Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 189536 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferdyano Finanda
"Salah satu cara yang paling umum dan mudah untuk menghindari dan mengurangi terjadinya korosi pada baja karbon rendah adalah dengan cara pelapisan. Namun, seringkali terjadi kegagalan pada pelapisan akibat daya lekat cat yang kurang baik serta pigmen dan pengikat yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan pigmen dan pengikat terhadap ketahanan korosi dan daya lekat pelapisan pada substrat baja karbon rendah. Untuk menganalisa ketahanan korosinya maka metode yang dilakukan yaitu uji sembur kabut garam dan untuk daya lekat dilakukan pengujian adhesi. Untuk mengetahui tingkat ketahanan korosi dan daya lekat, maka material benda uji akan dilapisi dengan zinc-rich epoksi, zinc silicate, dan epoksi. Hasil yang didapat yaitu peringkat ketahanan korosi adalah 9 atau sangat baik untuk semua sampel. Kemudian dengan penggabungan antara pigmen zinc dan pengikat epoksi, menghasilkan cat dengan daya lekat yang paling baik serta penambahan kelebaran yang paling rendah.

The most common and easy way to avoid dan reduce the corrosion rate of low carbon steel is coating. But failures often happened due to insufficient coating adhesion and inappropriate pigmen and binder. This study aimed to understand the effect of pigmen and binder difference in coating to corrosion resistance and its adhesion level which applied in low carbon steel. The low carbon steel material which coated by zinc-rich epoxy, zinc silicate and epoxy will be tested in salt spray machine and adhesion test to analyse the corrosion resistance and the adhesion level. The result shows that corrosion resistance rating's is 9 which is very good for every sample. More specifically, the combining of pigmen zinc and binder epoxy produce coating with good adhesion and low mean creepage from scribe."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51542
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ghufran Mahfuzh
"Pelapisan merupakan salah satu cara yang paling umum digunakan untuk menghindari terjadinya korosi pada baja karbon rendah. Namun sering terjadi kegagalan pada pelapisan ini dikarenakan daya lekat cat yang kurang baik serta metode preparasi yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan metalloam pada cat epoksi primer terhadap ketahanan korosi dan daya lekat nya pada substrat baja karbon rendah.
Untuk menganalisa terhadap ketahanan korosinya maka metode yang dilakukan yaitu uji sembur kabut garam dan untuk daya lekat dilakukan pengujian adhesi. Untuk meningkatkan ketahanan korosi dan daya lekat maka pada cat epoksi primer tersebut ditambahkan metalloam sebesar 5%, 10% dan 15%. Hasil yang didapat yaitu peringkat ketahanan korosi adalah 9 atau sangat baik untuk semua sampel. Kemudian dengan penambahan metalloam maka nilai daya lekat dari cat epoksi primer akan meningkat.

Coating is the most common and easy way to avoid and reduce the corrosion rate of low carbon steel. But failures often happened due to insufficient coating adhesion and low preparation method. This study aimed to understand the effect of adding metalloam additives on prime epoxy coating system to its corrosion resistance and adhesion level.
Salt spray test method is use to analyse the corrosion ressitance rate and adhesion test for its adhesion's level. Metalloam of 5%, 10%, and 15% is added to prime epoxy solvent system to increase the corrosion resistance and adhesion level. The result shows that the corrosion resistance rate is 9 which is very good for every sample. And the prime epoxy adhesion's level is increase with the adding of metalloam.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51541
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Avronovsky
"Pelapisan merupakan salah satu cara yang paling umum dan mudah digunakan untuk menghindari dan mengurangi terjadinya korosi pada baja karbon rendah. Namun sering terjadi kegagalan pada pelapisan ini dikarenakan daya lekat cat yang kurang baik serta metode preparasii yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan permukaan pada material yang akan dilindungi dengan cat epoksi primer terhadap ketahanan korosi dan daya lekatnya pada substrat baja karbon rendah. Untuk menganalisa terhadap ketahanan korosinya maka metode yang dilakukan yaitu sembur kabut garam dan untuk daya lekat dilakukan pengujian pengujian adhesi. Untuk meningkatkan ketahanan korosi dan daya lekat, maka material benda uji yang akan dilapisi cat epoksi primer dilakukan perlakuan permukaan grit 800, SA 1, dan SA 2,5. Hasil yang didapat yaitu peringkat ketahanan korosi adalah 9 atau sangat baik untuk semua sampel. Kemudian dengan perlakuan permukaan yang tinggi dan permukaan yang lebih kasar akan meningkatkan nilai daya lekat dari cat epoksi primer.

Coating is the most common and easy way to avoid and reduce the corrosion rate of low carbon steel. But failure often happened due to insufficient coating adhesion and low preparation method. This study aimed to understand the effect of surface preparation on prime epoxy coated low carbon material corrosion resistence and its adhesion level. The low carbon material which will be coated with epoxy prime coating is subjected to 800 grade grinding, SA 1, amd SA 2,5 sand-blasting before tested in salt spray machine and adhesion test to analyse the corrosion resistance and the adhesion level. The result shows that the corrosion resistance rating is 9 which is very good for every sample, but more specificly higher surface treatment produce higher roughness levelm higher corrosion resistance, and an increase on prime epoxy adhesion level."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51543
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Tegar Andriawan
"Baja Tahan Karat 316L memiliki aplikasi yang sangat beragam, mulai dari platform serta instalasi lainnya, terutama pada lepas pantai karena ketahanan korosinya yang tinggi. Namun, pada penggunaannya, baja tahan karat 316L memiliki kemungkinan untuk terjadi korosi sumuran. Korosi sumuran merupakan korosi yang sulit untuk dideteksi sampai akhirnya terjadi kerusakan. Dengan mengaplikasikan pelapisan aluminium pada baja tahan karat 316L maka korosi sumuran dapat dicegah. Selain itu, ketahanan korosi secara umum juga akan meningkat. Metode untuk mengaplikasikan aluminium pada baja tahan karat 316L adalah dengan electric arc thermal spray aluminum. Pengujian kali ini menginvestigasi ketebalan pelapisan paling baik yang memberikan hasil maksimal, dengan tiga parameter yaitu berkisar antara 90-100 µm, 140-150 µm, and 190 – 200 µm. Ketahanan korosi diuji menggunakan metode polarisasi siklik. Hasil studi menunjukkan bahwa ketahanan korosi dan daya lekat paling baik dihasilkan lapisan dengan ketebalan 190 – 200 µm
In oil and gas industries, 316L Stainless Steel is widely used to construct platforms and other installations because of its high corrosion resistance. However, 316L Stainless Steel is still susceptible to pitting corrosion which is difficult to be detected before failure starts to happen. By applying aluminium coating on stainless steel, pitting corrosion will be prevented. Moreover, the corrosion rate will decrease and the steel’s lifetime will increase. Using Electric Arc Thermal Spray Aluminium as the method to apply the aluminium, one of the most important factor that influence corrosion rate on aluminium coated stainless steel is the thickness itself. This paper investigates the most effective thickness applied to achieve the best quality of the coating, ranging at 90-100 µm, 140-150 µm, and 190 – 200 µm. The corrosion resistance is tested using the data obtained from the cyclic polarization curve. The study shows that the coating thickness of 190 – 200 µm produces the best corrosion resistance and adhesion strength
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Pangestika Gunarso
"[Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekasaran, proses phosphating, serta ketebalan adhesive bonding terhadap ketahanan delaminasi komposit laminat. Variasi kekasaran substrat, yaitu pada rentang 5-8 μm dan 10-13 μm, variasi terhadap proses phosphating, yaitu ada yang melalui proses phosphating dan ada yang tidak, serta variasi ketebalan adhesive baik primer ataupun topcoat dengan rentang 1-5 μm, 6-10 μm, serta 11-15 μm. Pembentukan komposit laminat ini dilakukan melalui proses transfer moulding pada suhu 160 C selama 450 detik. Komposit laminat yang sudah terbentuk kemudian diuji peel-off untuk mengetahui kekuatan delaminasinya lalu dikarakterisasi dengan SEM-EDX. Hasil menunjukan bahwa kekasaran permukaan, lapisan zinc phosphate, serta ketebalan adhesive bonding mempengaruhi ketahanan delaminasi komposit laminat yang diinterpretasikan dengan kekuatan ikat antarlapisan dan visual delaminasi. Kekasaran optimum terjadi pada rentang 10-13 μm dengan kekuatan ikat 179,68 N dan visual delaminasi R-R sebanyak 35%. Adanya lapisan zinc phosphate memberikan nilai kekuatan ikat optimum sebesar 157,38 N dan visual delaminasi R-R sebanyak 50%. Ketebalan adhesive primer optimum terjadi pada rentang 1-5 μm dengan kekuatan ikat 163,35 N dan visual delaminasi R-R sebanyak 50%. Ketebalan adhesive topcoat optimum terjadi pada rentang 6-10 μm dengan kekuatan ikat sebesar 154,65 N dan visual delaminasi R-R sebanyak 41,6%.;This study aims to determine the effect of roughness, phosphating process, and the thickness of the adhesive bonding into delamination resistance of laminate composite. Variation of the substrate roughness are 5-8 μm and 10-13 μm. Some substrates are coated by zinc phosphate and other substrate are uncoated. Variations of the thickness of adhesive primer and adhesive topcoat are in a range of 1-5 μm, 6-10 μm, and 11-15 μm. The process of forming the laminate composite occurs through transfer molding process at 1600C in 450 seconds. Laminate composite that has been formed then tested by peel-off test to determine the strength of delamination. Visual of delamination was characterized by SEM-EDX. The results showed that the optimum surface roughness occurs in the range of 10-13 μm with bonding strength 179.68 N and 35% of R-R visual. The coated substrate has a higher bonding strength compared to uncoated substrate, which is 157.38 N and 50% of R-R visual. The optimum thickness of adhesive primer occurs in the range of 1-5 μm with bonding strength is 163.35 N and 50% of R-R visual. While the optimum thickness of adhesive topcoat occurs in the range of 6-10 μm with a bonding strength is 154.65 N and 41,6% of R-R visual;This study aims to determine the effect of roughness, phosphating process, and the thickness of the adhesive bonding into delamination resistance of laminate composite. Variation of the substrate roughness are 5-8 μm and 10-13 μm. Some substrates are coated by zinc phosphate and other substrate are uncoated. Variations of the thickness of adhesive primer and adhesive topcoat are in a range of 1-5 μm, 6-10 μm, and 11-15 μm. The process of forming the laminate composite occurs through transfer molding process at 1600C in 450 seconds. Laminate composite that has been formed then tested by peel-off test to determine the strength of delamination. Visual of delamination was characterized by SEM-EDX. The results showed that the optimum surface roughness occurs in the range of 10-13 μm with bonding strength 179.68 N and 35% of R-R visual. The coated substrate has a higher bonding strength compared to uncoated substrate, which is 157.38 N and 50% of R-R visual. The optimum thickness of adhesive primer occurs in the range of 1-5 μm with bonding strength is 163.35 N and 50% of R-R visual. While the optimum thickness of adhesive topcoat occurs in the range of 6-10 μm with a bonding strength is 154.65 N and 41,6% of R-R visual, This study aims to determine the effect of roughness, phosphating process, and the thickness of the adhesive bonding into delamination resistance of laminate composite. Variation of the substrate roughness are 5-8 μm and 10-13 μm. Some substrates are coated by zinc phosphate and other substrate are uncoated. Variations of the thickness of adhesive primer and adhesive topcoat are in a range of 1-5 μm, 6-10 μm, and 11-15 μm. The process of forming the laminate composite occurs through transfer molding process at 1600C in 450 seconds. Laminate composite that has been formed then tested by peel-off test to determine the strength of delamination. Visual of delamination was characterized by SEM-EDX. The results showed that the optimum surface roughness occurs in the range of 10-13 μm with bonding strength 179.68 N and 35% of R-R visual. The coated substrate has a higher bonding strength compared to uncoated substrate, which is 157.38 N and 50% of R-R visual. The optimum thickness of adhesive primer occurs in the range of 1-5 μm with bonding strength is 163.35 N and 50% of R-R visual. While the optimum thickness of adhesive topcoat occurs in the range of 6-10 μm with a bonding strength is 154.65 N and 41,6% of R-R visual]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44330
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Hermawan
"Salah satu permasalahan penggunaan baja karbon pada anjungan lepas pantai adalah korosi, yang dapat menyebabkan penipisan dan kerusakan pada struktur baja. Oleh karena itu diperlukan perlindungan untuk material baja tersebut agar terjaga dari korosi eksternal sampai waktu yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari mekanisme perlindungan korosi dan mekanisme kelekatan cat epoksi yang ditambahkan serbuk aluminium paduan A356.2, yang diaplikasikan pada material pelat baja karbon ASTM A36 di dalam larutan klorida. Metode pengujian meliputi uji tarik cat, uji gores dan sembur garam, pengamatan makro, pengamatan mikro, SEM dan EDX, uji EIS dan Polarisasi. Hasil penelitian menunjukan sistem pengecatan yang menggunakan campuran epoksi 100 ml yang ditambahkan 50 gram serbuk A356.2 memiliki ketahanan korosi yang tinggi dan campuran serbuk A356.2 dapat berfungsi sebagai material penghalang dari korosi eksternal di lingkungan laut.

One of the problems with the utilization of carbon steel in offshore platforms is corrosion, which can cause thinning and damage to steel structures. Therefore, steel material needs to be protected from external corrosion until a predetermined time. This study aims to investigate the mechanism of corrosion protection and the sticking mechanism of epoxy paint with A356.2 aluminum alloy powder, which was applied to ASTM A36 carbon steel plate material in chloride solution. The test methods include paint tensile test, scratch and salt spray test, micro observation, macro observation, SEM, EDX, EIS test, and Polarization. The results of the research show that painting system containing 100 ml epoxy mixture with addition of 50 grams of A356.2 powder has high corrosion resistance and the powder mixture A356.2 can function as a barrier from external corrosion in marine environment."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Arda DH
"Pembentukan penghalang untuk meminimalisasi jumlah uap air atau oksigen yang berinteraksi dengan substrat merupakan salah satu mekanisme cat dalam melindungi material baja karbon rendah dari korosi. Namun kemampuan cat dalam perlindungan korosi ini menjadi tidak maksimal akibat kehadiran cacat pada lapisan cat itu sendiri. Porositas ataupun cacat pinhole dapat mengurangi kualitas cat sebagai penghalang antara substrat dan lingkungan. Cacat tersebut dapat diakibatkan karena adanya pelarut yang terkandung pada campuran bahan cat, sehingga ketika terjadi proses curing pada cat terjadi peristiwa terperangkapnya pelarut dalam lapisan cat. Saat ini banyak produsen cat membuat cat tanpa pelarut dengan tujuan mengurangi kerentanan terhadap adanya solvent entrapment yang dapat mengakibatkan pori.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan pelarut pada cat epoksi, terhadap terbentuknya pori pada kedua jenis cat (epoksi tanpa pelarut dan epoksi dengan pelarut 53%). Pada penelitian ini kedua jenis cat dievaluasi karakter lapisan, permeabilitas serta ketahanan lapisan terhadap perlindungan korosi pada substrat dengan metode salt spray, dimana keduanya diaplikasikan dengan kuas dan tingkat persiapan permukaan adalah sesuai standar SSPC SP10. Karakterisasi lapisan dan batas lapisan dengan substrat baja karbon diuji dengan menggunakan scanning electron microscope (SEM). Dari hasil uji diamati bahwa cat epoksi tanpa pelarut (solvent free epoxy) memiliki permeabilitas dan pori yang lebih kecil dan sedikit dibandingkan dengan cat epoksi pelarut 53% (solvent based epoxy).

Organic coating is one of the way to protect a low carbon steel from corrosion by using its barrier mechanism to minimize the amount of moisture that react. Coating's protection time life can be decreased because of the defect in the coating itself. Porisity or pinholing can reduced the performance of barrier coating to protect the substrate. That failure can be caused by solvent entrapment or high solvent concentration during the curing time of coating. So now days, many industry create a solvent free epoxy paint to reduce the succeptible of coating to the solvent entrapment. So purposes of this research are to analyze the porous in both solvent free coating and solvent based coating, and its effect to the permeability and corrosion ressistance.
This Research covers the application, microstucture and performance properties of solvent free epoxy coatings in comparison to solvent-borne (based) coating materials primarily, using brush application and SSPC SP10 surface cleaning standard, this coatings will be evaluated to get film characteristic and corrosion resistance with several tests: corrosion resistance (with salt spray test) & water permeability test. Beside that the characteristic of microstucture and its composition (in the boundary of substrate and coating element) also tested with Scanning Electron Microscope (SEM). The Result shows, solvent free epoxy has smaller and fewer porous than solvent based epoxy, and because of that, permeability of solvent based epoxy is two times higher than solfent free epoxy.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51504
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ariqu Qolbi
"Selama beberapa tahun terakhir, penggunaan teknik pelapisan permukaan oleh industri manufaktur telah mengalami peningkatan secara signifikan, terutama pada industri manufaktur katup (valve). Salah satu teknik pelapisan permukaan yang dipakai adalah pengerasan permukaan (hardfacing). Proses pengerjaan logam ini menggunakan bahan yang lebih keras untuk diterapkan pada permukaan logam dasar agar terjadi peningkatan ketahanan terhadap abrasi, korosi, dan benturan maupun jenis keausan lainnya, terutama yang berkaitan dengan pencegahan bagian-bagian mesin terhadap kekuatan destruktif pada kilang dan pabrik kimia, tenaga uap dan pembangkit nuklir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan aus permukaan baja A216 WCB menggunakan pelapis berbahan Stellite 6. Pada penelitian ini parameter pelapisan permukaan menggunakan pelapis material Stellite 6 and penambahan pelapis antara (stainless steel ER309) sebelum pelapisan dengan stellite 6. Proses pelapisan permukaan baja karbon A216 WCB dilakukan dengan 2 layer kawat las stellite yang menggunakan proses pengelasan Tungsten Inert Gas (TI atau Gas Tungsten Arc Welding (GTAW). Sifat mekanis dan struktur mikro dilakukan pada produk pelapisan tersebut yaitu uji kekerasan, uji ketahanan aus dan pengamatan struktur mikro lapisan permukaan menggunakan mikroskop optic dan Scanning Electron Microscop (SEM) serta analisis presipitat serta fasa yang terbentuk diamati dan dievalusi menggunakan EDS. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu struktur mikro hasil pengelasan pada bagian logam las stellite 6 menghasilkan struktur yang lebih mengarah ke kolumnar. Nilai kekerasan tertinggi dihasilkan oleh stellite double layer, yaitu sebesar 443 HV, nilai uji aus tertinggi juga didapatkan pada benda uji stellite  double layer, yaitu sebesar 0.281 x 10-6 mm3/mm. buttering 309 dipilih untuk menurunkan nilai kekerasan sehingga tidak rawan terjadinya retak pada benda uji.

Over the past few years, the use of surface coating techniques by the manufacturing industry has increased significantly, especially in the valve manufacturing industry. One of the surface coating techniques used is surface hardening (hardfacing). This metalworking process uses harder materials to be applied to the surface of the base metal to increase resistance to abrasion, corrosion, and other types of wear and tear, especially those related to preventing machine parts from destructive forces at refineries and chemical plants, power steam and nuclear power plants. This study aims to improve the wear resistance of A216 WCB steel surfaces using Stellite 6 coating. In this study the surface coating parameters use Stellite 6 material coatings and the addition of intermediate coatings (stainless steel ER309) before coating with stellite 6. The process of coating A216 carbon steel surfaces performed with 2 layers of stellite welding wires using the Tungsten Inert Gas (TI) welding process Mechanical properties and microstructure are carried out on these coating products namely hardness test, wear resistance test and observation of microstructure of surface layers using a microscope optics and Scanning Electron Microscop (SEM) as well as precipitate analysis and formed phases are observed and evaluated using EDS The results obtained from the study are the microstructure of welding results on the stellite 6 weld metal section produces a structure that is more directed to the columnar.The highest hardness value in ih produced by double layer stellite, which is equal to 443 HV, the highest wear test value is also obtained on the double layer stellite test object, which is equal to 0.281 x 10-6 mm3/mm. 309 buttering was chosen to reduce the value of hardness so that it is not prone to cracking in the test specimens."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T55264
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abd Rasyad
"Proses electroplating adalah proses pengendapan elektro lapisan logam pada elektroda yang bertujuan untuk membentuk permukaan logam dasar dengan sifat atau dimensi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parameter waktu, suhu dan kuat arus pada pelapisan terhadap lapisan morfologi, kekuatan tarik, kekuatan tekuk dan kekerasan permukaan dengan menggunakan spesimen berupa plat baja karbon rendah berjumlah 41 buah dengan ukuran panjang 260 mm, lebar 30 mm dan tebal 2 mm sebagai logam dasarnya, sedangkan nikel dan krom sebagai pelapisnya. Variasi waktu pelapisan adalah 5 menit, 10 menit dan 15 menit., variasi suhu 50°C, 55°C dan 60°C dan variasi kuat arusnya 4 Amper, 5 Amper dan 6 Amper. Pelapisan pada plat dengan waktu 15 menit, temperatur 50°C dan kuat arus 6 Amper mempunyai nilai ketebalan yang paling tinggi yaitu 14 mikron bila dibandingkan dengan kondisi yang sama dengan waktu 5 menit yaitu 8 mikron dan untuk waktu 10 menit 9 mikron. Sedangkan untuk nilai kekuatan tariknya pada waktu 10 menit, temperatur 50°C dan kuat arus 5 Amper mempunyai nilai yang paling tinggi yaitu 376 N/mm2 bila dibandingkan dengan kondisi temperatur yang sama dengan waktu 5 menit dan 15 menit yaitu 317 N/mm2 dan 309 N/mm2. Kekuatan tekuk pada waktu 15 menit, temperatur 60°C dan kuat arus 6 Amper menunjukkan nilai yaitu 10.25 kg/mm2 sampai 10.5 kg/mm2 yang tidak mempunyai perbedaan kekuatan tekuk dibandingkan dengan bahan dasar aslinya yaitu 10.5 kg/mm2. Sedangkan pelapisan pada waktu 5 menit, temperatur 60°C dan kuat arus 6 Amper mempunyai nilai kekerasan paling tinggi yaitu 100 VHN bila dibandingkan dengan kondisi temperatur yang sama, waktu 10 menit maupun 15 menit yaitu 97 VHN dan 99 VHN. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa parameter waktu, suhu dan kuat arus pada pelapisan kurang berpengaruh signifikan terhadap kekuatan tarik, kekuatan tekuk dan kekerasan.

Electroplating is a process of electro deposition of metal layers on the electrode which aims to form a metal surface with different properties or dimensions from the metal base. The purpose of this study is to know the effects using parameters of time, temperature and current on coating toward the morphology layer, tensile strength, bending strength and hardness using a steel plate speciment with the measure of 260 mm length, 30 mm width, and 2 mm thickness which amounts to 41 pieces and metal as the base while the nickel and chrome as coatings. The variables time of coating are 5 minutes, 10 minutes, and 15 minutes, variables of temperature are 50°C, 55°C, 60°C and variables of current are 4 amperes, 5 amperes and 6 amperes. Coating a speciment at time of 15 minutes, temperature of 50 °C and current of 6 amperes has the highest thickness value which is 14 microns wide if compared to the same condition with time of 5 minutes which is 8 microns wide, and with time of 10 minutes which is 9 microns wide. While for the value of tensile strength at time of 10 minutes, temperature of 50°C and current of 5 amperes has the highest value which is 376 N/mm2 if compared to the condition with the same temperature, time of 5 minutes and 15 minutes which are 317 N/mm2 and 309 N/mm2. The bending strength at time of 15 minutes, temperature of 60°C, and current of 6 amperes showed the value is 10.25 N/mm2 until 10.5 N/mm2 that does not have bending strength differences if compared with the original base material which is 10.5 N/mm2. While coating at time of 5 minutes, temperature of 60°C and current of 6 amperes has the highest hardness value which is 100 VHN if compared to condition with the same temparature, time of 10 minutes and 15 minutes which are 97 VHN and 99 VHN. From the results of this study concluded that the parameters of time, temperature and current on coating give less significant effects toward tensile strength, bending strength and hardness.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42826
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
B.A. Hardianto B.S.
"Baja tahan karat 316L merupakan baja yang memiliki ketahanan korosi yang baik namun masih rentan terhadap kerusakan korosi sumuran. Salah satu cara untuk mencegah fenomena ini adalah dengan menerapkan lapisan Aluminium pada baja tahan karat. Pada Penelitian ini menggunakan metode semprot panas busur listrik untuk mendepositkan material Aluminium. Dalam metode semprot panas, jarak penyemprotan adalah salah satu faktor penting untuk mendapatkan hasil semprot berkualitas tinggi. Karya ilmiah ini meneliti jarak penyemprotan yang efektif untuk mencapai lapisan aluminium berkualitas tinggi pada substrat stainless steel 316L menggunakan metode semprot busur listrik dengan bahan pelapis 99.5 Al. Permukaan baja tahan karat dipersiapkan dengan metode pembersihan menggunakan larutan thinner, pemanasan sekitar 80-90oC dan blasting menggunakan Al2O3. Jarak penyemprotan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10cm, 20cm, 30cm. Uji sembur garam dan metode uji pull-off diterapkan untuk mengamati ketahanan korosi dan kekuatan ikatan lapisan. Hasil uji sembur garam menunjukkan pada setiap jarak penyemprotan menambah ketahanan korosi namun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan pada permukaan hasil uji. Hasil uji pull-off menunjukkan jarak semprot 20cm memiliki kekuatan adhesi tertinggi dengan nilai 12,5 MPa.

Stainless Steel 316L is a steel with high corrosion resistance, however, it is still susceptible to pitting corrosion damage. One way to prevent this phenomenon is by applying aluminium coating on stainless steel using electric arc thermal spray method. In the thermal spray method, the spraying distance is one of the important factors to obtain high quality spray results. This paper investigates the effective spraying distance to achieve high quality aluminium coating on stainless steel 316L substrate with 99.5 Al as coat by using the electric arc spray method. The spray distances employed in this research were of 10cm, 20cm, 30cm. Stainless steel 316L is prepared by cleaning with thinner, preheating about 80 90oC, and blasting with Al2O3. The salt spray test and pull off test method were applied to observe the corrosion resistance and the bonding strength of the coating. The salt spray test results show that at each spraying distance increase corrosion resistance but does not show significant differences on the surface of the test results. The pull off test results show 20cm spray distance has the highest adhesion strength with 12,5 MPa value."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>