Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78822 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36617
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S36172
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrison Bagus Chandra
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S36795
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendri Dwi Saptioratri Budiono
"ABSTRAK
Hovercraft Ringan Proto X-2 adalah salah satu jenis kendaraan yang memanfaatkan
fenomena ground effect dengan bantalan udara bertekanan. Untuk mengetahui kemampuan operasional Hovercraft Proto X-2 yang telah selesai pembuatannya, maka pengembangan dan penelitian terhadap sistem angkat dan mekanisme gerak yang digunakan harus dilakukan terus-menerus.
Pembahasan yang dilakukan adalah menghitung dan merancang ulang sistem transmisi Proto X-2, untuk menghasilkan putaran fan yang berlawanan arah, menjelaskan sistematika perencanaan sistem transmisi, dudukan sistem transmisi dan menghitung efisiensi dari transmisi tersebut, serta menganalisa efek arus pusar (propwash) yang timbul dari putaran fan yang berlawanan arah.
Dengan rincian di atas, maka akan diperoleh spesifrkasi sistem transmisi dan data-data mengenai unjuk kerja dari sistem transmisi pada Hovercraft Proto X-2, guna melakukan penelitian dan pengembangan selanjutnya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Pispla Rianto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36794
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haris Adiwibowo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36115
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Catur Nugroho
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S36439
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irvan Darmawan
"Perkembangan hovercraft hingga saat ini telah memiliki kemajuan yang pesat hingga tercipta beberapa desain untuk berbagai macam tujuan penggunaan. Dalam proses mencapai desain yang sesuai ditemukan berbagai kendala baik dari segi dimensi, bentuk, aplikasi, dan lain-lain Sehingga dalam proses tersebut diperlukan banyak penelitian dan percobaan yang berkaitan dengan desain agar kinerja maksimal hovercraft dapat dicapai. Berdasarkan hal itu maka dalam penulisan skripsi ini akan dilakukan suatu optimasi desain pembagi udara dan analisis aliran udara yang melalui pembagi udara tersebut serta mengintegrasikannya kedalam sistem integrated circular hovercraft proto X-1.
Analisis dilakukan untuk mengetahui pengaruh rasio pembagi udara serta pengaruh pemakaian guide vanes terhadap distribusi tekanan pada daerah bag dan distribusi kecepatan pada daerah thrust dengan menggunakan metode computational fluid dynamics (CFD) sehingga didapat desain yang paling optimal untuk meningkatkan performa hovercraft.
Dari analisis hasil simulasi yang dilakukan dapat diketahui bahwa desain pembagi aliran udara dengan rasio 2/3 (2/3 bagian menuju bag dan 1/3 bagian menuju thrust) dengan menggunakan guide vanes pada sisi masuk bag dapat meningkatkan nilai tekanan dan kestabilan distribusi tekanan pada bag serta meningkatkan nilai kecepatan udara keluar pada bagian thrust.

Nowadays, The development of hovercraft shows a rapid improvement so that a lot of design were created for several purposes. In order to get a suit design, alot of obstacles were found which came from its dimension, shape, aplication, ect, so that alot of trials and experiments related to design are needed in order to get maximum performance of hovercraft. Related on that matter, in this final assignment will be discussed about optimizing spliter design and analizing airflow through these spliter also integrating it into the an integrated circular hovercraft proto X-1 system.
Analysis was done in order to find out the effects of spliter ratio and guide vanes aplication to the bag pressure distribution and velocity distribution through the thrust area by using computational fluid dynamics (CFD) method for the purpose of getting optimum design to reach the hovercraft?s maximum performance.
From the analysis result, it was found that spliter with ratio of 2/3 with guide vanes applied on bag inlet area could increase bag pressure value, bag pressure stability and also increase velocity value through the thrust area."
2008
S36229
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36232
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Suhendar
"Hovercraft adalah salah satu jenis kendaraan yang memanfaatkan fenomena ground effect dengan bantalan udara bertekanan. Sebagai salah satu sarana transportasi, syarat sistem kemudi atau kontrol yang handal sangat di perlukan. Tugas sarjana ini mengambil topik bahasan analisa desain mekanisme sistem kemudi roda puli untuk hovercraft ringan Proto X-2 yang sudah selesai tahap pembuatannya.
Pembahasan yang dilakukan adalah menganalisa desain mekanisme sistem kemudi roda puli yang meliputi; pemilihan sistm roda puli, perhitungan kekuatan tali dan roda puli, perhjtungan sudut belok optimum dengan batasan faktor luar seperti besarnya gaya dorong, kekuatan bahan, kecepatan jelajah, bobot kendaraan dan kondisi operasional hovercraft.
Dengan batasan diatas, hasil dari tugas sarjana ini akan diperoleh spesifikasi sistem kemudi hovercraft ringan berpenumpang enam orang yang telah dikembangkan oleh Tim Hovercraft Universitas Indonesia, sekarang ACVC (Air Cushion Vehicle Club), yaitu PROTO X-2."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36589
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>