Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 85986 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ismet Burhanuddin
"ABSTRAK
Untuk menunjang kegiatan dari setiap perusahaan diperlukan pegawai-pegawai yang berkualitas. Kualitas dari tiap pegawai berbeda-beda karena adanya perbedaan tingkat pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh masing pegawai. Dengan pengalaman kerja dan masing diberikan pendidikan dan latihan maka pengetahuan dan kemampuan seorang pegawai dapat meningkat. Menyadari betapa pentingnya peranan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pegawai, P.T. Asuransi Jasa Indonesia (merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia yang menjadi obyek penelitian untuk penulisan skripsi ini) memiliki program pendidikan penjenjangan karier yang terselenggara dengan baik dan berkesinambungani Dari beberapa jenis pendidikan yang ada, maka untuk penulisan skripsi ini penulis memilih hanya satu jenis program pendidikan, yaitu "Pendidikan Regular". Penelitian dilakUkan terhadap periode tahun 1980 dengan 1985. sampai Melalui penelitian yang dilakukan o leh penulis, ingin diketahui bagaimana pendidikan reguler itu diselenggarakan dan bagaimana manfaatnya baik bagi diri pegawai yang mengikutinya maupun bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan yang dijalankan P.T. Asuransi Jasa Indonesia regular ternyata memberikan manfaat yang positip bagi pegawai maupun perusahaan. Oleh karena program pendidikan regular dijalankan dengan prosedur dan materi yang baik, selektip dan terprogram secara berkesinambungan. Disamping itu para staf pengajar terdiri dari orang-orang yang berkualifikasi dibidangnya. Sehingga walaupun pendidikan regular ini diselenggarakan dalam waktu yang sangat singkat, 2 ( dua ) bulan dan dengan materi yang adat, namun pendidikan ini dinilai berhasil. Hal ini dapat terbukti dari jumlah 477 orang peserta pada periode tahun 1980 s/d 1985 telah lulus 455 orang peserta dan 59,53 % telah memperoleh promosi. Sebagian besar para alumni program pendidikan reguler periode tahun 1980 s/d 1985 yang telah memperoleh promosi menyatakan, bahwa setelah selesai mengikuti pendidikan regular wawasan pengetahuannya semakin luas dan kemampuan mengatasi problem pekerjaan yang dihadapi semakin meningkat. Sehingga sangat menunjang pelaksanaan tugas pekerjaan yang dipikulnya saat ini. Pernyataan ini penulis peroleh sebagai hasil wawancara dan penyebaran daftar pertanyaan kepada 23 orang alumni. Di pihak lain, pimpinan perusahaan menyatakan dalam suatu wawancara bahwa keberhasilan program pendidikan yang dilaksanakan. sangat menunjang kemajuan perusahaan karena perusahaan memiliki. sejumlah pegawai yang berpotensi dan selalu termotivasi semangat kerjanya karena perusahaan menyediakan sarana pengembangan diri."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Toruan, Febrianty Margereta
"Nelayan merupakan salah satu faktor kunci dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan yang mendukung pertumbuhan ekonomi serta pembangunan nasional, namun dalam menjalankan profesi sebagai nelayan, nelayan dihadapkan pada risiko-risiko yang dapat merugikan diri nelayan tersebut sehingga sudah seharusnya nelayan diberikan perhatian khusus untuk melindungi nelayan serta menjamin hak-haknya. Bentuk perhatian khusus ini salah satunya diwujudkan dengan penyelenggaraan asuransi nelayan yang dilaksanakan oleh PT Asuransi Jasa Indonesia sebagai penanggung bersama-sama dengan pemerintah yang memberikan bantuan premi asuransi nelayan.
Berdasarkan hal tersebut, Penulis mengajukan pokok permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yaitu: 1. Apakah peraturan perundang-undangan perasuransian Indonesia telah cukup mengatur pelaksanaan asuransi nelayan yang telah diselenggarakan oleh PT Asuransi Jasa Indonesia? 2. Bagaimana mekanisme dan prosedur penyelenggaraan asuransi nelayan oleh PT Asuransi Jasa Indonesia dibandingkan dengan jenis asuransi umum lainnya yang diselenggarakan oleh perusahaan perasuransian?
Bentuk penelitian ini bersifat yuridis normatif dengan tipologi penelitian deskriptif. Pada akhirnya, Penulis memperoleh kesimpulan bahwa peraturan perundang-undangan perasuransian Indonesia belum cukup mengatur pelaksanakaan asuransi nelayan oleh PT Asuransi Jasa Indonesia. Penulis menyarankan agar pemerintah mengakomodasi penyelenggaraan asuransi nelayan dalam peraturan perundang-undangan.

Fishermen is one of the key factors in marine and fisheries development sector which support economic growth and national development, but while doing a profession as a fisherman, fishermen face many risks which could harm the fisherman, hence fishermen should be given special attention to protect fishermen itself as well guarantee their rights. This particular form of attention is manifested by the implementation of fishermen 39 s insurance which held by PT Asuransi Jasa Indonesia as the insured together with the government which provides insurance premiums for fishermen.
According to these, author formulated and discussed the following problems 1. Are Indonesian insurance regulations have been being enough to regulate the fishermen 39 s insurance activities that have been held by PT Asuransi Jasa Indonesia 2. What are the mechanisms and procedures of fishermen insurance by PT Asuransi Jasa Indonesia compared to other types of general insurance that held by insurance companies.
This research uses the normative juridical approach with descriptive typology. At the conclusion, Indonesian insurance regulations are not enough yet to regulate the implementation of fishermen insurance which held by PT Asuransi Jasa Indonesia. The authors suggests that the government have to accommodate the implementation of fishermen 39s insurance to the Indonesia insurance regulations.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Handayani
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S16926
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Aziza
"Asuransi Kendaraan Bermotor menjamin beberapa resiko kerugian, diantaranya adalah resiko tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Asuransi ini menjamin resiko berupa luka (bodily injured), dan/atau kerusakan harta benda (property damaged), yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor tertanggung, atau hal lain yang diperjanjikan dalam polis. Bila terjadi perbuatan melawan hukum dari pengguna kendaraan bermotor yang diasuransikan tersebut, misal nya menabrak orang atau kendaraan lain yang menimbulkan kerugian, maka akan timbul hubungan hukum antara Penanggung, Tertanggung dan Pihak Ketiga. Pihak Ketiga adalah pihak yang menderita kerugian dimana ia dapat menuntut pemberian ganti rugi dari pengguna kendaraan bermotor atau tertanggung. Tertanggung akan mengajukan permohonan klaim kepada penanggung atas resiko tanggung jawab hukum tersebut. Kemudian tertanggung memberikan kuasa kepada penanggung untuk menyelesaikan klaim, maka penanggung dapat berhadapan dengan Pihak Ketiga. Adapun penggantian yang dilakukan oleh Penanggung adalah sesuai dengan luas jaminan yang tertera di dalam polis Tertanggung. Jadi tidak semua tuntutan Pihak Ketiga yang merugi tersebut dapat di ganti. Sebagai pengguna jasa asuransi, harus dapat menilai apakah suatu polis, yang juga dapat disebut sebagai perjanjian baku, telah benarbenar dipahami sesuai dengan kebutuhan jaminan yang diinginkan. Sebagian besar permasalahan yang timbul pada saat terjadi klaim karena kurangnya pemahaman isi polis yang menimbulkan salah penafsiran (misinterpretation), sehingga ada kewajiban bagi pengguna jasa asuransi untuk membaca, dan bagi perusahaan asuransi untuk menjelaskan secara menyeluruh luas pertanggungan yang diperjanjikan. Penyelesaian klaim di PT. Asuransi Jasa Indonesia walaupun sudah baik namun masih membutuhkan perbaikan system mekanisme kerja yang lebih cepat, mengingat jangka waktu penyelesaian yang melampaui ketentuan undang-undang yang berlaku."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2007
S21369
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nur Fitriarachman
Depok: Universitas Indonesia, 1997
S23406
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cik Anny Murdiyanti
"Dalam setiap hubungan hukum terlibat beberapa pihak. Masing-masing pihak mempunyai hak dan kewajiban yang telah diatur dalam perjanjian yang mereka buat dan sepakati bersama. Setiap perjanjian yang dibuat tersebut harus di taati oleh pihak-pihak yang terlibat dan ada konsekwensi hukumnya apabila dilanggar. Karena Negara Republik Indonesia merupakan negara yang herd sarkan atas hukum maka setiap persoalan yang menyangkut pelaks anaan hak dan kewajiban para warga negara harus berdasarka n atas hokum yang berlaku. Demikian pula halnya dengan perjanjian yang dibuat antara seorang anggauta masya rakat dengan perusahaan asuransi. Perjanjian asuransi mempunyai tujuan mengalihkan resiko yang di hadapi seseorang yang di timbulkan oleh peristiwa-peristiwa yang tidak di harapkan terjadi kepada orang lain ( perusahaan asuransi) yang bersedia untuk mengganti kerugian. Di mana dalam perjanjian tersebut para pihak saling memberikan prestasinya. Tertanggung berkewajiban membayar premi kepada penanggung dan. Penanggung berkewajiban untuk membayar ganti rugi apabila peristiwa tak tentu tersebut terjadi. Dalam perjanjian asuransi mengatur secara jelas hak dan kewajiban masing-masing pihak, yaitu penanggung dan tertanggung, agar tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan. Dengan demikian tujuan dari hukum untuk menciptakan keadilan dan keseimbangan dalam masyarakat dapat terlaksana."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1992
S20332
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Sekretariat Pembantu Rektorat Bidang Penelitian dan Perpustakaan UI, 1982
R 011.7 UNI j
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1985
S17232
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>