kendali digerakkan. Besamya momen engsel pada permukaan kendali dinyatakan melalui persamaan :
Mk = q X C x S x Ch
dengan Ch adalah koeisien momen engsel yang besamya dinyatakan dengan persamaan sedangkan besarnya beban pada tongkat kendali dinyatakan melalui hubungan :
Fm* = Ko Mn '

"
1996
S36680
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>