Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 193631 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rachmat Rhamdani Fauzi
"Pemulung adalah sebuah pekerjaan yang banyak ditemukan di negara-negara berkembang. Sustainable architecture memiliki keterkaitan dengan aktivitas pemulung, contohnya dalam prinsip 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Regenerate). Sementara, everyday digunakan sebagai sebuah cara pandang untuk melihat bagaimana bentuk-bentuk interaksi pemulung dengan ruang-ruang hidup kesehariannya.
Skripsi ini membahas keseharian pemulung dalam skala ruang domestik dan skala urban yang dapat disebut sebagai sustainable architecture ditinjau dari sudut pandang everyday. Pemulung sebagai aktor everyday dalam kedua skala ruang tersebut memiliki peran tertentu dalam sustainable architecture.

Pemulung (waste picker) is a profession found profoundly in developing countries. Sustainable architecture has connections with pemulung activities, e.g. the principle of 4R (Reduce, Reuse, Recycle and Regenerate). Meanwhile, everyday can be used as a perspective to observe how pemulung's interaction with their daily living spaces can occur.
The focus of this thesis is pemulung daily life experience at domestic and urban scale stated as sustainable architecture observed by everyday viewpoint. Pemulung, as everyday actor in both scale, has certain roles in sustainable architecture.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51601
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yurista Widiyanti
"Keberadaan kampung kota memunculkan berbagai macam pandangan dan pencitraan yang berbeda-beda di kalangan pemerhati kota dan penghuninya, serta masyarakat tertentu. Lokasinya yang berada di pusat kota, seringkali membawa pengaruh terhadap lingkungan sekitarnya, baik positif maupun negatif. Citra buruk, kotor selalu melekat pada keberadaan kampung kota ini, sedangkan di sisi lain kampung kota merupakan ruang kehidupan penghuninya. Citra dipengaruhi pengalaman dan pengetahuan atau konsep yang terbentuk. Sesuatu yang tercitra meliputi kondisi fisik dan kegiatan yang meruang. Pencitraan yang muncul dari perencana kota setempat didapat dari data sekunder dan wawancara non formal, yang kemudian dibandingkan dengan realita yang ada di kampung dengan pengamatan dan wawancara dengan penghuni kampung.
Perencana kota memiliki ruang terkonsep terhadap kawasan kampung lio, yang terlihat adanya perencanaan peremajaan kawasan situ rawa besar, yang berdampak pada penggusuran kampung lio. Perencana kota secara implisit tidak mengikuti pola pemukiman kampung sehingga kampung lio terhilangkan sama sekali menjadi kawasan baru. Sementara itu, ruang-ruang yang terbentuk di kampung kota akibat dari kebutuhan spontan akan ruang bertinggal, yang dilakukan dengan reproduksi ruang dan terkadang terjadi pelanggaran berada di tempat yang tidak semestinya. Dengan analisis ditemukan bahwa kampung lio, Depok tidak se'buruk dan se'kotor yang tercitrakan sehingga tidak harus dihilangkan secara keseluruhan namun hanya diperlukan penanganan di sebagian ruang yang memang tidak pada tempatnya dan berbahaya. Pencitraan yang mempengaruhi perencanaan kawasan bisa jadi hanya sebuah rekaan yang dibuat untuk menghilangkan kawasan itu.

Existence of kampung has images and views which different in among planners of city and its dwellers, and also other society in the city. Kampung where location in centre of the city bring influence for environment, both positive or negative. Ugly and dirt are images which always attach in kampung, but in other side, kampung is lived space for users. Image is influenced by experience and knowledge or concept which formed. Image is formed by condition physically of thing and spatial activity. Its therefore done by using qualitative method, with observation in kampung, non formal interview and get some data which significant with issues.
Urban planners have conceive space for Kampung Lio area. They have planned for redevelopment Kampung Lio area, that effect eviction of kampung. The redevelopment plan do not follow morphology of kampung, so kampung area be a brand new. Finding have shown that Kampung Lio, depok is not dirty or ugly like which people and planners imaged so has not to eviction as a whole, but only need planned in slum and dangerous area and re-organize environment. Image which bring influence maybe only phantasy for eviction that a whole of kampung area."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T40419
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afrizha Ramdha
"Urban Sprawl biasanya dianggap sebagai perkembangan yang tidak terkontrol, pelarian dari kota, perubahan lahan desa menjadi suburban neighborhood dan pusat perbelanjaan (Staley, 1998). Urban Sprawl belum memiliki pengertian utuh dalam kesepakatan bersama, akan tetapi beberapa ahli menjelaskannya dalam karakteristik dan dampak yang hampir sama (sebagian besar negatif). Buruknya aksesibilitas merupakan salah satu ciri khas urban Sprawl yang paling menonjol. Aksesibilitas kawasan bagi penduduk setempat terhadap fasilitas lokal, tempat kerja, dan transportasi umum sangatlah sulit, terutama bagi anak-anak dan lanjut usia.
Ciri ini menyiratkan ciri khas lain yang sering disebut ketergantungan terhadap kendaraan bermotor (automobile dependency). Ketergantungan terhadap kendaraan bermotor menyebabkan produksi kendaraan bermotor tak akan habisnya dan menjadi salah satu penyumbang padatnya kendaraan bermotor di kota, seperti di Jakarta. Pertanyaannya adalah mengapa faktor aksesibilitas menjadi penting dalam proses terjaclinya ill-ball Sprawl.
Skripsi ini akan membahas berbagai referensi yang terkait dengan rrrbarr sprawl dengan terfokus pada aksesibilitas kawasan serta mengujinya dengan menelusuri proses terjadinya urban Sprawl melihat dari aksesibilitas penduduk setempat di daerah permukiman pinggir kota Jakarta yang diduga mengalami perkembangan Sprawl.

Urban Sprawl is usually thought of as uncontrolled growth, a flight from the cities, the transformation of rural land into suburban neighborhoods and shopping malls (Staley, 1998). Urban Sprawl doesn't have a comprehensive definition in public consensus yet, except some experts explain it in almost similar characteristics and impacts (partly full of negatives). Bad accessibility is one of the most prominent characteristics of urban sprawl. Region accessibility for inhabitants to local facilities, working places, and public transportations is very hard, especially for children and old men.
This characteristic implies another character that often called automobile dependency. The dependency to automobile caused unlimited automobile productions and one of high dense contributors of automobile in cities, like Jakarta. The question is why accessibility factor become important to the process of urban sprawl takes place'
This script will discuss any references concerned to urban sprawl and focus to region accessibility and put to test to observation of the process of urban sprawl takes place in perspective of local inhabitant's accessibility in residences of outer border of Jakarta that in suspect of sprawling development.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52249
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sakti Wira Yudha
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S6989
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
F.G. Rafidh Al Farabi
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S2027
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nancy Kartika
"Arus informasi yang semakin cepat dan kompleks dalam abad 21 ini membutuhkan suatu kemampuan berpikir pada tingkat yang lebih tinggi. Kemampuan berpikir ini memungkinkan kita membuat pertimbangan dan penilaian terhadap segala macam informasi secara tepat yang akan menghasilkan keputusan yang bijaksana dan dapat dipertanggungjawabkan tentang hal yang diyakini dan dilakukan, yang disebut berpikir kritis (Siegel, 1988; Moore, 1986).
Penelitian mengenai berpikir dan berpikir kritis sudah banyak dilakukan oleh para ahli, namun tidak banyak yang mempertimbangkan faktor budaya, padahal bagaimana individu berpikir, merasakan, dan bertingkah laku dipengaruhi oleh budaya. Teori yang ada sekarang sebagian besar mengacu kepada budaya Amerika, yang sangat berbeda dengan budaya Asia, khususnya Indonesia. Menurut Atkinson (dalam Hongladarom, 1999), berpikir kritis itu secara budaya sangat khas dan menjadi bagian praktek sosial di dunia barat, yang tidak terjadi dalam budaya Asia. Benarkah hal demikian yang terjadi ? Bagaimana dengan budaya Indonesia sendiri, yang sangat didominasi oleh masyarakat Jawa ? Apakah tidak mungkin orang Jawa sendiri sebenarnya memiliki konsep berpikir kritis yang sangat khas bagi mereka sendiri ?
Karena itu, penelitian ini ingin menggali rumusan berpikir kritis dalam budaya Jawa menurut para pengajar perguruan tinggi bersuku Jawa di Yogyakarta. Mereka adalah orang-orang yang dianggap kredibel untuk memberi masukan dan melakukan analisis terhadap kemampuan berpikir kritis orang Jawa. Pemilihan Yogyakarta sebagai lokasi penelitian karena Yogya selama ini dikenal sebagai pusat kebudayaan Jawa (Mulder, 1984) dan pengaruh budaya Jawa lebih kuat pada mereka yang masih tinggal di daerah Jawa dibandingkan mereka yang di luar Jawa.
Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mengenai berpikir kritis dalam budaya Jawa dan memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu psikologi di Indonesia, khususnya indigenous psychology. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif agar gambaran berpikir kritis yang sifatnya khas dalam budaya Jawa dapat ditangkap dan dipahami dengan secara lebih mendalam, sesuai sudut pandang para narasumber.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner terbuka sesuai prosedur teknik Delphi yang kemudian dikonfirmasi dengan penggunaan focus group discussion (FGD). Pada tahap awal, digunakan kuesioner terbuka dengan tujuan tergalinya rumusan sementara yang dapat diterima mengenai berpikir kritis yang merupakan masukan dari para narasumber. Pengumpulan data melalui kuesioner ini i dilakukan dua kali melalui surat menyurat dan telepon. Sedangkan FGD merupakan pendukung bagi tahap awal yang melengkapi data yang didapat dari kuesioner. Yang ingin didapatkan dari FGD bukanlah suatu konsensus, melainkan didapatkannya data yang memiliki kualitas yang baik dalam konteks sosial tertentu, di mana peserta dapat mempertimbangkan pandangan mereka dalam konteks pandangan orang lain. Analisis dilakukan terhadap jawaban narasumber pada kuesioner pertama dengan metode analisis isi (content analysis) sedangkan hasil yang didapat dari focus group discussion akan melengkapi analisis terhadap kuesioner.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah rumusan yang berkaitan dengan berpikir kritis, dengan tema-tema : pengertian, karakteristik orang yang berpikir kritis (kognitif, afektif, dan konatif), tujuan dan alasan perlunya pendidikan berpikir kritis, strategi pengembangan berpikir kritis (dalam pendidikan, dalam masyarakat, dan bidang lain), serta peranan budaya Jawa yang mendukung dan menghambat berpikir kritis. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa berpikir kritis dalam budaya Jawa merupakan berpikir yang sangat reflektif dan kontekstual. Untuk berpikir kritis, seseorang harus memperhatikan situasi, tempat, dan siapa yang diajak berbicara atau yang dalam budaya Jawa dikenal sebagai empan papan.
Berbagai konsep, ajaran, dan praktek dalam budaya Jawa ada yang mendukung dan ada yang menghambat anggota masyarakatnya untuk mengalami perkembangan berpikir kritis. Saran yang diajukan peneliti adalah melibatkan subjek dalam jumlah yang lebih besar sehingga hasilnya lebih dapat digeneralisasikan atau melakukan validasi hasil penelitian ini terhadap berbagai kelompok profesi yang berbeda. Pengambilan data juga dapat dilakukan pada subjek yang berasal dari daerah lain di Jawa."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S3120
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dite Marcelina Dwi Maulia
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S3152
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marsiana Anglina Tamur
"Ada ahli yang memperkirakan bahwa rata-rata setiap orang mempengaruhi sepuluh ribu orang seumur hidupnya (Maxwell, 2003). Oleh karena itu sebelum bertingkah laku seseorang perlu memikirkannya terlebih dahulu karena dampaknya akan begitu luas. Setelah berpikir barulah individu dapat mengambil suatu keputusan dan bertingkah laku. Di era globalisasi seperti sekarang ini dimana informasi dapat diperoleh dengan mudah, maka diperlukan suatu keterampilan khusus untuk mengintegrasikan semua informasi tersebut, sehingga informasi tersebut dapat mendukung keputusan yang diambil. Jenis berpikir seperti ini adalah berpilar kritis, dimana individu harus menganalisis dulu semua informasi yang tersedia sebelum mengambil suatu keputusan (Lipman, 1991).
Salah satu persoalan yang menghadang bangsa Indonesia saat ini dan akan berdampak ke masa depan adalah penurunan kuah tas manusia Indonesia. Lemahnya kualitas manusia Indonesia dapat dilampiaskan dalam bentuk anarkisme massa dan tindak kekerasan lain seperti yang terjadi pada masa sebelum, saat dan sesudah runtuhnya Orde Baru (Kompas, 19 Juli 2003). Tentunya keadaan seperti itu tidak perlu tetjadi lagi ketika rakyat Indonesia sudah dibekali kemampuan berpikir kritis, sehingga walaupun diprovokasi sedemikian rupa rakyat Indonesia tidak akan mudah percaya begitu saja pada informasi yang ada.
Presiden Megawati Soekamoputri mengatakan bahwa dari sekian banyak masalah nasional yang harus diselesaikan, mungkin tidak ada yang lebih mendasar daripada masalah pendidikan (Kompas, 11 Juli 2003). Pembekalan berpikir kritis ini dapat dilakukan melalui jalur pendidikan di sekolah. Pengembangan berpikir kritis di sekolah tentunya tidak lepas juga dari peranan kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah. Agar pembekalan berpikir kritis ini dapat tercapai tentu harus didukung oleh kebijakan-kebijakan kepala sekolah yang mendukungnya. Oleh karena itu kepala sekolah dianggap pihak yang tepat untuk memberikan masukan mengenai pembekalan berpikir kritis ini.
Suku Jawa yang secara kuantitas paling besar jumlahnya di Indonesia, maka tidak dapat dipungkiri lagi pengaruhnya dalam budaya Indonesia secara umum. Di dalam budaya Jawa terdapat dua prinsip dalam pergaulan masyarakatnya dimana semuanya bertujuan untuk mencegah teijadinya konflik dan menjaga keharmonisan. Selain itu sikap masyarakat dalam budaya Jawa yang nrimo (pasrah) dan ngeli (mengikuti arus) tentunya dapat menghambat berpikir kritis, dimana seorang yang beipikir kritis tentunya tidak menerima begitu saja informasi yang ada dan tidak mudah untuk mengikuti arus karena tingkah lakunya didasari oleh alasan. Oleh karena sangat perlu untuk meneliti apakah budaya Jawa benar-benar menghambat masyarakatnya untuk berpikir kritis atau mendukung masyarakatnya untuk berpikir kritis ditinjau dari sudut pandang kepala sekolah bersuku Jawa.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari seberapa besar beipikir kritis diberi kesempatan untuk bertumbuh dan berkembang dalam keseluruhan tata nilai budaya Jawa.
Hasil penelitian ini bermanfaat untuk memberikan masukan mengenai bagaimana membangun kembali bangsa ini memberikan sumbangan terhadap perkembangan teori psikologi yang khas budaya Indonesia (indigenous psychology).
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam dan mendetail.mengenai berpikir kritis dalam budaya Jawa dari sudut pandang kepala sekolah bersuku Jawa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan teknik delphi dan focus group discussion (FGD) untuk melengkapi data yang diperoleh dari kuesioner. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah content analysis. Dari data yang terkumpul dapat dikelompokkan dalam tema-tema; pengertian berpikir kritis,karakteristik berpikir kritis, alasan perlunya dan tujuan pendidikan berpikir kritis, serta strategi yang dapat dilakukan; dan contoh-contoh praktek, ajaran atau konsep dalam budaya Jawa yang memberikan kesempatan dan menghambat anggota masyarakatnya berpikir kritis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berpikir kritis dalam budaya Jawa dapat saja dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam penyampaiannya harus mengikuti kaidah-kaidah yang ada seperti kepada siapa pemikiran kritis ini ditujukan. Sebagai sualu penelitian eksploratif yang hanya memperoleh gambaran awal, maka peneliti menyarankan penggunaan wawancara yang mendalam melengkapi data yang sudah ada dan melakukan penelitian yang lebih mendalam pada pemuka adat/masyarakat dan pemerhati budaya mengenai berpikir kritis dalam budaya Jawa mengingat begitu pentingnya pemimpin dalam budaya Jawa."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
S3198
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Citra
"Bank Exim (Bank Mandiri) adalah salah satu bank yang direkapitalisir oleh BPPN, atas hutang bermasalahnya penagihannya dialihkan ke BPPN dan salah satunya adalah hutang PT X. Selaku perusahaan yang bergerak dalam sektor real estat namun sekaligus melakukan restrukturisasi hutang, PT X wajib mengimplementasikan pengakuan pendapatan dan biaya aktivitas real estat seperti yang diatur dalam PSAK 44 dan pengakuan laba penghapusan hutang seperti yang diatur dalam PSAK 54.
Penelitian ini mencakup dan berfokus pada penerapan PSAK 44 tentang aktivitas pengembangan real estat dan PSAK 54 tentang restrukturisasi hutang piutang bermasalah, dikaitkan dengan peraturan perpajakan yang relevan atas restrukturisasi hutang perusahaan yang bergerak dalam industri real estat, termasuk didalamnya upaya gugatan pajak oleh PT X terhadap alokasi pengakuan penghasilan berupa keuntungan pembebasan hutang yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat deskriptif analitis dan merupakan studi kasus pada PT X.
Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa atas penerapan PSAK 44 dan PSAK 54, perusahaan tidak mengimplementasikannya secara menyeluruh karena diketahui bahwa atas biaya bunga pinjaman dalam masa kontruksi yang seyogyanya dikapitalisir namun oleh perusahaan dibebankan langsung pada pengadilan sehingga pada saat pengakuan laba penghapusan pajak, perusahaan tinggal melakukan set off atas akun biaya bunga yang masih harus dibayar. Metode ini jelas bertentangan prinsip akuntansi matching cost against revenue karena biaya yang seharusnya digolongkan sebagai product cost tersebut dibebankan tidak dalam periode yang sama dengan pengakuan penghasilan sehingga laporan keuangan yang dihasilkan undervalue pada laba dan overvalue pada biaya.
Sehubungan dengan diakuinya keuntungan restrukturisasi hutang, terjadi sengketa pajak antara pihak fiskus dengan perusahaan. Pihak fiskus menetapkan dasar alokasi pengakuan laba penghapusan hutang didasarkan pada kontrak perjanjian antara PT X dan BPPN. Namun kontrak ini pun setelah diperhitungkan kembali perhitungannya, terjadi kesalahan perhitungan karena kas yang seharusnya dikeluarkan untuk melunasi hutang ternyata lebih kecil dari yang seharusnya dibayarkan oleh perusahaan. PT X mempermasalahkan mengenai pengakuan adanya penghasilan atas penghapusan bunga tahun 1998, 1999, di mana berlaku ketetapan final serta saldo bunga pinjaman tahun 2000 yang tidak pemah dibukukan oleh PT X.
Keuntungan restrukturisasi diperoleh pada tahun 2001, selama ini PT X telah mengakui dan membebankan bunga pinjaman tersebut sehingga tidaklah relevan jika dikaitkan dengan adanya pengakuan pajak final tahun 1998 dan 1999 karena menyangkut objek pajak dan tahun pajak yang berbeda. Atas perbedaan pencatatan antara BPPN dan PT X, memang seharusnya keduanya mencatat dengan jumlah yang sarna. Dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-05/PJ/199, menyatakan bahwa kreditur harms mencatat jumlah yang sarna dengan debiturnya. Namun hal ini bisa saja dijadikan loopholes sehingga jumlah pajak terutang lebih kecil daripada yang seharusnya terutang. Dan Putman pengadilan pajak atas sengketa, diketahui bahwa sampai saat dibuatnya keputusan, majelis hakim pengadilan pajak belum memperoleh angka yang sesungguhnya benar mengenai jumlah alokasi penghapusan hutang. Dalam memutuskan suatu sengketa pajak, majelis hakim harus bertindak independen dan tidak menerima campur tangan dari pihak manapun. Dasar pertimbangan peradilan pajak dalam memutus sengketa dalam pemeriksaan sengketa adalah pemenuhan ketentuan formal pengajuan banding/gugatan, kelengkapan dokurnen-dokumen dan bukti-bukti pendukung, yuriprudensi.
Setelah dilakukan perhitungan terhadap rasio-rasio keuangan PT X maka terlihat kinerja perusahaan mulai mengalami perbaikan karena setelah restrukturisasi tidak lagi terbebani hutang yang besar dan kewajiban pembayaran bunga. Dengan demikian terlihat bahwa restrukturisasi hutang berdampak positif terhadap kinerja keuangan perusahaan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T17510
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Sidin
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S17923
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>