Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 149194 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sumitro
"PT. Yanmar Diesel Indonesia (PT. YADIN) adalah Salah Satu industri pembuat motor diesel di Indonesia. Sampai saat ini PT. YADIN telah melakukan proses permesianan sendiri 20% dan disubkontrakkan 37%, selebihnya (43%) masih mempakan komponen impor (CIGD).
Proses permesinan komponen Cylinder Liner masih tergolong baru dilakukan sendiri di PT. YADIN Dari data kecacatan yang ada, terlihat bahwa jumlah produk yang cacat masih tergolong tinggi. Untuk itu perlu upaya untuk menganalisa dan mengetahui sumber-sumber kecacatan, sehingga diharapkan jumlah kecacatan dapat ditekan Dalam analisanya, penulis membagi pemmsalahan menjadi dna bagian utama, yaitu: Analisa terhadap bahan baku Cylinder Liner dan Analisa proses permesinan Cylinder Liner.
Berdasarkan data-data kecacatan yang ada kemudian dibuat peta kendali p sehingga didapat proses-proses yang berada diluar kendali dengan masing-masing karakteristilmya. Dengan diagram pareto ditemukan bahwa: untuk material cacat kai-ena keras dan goyang merupakan kecacatan yang dominan, untuk machining cacat karena proses permesinan diameter dalam M03 plus dan proses permesinan diameter luar M04 minus merupakan lcecacatan yang dominan.
Dengan menggunakan diagram sebab-akibat dapat ditemukan falctor-faktor utama penyebah terjadinya cacat yang dominan, sehingga dapat dibuatkan usulan langkah-langkah perbaikkan guna mengurangi jumlah maupun biaya perbaildcan produk cacat tersebut untuk masa yang akan datang. Terakhir, dan data-data kecacatan yang ada, kemudian dibuatkan peta kendali kualitas untuk periode produksi yang akan datang."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36511
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryadi Santoso
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36311
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyanto
"
ABSTRAK
Pembangunan yang dilaksanakan di Indonesia dirasakan semakin pesat
dengan bertambah banyaknya berdiri perusahaan-perusahaan yang memproduksi
barang atau jasa. Perusahaan-perusahaan tersebut saling bersaing untuk
memasarkan produknya. Disisi lain konsumen juga mencari produk yang bagus
sesuai dengan keinginan rnereka. Mutu merupakan salah satu faktor penyebab
konsumen memilih produk tersebut.
PT. XYZ merupakan pemsahaan yang memproduksi komponen-komponen
mobil maupun sepeda motor sorta merakitnya menjadi barang jadi. Salah satu
komponen sepeda motor yang diproduksi adalah cover dutch RC' 110. Komponen
ini berfungsi sebagai pelindung dari szlvtem engine, dikarenakan pcnljngnya fungsi
dari komponen tersebut maka faktor mutu merupakan unsur penting yang harus
diperhatikan. Untuk itu diperlukan suatu analisa sistem pengendalian mutu agar
dicapai tingkat mutu yang telah ditentukan dalam proses produksi.
Dengan melakukan analisa pengendalian mutu maka akan diketahui apakah
proses produksi tersebut terkendali atau tidak, kemudian dengan diagram pareto
akan diketahui cacat yang menjadi prioritas untuk diperbaiki adalah cacat kropos
untuk kesalahan material dan cacat panjang kick untuk proses permcsinan. Dengan
menggunakan diagram sebab-akibat akan dapat ditentukan faktor-faktor utarna
penyebab terjadinya cacat panjang kick.
Langkah selanjutnya adalah membuat usulan-usulan perbaikan berdasarkan
diagram sebab-akibat sehingga dapat mengurangi terjadinya cacat panjang kick,
cacat kropos maupun cacat lainnya yang disebabkan oleh kesalahan proses
permesinan.
"
1997
S36201
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tonny Kusbijanto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36319
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Dana Karningsih
"
ABSTRAK
PT Petrokimia Gresik adalah salah sam badan usaha milik negara di linglcungan Depatemen Perindustrian, yang menghasilkan produk utama berupa pupuk dan bahan-bahan kimia sebagai hasil sampingannya. Setiap produk yang dihasilkau oleh PT Perokimia Gresik memiliki standar atau spesiiikasi tertentu Untuk mcncegah banyalcnya produk yang harus mengalami pengerjaan ulang atau bahkan hams dibuang maka dilaksanakan pengendalian mutu agar produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan spesiiikasi. Dalam rangka usaha untuk memperoleh sertiflkat ISO 9000 untuk seluruh produk yang dihasilkan, PT Petrokimia Gresik disyaratkan untuk melakukan pembuatan bagan kendali dalarn peiaksanaan pengendalian mutunya, yang selama ini belum dilaksanakan.
Sesuai dengan hal diatas, maka penulis melakukan observasi pada proses pengendalian mutu dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan bagan kendali E dan R dengan mengambil salah satu proses produksi pupuk di PT Petrokzimia Gresik yaitu pupuk ZA I. Data-data yang dipergunakan dalam pembuatan bagan kendali Y dan R adalah data produksi pupuk ZA I selama bulan Januari 1997. Analisa pada bagan kendali TY* dan R menunjukan bahwa keadaan proses produksi pupuk ZA I berada dalam keadaan tidak terkendali, oleh sebab itu penulis memberikan usulan untuk melakukan pembuatan diagram sebab akibat untuk mengetahui sumber-sumber penyebab terjadinya keadaan tersebut.
"
1997
S36203
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syahrul
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S35953
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Didit Budi Santoso
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36482
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Subaya
"PT. Krama Yudha Ratu Motor adalah salah satu perusahaan dari kelompok Krama Yudha Mitsubishi Motors Group yang bergerak dalam bidang perakitan mobil untuk kendaraan niaga. Sampai saat ini sudah I3 tipe kendaraan niaga yang diproduksi diantaranya tipe L300 Pick Up.
Untuk menjaga kepuasan konsumen terhadap produknya, pihak perusahaan menerapkan sistem pengendalian mutu, salah satunya dari segi penampilan yaitu mutu pengecatannya. Untuk menjaga mutu produltnya agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, maka pihak perusahaan mqnerapkan metoda pemeriksaan 100% Hal ini dilakukan karena jumlah produksinya tidak besar yaitu rata-rata sebanyak 46 unit perhari.
Dari data historis terlihat bahwa pada proses pengecatan jumlah produk cacat yang terjadi masih terlalu tinggi. Hal ini berakibat berkurangnya efisiensi dan pro duktititas kerja serta menyebabkan bertambahnya biaya mutu.
Berdasarkan pemiasalahan tersebut dibuat bagan kendali p ~sehingga rerlihat proses-proses yang berada di Iuar kendali. Dengan diagram pareto ditemukan bahwa cacat meleleh dan kotor merupakanikarakteristik cacat yang paling dominan dibanding karakteristik cacat yang lain. Kemudian dengan diagram sebab akibat ditemukan Faktor-faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya jenis cacat meleleh dan kotor_ Untuk mengurangi terjadinya kedua jenis cacat tersebut, dibuat usulan langkah-langkah perbaikan.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36577
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Ihsan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36583
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firmansyah
"Sh.lipsi ini menjelaskan mengenai cycle time proses bongkar dan muat petikemas, dimuiai dari kapal sampai kepada lapangan penwnpukan dan sebaliknya secara cukup mendetail, sehingga dapat diketahui proses bongkar dan muat petikemas tersebul. Peralatan hongkar dan muat petikemas mehputi Comainer Crane, Rubber J'yred Crantry, dan Head Truck. Pengambilan data dilukakan dengan eara observasi lapangan langsung maupun tidak langsung dan wawancara dengan pihak-pihak terkait lainnya, dan juga studi terhadap dokwnen-doknmen yang berknitan dengan proses pelayanan bongkar dan muat petikemas di Terminal Petikemas Koja. Hastl dari analisa cycle time menunjukkan bahwn proses bongkar lebih cepat dari pada proses muat, ini dikarenakan rata-rata persentasi kerugian idle lime proses muat sebesar 35.47 %, sedangkan rata-rata persentasi kerugian idle time proses bongkar sebesar 23.24 %. Dan juga rata-rata kemampuan peralatan bongkar dan muat dalam menangani petikemas unluk proses muat sebesar 16,19 box/jam, sedangkan untuk proses bongkar sebesar 20.12 box/jam. Hasil dari analisa inl selanjutnya dicari masalah yang terjadi, menelusuri penyebab asalnya, dan menerapkan tindakan pembetulan yang efektif yailu dengan pendekatan Program Perbaikan Mulu, yang ukan menjadi bahan pertimbangan bagi pernsahaan untuk melakukan tindukan yang diperlukan unluk mengurangi idle 1 ime yang teijadi.

11tis final test explain about cycle time dist;harge and container loading process. Start from the ship co container yard and on the contra1y detaily, so the discharge and container loading process can be know. '11te discharge and loading container equfment consist of Container Crane. Rubber Tyret:/ Gantry. and Head Truck. Data is Taking by direct and indirect field observation and interview wih other side, and also by studying of document related to service discharge and container loading process in Terminal Container Koja. The result from anahysis of cycle time indicate that the disharge process faster than loading process, because the average persentase IO!Ss idle time for loading container process is 35.47 %, for discharge container process is 23.24 %, And also average handling Discharge and loading container equiment for loading container process is 16./9 box/hour, for discharge comainer proce.vs is 20. 12 box/hour. Continously this analsysis is founding the problem that happen, tracing him co use, and apply the effective correction by Quality Improvement Programme - QJP, so that become a consideration for company to taking action that needed to decrease idle time."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37563
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>