Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8125 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Esther Widhi Andangsari
"ABSTRAK
Kelompok Kecil dalam ke^tan kerohanian Kristen memiliki kegunaan
sebagai sarana pembinaan rohani, pembentukan karakter dan pemecahan
masalah kehidupan yang dihadapi oleh orang-orang yang teriibat di
dalamnya. Namun dalam penerapannya temyata Pemimpin Kelompok
Kecil mengalami kesulitan dalam mengelola Kelompok Kecil yang
dinamis sehin^a tak jarang tujuan utama KK imtuk pemuridan tidak
tercapai.
Dengan mempelajaii teori Dinamika Kelompok, maka penulis membuat
suatu pelatihan dengan menyusun modul mengenai penanganan Kelompok
Kecil dan modul ini diuji cobakan meialui penelitian ini. Penelitian ini
menekankan pada penyusunan modul dan uji cobanya sehmgga tidak
berusaha untuk membuktikan apa pun. Evaluasi pelatihan yang dilakukan
meliputi 3 hal, yaitu evaluasi pengetahuan peserta, evaluasi sikap pcserta
selama pelatihan dan evaluasi perubahan sikap peserta. Hasil pelatihan
yang dilakukan kemudian dianalisa secara kualitatif guna mendapatkan
masukan-masukan yang berarti dari para subyek untuk perbaikan modul
dimasa mendatang. Setelah melalni proses analisa didapatkan hasU bahwa pelatihan ini
berhasii memberikan perubahan pada peserta dari segi pengetahuan,
perilaku dan peserta berespon secara positif teriiadap pelatihan."
2001
S2835
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Rosiana
"ABSTRAK
Pendidikan perguruan tinggi memiliki karakteristik yang berbeda dengan
sekolah menengah atas, tentunya juga memiliki tuntutan yang berbeda.
Pcrguruan tinggi melibatkan struktur yang lebih besar dan impersonal, serta
lebih berfokus pada prestasi dan cara pencapaiannya (Santrock, 2004). Di
Fakultas Psikoiogi Universitas Islam Bandung, berdasarkan hasil obsewasi,
hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa dan dosen, temyata masih
banyak mahasiswa yang belum mampu menyesuaikan pola bclajarnya
dengan tuntutan kondisi perkuliahan yang ada. Berdasarkan hal tersebut
mnka diperlukan program orientasi penyesuaian diri mahasiswa baru dalam
bentuk pelatihan.
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun program pelatihan tentang cara
penycsuaian diri dengan tuntutan belajar di perguruan tinggi bagi
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung yang sesuai
dengan hasil analisis kebutuhan yang ada. Pada penelitian ini, digunakan
metode analisis kebutuhan berupa kuesioner. Peneliti mengadaptasikan
kuesioner penycsuaian diri akademis yang dibuat oleh Wuri Prasctyawati
pada tahun 2003. Dalam analisis kebutuhan melibatkan 141 orang
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung tingkat pcrtama.
30 orang dilibalkan pada tahap uji coba alat ukur dan lll orang dilibatkan
pada tahap pengambilan data lapangan. Subjek yang menjadi sasaran dalam
pelatihan ini adalah mahasiswa Fakullas Psikologi Universitas Islam
Bandung tingkat pertama.
Tujuan umum dari pelatihan adalah agar peserta terampil dalam melakukan
penyesuaian diri di Iingkungan perguruan tinggi. Jumlah waktu pelatihan
adalah 24 jam, terbagi menjadi 10 scsi. Evaluasi yang digunakan adalah
cvaluasi adri pcserta tentang pelaksanaan program pelatihan. Program pelatihan ini belum diujicobakan, maka jika program ini akan
dilaksanakan, disarankan untuk mengujicobakan dahulu sebelum
melaksanakan pelatihan yang sebenarnya. Apabila pada saat uji coba atau
pada saat pelaksanaan temyata ada bagian dari modul yang tidak sesuai,
maka sebalknya dilakukan perbaikan atau bahkan mengubah bagian modul
tersebut agar pada pelaksanaan berikutnya bexjalan lebih tepat guna. Guna
mengetahui sejauh mana pengetahuan dan keterampilan peserta sebelum
mengikuti pelatihan, sebaiknya dilaksanakan pre-test dan post tes! untuk hal
tersebut, disarankan untuk membuat alat ukur pengetahuan dan
keterampilan yang disertai oleh observasi dari fasilitator agar
perkembangan yang dicapai oleh setiap peserta setelah mengikui program
ini dapat terpantau. Sebelum melaksanakan pelatihan, sebaiknya
dilaksanakan training for trainer bagi fasilitator, maka diharapkan peneliti
selanjutnya membuat modul untuk program tersebut.

"
2006
T34054
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Loretta, Abigail
"Salah satu tugas perkembangan remaja adalah mereka harus mulai memilih dan mempersiapkan diri dalam pekerjaan tertentu. Oleh karena itulah, penetapan orientasi masa depan merupakan suatu periode yang penting dan kritis bagi remaja karena cara remaja memandang masa depannya merupakan suatu bagian penting dalam pembentukan identitasnya.
Orientasi masa depan pada dasarnya mengacu pada cara seseorang memandang masa depan, yang di dalamnya tercakup harapan, tujuan, standar, perencanan, dan strategi. Orientasi masa depan penting bagi seseorang karena menyangkut kesiapan seseorang menghadapi masa depan. Bentuk orientasi masa depan ini dapat sederhana atau juga kompleks, realistik arau tidak realistik dan jelas atau belum jelas.
Remaja - remaja di Aceh merupakan salah satu populasi yang kurang beruntung karena harus mengalami banyak peristiwa yang mempengaruhi pandangannya akan masa depan. Konflik yang berkepanjangan antara GAM - Indonesia serta musibah tsunami yang tcljadi tahun 2004 lalu membuat remaja - remaja di sana kerapkali harus menghentikan kegiatan belajar mengajarnya. Hal ini mengakibatkan pandangan masa depan para remaja di Aceh menjadi tidak jelas. Oleh karena im, bimbingan untuk menetapkan orientasi masa depan, tentunya sangat dibutuhkan bagi remaja di sana.
Siswa SMK adalah salah satu remaja yang membutuhkan bimbingan untuk menetapkan orientasi masa depan. Hal ini disebabkan karena para lulusan siswa SMK umumnya langsung bekerja / terjun ke dunia usaha. Hal ini menuntut para siswa SMK sehamsnya sudah mulai memiliki orientasi masa depan yang jelas dari sejak ia duduk di sekolah. Namun, sayangnya banyak dari siswa SMK ini belum memiliki orientasi masa depan yang jelas, perencanaan yang terarah, dan sikap yang positif dalam melaksanakan rencananya Hal ini disebabkan karena sebagian besar siswa SMK memilih untuk masuk ke sekolah ini bukan disebabkan oleh minat / pilihan pribadinya, melainkan karena masalah biaya, tidak berhasil masuk ke SMA, dan disuruh orangtua.
Pelatihan menetapkan orientasi masa depan ini bertujuan agar membantu siswa SMK di Aceh yang menjadi peserta pelatihan untuk menetapkan orientasi masa depan yang jelas dan positif. Hal ini ditandai dengan adanya penetapan tujuan yang jelas / Spesifik yang ingin dicapai, pembuatan rencana untuk mencapai tujuan, dan mengembangkan sikap positif dalam melaksanakan rencananya.
Program pelatihan ini disusun berdasarkan analisa kebutuhan yang telah dilakukan penulis kepada 60 orang siswa SMKN 3 Banda Aceh yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Bandung. Data dikumpulkan melalui pembagian kuesioner (Likerz type dan open ended question) serta wawancara singkat kepada pemilik perusahaan tempat subyek melaksanakan PKL dan beberapa subyek itu sendiri. Setelah mendapatkan data hasil analisa kebutuhan, penulis mulai menyusun tujuan dan sasaran program serta isi modul setiap session pelatihan untuk mencapai tujuan pelatihan. Selain itu, selama penyusunan modul, penulis juga berkonsultasi dengan dosen Psikologi UI bagian pendidikan dan relawan-relawan yang bertugas di Aceh guna mendapatkan isi modul yang relevan dengan kondisi dan kebutuhan siswa SMK di Aceh saat ini.
Kekurangan utama program ini adalah belum pernah diujicobakan pada siswa SMK di Aceh ilu sendiri. Dengan demikian, belum diketahui apakah materi serta cara penyajian yang digunakan benar - benar efektif untuk membantu mereka menetapkan orientasi masa depan yang jelas dan positif Analisa kebutuhan yang digunakan sebagai dasar penyusunan program juga masih belum representatif menggambarkan kebutuhan siswa SMK di Aceh secara keseluruhan. Selain ilu, alat yang digunakan dalam analisa kebutuhan juga belum teruji validitas dan reliabilitasnya. Hal ini menyebabkan materi program belum menyentuh karakteristik siswa SMK di Aceh secara keseluruhan.
Berkaitan dengan kekurangan tersebut, penulis menyarankan agar pengguna program ini terlebih dahulu melakukan analisa kebutuhan dengan menggunakan sampel yang lebih representatif dan membuat alat Training Need Analysis yang lebih teruji validitas dan reliabilitasnya. Dengan demikian dapat dilakukan modifikasi program jika memang dibutuhkan."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T16823
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Tri Hartanto Sukamto
"Pasai 10 BAB IH Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahlm 2002 tentang Perlindungan Anak secam jelas membuka kesempatan pada anak agar mendapat dukungan dan penghargaan terhadap pengembangan dirinya, sesuai dengan dngkat keoerdasan dan usianya. Oleh sebab itu, pemberian rangsangan yang tepat sangatlah panting pada masa lima tahun panama dalam kehidunpan anak yang dikenal dengan istilah "The Golden Age"_Konsep dari kecendasan yang semakin berkembang mengantarkan temuan bam mengenai konsep Mulnple Intelligences yang kemudian diterapkan pada Prasekolah-pmsekolah dengan tujuan untuk mengembangkan segala aspek kecerdasan yang oleh anak didiknya. Pencrapan konsep tersebui seyogyanya didukung oleh kemampuan dari pengajarnya agar penerapan terscbut dapat berjalan secara optimal, sehingga sangatlnh pcnting dalam membuat suatu rancangan modul pelatihan dalam upaya unmk mempersiapkan tenaga pcngajar agar dapat menjalankan fungsinya tersebut dengan baik. Program pelatihan ini dirancang untnk membekali pam pengajar dalam upaya penerapan konsep Multiple Intelligences secara optimal dan juga mengatasi keluhan dan kendala yang diakibatkan kesenjangan kemampuan yang mereka miliki sebelumnya Subjek penelitian adalah para pengajar di prasekolah yang mencrapkan konsep Multiple Intelligences seperti Sekolah Alam Bogor dan Global Islamic LabSchool Depok. Metodc pcngumpulan data dengnn menggunakan metode wawancara serta kuesioner bagi para pcngajar untuk didapatkan informasi yang berguna untuk menyuslm materi dari modul pelatihan yang dirancang berdasarkan basil analisa kebutuhan. Rancangan modul pelatihan dirancang beniasarkan hal-hal yang perlu dikembangkan pada para pengajar yang antara lain adalah pcngetahuan dasar mengenai perkembangan anak usia dini, kemampuan merancang pola pengajaran Multiple Intelligences yang sesuai, pengembangan kreativitas pengajar dalam penerapannya serta keterarnpilan dalam mengkornunikasikan perkembangan siswa kepada orang tuanya.

23 Year 2002 about Protection of Child clearly open opporttmity for child in order to get appreciation and support to development of themselfl as according to iutellegence storey;level and hisfher age. On that account, giving of correct excitement of vital importance at a period of five first year in child life, lt's recognized with term " The Golden Age. Conception of intelligence which progressively expand to send new finding regarding concept of Multiple Intelligences which is 1ater;then applied by preschools as a mean to develop all intellegence aspect had by its protege. Applying of the concept is properly supported by ability of its instructor so that the applying can walk in an optimal fashion, so that of vital importance in making a training module device in the effort to draw up instructor energy, so that can nm its iimction better. this Training program is designed to supply all instructor in the effort applying of concept of Multiple Intelligences in an optimal fashion as well as overcoming resulted by constraint, and sigh ability dilference which they have previously. Research Suhjek are instructors in preschool which is applying concept of Multiple Intelligences like Natural School of Bogor and Global of Islamic Labschool Depok. Method data collecting by using method interview and also quesioner to all instructor in order to got information which good for compiling items of designed training module pursuant to result of requirement analysis. Module training device designed pursuant to things required to developed by all instructors which for example; basic knowlcdges concerning growth of age child early, ability design pattem instruction of appropriate Multiple Intelligences, development of instructor creativity in its applying and also skill in communicating growth of student to its old fellow."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T34079
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luft, Joseph
California: National Press Books, 1970
301.18 LUF g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Massacuset: Addison-Wesley, 1990
302.34 GRO
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Luft, Joseph
California: Mayfield Publishing Company, 1984
301.18 LUF g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Beby Dyah Widiyanti Suci Murni
"Dalam strukur perekonomian nasional, usaha kecil merupakan komponen penting yang memiliki nilai strategis. Sesuai dengan amanat GBHN 1993, adalah suatu keharusan untuk membina dan mengembangkan usaha kecil. Salah satu upaya pembinaan terhadap usaha kecil dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan akuntansi bagi pengusaha kecil. Melalui penelitian ini, penulis ingin memperoleh gambaran tentang pengetahuan, sikap dan persepsi, serta penerapan pengusaha kecil terhadap akuntansi bagi usaha kecil. Kemudian berdasarkan data tersebut, penulis berharap dapat mengetahui lebih lanjut bagaimana bentuk pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pengusaha kecil. Penelitian ini menggunakan metode telaah kepustakaan dan observasi lapangan. Untuk mengumpulkan data, penulis menyebarkan kuesioner baik melalui pos maupun mengantarkannya langsung kepada responden. Responden dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu responden yang pernah dan yang tidak pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Balai Pelatihan Koperasi dan Pengusaha Kecil DKI Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti bahwa pengusaha kecil memang membutuhkan pendidikan dan pelatihan akuntansi demi pengembangan usahanya. Semoga kenyataan ini dapat menggugah pihak-pihak terkait, baik pemerintah maupun swasta, untuk terus berusaha mewujudkan suatu sistem pendidikan dan pelatihan akuntansi bagi usaha kecil yang terintegrasi dan mampu menunjang pembinaan dan pengembangan usaha kecil di Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1997
S19244
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
San Francisco: Jossey-Bass, 1976
305 ANA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Faela Nisa
"Tugas akhir ini berisi tentang rancangan pelatihan kreativitas dan inovasi pada pengusaha kecil di Tanggulangin, Sidoarjo Jawa Timur. Rancangan yang dibuat itu didasarkan pada analisis terhadap kondisi pengusaha tas dan koper di sana.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pengusaha tas dan koper Tanggulangin perlu meningkatkan kreativitas dan inovasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka tugas akhir ini membuat suatu usulan penyelesaian masalah untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi bagi pengusaha kecil dengan menggunakan program pelatihan kreativitas dan inovasi. Tujuannya adalah agar mendapatkan rancangan pelatihan yang baik untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi bagi pengusaha kecil di Kecamatan Tauggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Dengan disusunnya program Pelatihan Kreativitas dan inovasi yang diberi nama Pelatihan KreaSi (Kreativitas dan inovasi) ini diharapakan pengusaha kecil di Kecamatan Tanggulangin dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi sehingga berguna dalam meningkatkan kemajuan usahanya."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T38398-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>