Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 137020 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dheni Koerniawan
"Metode pembelajaran yang diberikan pada bangku Sekolah Menengah Umum (SMU) berbeda dengan metode yang diterapkan saat duduk di bangku Perguruan Tinggi. Saat memasuki jenjang perguruan tinggi, mahasiswa dituntut untuk terlibat secara aktif dalam belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi gaya belajar, strategi belajar, dan tingkat adaptasi mahasiswa terhadap perubahan metode belajar yang terjadi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana dengan sampel 56 responden mahasiswa regular 2005 FIK UI. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian didapat sebanyak 12 mahasiswa (21,43%) memiliki tingkat adaptasi rendah, 31 mahasiswa (55,36%) tingkat adaptasi sedang, dan 13 mahasiswa (23,21%) tingkat adaptasi tinggi. Mayoritas mahasiswa (43%) mempunyai gaya belajar visual. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penyusunan Satuan Acara Pembelajaran terkait metode pembelajaran yang digunakan, juga dasar untuk penelitian selanjutnya yang mengkaji hubungan antara pengaruh strategi belajar dan prestasi mahasiswa."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5517
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fatiha Fillia Riesca
"Penelitian di Jepang mendapatkan bahwa setiap 4 - 5 orang di bawah usia 30-an sudah terinfeksi bakteri H. pylori yang merupakan penyebab gastritis kronik tipe B.Dari 159 omng responden, 69 orang terkena peptic ulcer dan 73% positif terkena H pylori (Arisawa, 2007). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia reguler 2004 tent/ang gastritis kronik. Peneiitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Depok dengan jumlah responden 67 orang yang terdiri dari mahasiswa regular 2004.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif sederhana dengan menggunakan instrument penelitian yaitu kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan juga metode tendensi sentral untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa FIK UI reguler 2004 tentang gastritis. Hasil yang didapatkan adalah 85% tingkat pengetahuau mahasiswa tentang gastritis tinggi dan 15% mahasiswa dengan tingkat pengetahuan sedang dan 60% mahasiswa pemah mengalami gastritis. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti merekomendasikan penelitian tentang hubungan antara pengalaman gastritis dengan tingkat pengetahuan tentang gastritis."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5294
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Evina Sari
"Penelitian ini menggunakan desain deskriptif yang bertujuan mengidentifikasi gambaran motivasi belajar dan faktor pendukung motivasi belajar mahasiswa S1 Reguler dan Eksekutif angkatan 2011 Program Keperawatan Universitas Esa Unggul. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling. Sampel penelitian 25 mahasiswa S1 reguler dan 25 mahasiswa S1 eksekutif angkatan 2011 Program Keperawatan Universitas Esa Unggul. Hasil penelitian adalah mahasiswa S1 Reguler angkatan 2011 motivasi belajar tinggi (52%) dan mahasiswa S1 Eksekutif angkatan 2011 motivasi belajar rendah (52%). Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu meneliti faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar.

This study was using a descriptive design that aims to identify description of the motivation learning and factors supporting student motivation learning S1 Regular and Executive Force 2011 Program Excellence Nursing at Esa Unggul University. The method of this study used purposive sampling. The samples S1 twenty five regular and twenty five executive class S1 2011 Esa University Nursing Program Excellence. The results are S1 2011 Regular force motivation high (52%) and the Executive Force 2011 S1 low motivation (52%). The suggestions for further research that examines the factors that affect the intrinsic and extrinsic motivation to learn."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42572
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa terhadap profesi keperawatan dan motivasi belajar mahasiswa Fakullas Ilmu Kepcrawatan Universitas Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif dengan jumlah sampel 55 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis untuk memperoleh frekuensi dau presentasenya. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa mayoritas
responden (64%) memilih FIK karena minat pribadi. Hasil penelitian ini adalah Iebih dari setengah responden (56%) memiiiki persepsi tinggi terhadap profesi keperawatan dan sebagian besar responden (67%) memiliki motivasi belajar rendah. Institusi pendidikan diharapkan sebaiknya lebih mengembangkan variasi metode pembelajaran yang lebih inovatif sehingga Iebih memacu semangat belajar mahasiswa."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5793
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nayaka Bhaswata
"Saat ini, bus merupakan jenis transportasi yang paling aman dibandingkan dengan jenis transportasi lainnya yaitu hanya sekitar 0.6% saja dibandingkan dengan jenis transportasi lain. Berdasarkan data di Amerika terhadap kecelakaan yang terjadi pada transportasi bus, didapatkan sekitar 150 orang meninggal akibat kecelakaan terkait dengan bus. Sedangkan jumlah kecelakaan yang mengakibatkan cedera atau luka diperkirakan mencapai 19.000 orang per tahun.
Berdasarkan teori-teori mengenai kecelakaan, salah satu yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan adalah dengan memberikan informasi mengenai aspekaspek keselamatan, yaitu informasi mengenai bahaya, risiko, dan pencegahan terhadap bahaya transportasi kepada pengguna bus. Untuk itulah pengetahuan mengenai keselamatan transportasi penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan, dalam hal ini mengenai transportasi bus kuning. Penelitian ini melihat tingkat pengetahuan mahasiswa tentang keselamatan transportasi, yang terdiri dari pengetahuan bahaya, risiko, dan pengendalian terhadap bahaya bus kuning.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pendekatan analisis kuantitatif dengan sampel sebanyak 155 responden mahasiswa FKM UI program sarjana reguler angkatan 2005 menggunakan instrument kuesioner dengan pertanyaan mengenai keselamatan transportasi bus kuning. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa 70% responden (105 orang) memiliki tingkat pengetahuan tentang bahaya keselamatan bus kuning yang tergolong cukup, 88% responden (131 orang) memiliki tingkat pengetahuan risiko keselamatan bus kuning yang tergolong baik, dan 85% responden (126 orang) memiliki tingkat pengetahuan mengenai pengendalian bahaya keselamatan bus kuning yang tergolong baik."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aderia Rintani
"Saat ini belum banyak penelitian di Indonesia yang meneliti tentang manfaat sarapan bagi performa dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan dengan pencapaian prestasi akademik berupa Indeks Prestasi Akademik (IPK) Mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan design deskriptif korelasi dengan instrumen berupa kuesioner. Penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Keperawatan UI, jumlah responden 127 orang mahasiswa reguler yang tersebar merata pada 4 angkatan berdasarkan perhitungan sampel non random quota sampling. Analisa data yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan chi square dengan tingkat kemaknaan 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kebiasaan sarapan positif cenderung memiliki IPK yang lebih tinggi. Ada hubungan yang bermakna antara kebiasaan sarapan dan prestasi akademik (P value = 0.033, OR = 2.438). Hasil ini menunjukkan bahwa sarapan merupakan alternatif yang cukup signifikan dalam membantu optimalisasi hasil belajar, namun kualitas sarapan itu sendiri merupakan hal penting yang menentukan."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5608
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahayu Ratih Maretta
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S44090
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Kemampuan menyelesaikan masalah dengan menggunakan koping yang tepat akan
mempengaruhi mahasiswa baru dalam menghadapi proses belajar mengajar yang pada
akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan unluk
mendapatkan gambaran tentang mekanisme koping yang digunakan oleh mahasiswa
baru reguler 2006 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dalam menghadapi
stres tahun pertama kuliah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
sederhana dengan responden 69 orang mahasiswa reguler 2006. Pengumpulan data
dilakukan dengan kuesioner untuk mengkaji stres, stresor, dan mekanisme koping. Data
yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mendapatkan
disribusi frekuensi dan prosentase dari variabel yang diteliti. Hasil yang diperoleh
menunjukkan bahwa 58% mahasiswa menggunakan koping konstruktif dan 42%
menggunakan koping destruktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
pertimbangan bagi pembimbing akademik, khususnya pembimbing akademik
mahasiswa baru agar dapat mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi sehingga
proses belajar mengajar tetap berjalan dengan Iancar."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5578
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anggara Kusumaatmaja
"Dalam kehidupannya, manusia selalu mengejar prestasi berdasarkan kemampuan dan bidangnya masing-masing. Menurut Robinson (dalam http://www-mcnair.berkeley.edu/97joumal, 1997) tinggi rendahnya prestasi di pengaruhi oleh kemandirian seseorang. Menjadi anak bungsu, seringkali mendapat anggapan sebagai anak yang manja dan tidak mandiri. Gunawan (dalam Gunarsa & Gunarsa, 2000) mengatakan bahwa posisi anak sebagai anak sulung, bimgsu, dan tunggal sedikit banyak dapat berdampak pada pembentukan kepribadiannya. Oleh karena kemandirian juga merupakan salah satu aspek dari kepribadian, maka posisi anak juga berdampak terhadap kemandiriaimya. Kemandirian mempakan salah satu aspek kepribadian yang penting (Conger, 1991), terlebih bagi remaja usia 17-19 tahun, pada saat memasidd jenjang perguruan tinggi, remaja mulai dituntut untuk menjadi sosok yang mandiri (Ganda, 1992). Sebagai mahasiswa fakultas yang memiliki daya saing yang cukup ketat dalam penerimaan mahasiswa, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) dituntut untuk memiliki prestasi yang baik agar nantinya tidak dikeluarkan (putus studi).
Pada penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana kemandirian dan prestasi akademik remaja bungsu serta melihat apakah ada hubungan kemandirian dengan prestasi akademik remaja bungsu di perguman tinggi?. Penelitian ini dilakukan pada 75 orang subyek yang terdiri dari 22 subyek laki-laki dan 53 subyek perempuan, yang bemsia 18-19 tahun dan merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi UI. Pemilihan subyek dilakukan dengan menggunakan teknik incidental sampling. Setiap subyek dalam penelitian ini, mendapatkan kuesioner yang telah disusun oleh peneliti berdasarkan lima aspek kemandirian. Untuk memperoleh data prestasi akademik, subyek diminta untuk menuliskan Indeks Prestasi Kumulatif terakhir yang diperolehnya dan peneliti mencek kembali kepada sub bagian akademik mahasiswa Fakultas Psikologi UI.
Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan teknik koefisien alpha dan korelasi Pearson product-moment yang ada pada program SPSS for MS Windows Release 10.0. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa Remaja bungsu pada fakultas psikologi UI yang mendapatkan skor kemandirian rendah, lebih banyak dari pada yang mendapatkan skor kemandirian tinggi. Walaupim deraikian, perbedaan jumlah remaja bungsu yang mendapatkan skor kemandirian tinggi -dengan skor kemandirian rendah, hanya terpaut 1,3 % saja. Jumlah remaja bungsu pada Fakultas Psikoiogi UI yang memiliki prestasi akademik buruk, lebih banyak dari pada yang memiliki prestasi akadeniik baik. Namun hal tersebut tidak dapat dijadikan dasar untuk mengatakan bahwa mahasiswa bungsu Fakultas Psikologi memiliki prestasi akademik yang buruk, mengingat perbedaan antara responden yang memiliki prestasi akademik baik dengan responden yang memiliki prestasi akademik buruk hanya terpaut 9,3 % saja. Selain kedua hal tersebut, juga dapat diketahui bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kemandirian dengan prestasi akademik remaja bungsu di Fakultas Psikologi UI. Keadaan ini mungkin disebabkan oleh karena masih banyak faktor lain yang turut mempengaruhi prestasi akademik seseorang yang tidak terukur dalam penelitian ini. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah bakat khusus, motivasi untuk berprestasi, harga diri akademik, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan faktor situasional (Syah, 2000).
Saran yang dapat diberikan untuk penelitian lain sehubungan dengan penelitian ini antara lain adalah untuk menguji validitas internal dan ekstemal dari instrumen pengukuran, sebaiknya faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi prestasi akademik dan kemandirian perlu diikutsertakan. Meskipun hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan yang signifikan antara kemandirian dengan prestasi akademik remaja bungsu pada perguruan tinggi, aspek tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi akademik. Oleh karenanya, disarankan bagi para orang tua untuk memupuk tanggung jawab pada anak bungsu mereka sejak dmi agar dapat memaksimalkan prestasi akademik anak bungsunya."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S2865
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Olahraga merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Kurang berolahraga merupakan faktor resiko berbagai macam penyakit kronik yang dapat menyebabkan kematian. Seseorang yang jarang berolahraga akan lebih mudah terkena penyakit jantung dan stroke dari pada orang yang rajin berolahraga (Smeltzer, 1996).
Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran tingkat motivasi mahasiswa FIK UI program reguler untuk melakukan olahraga. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia., Depok dengan jumlah responden 160 orang yang dibagi berdasarkan stratifikasi angkatannya, Pengambilan responden dilakukan secara .systematic random sampling dengan menggunakan daftar nama mahasiswa FIK UI program reguler. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana dengan alat pengambilan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan metode statistik univariat yaitu mean, median, modus, dan proporsi untuk menganalisis variabel tingkat motivasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat motivasi mahasiswa FIK UI program reguler adalah tinggi (52%) Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa FIK UI program reguler terhadap olahraga menjadi dasar atau pengaruh utama dalam tingginya motivasi lmtuk melakukan olahraga. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diperlukan penyediaan fasilitas-fasilitas olahraga yang memadai bagi mahasiswa sebagai sarana apresiasi motivasi olahraga yang tinggi. Sehingga dapat membentuk mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan yang sehat fisik dan mental."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5566
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>