Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 199757 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Putri Permatasari
"Penelitian ini membahas mengenai analisis pengelolaan pelatihan di Bagian Pendidikan dan Penelitian RSUP Fatmawati Jakarta Tahun 2011. Analisis pengelolaan pelatihan diteliti berdasar pada siklus penyelenggaraan pelatihan yaitu tahap identifikasi kebutuhan pelatihan, tahap perencanaan dan perancangan pelatihan, tahap pengembangan materi pelatihan, tahap pelaksanaan pelatihan dan tahap evaluasi pelatihan dimana masing-masing tahap mempunyai komponen tersendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan telaah data sekunder.
Penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pelatihan belum berjalan secara optimal berdasarkan siklus penyelenggaraan pelatihan. Dalam melakukan pengelolaan pelatihan, penyelenggara menghadapi banyak tantangan seperti belum menerapkan TNIA dalam melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan, belum mempunyai pedoman pelatihan, kurang koordinasi antar unit kerja, belum menyediakan modul pelatihan, instruktur pelatihan kurang kompeten dalam penyampaian materi pelatihan, instruktur pelatihan tidak melakukan kontrak belajar dan identifikasi kebutuhan terhadap peserta pelatihan, tidak adanya laporan evaluasi pelatihan yang meliputi evaluasi penyelenggaraan dan instruktur pelatihan.

This study discusses the analysis of management training in the Department of Education and Research Fatmawati Hospital Jakarta in 2011. The analysis examined the training management cycle training event based on the stage of identification of training needs, planning and design stages of training, training materials development phase, implementation phase of training and training evaluation phase in which each stage has its own components. This study uses qualitative research methods with in-depth interviews, observations, and review of secondary data.
Research shows that management training has not been running optimally based cycle training event. In conducting management training, organizers faced many challenges. However, some of these challenges can be followed up with research is well. Research result seen from the results of in-depth interviews, check list guidelines, and guidelines for review of secondary data.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Natalia Insan Indrasari, Author
"ABSTRAK
Setiap organisasi diciptakan dan dirancang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan oleh pendirinya maupun manajemen puncak. Pada dasarnya, survival and growth merupakan tujuan mutlak yang ditunjang mekanisme value creation. Dalam sektor bisnis, value creation cenderung semakin didominasi human capital dan intangible asset, sehingga sumber daya manusia semakin berarti bagi keunggulan perusahaan. Tenaga kerja yang berkualitas, akan memperbesar peluang perusahaan dalam meningkatan kualitas produk dan pelayanan, serta menekan biaya, guna memenangkan persaingan. Pengelolaan sumber daya manusia merupakan kontributor penting untuk mencapai misi organisasi. Di sini pelatihan berperan meningkatkan kinerja karyawan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, serta menekan biaya.
Karya tulis ini membahas PT.KG, sebuah konglomerasi bisnis yang telah bergerak di industri media massa selama empat dasawarsa, yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan kinerja karyawan di sebuah unit layanan yang berperan cukup vital, yaitu Bagian Audit Intern (AI) dan Sistem Prosedur Akuntansi (SPA). Di kedua Bagian itu, hampir semua staf-baru kurang mampu mencapai tingkat kinerja yang diharapkan, karena kurang memiliki pengetahuan dan ketrampilan teknis mengaplikasikan prinsip akuntansi dalam bidang kerjanya. Umumnya, dibutuhkan break in time sekitar satu setengah tahun, agar mampu mengaplikasikan pengetahuan akuntansi tersebut.
Beberapa upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tersebut telah dilakukan, namun masih belum efektif, antara lain karena materi pelatihan terlalu generik sehingga menghambat transfer of training, format pelatihan kurang sistematis dan kurang terstandar. Untuk mengatasi hal ini, ditawarkan Program On the Job Training Terstruktur (SOJT) yang merupakan program terencana untuk mengembangkan keahlian karyawan yang relevan dengan tugas dan dilakukan dalam setting pekerjaan aktual.
Program SOJT menggunakan pendekatan sistem yang melibatkan semua elemen organisasi (manajer lini, manajer SDM dan trainer) yang penting bagi peningkatan kinerja trainee; menerapkan serangkaian tahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, upaya mengatasi masalah hingga troubleshooting untuk memastikan perbaikan terus menerus bagi pengelolaan proses belajar di unit kerja. Pelatihan SOJT dilaksanakan melalui kontak tatap muka one on one antara supervisor sebagai trainer dan staf-baru sebagai trainee, dua kali seminggu, masing-masing selama dua jam dan berlangsung dua puluh dua hingga dua puluh lima minggu, tergantung pada kecepatan belajar trainee."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T38573
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Wulandari S.
"Pembangunan suatu bangsa seperti Indonesia memerlukan aset pokok yang terpenting, yaitu sumber daya manusia. Untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas, diperlukan pengembangan sumber daya manusia yang dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan. Sebagaimana organisasi lain yang bersifat dinamis, BPPT menyelenggarakan program diklat bagi para pegawainya supaya selalu dapat mengikuti dinamika kemajuan teknologi yang perkembangannya berjalan dengan cepat, salah satu program pendidikan dan pelatihan itu adalah Diklatpim Tingkat IV yang berkaitan dengan pembentukan sosok awal pegawai negeri sipil dengan tingkat jabatan struktural eselon IV.
Untuk mengetahui apakah program diklat tersebut sudah sesuai dengan perencanaan dan pelaksanaannya adalah dengan melakukan evaluasi pasca diklat, dimana pada instansi BPPT diselenggarakan oleh unit kerja Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan. Evaluasi merupakan bagian dari kegiatan pengendalian mutu, karena pengendalian mutu pada dasarnya merupakan upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil yang telah dicapai dan hasil tersebut dapat diketahui melalui evaluasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi Diklatpim Tingkat IV tahun 2011 pada Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan BPPT. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didasarkan pada tujuan desktiptif, dimana pada penelitian ini dilakukan dengan teknik kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pejabat eselon IV di lingkungan BPPT yang mengikuti Diklatpim Tingkat IV pada tahun 2011, yaitu berjumlah 30 orang dan atasan langsung dari masing-masing peserta diklat. Hasil yang diperoleh dari evaluasi Diklatpim Tingkat IV tahun 2011 pada Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan BPPT sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat kendalakendala yang dihadapi.

Development of a nation like Indonesia needs that were important underlying asset, namely human resources. To obtain quality human resource, human resource development needed to be done through education and training. As with any other organization that is dynamic, BPPT education programs and training for its employees to always be able to follow the dynamics of technological progress whose development goes quickly, one of the education and training programs that are educational and leadership training level IV relating to the formation of the initial figure of an employee civil servants with the rank of an echelon IV tural structures.
To determine whether education and training programs it is in conformity with the planning and implementation is to conduct an evaluation of education and training post in which the agency was organized by work units BPPT Development Center, Education and Training. E valuation is part of quality control activities, because quality control is basically an attempt to improve and enhance the achievements and results can be discovered through the evaluation.
This study aims to analyze the evaluation of education and leadership training level IV In 2011 at the Center for Development, Education and Training of BPPT. This type of research uses a quantitative approach based on objective descriptive where the research was conducted by questionnaire technique. The population in this study were all within the echelon IV BPPT who take part in education and leadership training Level IV in 2011, which amounted to 30 people and the direct supervisor of each participant. The results obtained from the evaluation of education and leadership training level IV in 2011 at the Center for Development, Education and Training of BPPT has been running well, but there are still faced obstacles.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ajoedi
Djakarta: Jajasan Pendidikan Kedjuruan , 1958
658.38 ARI l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Soenarno
Yogyakarta: Andi Offset, 2007
658.403 ADI d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Soenarno
Yogyakarta : ANDI , 2006
658.403 ADI l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Soenarno
Yogyakarta: Andi Offset, 2007
658.403 ADI p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Soenarno
Yogyakarta: Andi Offset, 2007
658.403 ADI c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Soenarno
Yogyakarta: Andi Offset, 2006
658.403 SOE l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Soenarno
Yogyakarta: Andi Offset, 2007
658.403 ADI l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>