Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 97205 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Liana Sofiani
"Penulisan skripsi ini difokuskan pada konsep induksi dan teori black swan dalam ranah ekonomi, dimana keduanya mempermasalahkan kebiasaan cara berpikir manusia yang sering menggampangkan kemungkinan (probabilitas). Dalam ekonomi, orang berusaha mengukur tinggi rendahnya probabilitas kejadian dengan menggunakan angka-angka, sehingga dibentuklah sebuah model (modelling) guna memprediksi kondisi masa depan dengan berpijak pada fenomena di masa lampau (past occurence). Penelitian ini menggunakan metode penelusuran studi literatur dan refleksi kritis terhadap sumber-sumber kepustakaan dari tema yang akan berhubungan dengan pembahasan. Tujuan dari penelitian ini adalah memperlihatkan bahwa induksi sebagai suatu metode, tidak memadai ketika digunakan dalam memproyeksikan fenomena ekonomi di masa depan, sebagai gantinya digunakan prinsip falsifikasi Popper sebagai kriteria penguji untuk mengontrol putusan-putusan ilmiah.

This thesis is focused on the concept of induction and the theory of black swan in the economic realm, where they question the habitual ways of thinking human beings who often oversimplify the possibiity (probability). In economy, people are trying to measure the height of the low probability of occurence with the use of numbers, so it formed a model to predict the future condition rests on the phenomenon of the past (past occurence). This research uses literature search and critical reflection on the literature sources of the themes that would relate to the discussion. The objective of this research was to show that the induction as a method, is insufficiency when used in projecting future economic phenomenon, but instead use Popper's falsification principle as a criterion test to control the scientific decisions."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43083
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hill, Hal, 1948-
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002
330.959 8 HIL it
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Arnita Fakhris
"Kota Cepu merupakan salah satu kota migas di Indonesia yang bertaraf regional dengan berbagai macam aktivitas migas, seperti eksplorasi produksi oleh PT Pertamina, Pendidikan dan Latihan Migas oleh Pusdiklat Migas, Eksplorasi dan Eksploitasi oleh Mobil Cepu Ltd dan kegiatan perkuliahan di kampus STEM/AKAMIGAS. Adanya aktivitas migas tersebut menyebabkan timbulnya kegiatan ekonomi penduduk disekitarnya untuk memenuhi kebutuhan para pegawai, peserta pelatihan serta mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persebaran kegiatan ekonomi penduduk di Kota Cepu. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis spasial. Kegiatan ekonomi paling banyak berada pada jarak 0-200 meter didominasi oleh perdagangan. Pendapatan penduduk berada pada kategori menengah keatas dan jumlah tenaga kerja tinggi. Rumah kos hanya terdapat pada pusat II. Sedangkan jasa lain paling banyak terdapat di pusat I pada jarak 0-200 meter, dengan pendapatan penduduk berada pada kategori menengah kebawah dan jumlah tenaga kerja rendah.

Cepu town is one of oil and natural gas cities in Indonesia which, is regional standard, has various activities, such as the production exploration by PT Pertamina, training and education program on oil and natural gas by Pusdiklat Migas, exploration and exploitation by Cepu Mobile Ltd and lecture activities at STEM/AKAMIGAS campus. The existence of those oil and natural gas activities have emerged the economic activities for the occupants in surroundings in order to earn their livings especially for the employees, the members of training and education, and also for students. This research intends to identify the dissemination of economic activities in Cepu Town. The method which was used is descriptive analysis method and spatial analysis. The most economic activities happen in trading at 0-200 meters from the center of oil and natural gas. Income and employees are high. Boarding house there is only on center II. And other service most happen in center I on 0-200 meters, there is income and employees are low."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S34115
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Yolam Riwinda
"Globalisasi dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dua hal yang mendorong interkoneksi di abad 21. Perkembangan teknologi ini mendorong digitalisasi ekonomi, atau yang biasa disebut dengan ekonomi digital. Sejak pertama kali dibahas pada tahun 1990an, ekonomi digital terus berkembang secara praktis, maupun akademis melalui literatur-literatur yang membahasnya. Tulisan ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana ekonomi digital dilihat dalam ilmu Hubungan Internasional? Dengan menggunakan perspektif ilmu HI, penulis mengkaji literatur-literatur yang membahas ekonomi digital. Penulis berpendapat bahwa ekonomi digital merupakan fenomena hubungan internasional yang  berpengaruh pada pergeseran peran aktor internasional, serta menciptakan dimensi baru dalam tata kelola global.Di era ekonomi digital, muncul aktor-aktor non negara yang memainkan peranan penting, hingga pada titik tertentu bersaing dengan negara dalam mengatur tata kelola. Ekonomi digital juga bersifat multidimensional, karena berdampak pada berbagai sektor. Pertama, memunculkan jenis pasar baru seperti e-commercedi sektor ekonomi. Kedua, mendorong e-government sebagai dampak di sektor politik. Ketiga, memunculkan isu keamanan cyber di sektor keamanan. Terakhir, di sektor pembangunan global, muncul dimensi baru, yakni pertimbangan aspek digital dalam pembangunan berkelanjutan.

.Globalization and the development of information and communication technology are two things which encourage interconnection in the 21stcenturyTechnological developments encourage economic digitalization, or what is commonly referred to as the digital economy. Since it’s first discussed during the 1990s, digital economy has been developing practically, as well as academically through the literatures. This paper aims to answer the following question: how is the digital economy seen in International Relations? Using IR perspective, this writing examines some of the literatures about digital economy. Digital economy is an international relations phenomenon which influences the shifting role of international actors, and creates a new dimension in global governance. In this era, the role of non-state actors emerge – to some extent – compete with the state in regulating governance. The digital economy is also multidimensional, as it affects various sectors. First, in the economy sector, it creates new types of markets, such as e-commerce. Second, in the politics, digital transformation enables e-government for the state. Third, in the security sector, it raises concern towards cybersecurity. Fourth, in the global development sector, a new dimension emerges, namely the consideration of digital aspects in sustainable development."
2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Miranti Dian Kinasih
"Tesis ini secara garis besar berisikan penjelasan tentang dampak dari reformasi pendidikan tahun 1990 terhadap keberhasilan ekonomi Finlandia. Adapun, pembahasan yang diangkat dalam tesis ini setidaknya didasarkan oleh alasan yang ditandai dengan keberhasilan Finlandia tampil sebagai salah satu negara yang berhasil memajukan sektor pendidikannya hingga mampu mengembangkan model ekonomi berbasis based knowledge economy. Melalui model tersebut Finlandia kemudian berhasil mengembangkan inovasi-inovasi baru yang berbasiskan pada riset, sehingga secara langsung maupun tidak kemudian turut memberikan dampak bagi kemajuan perekonomian masyarakatnya. Dalam hal ini, pencapaian tersebut setidaknya tidak dapat dipisahkan dari penerapan reformasi pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah Finlandia pada tahun 1990 dimana kala itu perekonomiannya juga tengah dilanda resesi yang cukup serius. Akibatnya, pemerintah Finlandia kemudian menjadikan reformasi pendidikan sebagai salah satu langkah yang diharapkan dapat membantu mengatasi resesi ekonomi yang tengah terjadi dalam kehidupan masyarakatnya. Hingga kemudian setelah reformasi pendidikan tersebut diterapkan, Finlandia akhirnya berangsur-angsur dapat memulihkan kondisi ekonominya menuju pada taraf yang lebih baik. Bahkan di samping itu, Finlandia juga berhasil meningkatkan kualitas aspek pendidikannya menjadi lebih berkualitas. Untuk itu, landasan teoritis yang kemudian dijadikan sebagai rujukan dalam tesis ini adalah berdasarkan pada sejumlah teori, seperti teori cognitivism, teori behaviorism, teori constructivism, teori inovasi, teori mekanisme kausal kebijakan, hingga teori kapital yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu. Selain itu, dalam memperoleh data-data yang dipergunakan sebagai dasar analisis, tesis ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap informan-informan terkait serta studi literatur untuk lebih memperkuat temuan dan analisis penelitian yang diperoleh. Terlebih, hasil dari penelitian dalam tesis ini kemudian menunjukkan bahwa reformasi pendidikan tahun 1990 telah memberikan dampak bagi keberhasilan ekonomi Finlandia melalui penerapan model ekonomi yang berorientasi pada inovasi-inovasi berbasis riset, sehingga akhirnya turut menjadi stimulus bagi kemajuan-kemajuan ekonomi yang dicapai setelahnya

This thesis outlines an explanation of the impact of the 1990 education reforms on the success of the Finnish economy. Meanwhile, the discussion raised in this thesis is at least based on reasons marked by the success of Finland in appearing as one of the countries that has succeeded in advancing its education sector so that it is able to develop an economic model based on a knowledge economy. Through this model Finland then succeeded in developing new innovations based on research, so that it directly or indirectly contributed to the progress of the economy of its people. In this case, this achievement is at least inseparable from the implementation of education reforms carried out by the Finnish government in 1990 at which time the economy was also hit by a serious recession. As a result, the Finnish government then made education reform one of the steps that was hoped to help overcome the economic recession that was happening in the lives of its people. Until then after the educational reform was implemented, Finland was finally able to gradually restore its economic condition to a better level. Even in addition, Finland has also succeeded in improving the quality of its education aspects to be of higher quality. For this reason, the theoretical basis which is then used as a reference in this thesis is based on a number of theories, such as cognitivism theory, behaviorism theory, constructivism theory, innovation theory, theory of causal mechanisms of policy, to capital theory proposed by Pierre Bourdieu. In addition, in obtaining the data used as a basis for analysis, this thesis uses qualitative methods with in-depth interviews with related informants and literature studies to further strengthen the findings and analysis of the research obtained. Moreover, the results of the research in this thesis then show that the education reforms in 1990 had an impact on the success of the Finnish economy through the application of an economic model that was oriented towards research-based innovations, so that it eventually became a stimulus for the economic advances that were achieved thereafter"
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York : Oxford University Press, 1981
330.959 8 IND
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
[Place of publication not identified]: Office of International Infrmation Programs US Department of State, [date of publication not identified]
330.973 GAR
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bagchi, Amiya Kumar
Cambridge, UK: Cambridge University Press , 1984
330.972 4 BAG p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Robertson, Ross M.
New York, N.Y. : Harcourt, Brace & World, 1964
330.973 ROB h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Prentice-Hall, 1951
330.973 GRO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>