Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 220639 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Komunikasi terapeutik merupakan salah satu cara untuk membina hubungan
terapeutik antara perawat dan klien. sehingga untuk meningkatkan asuhan
keperawatan terutama di rumah sakit diperlukan penerapan strategi pelaksanaan
komunikasi terapeutik yang sesuai standar, dimana sebagai perawat jiwa khususnya
kunci utama terapeutik adalah dirinya sendiri ( Stuart & Laraia, 2001). Hasil laporan
kepala ruangan pada bulan Februari 2007 menunjukan bahwa jumlah hari rawat di
ruang MPKP (kategori pasien intermediate) 16 hari sedangkan di ruang bukan
MPKP (kategori pasien intermediate) 54 - 62 hari. Hasil tersebut menunjukan
fenomena di RSMM Bogor. Peneliti merumuskan masalahnya sebagai berikut
Bagaimana perbandingan penerapan strategi komunikasi terapeutik pada pasien
dengan gangguan jiwa oleh perawat di ruang MPKP dan bukan MPKP?. Tujuan dari
peneliian ini adalah mempelajari perbandingan pcnerapan strategi komunikasi
terapeutik pada pasien dengan gangguan jiwa oleh perawat di ruang MPKP dan
bukan MPKP RSMM Bogor. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif
komparatif, jumlah sampel sebanyak 52 responden, yaitu perawat di ruang MPKP
dan bukan MPKP di RSMM Bogor, cara pengambilan sampel dengan tehnik
purposive sampling, instrumen yang digunakan adalah dengan Iembar observasi.
Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan pelaksanaan penerapan strategi
komunikasi terapeutik pada pasien dengan gangguan jiwa oleh perawat di ruang
MPKP dan bukan MPKP."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
TA5710
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sitepu, Evi Christina Boru
"Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan antara penerapan komunikasi terapeutik oleh perawat pada pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan potong lintang/ cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara motivasi perawat secara keseluruhan dan motivasi ekstrinsik dengan penerapan komunikasi terapeutik oleh perawat pada pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Pihak manajemen rumah sakit dan bidang keperawatan perlu membuat kebijakan untuk meningkatkan motivasi perawat dengan mengadakan supervisi, menerapkan sistem reward and punishment untuk meningkatkan motinasi ekstrinsik dan evaluasi perindividu perawat untuk meningkatkan motivasi intrinsik.

This study aims to identify the relationship between motivation and application of therapeutic communication by nurses on patients in Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta mental hospital. This study used descriptive correlative with cross-sectional design. The results showed there was a relationship between overall motivation of nurses and extrinsic motivation with the application of therapeutic communication by nurses on patients in Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta mental hospital. The hospital management and nursing division need to develop policies to improve the motivation of nurses by supervision, to implement the reward and punishment system to increase extrinsic motivation, and individual evaluation among nurses to increase intrinsic motivation."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S1654
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Sentosa pada seminar PPNI di RSU Kardinah menyebutkan bahwa salah satu
permasalahan terhadap pelayanan kesehatan adalah komunikasi yang kurang baik antara
tenaga kesehatan dan pasien (Suara Merdeka, 2001). Dalam hasil survei di RSUP
Sanglah Bali, didapat data bahwa keluhan yang sering disampaikan oleh klien adalah
perawat yang judes, sering cemberut, kurang komunikasi, dan sangat tidak ramah (Bali
Post, 2001)- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan
komunikasi terapeutik perawat dan bagaimana persepsi pasien terhadap komunikasi
perawat. Penelitian ini dilakukan di RS Karya Medika Tambun, Bekasi, dengan jumlah
responden sebanyak 28 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif
sederhana, dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner. Analisa data yang
digunakan adalah analisa univariat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 68%
perawat menerapkan komunikasi terapeutiknya dengan baik, 32% perawat kurang
menerapkan komunikasi terapeutiknya, dan tidak ada perawat yang tidak menerapkan
komunikasi terapeutik. Penelitian ini merekomendasikan agar penerapan komunikasi
terapeutik lebih ditingkatkan."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5485
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yulita Daru Priliantari
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T28522
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Miranti Susilowati
"Tesis ini bertujuan untuk melihat peningkatan kompetensi komunikasi interpersonal dan kinerja pre ops pilot dengan memberikan pelatihan komunikasi interpersonal yang efektif. Berdasarkan penggalian data awal melalui wawancara dengan asisten manajer training dan chief pilot fixed wing, diketahui bahwa sampai saat ini belum pernah dilakukan pengukuran terhadap kinerja dan kompetensi komunikasi interpersonal pada pre ops pilot. Mereka juga mengeluhkan bahwa pre ops pilot yang ada di perusahaan memiliki kinerja yang belum maksimal, dimana komunikasi interpersonal merupakan aspek yang masih perlu dikembangkan. Sebanyak 7 pre ops pilot di PT. X menjadi sampel di penelitian ini.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi komunikasi interpersonal dengan kinerja. Bentuk hubungan tersebut bersifat positif, dimana semakin tinggi kompetensi komunikasi interpersonal, maka semakin tinggi kinerja mereka. Selain melihat hubungan, peneliti juga melihat efektivitas dari pelatihan komunikasi interpersonal yang diberikan terhadap kompetensi komunikasi interpersonal dan kinerja. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan tersebut efektif dalam meningkatkan kompetensi komunikasi interpersonal, tetapi belum efektif dalam meningkatkan kinerja pre ops pilot di PT. X.

The purpose of this study is to see an increasing of interpersonal communication competence and performance in pre ops pilots by giving an effective interpersonal communication training. Based on the initial data through interviews with the assistant manager training and chief pilot fixed wing, the company haven't been conducted performance appraisal and interpersonal communication competency in pre ops pilot. They also complained that the existing pre ops pilot doesn't have an optimized performance, where interpersonal communication is an aspect that needs to be developed. Seven pre ops pilot at PT. X participated in this study.
The result indicated that there is a significant relationship between interpersonal communication competency and performance. The form of the relationship is positive, where the higher interpersonal communication competence that they have, the performance is also high. In addition, the researcher also examined the effectiveness of interpersonal communication training toward interpersonal communication competence and performance. The result showed that training is effectively improve interpersonal communication competence, but not in the performance of pre ops pilot in PT.X.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30992
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alvennia
"Penelitian ini berfokus pada assesmen kebutuhan pelatihan komunikasi interpersonal pada bebcrapa posyandu di wilayah Jakarta Timur untulc mendapat gambaran mengenai ketemmpilan komunikasi interpersonal Rader posyandu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Model operasional assesmen menggunakan metode wawancara pada pam ibu dengan balita status gizi kurang atau buruk yang datang ke posyandu dan focus group discussion pada sej umlah kader posyandu. Responden wawancara beljumlah 4 orang dan partisipan Focus Group Discussion bezjumlah [4 orang. Setelah data didapat, dilalmlran analisis wawaneara dan Focus Group Discussion untuk melihat kebutulmn pelatihan komunikasi interpersonal bagi kader posyandu.
Dari analisis terhadap basil wawancara, disimpulkan: 1) keterampilan komunikasi interpersonal balk verbal maupun non verbal perlu untuk ditingkatkan; 2) respondcn mendukung bila kader posyandu dan bidan mendapatkan pelatihan komunilcasi interpersonal. Sementara dari basil analisis terhadapjbcus group discussion, disimpullcanz 1) partisipan mengalami lcesulilan dalam melakukan petsuasi pada pam ibu untuk mjin datang ke posyandu; 2) partisipan merasakan adanya kebutuhan pelatihan komunilcasi interpersonal untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kinder posyandu. Hasil assesmen akan diteruskan dengan rnelakukan pelatihan komunikasi interpersonal bagi kaderdan bidan di posyandu serta menyarankan agar dilakukan penelitian lanjutan dengan meneliti aspek-aspek lainnya selain komunikasi interpersonal yang ikut menentukan kcputusan ibu unmk datang ke posyandu.

The focus of this research is a need assesrnent for interpersonal communication skill training at several posyandus in %t Jakarta with objective to gain informations regarding interpersonal oommtmication skill within posyandu cadres This research is a qualitative research. Assessment operational model applies a general interview guide approach method to mothers of under nutrition children and focus group discussion to posyandu cadres. Participants for the interview are 4 persons while participants for the focus group discussion are I4 persons.
The following are the interview research results: 1) verbal and non verbal interpersonal skill needs enhancement; 2) training for poqrarrdu cadres and midwives in interpersonal communication skill are needed, while the focus group discussion research results are: 1) participants are facing difficulties in persuading mothers' of children to participate in posyandu activities; 2) lack of interpersonal communication skill training in order to improve quality and ability of posyandu cadres. This research suggests a follow up research focused on other aspects which reinforce mothers' decisions to participate in posyandu activities.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T34044
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gray, John
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003
153.6 GRA m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Kepuasan klien adalah kesan klien terhadap rumah sakit yang membuat klien dapat
menyesuaikan diri dengan keadaan yang dihadapinya. Kurangnya interaksi atau
komunikasi perawat kepada kliennya dapat menyebabkan klien merasa tidak puas.
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara komunikasi terapeutik perawat
dengan tingkat kepuasan klien. Penelitian ini dilakukan di IRNA B Lantai IV dan V
Kanan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSUPNCM)
Jakana. Desain penelitian adalah Cross sectional dan penarikan sampel menggunakan
tehnik convenience sampling. Jumlah sampel 25 orang. Data dikumpulkan dengan
kuesioner tentang harapan dan kenyataan komunikasi perawat. Data dianalisa dengan
statistik deskriptif dengan menggunakan sentral tendensi. Penelitian ini telah
menemukan bahwa rata-rata umur klien adalah 33.64 tahun dengan Sd = 13.16
tahun. Jenis kelamin terbanyak adalah laki-laki (52%) Tingkat pendidikan terbanyak
adalah SLTA (40%) Lama klien dirawat rata-rata 7.28 hari, dan 68% sudah pernah
dirawat di ruang yang sama sebelumnya. Nilai rata-rata harapan klien terhadap
komunikasi perawat adalah 56.36 dengan Sd = 6.49, dengan demikian harapan klien
tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata kenyataan komunikasi
perawat yang dialami klien adalah 39.68 dengan Sd = 7.06, sehingga kenyataan yang
diterima klien tergolong dalam kategori kurang. Dalam penelitian ini ditemukan
apabila kenyataan lebih besar dari harapan maka klien akan puas, dan apabila
kenyataan lebih kecil dari harapan maka klien akan tidak puas, dimana hasil yang
didapatkan 84% klien menyatakan tidak puas dengan komunikasi perawat. Oleh
karena itu dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan klien dapat dipengaruhi oleh
komunikasi terapeutik perawat."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
TA5099
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Erita Riski Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh budaya komunikasi terhadap motivasi kerja dan produktivitas kerja pegawai dalam sebuah instansi pemerintah. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh secara tidak langsung budaya komunikasi terhadap motivasi kerja dan produktivitas kerja jika dikaitkan dengan faktor usia.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menujukkan bahwa secara langsung budaya komunikasi dalam sebuah instansi pemerintah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja dan produktivitas kerja pegawai. Sementara itu, secara tidak langsung, budaya komunikasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja pegawai dengan usia sebagai variabel interverning. Sama halnya dengan pengaruh budaya komunikasi terhadap produktivitas kerja pegawai dengan usia sebagai variabel interverning.

This study aims to examine how much influence the communication culture on work motivation and productivity of employees working in a government agency. In addition, this study also aims to examine the effect of indirect culture communication on work motivation and productivity in relation to the age factor.
The results obtained from this study showed that direct communication culture within a government agency have a significant influence on work motivation and employee productivity. Meanwhile, indirectly, the communication culture significantly influence employee motivation with age as a variable interverning. Similarly, the influence of communication culture on employee productivity with age as a variable interverning."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizanna Rosemary
"Studi mengenai reduksi ketidakpastian dengan subjek pasangan warga Aceh dan non-Aceh ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mencoba menganalisa bagaimana suatu interaksi awal terjadi dalam konteks komunikasi antarpribadi. Sampel penelitian ini terdiri atas tujuh (7) pasang informan yang berada dan menetap di Jakarta, yang terbagi atas tiga (3) pasangan sahabat, dua (2) pasangan kekasih dan dua (2) pasangan suami-isteri yang masing-masing berlatar belakang kultur Aceh dan non-Aceh (Betawi, Sunda dan Jawa). Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan (observasi) serta wawancara mendalam (depth interview) terhadap masing-masing informan dengan tempat dan waktu lokasi wawancara yang berbeda-beda.
Melalui Teori Reduksi Ketidakpastian dari Charles R. Berger, telihat bahwa, interaksi awal yang terjadi antar individu yang berbeda latarbelakang kultural berlangsung tanpa adanya rintangan yang berarti bahkan secara mulus meningkat kepada hubungan yang lebih akrab, baik itu dalam bentuk hubungan suami-isteri, kekasih maupun hubungan persahabatan. Rintangan akan muncul, manakala individu yang bersangkutan berhadapan dengan kelompok yang diwarnai dengan berbagai stereotip sosial oleh kelompok yang satu terhadap yang lain secara timbal balik. Dalam kasus penelitian ini, penolakan secara kultural dialami oleh warga Aceh dari pihak lain, dan bukan oleh pasangannya.
Motivasi dan tujuan untuk mencari pekerjaan yang lebih layak serta pengalaman dan perasaan yang sama sebagai 'pendatang' di Ibukota Jakarta, menjadikan masing-masing pasangan informan yang berbeda latar belakang kultur dengan tingkat pendidikan dan status sosial-ekonomi yang relatif sama, mampu beradaptasi secara cepat dengan kultur yang berbeda. Sehingga hubungan mereka yang pada saat interaksi awal sama sekali belum saling mengenal, dapat berlanjut menjadi hubungan yang lebih akrab. Dengan kata lain telah tercipta ekskalasi hubungan yang relatif lebih tinggi (dekat / intim). Hal ini sesuai dengan Teori Reduksi Ketidakpastian yang telah mengalami perluasan atau revisi, yaitu dimana teori ini tidak hanya mencakup hubungan pada interaksi awal saja, namun juga hubungan pada tingkat yang lebih lanjut (Berger, 1975; Berger & Bradac, 1982; Gudykunst, Yang & Nishida, 1985, Parks & Adelman, 1983).
Berbagai strategi dilakukan oleh masing-masing individu dalam rangka mencari informasi mengenai pasangannya, seperti strategi pasif, aktif dan interaktif. Strategi interaktif dengan teknik self disclosure (pengungkapan diri) lebih banyak diterapkan dalam pencarian informasi mengenai pasangannya, dibandingkan dengan strategi aktif dengan melibatkan pihak ketiga. Strategi aktif ternyata tidak digunakan, mengingat masing-masing pihak lebih memprioritaskan faktor 'kepercayaan' terhadap pasangannya masing-masing dibanding 'kepercayaan' terhadap pihak ketiga sebagai sumber informasi.
Terkait dengan kondisi konflik di Aceh terutama semenjak diberlakukannya Darurat Militer di Aceh Juni 2003 lalu, ternyata sama sekali tidak mempengaruhi hubungan yang telah terjalin antara masing-masing pasangan selama ini. Toleransi dan kepercayaan yang besar terhadap pasangannya, menjadi alasan utama untuk menghindari 'isu politik' dalam komunikasi antarpribadi mereka."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T13837
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>