Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 122539 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Haris Adiwibowo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36115
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendri Dwi Saptioratri Budiono
"ABSTRAK
Hovercraft Ringan Proto X-2 adalah salah satu jenis kendaraan yang memanfaatkan
fenomena ground effect dengan bantalan udara bertekanan. Untuk mengetahui kemampuan operasional Hovercraft Proto X-2 yang telah selesai pembuatannya, maka pengembangan dan penelitian terhadap sistem angkat dan mekanisme gerak yang digunakan harus dilakukan terus-menerus.
Pembahasan yang dilakukan adalah menghitung dan merancang ulang sistem transmisi Proto X-2, untuk menghasilkan putaran fan yang berlawanan arah, menjelaskan sistematika perencanaan sistem transmisi, dudukan sistem transmisi dan menghitung efisiensi dari transmisi tersebut, serta menganalisa efek arus pusar (propwash) yang timbul dari putaran fan yang berlawanan arah.
Dengan rincian di atas, maka akan diperoleh spesifrkasi sistem transmisi dan data-data mengenai unjuk kerja dari sistem transmisi pada Hovercraft Proto X-2, guna melakukan penelitian dan pengembangan selanjutnya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Andrison Bagus Chandra
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S36795
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ichsan Nurfajar
"Hovercraft adalah jenis kendaraan berbantalan udara yang menggunakan udara bertekanan sebagai media penggeraknya. Dengan kendaraan ini, dapat dijangkau daerah yang belum memiliki sarana transportasi, seperti jalan yang baik. Hovercraft amfibi mampu berjalan dia atas berbagai kondisi permukaan dari berbagai tipe hovercraft, salah satunya adalah hovercraft ringan tipe separated dimana pada jenis ini sistem angkat hovercraft ini terpisah dari sistem propulsinya. Hovercraft jenis ini memiliki kelebihan dari segi efisiensi, dan keandalannya dalam hovering. Namun memiiiki dimensi yang lebih besar dan bobot yang lebih berat.
Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam perhitungan perancangan sistem angkat dan sistem propulsi yang terpisah? Sehingga didapat spesifikasi kedua sistem tersebut, yang merupakan bagain dari spesifikasi dari hovercraft tipe seperated Proto X-3 yang memiliki dimensi 320 X 160 cm, yang diharapkan mampu mengangkat beban sebesar 180 kg.
Menjawab pertanyaan diatas, maka dilakukanlah perhitungan perancangan kedua sistem tersebut, dengan menggunakan batasan tentang tipe hovercraft ringan dalam dimensi dan tekanan udara pada plenum chambernya. Dengan menggunakan data dari anggota Tim Hovercraft Proto X-3 lainnya, dilakukanlah perhitungan perancangan menggunakan persamaan empiris yang diturunkan dari persamaan dasar aliran fluida dan Hukum Newton II serta hasil-hasil eksperimen yang didapat dari literatur tentang hovercraft sehingga didapt kebutuhan dan spesifikasi dari kedua sistem tersebut, yaitu debit sebesar 2,68 m3/s, pemakaian jenis fan dengan spesifikasi 560/9/4Z, dan daya mesin sebesar 2,73 HP untuk sistem angkat, sedangkan untuk sitem propulsi debit sebesar 5,053 m3/s, dengan penggunakan diameter fan sebesar 102,2 cm untuk daya mesin 3,7 HP, dan dapat juga menggunakan fan dengan diameter 56 cm untuk daya mesin sebesar 11,17 HP.

Hovercraft is an air cushion vehicle that using pressurized air as its moving media. Using this vehicle, we can go to remote area that doesn 't have good transportation infrastructure e.g road. Amphibian hovercraft is capable of overcome any surface condition. One from many kind hovercrafs is separated type of light hovercraft that using separate lift and propulsion system. This hovercraft has better efficiency than the integrated type and more hovering reliability. On the other hand, it has bigger dimensions and heavier mass.
How to design separate lift and propulsion system? That we can make those two systems spesification, which is a part of the whole spesification of separated tipe light hovercraft Proto X-3, having dimension 320 X 160 cm and expected to be able to lift mass about 180 kg
To answer the question above, running a designing calculation for those to systems using limitation in light hovercraft regulations especially in dimensions and plenum chamber air pressure. Using data from the other Hovercraft Proto X-3 Team member, the calculation is done using empirical equation derived from basic fluid flow equations and the second law of Newton, also using experiment result printed in literature about hovercraft until having the requirments for the two systems and the system spesifications, which are flow rate of 2,68 m3/s, using fan with spesification 560/9/4Z, and engine of 2,73 HP for lift system and for propultion system, flow rate of 5,053m3/s, using fan with diameter 102,2 cm for engine of 3,7 HP or using fan with diameter 56 cm for engine of 11,17 HP.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37687
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Pispla Rianto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36794
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Catur Nugroho
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S36439
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Suhendar
"Hovercraft adalah salah satu jenis kendaraan yang memanfaatkan fenomena ground effect dengan bantalan udara bertekanan. Sebagai salah satu sarana transportasi, syarat sistem kemudi atau kontrol yang handal sangat di perlukan. Tugas sarjana ini mengambil topik bahasan analisa desain mekanisme sistem kemudi roda puli untuk hovercraft ringan Proto X-2 yang sudah selesai tahap pembuatannya.
Pembahasan yang dilakukan adalah menganalisa desain mekanisme sistem kemudi roda puli yang meliputi; pemilihan sistm roda puli, perhitungan kekuatan tali dan roda puli, perhjtungan sudut belok optimum dengan batasan faktor luar seperti besarnya gaya dorong, kekuatan bahan, kecepatan jelajah, bobot kendaraan dan kondisi operasional hovercraft.
Dengan batasan diatas, hasil dari tugas sarjana ini akan diperoleh spesifikasi sistem kemudi hovercraft ringan berpenumpang enam orang yang telah dikembangkan oleh Tim Hovercraft Universitas Indonesia, sekarang ACVC (Air Cushion Vehicle Club), yaitu PROTO X-2."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36589
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36617
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parlindungan, N. Henri
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S35957
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ismail Hendaryamin
"Proto X-3 merupakan hovercraft tipe separated system. Didesain dengan bobot total 220 kg dan kapasitas angkut 70 kg, menggunakan sistem angkat plenum chamber dengan fleksibel skirt berupa bag skirt. Setelah dilakukan pengujian diketahui bahwa sistem angkatnya belum bekerja dengan sempurna. Untuk meningkatkan efisiensinya dilakukan perancangan ulang pada sistem angkat untuk mendapatkan parameter-parameter penting sistem angkat seperti: tekanan plenum chamber (pc), perbandingan tekanan pb/pc, tekanan bag skirt (pb), dan parameter lainnya. Setelah dilakukan perancangan ulang dan perbaikan, sistem angkat hovercraft? Proto X-3 dapat bekerja lebih baik.

Proto X-3 is separated system hovercraft. The craft is design with total weight 220 kg and payload 70 kg, using plenum chamber with flexible skirt for it's lift system. After some testing, it is knew that the lift system is not working perfectly. The lift systems is redesigned to increase the efficient, and to get some important parameters such a : plenum chambers pressure (pc). pressure ratio pb/pc, bag skirts pressure (pb). and others parameter. After redesign and modification, the Proto X-3 hovercraft lift system can work better."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37705
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>