Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1303 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kelton, W. David
Boston: McGraw-Hill, 2007
003.3 KEL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kelton, W. David
Boston: McGraw-Hill, 2010
003.3 KEL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kelton, W. David
New York: McGraw-Hill, 2015
003.3 KEL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Faizal
"Crossdock adalah salah satu teknik logistik baru di dalam penanganan material yang mana produk yang datang di pintu inbound langsung di muat di pintu outbound dimana tidak ada penyimpanan kalaupun ada kurang dari satu hari bahkan kurang dari satu jam sehingga bisa menurunkan biaya inventori. Keuntungan yang terlihat jelas dari sistem crossdock adalah menurunkan dua komponen biaya yaitu penyimpanan dan pengambilan barang dari rak. Di dalam sistem crossdock barang datang dari beberapa pemasok di konsolidasikan di crossdock kemudian di distribusikan ke pelanggan. Skenario didalam model crossdock menggunakan simulasi Arena ini adalah terdapat tiga pintu inbound dan tiga pintu outbound dengan rata-rata waktu antar kedatangan satu truk per jam dengan waktu rata-rata pelayanan satu truck per jam. Model di jalankan selama dua belas jam dengan tiga puluh replikasi untuk mendapatakan tingkat kepercayaan > 95 %. Dan hasilnya adalah rata-rata kedatangan truk inbound adalah dua belas dengan tingkat kepercayaan 91 % sementara rata-rata truk yang keluar adalah sebelas dengan tingkat kepercayaan 90 %. Adapun untuk rata-rata tingkat kegunaan pintu inbound adalah 34.4% untuk pintu inbound satu, 30.3 % untuk pintu inbound dua dan 36.8% untuk pintu tiga. Sementara tingkat kegunaan dari forklift adalah 27.5 % untuk forklift satu, 17.8% untuk forklift dua, 19.6% untuk forklift tiga, 13.9% forklift empat, 13.7% untuk forklift lima, and 15.7% untuk forklift enam. Dan untuk waktu rata-rata pemindahan pallet adalah 1.13 menit untuk pallet satu, 1.19 menit untuk pallet 2 dan 1 menit untuk pallet tiga. Dari hasil simulasi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem operasi crossdock harus dia rencanakan agar bisa mengoptmalkan penggunaan sumber daya yang di miliki.

Crossdock is a new logistics technic in material handling which products directly shipments from inbound trucks to outbound trucks. Crossdock can reduce the cost of inventory with direct delivery product without storing. Some obvious advantages from crossdock First crossdock eliminates two cost- and labor-intensive functions: storage and order picking of a traditional warehouse, while still allowing it to serve receiving and shipping functions. The different between traditional warehouse and crossdock is in crossdock they eliminate storing activity, that?s mean product came from plusieurs supplier consolidated inside crossdock and delivery directly to their destination. From our model we have three inbound door and three outbound door while inside the dock we have six forklift to transfer product from inbound door to outbound door. The interraival truck is EXPO ( 60) minutes and service time in this case time to discharge and load pallet from inbound dock and to outbound dock TRIA ( 30, 60, 90 ). Arena simulation is one of the discrete event simulation with the objective is mesure average waiting line of the queue, these mesure change only when entity enters and leaves the system. Our simulation run seven hundred twenty minutes with thirty replication and the result is average truck inbound enter the system 12 with halfwidth 9% and truck out 11 with halfwidth 10%. The average utilization inbound docks is 34.4%, 30.3 % and 36.8%. utilization of forklfit 27.5% for foklift 1, 17.8% for forklift 2, 19.6% for forklift 3, 13.9% forklift 4, 13.7% forklift 5, and 15.7% forklift 6. From the view of simulation we can conclue that The crossdock operation is need to be planned for to optimizing our resources utilization."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30340
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Gubernur Provinsi DKI, 2009
307.76 ARE
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sebayang, Frendy Herisca
"Skripsi ini membahas tentang sistem pelayanan teller di Bank Rakyat Indonesia Unit Johar Baru dengan menggunakan simulasi metode event diskrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan waktu pelayanan nasabah yang selama ini telah berlangsung dalam perusahaan dan dari skenario yang diusulkan dapat membantu pihak bank untuk dapat semakin meningkatkan pelayanan terhadap nasabah dengan selalu memberikan pelayanan yang prima.
Indikator yang menjadi penilaian kinerja pelayanan adalah waktu tunggu rata-rata length of stay yang dihasilkan mulai dari proses kedatangan nasabah hingga nasabah selesai dilayani yang dihitung dengan satuan dasar menit. Dengan mengusulkan dua skenario alternatif, yaitu pemisahan transaksi berdasarkan jenis transaksi dan menambah petugas pada counter teller, didapatkan hasil bahwa kedua skenario alternatif dapat mengurangi waktu tunggu rata-rata length of stay secara signifikan.

The Study Investigates the flow queue of Bank Rakyat Indonesia teller service by using disecrete event simulation. The purpose of this study is to analyze the current flow of Bank Rakyat Indonesia customer service at Bank Rakyat Indonesia Johar Baru Branch Jakarta and to identify the solution which can be implemented to improve the teller service at BRI Johar Baru Branch.
The indicator to measure the service flow performance is the length of stay for customer through the service process until the process is done based on minutes. With two alternative rsquo s scenario, which are separate transaction based of transactions type and add an employees at tellers counter, the result show that both of two alternative scenarios may decrease the customers length of stay significantly.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widi Aprianti
"Rumah sakit merupakan sarana utama dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat, sehingga pelayanan yang diberikan harus maksimal agar terciptanya kepuasan dan kesetaraan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Penelitian ini membahas mengenai pelayanan kesehatan di RSUD dr. Adjidarmo pada saat pasien melakukan registrasi atau pendaftaran di instalasi rawat jalan dengan menggunakan metode queuing system. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem antrian yang diterapkan oleh rumah sakit dan waktu tunggu rata-rata pasien yang akan melakukan registrasi atau pendaftaran rawat jalan, sehingga dapat memberikan peningkatan pelayanan kepada pasien dengan pengurangan waktu tunggu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menambah jumlah server atau petugas loket pendaftaran pasien jaminan dan menghapus proses panggilan pasien pendaftaran online akan mengurangi total rata-rata waktu tunggu pasien jaminan sehingga tercipta kesetaraan waktu tunggu rata-rata antar pasien jaminan dan pasien umum.

Kata kunci: Sistem Antrian, Simulasi Arena, Pelayanan Rumah Sakit


Hospitals are the main means of improving the health status of the community, so that the services provided must be maximized in order to create satisfaction and health equality for the whole community. This study discusses health services at RSUD dr. Adjidarmo when a patient registers or registers at an outpatient installation using the queuing system method. The purpose of this study was to analyze the queuing system implemented by the hospital and determine the average waiting time of patients who will register or register for outpatient so that it can improve of the service to patients by reducing the waiting time. The results of this study indicate that by increasing the number of servers or clerks at the insurance patient registration counter and eliminating the online registration call process, it will reduce the total average waiting time for patients so as to create an average waiting time equality between insurance patients and general patients."
Depok: FAkultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Arena Wati
Kuala Lumpur : Dewan Bahasa dan Pustaka, 1996
899.283 08 ARE k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Arena Wati
Kuala Lumpur: Pustaka Antara, 1963
899.33 ARE g
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>