Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26085 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"SMS Gateway sebagai Pusat Informasi ada!ah sebuah slstem yang memberikan pelayanan terhadap pengguna jasa telepon bergerak melalui media SMS (Short Message Service). Jasa ini adalah sebuah informasi global baik berupa berlta, i!mu pengetahuan, sejarah, kamus bahasa atau istilah, nama tokoh, nama negara, informasi teknologi, jadwal sebuah travel (penerbangan, kereta api ataupun transportasi darat lainnya), peta negara atau kota (nama jalan, alamat Kantor, alamat rumah beserta nomor teleponnya} dan infonnasi­ informasi lainnya yang disimpan da!am sebuah database. Sistem SMS Gateway terdiri atas sebuah PC (Personal Computer) dilengkapi dengan SQL Database Server yang terhubung pada sebuah terminal SMS {ponsel) dengan nomor dari salah satu operator telepon selular. Se!aln ltu pada sislem SMS Gateway terdapat sebuah program/apllkasi (software) pengendali yang selanjulnya disebut "Ask 2 Dr SMS Application" yang dilengkapi dengan modul pencarian data (search engine). Pada tugas akhir kali ini dibuat sebuah sistem SMS Gateway berdasar pada pengembangan sistem database, hubungan komunikasi antara PC Server dengan terminal SMS (ponsel) dan dltambah dengan pembuatan software pengendali dan modul search engine-nya. Sehingga pada akhimya didapat sebuah sistem lengkap yang dapat memberikan informasi ke pengguna umum secara cepat yaitu kurang dari 18 detik dan informasi yang akurat karena terhubung dengan sistem databasae yang dapat menyimpan data sampai dengan 32 Terra Byte besarnya dengan tanpa melakukan kerja sama khusus dengan pihak operator telepon seluler"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39236
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Teknologi SMS berkembang sedemikian jauh sehingga mampu mendukung layanan informasi. Orang dapat mengakses berbagai informasi berharga seperti berita, hiburan dan lain-lain. Teknologj SMS ini djgunakan dalam banyak bidang serta kondisi yang membutuhkan system informasi yang cepat dan akurat. Pesatnya teknologi SMS akhir-akhir ini. memicu berkembangnya teknologi baru yang memanfaatkan teknologi SMS tersebut sebagai media untuk mewujudkan impian manusia akan sebuah aplikasi dari pengcperasian peralatan yang dapat memberitahukan kepada kita suatu kondisi / keadaan sebuah industry. Didalam pegiriman SMS dibutuhkan sebuah alat bantu yang disebut SMS Gateway. Perangkat ini menyediakan kemampuan menyampaikan pesan secara dua arah melalui jaringan GSM."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40320
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Pada saat ini, persaingan bisnis radio di Indonesia semakin ketat, baik itu di kota - kota besar maupun di kota kecil. Elkoga Radio adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, maka Elkoga Radio dituntut untuk memberikan pelayanan yang dianggap paling memuaskan bagi pendengar seperti misalnya kemudahan bagi pendengar untuk berpartisipasi dalam acara - acara radio, sebagai sumber informasi, dan memberikan fasilitas - fasilitas yang berguna bagi masyarakat. Pada pembuatan Website ini, konsep perencanaan dan perancangannya melalui survei dan pengumpulan data, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), basis data dan selanjutnya adalah mengimplementasikannya. Disamping itu, program aplikasi yang digunakan Macromedia Dreamweaver 8, bahasa pemogramannya menggunakan PHP dan DBMS ( Database Management System) MySQL yang digunakan untuk menyimpan data. Hasil dari pembuatan website ini membantu pendengar setia Elkoga Radio Bali untuk mendapatkan informasi - irformasi yang dibutuhkan khususnya informasi di Radio Elkoga Radio. Web ini juga memberikan kemudahan bagi admin yang mengelola sistem informasi dalam manajemen website"
005 JEI 1:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Zie Zie Zia Sabtama
"ABSTRAK
Tesis ini menganalisis pengaruh Kualitas SMS Gateway sebagai media informasi
terhadap Kepuasan dan Komitmen Pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten
Bogor. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) menganalisis berapa banyak
peningkatan kepuasan dan komitmen pelanggan dalam menggunakan SMS Gateway
berdasarkan persamaan regresi linier 2) menganalisis berapa kuat hubungan antara
kualitas pelayanan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya dengan kepuasan pelanggan
dan 3) menganalisis berapa kuat hubungan antara kepuasan pelanggan atas
penggunaan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya atas kualitas pelayanan SMS
Gateway beserta dengan komitmen pelanggan 4) menganalisis berapa besar pengaruh
kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan pelanggan dan menganalisis
berapa besar pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas pelayanan SMS Gateway
terhadap komitmen pelanggan.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner sedangkan untuk
pengolahan data menggunakan pengukuran skala likert. Adapun untuk analisis data
menggunakan persamaan regresi linier, korelasi pearson dan koefisien penentu
dengan bantuan software SPSS. Jumlah responden yang diteliti adalah sebanyak 100
orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh kualitas pelayanan SMS Gateway
terhadap kepuasan pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu (z hitung) yaitu
sebesar 8,4672 dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitu
sebesar 9,365. Sedangkan pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas SMS Gateway
terhadap komitmen pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,93
dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,55.
Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa nilai z hitung lebih besar daripada nilai
z table dimana nilai z tabel adalah sebesar 5,18. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan dan
komitmen pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.
ABSTRACT
This thesis analyzes the influence of SMS Gateway Quality service as information
media toward Customer’s Satisfaction and Commitment at PDAM Tirta Kahuripan
Kabupaten Bogor. The purpose of this research are. 1) to analyze the improvement of
customer’s satisfaction and commitment after using SMS Gateway by Linier
Regression Equation 2) to analyze how strong the correlation between SMS Gateway
quality service with it’s aspects and PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor
customer’s satisfaction and 3) to analyze how strong the correlation between
customer’s satisfaction with it’s aspects and customer’s commitment 4) to analyze
how strong the influence of SMS Gateway quality service with it’s aspects toward
customer’s satisfaction and the influence of customer’s satisfaction with it’s aspects
toward customer’s commitment .
This research uses survey method for data gathering, whereas uses likert scale, linier
regression, pearson correlation, determinant coeficcien and SPSS Software for data
processing. The total respondent of this research are 100 respondents. The result of
data processing shows that determinant coefficien value (z value) of SMS Gateway
quality service toward customer’s satisfaction is 8,4672, whereas it’s aspect is 9,365.
The result of data processing shows that determinant coefficien value (z value) of
customer’s satisfaction toward customer’s commitment is 6,93, whereas it’s aspect is
6,55. The result shows that z value is higher than z table where z table value is 5,18.
It can be concluded that there is strong influence of SMS Gateway quality service
toward customer’s satisfaction and commitment at PDAM Tirta Kahripan Kabupaten
Bogor."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35153
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pamela Alfa Adelia Darmadji
"Dengan berkembang pesatnya teknologi komputer dan informasi, maka peranan komputer dan web dalam menyediakan layanan informasi menjadi faktor penting untuk menunjang kerja berbagai institusi dan perorangan. Selain itu teknologi telekomunikasi ? khususnya jaringan seluler ? telah menjadikan kontak antar perorangan dapat dilakukan dengan mudah dari mana pun dan kapan pun. Aktivitas keseharian terasa lebih mudah dengan adanya perangkat telekomunikasi yang disebut dengan telepon seluler. Maraknya penggunaan ponsel untuk berkirim SMS, memunculkan gagasan untuk membuat layanan informasi berbasis SMS. Penelitian ini difokuskan pada perancangan aplikasi sistem informasi penjadwalan perkuliahan elektronik berbasis web dan dengan memanfaatkan teknologi SMS Gateway.
Analisis dilakukan dengan cara mempelajari bagaimana sistem informasi penjadwalan pada umumnya bekerja, komunikasi sistem informasi tersebut dengan SMS Gateway, dan program antarmuka user untuk dapat mengakses aplikasi. Pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas penyampaian informasi jadwal perkuliahan yang ditujukan kepada dosen dan mahasiswa.

The rapid growth of computer and information technology makes the role of computer and web in providing information service to be an important factor to support either institution or individual activity. Communication technology - especially cellular network - also has made communicating become easier between people anywhere and anytime. Daily activity becomes easier by having telecommunication device which called cell phone. The great amount usage of cell phone in sending short message has developed an idea in creating information system based on SMS. This paper is focused on designing web based electronic study scheduler information system application using SMS gateway technology and web based.
The analysis done by examining how the scheduler information system works, how the system communicate with SMS gateway, and user interface to access the application. The development expected to improve the effectiveness in providing schedule information for lecturers and students."
2008
S40481
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Masyarakat Hindu di Bali merupakan umat yang memegang erat budaya, hal ini diperlihatkan dengan upacara keagamaan yang sangat sering. Seiring perkembangan zaman, tentunya umat Hindu Bali tidak dapat hanya berkonsentrasi pada upacara, melainkan juga harus berfokus pada karir yang dijalani."
005 JEI 3:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Iqbal Irwansyah
"SMS Gateway adalah suatu sistem antar muka antara web/internet dengan sistem seluler dengan menggunakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan yaitu SMS. Dengan SMS Gateway ini, pengguna dapat mengirimkan atau menerima SMS dengan antar muka web. Pengguna dapat mengirim SMS ke banyak tujuan (SMS Broadcasting) atau menerima SMS dari pengguna dan dapat menjawabnya secara otomatis (Auto Replying SMS). Dengan antar muka web, maka penggunaannya akan menjadi mudah, siapapun dapat menggunakannya tanpa kesulitan.
SMS Gateway Server adalah sebuah perangkat yang akan menjadi server antar muka yang menghubungkan web dengan operator seluler. Aplikasi ini bersifat lintas operator, jadi pengguna (user) dapat menggunakan operator seluler apapun. SMS Gateway Server dapat berupa sebuah komputer pribadi biasa (PC) atau dapat pula sebuah komputer khusus sekelas server. SMS Gateway Server akan dibuat dengan sistem operasi Ubuntu Linux yang akan dilengkapi dengan Apache Web Server untuk antar muka web. SMS Gateway Server juga akan dilengkapi dengan GSM modem untuk menghubungkannya dengan operator seluler. Untuk koneksi dengan internet dapat dilakukan dengan menyewa ISP (Internet Service Provider) yang dilengkapi dengan sebuah IP dedicated. Dengan IP dedicated, maka server dapat diakses oleh web user dan mengakses jaringan internet.
Pada Tugas Akhir ini penulis akan membuat perangkat lunak pengaksesan SMS melalui web dan fungsi SMS gateway untuk keperluan berbagai layanan SMS seperti pengiriman single SMS, pengiriman SMS broadcast, dan fitur balas SMS otomatis (auto-reply) dengan bahasa pemrograman PHP.

SMS Gateway is a system interface between web/internet with celluler system using one of most used fiture which is SMS. With this SMS Gateway, user able to sent or receive SMS with web interface. User able to sent SMS to many recipient (Broadcasting SMS) or receive SMS from user and answer it automatically (Auto Replying SMS). With web interface, making simple for user, so anyone able to use it without any difficulties.
SMS Gateway Server is a server that provide interface and connecting web with the celluler operator. This aplication work with any operator, so user able to use their own operator to receive/sent SMS. SMS Gateway Server can be just an ordinary personal computer (PC) or can be a specially made for server class. This SMS Gateway Server will be made with Ubuntu Linux as the operating system and equiped with Apache Web Server for web interface. SMS Gateway Server will also equiped with GSM modem to connect it with celluler operator. For internet connection can be implmented by providing an ISP (Internet Service Provider) with a dedicated IP. With a dedicated IP, so the server able to access by web user and accessing the internet.
This final project will concentrate the writing to create a software for accessing SMS via web and SMS gateway function for every SMS service such as sending single SMS, sending broadcast SMS and SMS auto reply feature by using PHP programming language.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40444
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Firdaus Arya
"Pemilik akun login umumnya sering mengalami kesulitan dalam mengatasi ketika akunnya dibobol oleh orang lain, bahkan untuk orang awam mereka tidak tahu kalau akun logi yang dia miliki telah dibobol orang lain. Kurangnya pengetahuan
terhadap keamanan jaringan menimbulkan permasalahan yang banyak dialami oleh pemilik akun login yang minim pengetahuannya terhadap keamanan jaringan mulai dari aktifitas sehari-hari sampai masalah pendidikan. Salah satu solusi untuk membantu permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan teknik keamanan jaringan dan menerapkan teknologi SMS gateway. Dalam implemenentasi system bantuan tersebut, penelitian ini difokuskan pada perancangan pengguna system bantuan pemilik akun login dan pengembangan sistem akun login berbasis SMS gateway. Perancangan pengguna sistem bantuan pemilik akun login serta pembuatan system tertanam. Perancangan pengguna system bantuan pemilik akun login berbasis SMS gateway diimplementasikan menggunakan GAMMU . Pengujian dilakukan berbasis web yang menggunakan PHP. Analisis pengujian system ini membuktikan bahwa penerapan metode berbasis SMS gateway untuk system pemilik akun login memberikan hasil akurasi tinggi dengan persentase 100% dari 10 kali pengujian. Metode pelumpuhan akses login memberikan hasil yang optimal untuk menolak akses login illegal.

Login account owner generally often have difficulty in overcoming compromised when their account by others, even to the layman they do not know if the account logy that he had been broken into someone else. lack of knowledge cause network security problems experienced by owners login account minimal knowledge of network security ranging from everyday activities to educational problems. One solution to help this problem is to use network security techniques and technologies apply the SMS gateway. In implemenentasi aid system, this research focused on designing user login account owner of the aid system and the development of systems-based SMS gateway account login. The design of the system user login account owner assistance and manufacture of embedded systems. Design aid system users login account owner based SMS gateway is implemented using Gammu. Web-based testing is done using PHP. Analysis of system testing is to prove that the application of methods based SMS gateway for system login account owner provide high accuracy results with the percentage of 100% of the test 10 times. Disabling login access method to provide optimal results to deny access to illegal logging."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S57448
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Nurhayati Asih
"ABSTRAK
Indonesia berada pada peringkat ke 5 dari 22 negara dengan beban TB tertinggi di
dunia. Sekitar 75% penderita TB adalah kelompok usia paling produktif secara
ekonomis (15-50 tahun). Untuk menghindari pasien putus berobat karena lamanya
pasien harus mengkonsumsi obat, maka diperlukan seorang Pengawas Menelan
Obat (PMO). Sebaiknya PMO adalah petugas kesehatan, bertugas untuk
mengingatkan pasien agar mau berobat secara teratur, mengingatkan pasien untuk
periksa ulang dahak pada waktu yang ditentukan dan memberikan penyuluhan
kesehatan kepada pasien tentang penyakit TB.
Kasus putus berobat pada pasien TB di BBKPM Bandung yang terus meningkat
melebihi target nasional yaitu <10% sedikit menunjukkan bahwa kepatuhan
pasien menelan obat masih kurang. Lebih dari 90% pasien dewasa yang datang
berobat di BBKPM Bandungmemiliki nomor telepon seluler, oleh karena itu studi
ini bertujuan untuk mengembangkan sistem Informasi PMO berbasis SMS
Gateway pada pasien TB BTA positif. Pengembangan sistem ini diharapkan dapat
mengatasi permasalahan pengawasan terhadap pasien TB dengan mobilitas tinggi
terutama di kota besar agar komunikasi antar pasien dan petugas kesehatan dapat
berjalan efektif dan kegiatan PMO di BBKPM Bandung tetap dapat dilaksanakan.
Gambaran sistem informasi PMO yang sedang berjalan diperoleh berdasarkan
hasil studi kualitatif peneliti dengan metode telaah dokumen, observasi dan
wawancara mendalam terhadap 24 informan yang terdiri dari pejabat pengambil
kebijakan di BBKPM Bandung, petugas kesehatan di ruang penyuluhan, petugas
pencatatan dan pelaporan TB serta surveyor. Analisis sistem ini menggunakan
pendekatan masukan (input), proses dan keluaran (output) untuk dapat
mengidentifikasi permasalahan sistem yang ada. Hasil pengembangan sistem
berupa prototype sistem informasi pengawasan menelan obat (PMO) dengan
menggunakan SMS gateway. Petugas kesehatan di ruang penyuluhan bertindak
sebagai PMO dan user pada aplikasi ini. Keluaran sistem informasi adalah pasien
menerima pesan pengingat harian menelan obat, pesan pengingat waktunya
kontrol ulang dan pesan informasi kesehatan tentang penyakit TB serta laporan
pelaksanaan kegiatan PMO berbasis SMS Gateway kepada Kepala Seksi Promosi
Kesehatan dan Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan.

ABSTRACT
Indonesia is ranked 5th out of 22 countries with the highest TB burden in the
world. Approximately 75% of TB patients are a group of the most economically
productive age (15-50 years). To avoid treatment of patients drop out due to the
long patients should take the drug, it would require a Supervisory. Supervisor is
the health officer should, served to remind the patient to treatment regularly,
reminding patients to check the sputum at the appointed time and provide health
education to patients about TB disease.
Withdrawing treatment in TB patients in Bandung Lung Clinic growing beyond
national target of <10% fewer patients showed that adherence to medication
ingestion is still lacking. More than 90% of adult patients who come for treatment
in Bandung Lung Clinic have a cell phone number, therefore this study aims to
develop an information system of drug intake supervision based on gateway short
message system on smear positive TB patients. Development of this system is
expected to solve the problem of TB surveillance of patients with high mobility,
especially in large cities so that communication between patients and health care
workers can be effective and activities of treatment supervision in Bandung Lung
Clinic still be implemented.
Overview of drug intake supervision information systems ongoing qualitative
study based on the results obtained with the method researchers document review,
observation and depth interviews with 24 informants consisting of officials
Bandung Lung Clinic policy makers in Bandung, health officials in the health
education space, recording and reporting of TB officer and surveyor. This system
analyzes input approach, process and output to be able to identify the problems of
the existing system. The results of the development is a prototype system to drug
intake supervision information system by using the gateway short message
system. Health workers in counseling space acts as a PMO and user in this
application. Patient information system output is received daily reminder
messages ingesting the drug, the time control message repeated reminders and
health information messages about TB disease and report on implementation of
supervision-based Gateway short message system to Health Promotion Section
Head and Section Head of Health Services."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martomo R. Hidayat
"Penulis tertarik membahas Pusat Analisis Informasi (PAI) karena di Indonesia masyarakat hampir sama sekali tidak mengenal PAl, dan jarang sekali dibahas dalam makalah informasi. Kemudian pada saat sekarang adanya kecenderungan lembaga swasta yang bergerak dalam bisnis informasi, seperti PT Data Consult, PT Data Consult menyediakan informasi dalam bidang bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi konsumen. Sedangkan menurut Atherton bahwa PAI mempunyai fungsi utama memenuhi kebutuhan informasi pada bidang ter_tentu. Maka penulis melihat adanya kesamaan yang mendasar antara PAI dengan PT Data Consult, sehingga diambil asumsi bahwa PT Data Consult telah melakukan kegiatan PAI. Yang menjadi permasalahan kemudian adalah apakah PT Data Consult sudah dapat dikatakan sebagai PAI dilihat dari kegiatan yang dilakukannya. Untuk itu dalam penulisan skripsi ini harus ditetapkan tujuan penelitian agar dapat menjawab permasalahan tersebut. Adapun tujuan penelitian adalah sebagai berikut ; untuk memperoleh gambaran sejauh mana PT Data Consult melakukan kegiatan, baik dalam penga_daan, produk dan pelayanannya. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif yang bersifat eksploratif, yaitu bertujuan untuk mengungkap gambaran masalah-masalah yang terjadi atau berlangsung pada saat ini. Sedangkan data yang dikumpulkan adalah data kualitatif. Sistematika pembahasan dibagi dalam tiga bagian, yaitu ; pertama penentuan subyek dan obyek penelitian ; kedua, Cara pengumpulan data ; dan terakhir analisis data. Untuk analisis data, penulis menggunakan penyajian data dengan menyusun daftar kegiatan karena data yang dikumpulkan merupakan data kualitatif. Daftar kegiatan ini merupakan pengelompokan terhadap kegiatan pelayanan informasi yang diambil dan disusun berdasarkan tipe pe_layanan informasi yang digunakan oleh Weissman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Data Consult tidak dapat dikatakan sebagai PAI, karena PT Data Consult hanya memenuhi 8 kriteria kegiatan yang sama dari 42 kriteria, atau hanya mampu memenuhi 19.04 % dari seluruh kegiatan PAI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15579
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>