Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140716 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
S4794
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Cathrine
"Masyarakat non-Muslim di Indonesia kurang memiliki minat terhadap bahasa Arab. Salah satu indikasinya terlihat dari rendahnya jumlah mahasiswa non-Muslim yang berminat pada jurusan yang berkaitan dengan bahasa Arab, di perguruan tinggi. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia, selain itu keterampilan bahasa Arab juga memberikan banyak manfaat di era globalisasi saat ini. Diduga masyarakat non-Muslim di Indonesia memiliki persepsi yang kurang tepat terhadap bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi persepsi mahasiswa nonmuslim FIB UI angkatan 2020-2021 terhadap bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan paparan deskriptif. Digunakan teori mengenai persepsi manusia untuk mengamati permasalah dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa non-Muslim FIB UI angkatan 2020-2021 yang menempuh pendidikan pada jurusan yang tidak berkaitan dengan bahasa Arab, dengan sampel sebanyak 53 mahasiswa. Dalam pengolahan data penelitian digunakan metode analisis faktor eksploratif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi persepsi. Ditemukan bahwa terdapat 5 faktor yang memengaruhi persepsi mahasiswa nonmuslim FIB UI angkatan 2020-2021 terhadap bahasa Arab. Faktor-faktor tersebut adalah faktor pengalaman, faktor ciri kebahasaan, faktor penilaian/asumsi, faktor identitas bahasa sebagai agama dan faktor stereotip terhadap umat Islam.

Non-Muslim societies in Indonesia have less interest in Arabic. One of these indications can be seen in the low number of non-Muslim students who are interested in majors related to the Arabic language, in universities. Arabic is one of the most widely spoken languages in the world, besides Arabic language skills also provide many benefits in the current era of globalization. It is suspected that non-Muslim societies in Indonesia have an inaccurate perception towards the Arabic language. The purpose of this study is to determine the factors that influence the perception of non-Muslim students at FIB UI class of 2020-2021 towards the Arabic language. This research is quantitative research with descriptive exposure. The theory of human perception is used to observe the problem. The population in this study were non-Muslim students at FIB UI class of 2020-2021 who studied in majors that were not related to Arabic, with a sample of 53 students. In processing the research data, the exploratory factor analysis method is used to identify the factors that influence perception. It was found that there are 5 factors that influence the perception of non-Muslim students at FIB UI class 2020-2021 towards Arabic. Those factors are the experience factor, the language characteristic factor, the assessment/assumption factor, the language as religious identity factor and the stereotype towards Muslims factor.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khaerunnisah
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi akuntan perusahaan. Penelitian ini didasari oleh teori perilaku berencana Theory of Planned Behavior yang dilihat dari sudut pandang norma subjektif dan pribadi mahasiswa Perceived Behavior Control. Faktor-faktor tersebut adalah reputasi profesi akuntan perusahaan, perasaan terhadap profesi akuntan perusahaan, pengetahuan akuntansi dan self-efficacy. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa aktif program sarjana jurusan akuntansi FEB UI angkatan 2014 dan 2015. Jumlah total responden yang berpartisipasi sebanyak 176 mahasiswa. Pengujian data menggunakan metode analisis structural equation modelling-partial least square SEM-PLS dengan bantuan software Smart PLS versi 3. Hasil pengujian menunjukkan bahwa faktor perasaan terhadap profesi akuntan perusahaan dan self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi akuntan perusahaan. Selanjutnya faktor pengetahuan akuntansi dimediasi oleh self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi akuntan perusahaan.

This thesis aims to analyse the factors that affecting Accounting Students of FEB UIs interest to become a corporate accountant. This research is based on theory of planned behaviour which is seen from the perspective of subjective norm and personal of students Perceived Behavior Control. These factors are consisted of the reputation of corporate accounting profession, the feelings toward corporate accounting profession, accounting knowledge and self efficacy. Research conducted by distributing questionnaires to active students of accounting undergraduate program at FEB UI batch 2014 and 2015. The total number of respondents who participated were 176 students. The data testing was using structural equation modelling partial least square SEM PLS method with Smart PLS software version 3. The test results show that significantly feelings toward corporate accounting profession and self efficacy affects the student 39 s interest to be a corporate accountant. Furthermore, accounting knowledge factor was mediated by self efficacy and affects the student 39s interest to be a corporate accountant."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Riset keperawatan merupakan hal yang penting dalam dunia keperawatan. Sehingga
dapat menjadi dasar bagi mahasiswa untuk terbiasa berpikir kritis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa terhadap mata ajaran riset
keperawatan dalam menumbuhkan jiwa peneliti mahasiswa FIK UI reguler 2002. Desain
penelitian menggunakan deskriptif sederhana, dengan jumlah sampel 80 orang.
Instrumen yang digunakan adalah kuisioner data demografi, 30 pemyataan pilihan, dan 1
pertanyaan terbuka. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling pada mahasiswa
regular 2002 yang sedang mengikuti mata ajaran riset keperawatan. Data penelitian
dianalisis menggunakan rumus tendensi sentral mean, median, dan modus. Hasil
penelitian menunjukkan 50% mahasiswa memiliki persepsi positif dan 50% memiliki
persepsi negatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi mahasiswa berimbang
antara positif dan negatif terhadap mata ajaran riset keperawatan dalam menumbuhkan
jiwa peneliti. Peneliti menyarankan perlu diadakannya penelitian yang sama Iebih lanjut
dengan menggunakan intrumen yang lebih terjamin validitas dan reliabilitasnya."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5237
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tuty Suaidah
"Sebagai perusahaan produk jasa, lembaga pendidikan berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan dengan pelayanan dan fasilitas yang baik. Menurut Barry dan Parasuraman, ada 5 faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan produk jasa, reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Dalam tugas akhir ini, akan dilihat apakah ke-5 faktor tersebut mempengaruhi kepuasan pelanggan lembaga pendidikan, yakni mahasiswa FMIPA UI terhadap pelayanan dan fasilitas di Departemen mereka, dan akan dilihat apakah ada faktor lain yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa FMIPA UI dengan bantuan software SPSS 13, SAS 6.0, dan Eviews 5. Untuk itu dilakukan pengambilan sampel dengan metode Two Stage Cluster Sampling. Setiap responden diminta untuk mengisi biodata berupa karakteristik mereka, yakni jenis kelamin, umur, angkatan, urutan lahir dalam keluarga sebagai anak, pendapatan dan pendidikan orang tua, alat transportasi, dan status pernikahan orang tua mereka. Selain itu, mereka juga menjawab pertanyaan - pertanyaan yang akan dijadikan skor reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible, dan skor kepuasan terhadap pelayanan dan fasilitas di Departemen mereka. Jadi terdapat 2 model pada masalah ini, model teori dan model karakteristik. Karena variabel tak bebas dalam masalah ini tersensor, maka digunakanlah regresi Tobit, jika dianalisis dengan regresi OLS(Ordinary Least Squares),"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
S27675
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Kesenjangan kurikulum dan kontrasnya perbedaan lama waktu belajar antara tahap akademik dan tahap profesi dalam kurikulum Pendidikan Ners, kerap menimbulkan ansietas di kalangan mahasiswa tahap akademik tingkat akhir dalam transisi menuju tahap profesi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya ansietas mahasiswa reguler FIK UI angkatan 2003 dalam menghadapi tahap pendidikan profesi.
Penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana dengan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana (Sbnple Random Sampling). Sampel sebanyak 48 responden diambil pads minggu kedua Mei 2007. Hasil penelitian menggambarkan, dari 48 responden sebanyak 46 orang (95,8%) menyatakan faktor yang paling mempengaruhi terjadinya ansietas dalam menghadapi tahap profesi adalah; Tidak terampil dalam melakukan intervensi klinik. Penelilian tentang tingkat ansietas dalam menghadapi tahap profesi menunjukkan 44 responden (91,7 %) mengalami ansietas berat, 3 responden (6,3 %) mengalami panik, dan I responden (2 %) mengalami ansietas sedang. Berdasarkan hasil penelitian rekomendasi bagi pengelola pendidikan adalah melakukan evaluasi terhadap sistem akademik Serta tetap menitikberatkan aspek kognitif dalam setiap proses pembelajaran dengan tidak meninggalkan aspek psikomotor (clinical skiI)"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5593
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nindya Shahnaz
"Penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan pembelajaran pada mahasiswa akuntansi, bagaimana mahasiswa Akuntansi FEB UI mendefinisikan arti kesuksesan (tercapainya tujuan intrinsik/ekstrinsik), apakah latar belakang mempengaruhi pendefinisian kesuksesan, bagaimana pembelajaran akuntansi di FEB UI mempengaruhi kepribadian dan kemampuan mahasiswa, dan apakah efektivitas proses pembelajaran mata kuliah wajib akuntansi di FEB UI mempengaruhi kesuksesan mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dan salah satu perumusan masalahnya dianalisis menggunakan uji beda. Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang paling mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan pembelajaran pada mahasiswa akuntansi FEB UI adalah efektivitas pengajar.

This study investigates the factors that influence the success and failure of learning the accounting student, how the student of Accounting FEB UI to define the meaning of success (achievement of the intrinsic/extrinsic), whether the background affects the definition of success, how learning in FEB UI affects personality and the ability of the students, and whether the effectiveness of the learning process compulsory subjects accounting in FEB UI affects student success.
This research is descriptive, and one formulation of the problem is analyzed using different test. Results from this study are the factors that most influence the success and failure of student learning in accounting FEB UI is the effectiveness of teachers.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61832
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riska Riandita
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5149
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Dwiantoro
"Perlintasan kereta api merupakan tempat pertemuan antara moda kereta api dengan moda angkutan umum lainnya termasuk pejalan kaki yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Beberapa diantaranya adalah perlintasan Stasiun UI, Barel, Pocin dan Karet yang berada di perlintasan UI – Margonda dan sebagian besar penyeberang perlintasan tersebut adalah mahasiswa.
Penelitian ini berjudul ”Faktor-faktor yang mempengaruhi kewaspadaan mahasiswa saat menyeberang pada perlintasan UI-Margonda Tahun 2007”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor apakah yang dapat mempengaruhi kewaspadaan mahasiswa hingga mengakibatkan perilaku tidak aman mahasiswa saat menyeberang di perlintasan. Disamping itu penelitian ini juga melihat hubungan antara kewaspadaan dengan perilaku aman mahasiswa saat menyeberang.
Faktor-faktor yang berhubungan dengan kewaspadaan mahasiswa yang diteliti adalah beberapa faktor yang berkaitan dengan individu/ internal (pengetahuan, sikap dan kepentingan), sedangkan faktor eksternal meliputi: fasilitas penyeberangan, cuaca, struktur jalan, siang/ malam hari dan tingkat keramaian.
Penelitian ini menggunakan desain studi bersifat deskriptif analitik. Deskriptif disini yaitu dengan menggambarkan faktor yang mempengaruhi kewaspadaan dan perilaku mahasiswa terhadap risiko keselamatan saat menyeberang, sedangkan analitik yaitu untuk melihat secara analitik hubungan berbagai faktor-faktor yang mempengaruhi kewaspadaan mahasiswa.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada analisis univariat, pengetahuan dan sikap mahasiswa secara umum baik, kemudian sebagian besar mahasiswa menyatakan setuju kepentingan menjadi salah satu penyebab kurang waspada. Sedangkan pada faktor eksternal, seperti: fasilitas penyeberangan yang tidak mendukung, mahasiswa memilih cuaca hujan lebat sebagai faktor yang dapat mempengaruhi, 98% responden menyatakan struktur jalan beresiko, malam hari menjadi pilihan mahasiswa dalam kondisi aman saat menyeberang dan keramaian dapat mempengaruhi kewaspadaan mahasiswa.
Dari analisis hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi kewaspadaan mahasiswa ternyata tidak terlihat adanya hubungan pada beberapa variabel yang diteliti yaitu : struktur jalan dan tingkat keramaian kecuali pada variabel pengetahuan sikap, kepentingan mahasiswa, fasilitas penyeberangan, cuaca hujan lebat dan kondisi malam hari. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain kondisi lingkungan yang memang tidak mendukung.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor kewaspadaan mahasiswa dapat mencerminkan perilaku aman saat menyeberang di perlintasan karena dari 121 responden yang memiliki kewaspadan baik, terdapat 98 (81%) responden yang berperilaku aman dan dari 79 responden yang memiliki kewaspadaan kurang baik terdapat 26 (32%) responden yang berperilaku tidak aman. Sehingga mahasiswa yang memiliki kewaspadaan baik cenderung memiliki peluang untuk berperilaku aman.
"
Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>