Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 31838 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S37410
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanan Ashrawi
"Indonesia sebagai negara agraris memiliki jumlah residu pertanian yang melimpah dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber biomassa. Sekam padi berpotensi menjadi salah satu bahan bakar energi (feedstock) paling berpotensi pada biomass fluidized bed gasifier di Indonesia. Biomass fluidized bed gasifier berperan sebagai salah satu proses gasifikasi yang menggunakan biomassa sebagai bahan bakar energi dan sekaligus menjadi material untuk media gasifikasi pada fluidized bed. Berbagai studi telah dilakukan untuk mendapatkan kualitas fluidisasi yang baik dan juga untuk mencegah terjadinya slugging pada fluidisasi bubbling tanpa bed material. Studi ini akan melakukan simulasi CFD dua-dimensi (2D) dengan tujuan untuk mendefinisikan dan menganalisa fenomena fluidisasi yang terjadi pada reaktor bubbling fluidized bed gasifier. Menggunakan simulasi CFD, fenomena fluidization terjadi pada laju kecepatan 0.82 m/s.

Indonesia as an agriculture country has an abundant amount of agriculture residue as a biomass source. Rice husk has the potential to become one of the biggest energy fuels (feedstock) on biomass fluidized bed gasifiers in Indonesia. Fluidized bed gasifiers act as a gasification process that uses biomass as its energy fuel (feedstock) and a fluidized bed material as its gasification medium. Numerous studies have been done to perform good quality and also to prevent slugging occurs on a bubbling fluidization without bed material. This study will perform two-dimension (2D) CFD simulation on the reactor of bubbling fluidized bed with the aims to define and analyze the phenomena that occur throughout the simulation. Through CFD simulation, fluidization phenomenon occurs at the initial velocities of 0.82 m/s."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ray Nurman
"Manusia selalu menginginkan lingkungan yang nyaman secara themral. Hal ini terlihat dan perkembangan Air Conditioner. Baik itu dikembangkan pada gedung maupun pada mobil. Misalnya seperti perkembangan refrigerant, atomatisasi penyesuaian temperature maupun pergerakan inlet aliran udara ke dalam kabin.
Dalam merancang AC mobil diperlukan pengetahuan yang cukup antara lain care keria ac mobil dan sirkulasi udara di dalam kabin mobil tersebut_ Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui waktu yang diperlukan untuk mencapai keadaan kenyamanan thermal di dalam kabin mobil Dodge Avanger.
Untuk mendapat data tersebut penulis menggunakan program CFD yaitu Fluent. Tujuan pemakaiah CFD ini adalah untuk memanfaatkan hasill yang lebih cepat dan akurat. Computational Fluid Dynamics (CFD) digunakan sebagai alat uji untuk mengestimasi temperatur dan keoepatan udara setiap detik dalam kabin penumpang yang akan diuji sebagai parameter kenyamanan thermal dalam kabin mobil.
Setelah hasil perhltungan didapatkan dan dibandingkan dengan referensi dan parameter standar kenyamanan thermal ISO 7730, terlihat bahwa kabin Dodge Avenger dengan keadaan temperature yang sangat tinggi dalam waktu tertentu dan arah inlet seperti simulasi ini tidak memenuhi standar kenyamanan thermal."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37247
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Baskoro Priyo Kusumo
"ABSTRAK
Mini power plant turbin gas PROTO-X1 dengan tipe yaitu radial turbin, merupakan salah
satu alternatif pembangkitan daya dengan kapasitas kurang dari 200 KW. Untuk
meningkatkan performa dan efisiensi turbin, perlu dilakukan penelitian aliran udara
melalui pipa annulus menuju ruang bakar. Dengan melakukan pengujian dan simulasi
pada SOLIDWORKS FLOW SIMULATION 2010 untuk mengetahui karakteristik udara
yang terjadi saat mini power plant dioperasikan. Sehingga dapat diketahui laju aliran
volume udara, dan jatuh tekanan yang terjadi pada pipa annulus. Kondisi batas yang
digunakan sebagai input data antara lain yaitu :
laju aliran volume blower 0.023 m3/s.
Variasi laju aliran volume bahan bakar 0 L/min, 10 L/min, 14 L/min.
Berdasarkan pengujian unjuk kerja alat dan simulasi dengan mevariasi laju aliran volume
bahan bakar maka didapat data sebagai berikut :
Qcompressor 0.0066 m3/s, 0.013 m3/s, 0.018 m3/s, dengan ΔP terbesar -122.97 Pa saat
pembakaran belum dinyalakan. Data jatuh tekanan menunjukan bahwa pada pipa annulus
terjadi fenomena aliran balik dari ruang bakar.

ABSTRACT
Mini gas turbine power plant Proto-X1 with the type of radial turbines, is one of
the alternative power generation with a capacity of less than 200 KW. To improve
performance and efficiency of the turbine, necessary to study the flow of air
through a pipe into the annular combustion chamber. By doing the testing and
simulation in Flow Simulation SOLIDWORKS 2010 to investigate the
characteristics of air that occurs as a mini power plant is operated. So it can be
known air volume flow rate, and pressure drop that occurs in annular pipe.
Boundary conditions are used as input data were:
volume flow rate blower 0023 m3 / s.
Variations in fuel volume flow rate 0 L / min, 10 L / min, 14 L / min.
Based on performance testing and simulation tools with mevariasi volume of fuel
flow rate data is obtained as follows:
Qcompressor 0.0066 m3 / s, 0013 m 3 / s, 0018 m 3 / s, with the largest -122.97
Pa ΔP when combustion is not turned on. The data show that the pressure drop
occurs in the annular pipe flow phenomena behind the combustion chamber.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1816
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Alfa Muslimu
"Untuk meningkatkan performa dan efisiensi mikro gas turbin proto X1, telah dilakukan analisa tentang adanya presure drop pada elbow saluran masuk ruang bakar. Penelitian ini dilakukan untuk mengamati fenomena aliran fluida dan distribusi tekanan yang terjadi pada elbow 900 menggunakan SolidWorks 2011. Penelitian dilakukan dengan membandingkan besarnya pressure drop akibat penambahan guide vanes pada elbow 90°.
Hasil penelitian menunjukkan pressure drop berkurang dengan adanya penambahan guide vanes pada elbow bagian bawah sebesar 0,54 % pada kecepatan aliran 5,73 m/s, 10,42% pada kecepatan aliran 6,78 m/s, dan sebesar 11,29% pada kecepatan aliran 7,72 m/s. Dari hasil penelitian penulis menyarankan agar dilakukan analisa terhadap pressure drop yang terjadi pada ruang bakar sehingga performa dan efisiensi turbin dapat ditingkatkan lagi.

To improve performance and efficiency of micro gas turbine proto X1, has conducted an analysis of the presure drop in the combustion chamber inlet elbow. This study was conducted to observe the phenomenon of fluid flow and pressure distribution that occurs at elbow 900 using SolidWorks 2011. The study was conducted by comparing the magnitude of pressure drop due to the addition of guide vanes in the elbow 90°.
The results show pressure drop decreases with the addition of guide vanes in the elbow at the bottom of 0.54% at a flow rate of 5.73 m /s, 10.42% at a flow rate of 6.78 m/ s,and by 11.29% at a flow rate of 7.72 m /s. From the results of the study research suggested that the analysis performed on the pressure drop that occurs in the combustion chamber so that the performance and efficiency of the turbine can be increased again.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1795
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andrie Novera
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S36799
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Widiyanto
"Penggunaan cold storage, dalam hal ini up right freezer chiller 6 doors, pada industri kecil sangat diperlukan untuk menjaga produk makanan pada temperatur pendinginan seragam 5°C, Kondisi penyimpanan tersebut sangat dipengaruhi oleh distrlbusi temperatur dan Kecepatan di ruang penyimpanan untuk dapat menentukan sejauh mana efektifitas cold storoge yang dibuat, sehingga kebutuhan akan distribusi temperatur dan kecepatan yang seragam sangat diperlukan untuk mencapai kondisi dan temperatur penyimpanan yang seragam.
Penelitian ini menggunakan tiga metode penelitian, yaitu: metode perancangan berdasarkan ASHRAE HANDBOOK 1998 untuk menghitung beban pendinginan total, dan metode pengukuran data distribusi temperatur dengan termokopel hlngga didapat temperatur pengukuran sebesar 8C, serta metode komputasi dengan bantuan CFD melalui software PHOEN!CS di dalam pembuatan grid dan objek komputasi pada koordinat Cartesian lewat jendela VREditor, dan mensimulasikan kondisi cold storage tersebut dengan menggunakan metode finite volume.

The using of cold storage, in this case up right freezer chiller 6 doors. in small industries is very important to keep the product of food in uniform cooling temperature of 5C. This storage condition is very influenced by temperature and velocity distribution in cold storage to decide the effectiveness of cold storage that is made, so that the need of uniform temperature and velocity distribution is very important to achieve the uniform condition and temperature storage.
This research uses three research methods, are: designing method bases on ASHRAF' HANDBOOK 1998 to predict total cooling loads, experiment method of temperature distribution data with thermocouple until measurement temperature of 8C is obtained, and computation method with CFD aided through PHOENICS soffware in making grid and object computation on Cartesian coordinate through windows VREditor, and simulating the cotd storagemethod.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37192
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purwanto
"Manusia selalu menginginkan lingkungan yang nyaman secara thermal. Hal ini terlihal dari perkembangan teknologi AC yang simultan dilakukan. Baik itu pada gedung maupun pada mobil- Misalnya seperti perkembangan penggunaan refrigerant yang ramah lingkungan, otomatisasi penyesuaian tempcratur maupun pengaturan inlet aliran udara dingin kedalam kabin. Dalam merancang pengaturan inlet aliran pada AC mobil diperlukan perhitungan dan simulasi pengaturan sirkulasi udara didalam kabin mobil tersebut. Dalam hal ini menggunakan perbandingan dua model ducting. Penelitian ini dilakukan uutuk mcngetahui waktu yang diperlukan untuk mencapai keadaan l‘§€I}§"?._"'.'1?_I13Il thermal didalam kabin mobil MPV dengan enam penumpang, sehingga hasil yang diharapkan adalah model ducting yang paling optimal dalam memenuhi kenyamana thermal. Dalam perancangan ini, digunakan program CFD (Computational Fluid Dynamics). Tujuan pemakaian program ini adalah untuk mendapatkan hasil yang lcbih cepat dan alcurat. Dengan penggunaan CFD dapat disimulasikan kondisi yang kita inginkan dan hasilnya dapat menampilkan kontur temperatur dan kecepatam udara didalam kabin penumpang yang akan dipakai sebagai parameter kenyamanan thermal dalam kabin. Setelah hasil perhitungan didapat dan dibandingkan dengan referensi standar kenyamanan them1al berdasarkan ISO 7730, terlihat bahwa kabin MPV dengan keadaan temperatur awal yang linggi dan waktu idle 3 menit sorta arah inlet seperti yang dilakukan dalam simulasi ini tidak memenuhi standar kenyamanan thermal untuk penumpangnya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37794
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deasy Natalia
"Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh ground motion terhadap respons tanah terlikuefaksi. Likuefaksi terjadi ketika tanah berpasir yang diberikan tekanan siklik yang signifikan, menghasilkan tekanan pori berlebih meningkat dan tegangan efektif menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan software OpenSees dengan pemodelan PM4Sand. Input file yang digunakan pada pemodelan adalah sesuai dengan parameter utama dan parameter sekunder yang telah ditentukan, dengan input ground motion berupa parameter frekuensi dan kecepatan puncak gempa. Output yang didapatkan dan akan dianalisis lebih jauh dalam penelitian ini adalah tekanan air pori, regangan geser, dan perpindahan lateral. Output diolah dengan menggunakan Microsoft Excel dan dianalisis sehingga didapatkan hasil respons tanah terlikuefaksi. Hasil yang didapatkan adalah bahwa frekuensi dan kecepatan puncak gempa sangat memengaruhi respons tanah terlikuefaksi. Semakin tinggi nilai frekuensi dan nilai kecepatan puncak gempa, maka lapisan tanah yang terlikuefaksi akan semakin besar.

The focus on this study is discusses the effect of ground motion on the response of liquefied soil. Liquefaction occurs when sandy soils are subjected to significant cyclic stresses, resulting in an increase of excess pore pressure and a decrease of effective stress. The research method is using OpenSees software with PM4Sand modeling. The input file used in the modeling is in accordance with the main parameters and secondary parameters that have been determined, with the ground motion input consisting of the frequency and maximum velocity of the earthquake. The outputs obtained and will be analyzed further in this research are pore water pressure, shear strain, and lateral displacement. The output is processed using Microsoft Excel and analyzed to obtain the response of the liquefied soil. The results obtained are that the frequency and maximum velocity of the earthquake greatly affect the response of the liquefied soil. The higher the frequency and the maximum velocity of the earthquake, the larger the liquefied soil layer will be."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2002
S28486
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>