Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159815 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Soeprijono
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1975
S16367
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1990
S27299
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pandjaitan, Erina
"Suatu perusahaan akan mengadakan penarikan pegawai, bilamana ada jabatan yang perlu diisi, baik disebabkan pegawai lama tidak lagi pada jabatannya, atau adanya pertambahan jabatan baru yang disebabkan oleh pengembangan organisasi atau perusahaan Sebelum proses pengadaan pegawai dapat dilaksanakan terlebih dahulu menevitUkan persyaratan-persyaratan apa yang diperlukan, seperti bagaimanakah pengetahuannya, sifat-sifat dan kepribadiannya, maupun ketrampilannya, yang kemudian diikuti dengan langkah-langkah dalam mengadakan pemilihan dari para pelamar yang tersedia, yang diperoleh dari badan-badan penempatan tenaga kerja, lembaga pendldikan, pelamar-pelamar langsung dan advertensi, yang kemudian dalam pelaksanaan seleksi, jenis ujian yang ditempuh melalui psikotest, test wawancara, kesehatan dan ketrampilan, sampai pada akhirnya menempatkan para pelamar pada posisi yang sesuai dengan pendidikan dan ketrampilannya. Tujuan dari penulisan skripsi ini ialah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pengadaan pegawal pada PT United Tractors, dan bagaimana pengaruhnya terhadap penempatan pegawai yang sesual dengan pendidikan dan ketrampilannya Dari data yang diperoleh, pegawai yang bekerja pada PT United Tractors sebagian besar melalui kawan atau kenalan yang telah bekerja pada perusahaan ini dengan memiliki tingkat pendidikan Sarjana Muda/sederajat Di samping itu, pegawai yang bersangkutan juga mengikuti ujian seleksi yang ketat, seperti psikotest, test wawancara, kesehatan dan ke trampilan, sehirgga dapat dikatakan bahwa pelaksanaan seleksi merupakan kegiatan yang serius, yaitu untuk dapat mem peroleh pegawai yang sesuai dengan pendidikan dan ketrampilan. Setelah para pelamar dinyatakan lulus tabap seleksi, perusahaan melaksanakan kegiatan pre service training untuk dapat memperkenalkan pegawai dengan lingkungan bekerja maupun yang berkaitan dengan bagiannya, sehingga dapat dikatakan bahwa orang yang mampu yang dapat diterima. Hasil penelitian menyimpuikan bahwa proses pengadaan pegawai pada PT United Tractors dijalankan dengan baik, sehingga akan diperoleh pegawai yang sesuai dengan pendidikan dan ketrampilannya."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnu Buntoro
"Laporan Praktik Keinsinyuran ini membahas tentang bagaimana cara PT. United Tractors Site Batu Kajang melakukan optimalisasi strategi maintenance pada HD785-7 untuk mengoptimalkan PA (Performance Availability) dan MTBF (Main Time Between Failure) dengan cara mengevaluasi dan memberikan rekomendasi langkah perbaikan agar tidak terjadi problem yang lebih besar. Latar belakang laporan ini adalah dampak dari bisnis batu bara tahun 2016 yang mengalami penurunan dan rendahnya harga batu bara semakin mendesak industri bisnis maintenance alat berat PT. United Tractors di Batu Kajang, beresiko mengalami penurunan revenue dan profit yang disebabkan oleh minimnya unit yang tidak beroperasi. Oleh karena itu diperlukan strategi maintenance yang bisa mempertahankan bisnis PT. United Tractors khususnya Project FMC (Full Maintenance Contract) yang berada di PAMA Batu Kajang agar dapat mempertahankan bisnis maintenance alat berat tersebut sesuai kontak dengan PT. Pama Persada Nusantara Site Kideco Jaya Agung, Kalimantan Timur. Subject dalam laporan ini adalah unit HD785-7 Komatsu, yaitu Dump Truck kapasitas muatan 91 ton yang dikelola oleh PT. United Tractors dengan pola bisnis Full Maintenance Contract. Langkah-langkah dalam laporan ini adalah meningkatkan pelaksanaan Comprehensive Cost Effectiveness (CCE), melakukan basic maintenance activity, dan melakukan extend life time component sesuai mandatory dari management PT. United tractors.

This Engineering Practice Report discusses how PT. United Tractors Site Batu Kajang optimizes the maintenance strategy on HD785-7 to optimize PA (Performance Availability) and MTBF (Main Time Between Failures) by evaluating and providing recommendations for corrective steps to avoid bigger problems. The background of this report is the impact of the coal business in 2016 which experienced a decline and the low price of coal is increasingly urging the heavy equipment maintenance business industry of PT. United Tractors in Batu Kajang, is at risk of experiencing a decrease in revenue and profit caused by the lack of units that are not operating. Therefore a maintenance strategy is needed that can maintain PT. United Tractors especially the FMC (Full Maintenance Contract) Project which is at PAMA Batu Kajang in order to be able to maintain the heavy equipment maintenance business according to contact with PT. Pama Persada Nusantara Site Kideco Jaya Agung, East Kalimantan. The subject of this report is the HD785-7 Komatsu unit, which is a Dump Truck with a payload capacity of 91 tons managed by PT. United Tractors with a Full Maintenance Contract business model. The steps in this report are improving the implementation of Comprehensive Cost Effectiveness (CCE), carrying out basic maintenance activities, and extending life time components according to the mandatory management of PT. united tractors."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
H. Mohammad Thoha
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S16976
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Ratnaning Pamungkas
"Penelitian pada 4 lokasi di area PT United Tractors Tbk. yang terdiri atas Warehouse Head Office, Yard Marketing, Workshop Jakarta dan UTR menunjukkan indeks WBGT Indoor antara 28.56°C sampai dengan 30.84°C dan indeks WBGT Outdoor antara 29.77°C hingga 29.88°C. Setelah dilakukan analisis indeks WBGT, beban kerja dan pola kerja berdasarkan Permenakertrans No. 13 Tahun 2011, didapatkan hasil bahwa dari 115 responden yang menjadi subyek penelitian, 25 responden (21.7%) termasuk kelompok berisiko mengalami pajanan tekanan panas. Sebanyak 110 responden (95.7%) merasakan temperatur lingkungan tempat mereka bekerja adalah panas serta 79.1% responden merasa tidak nyaman (terganggu) dengan kondisi tersebut. Seluruh responden yang menjadi subyek penelitian pernah mengalami keluhan akibat pajanan tekanan panas tetapi dengan frekuensi yang berbeda-beda. Jenis keluhan yang sangat sering (setiap hari) dirasakan oleh responden adalah banyak mengeluarkan keringat (64.3%) dan merasa cepat haus (43.5%) sedangkan jenis keluhan yang tidak pernah dirasakan oleh pekerja adalah rasa ingin pingsan (90.4%) dan kram/kejang otot perut (82.6%).

The research is conducted in 4 locations: Warehouse Head Office, Yard Marketing, Workshop Jakarta and UTR. The result of environmental monitoring showed that the WBGT indoor index range from 28.56°C until 30.84°C and WBGT outdoor from 29.77°C until 29.88°C. The measurement results of WBGT index, workload and work rate are being analyzed and compared with Permenakertrans No. 13 Tahun 2011. The comparison result showed that 25 respondent (21.7%) are including into risky group due to exposure of heat stress. 110 out of 115 respondents (95.7%) feel that their workplace is hot and 79.1% respondents feel uncomfortable with that hot conditions. Besides that, many subjective complaints due to exposure of heat stress are experienced by the workers with different frequency. The subjective complaints that experienced everyday by the workers are excessive sweating (64.3%) and quickly feel thirsty (43.5%), beside that the complaints that never being experienced by the workers are collapse (90.4%) and muscle abdominal cramps (82.6%)."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S45881
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rohmad Rudianto
"Jakarta merupakan pusat bisnis dan ekonomi di Indonesia. Mobilitas di kota ini sangat tinggi. Bus Transjakarta merupakan salah satu mode transportasi yang disediakan pemerintah DKI Jakarta untuk mendukung dan memfasilitasi mobilitas ini sekaligus salah satu cara untuk mengurangi kemacetan. PT Transportasi Jakarta bekerja sama dengan PT Mayasari Bakti untuk mengoperasikan armada Bus Transjakarta dengan merk Scania. PT Mayasari Bakti menggandeng PT United Tractors sebagai Agen Pemegang Merk melakukan kontrak maintenance khususnya untuk Bus Scania tipe K320IA (Articulated Bus). Dengan tipe mesin gas, articulated bus ini dituntut untuk seminimal mungkin mengalami kerusakan di jalur (busway). Untuk itu strategi predictive maintenenace menjadi kunci utama dalam menjaga unit performance mengingat bus ini adalah jenis bus dengan mesin gas satu-satunya di Indonesia. Predictive maintenance yang dilakukan adalah dengan menganalisis pelumas mesin (engine oil). Dengan menganalisis engine oil yang sample-nya diambil secara periodic setiap 10.000 kilometer sejak awal bus beroperasi dari nol kilometer hingga saat ini maka akan didapat trend keausan (wear metal) dari internal part-nya. Wear metal ini nanti akan sangat berguna untuk memprediksi internal part mana yang mengalami kerusakan lalu akan diambil tindakan preventive untuk mencegah kerusakan yang lebih parah yang berpotensi menimbulkan kehilangan jam operasi dan biaya yang lebih tinggi. Sebanyak 56 bus Scania tipe articulated yang dilakukan analisis engine oil yang diambil setiap kelipatan 10.000 kilometer. Dari engine oil analysis ini didapatkan trend keausan yang semakin mendekati batas limit-nya (critical) untuk keausan logam besi (Fe), aluminium (Al) dan tembaga (Cu). Ketiga wear metal ini adalah mayoritas logam yang terdapat di bearing, oil cooler, dan oil mist separator. Dengan metode kualitatif hasil dari analisis ini menemukan bahwa di umur engine yang memasuki tahun kelima atau sekitar 500.000 kilometer menunjukkan tingkat keausan wear metal yang sudah melebihi ambang batasnya dan perlu segera dilakukan overhaul. Hasil akhir dari engine oil analysis ini adalah standard part overhaul yang dapat menjadi alat kontrol untuk melakukan preventive maintenance articulated bus Scania K320IA yang bermesin gas agar tercapai di optimum lifetime-nya.

Jakarta is the center of business and economy in Indonesia. Mobility in this city is very high. The Transjakarta Bus is a mode of transportation provided by the DKI Jakarta government to support and facilitate this mobility as well as a way to reduce congestion. PT Transportasi Jakarta cooperates with PT Mayasari Bakti to operate a fleet of Transjakarta buses with the Scania brand. PT Mayasari Bakti cooperates with PT United Tractors as a Brand Holder Agent to carry out a maintenance contract, especially for the Scania Bus type K320IA (Articulated Bus). With the gas engine type, this articulated bus is required to experience minimal damage on the busway. For this reason, the predictive maintenance strategy is the main key in maintaining unit performance, considering that this bus is the only type of bus with a gas engine in Indonesia. Predictive maintenance is carried out by analyzing engine oil. By analyzing the engine oil whose samples are taken periodically every 10,000 kilometers since the bus started operating from zero kilometers until now, the wear metal trend of its internal parts will be obtained. This wear metal will later be very useful for predicting which internal part is damaged and then preventive action will be taken to prevent more severe damage which has the potential to cause lost operating hours and higher costs. A total of 56 Scania buses of the articulated type were analyzed for engine oil taken every 10,000 kilometers. From this engine oil analysis, it is found that the wear trend is getting closer to its limit (critical) for iron (Fe), aluminum (Al) and copper (Cu) wear. These three wear metals are the majority of metals found in bearings, oil coolers, and oil mist separators. Using a qualitative method, the results of this analysis found that at the age of the engine, which is entering its fifth year or around 500,000 kilometers, the wear level of wear metal has exceeded its threshold and needs to be overhauled immediately. The final result of this engine oil analysis is a standard part overhaul which can be used as a control tool to carry out preventive maintenance of the Scania K320IA articulated bus with a gas engine to achieve its optimum lifetime."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Temmy Gunawan
"Persediaan merupakan investasi besar yang ditanamkan oleh perusahaan. Selain itu, persediaan berputar terus, dipergunakan dalam kegiatan usaha perusahaan. Karena itu, persediaan harus dikelola dengan baik, untuk mengendalikan kelancaran pemakaiannya, dan menjaganya dari pemakaian yang tidak semestinya. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengevaluasi pengendalian intern yang diterapkan atas persediaan suku cadang pada PT United Tractors. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode studi kasus., dengan mengadakan survey pada perusahaan yang bersangkutan. Pembahasan skripsi ini dibagi atas bagian Pembelian, Penjualan, Penerimaan, Penyimpanan, Pengiriman, dan Pencatatan. Sedangkan dasar yang dijadikan bahan evaluasi, adalah kualitas karyawan, struktur organisasi, perlindungan fisik atas aktiva dan proses dan prosedur kerja. Dari penelitian yang dilakukan, tampak bahwa pengendalian intern yang diterapkan sudah memadai / baik, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu tidak adanya job description untuk masing-masing divisi dalam perusahaan, penggunaan sistem sentralisasi pengolahan data, dan gudang perusahaan yang terletak di daerah rawan banjir, walaupun memang belum pernah dilanda banjir. Kesimpulan yang bisa ditarik adalah untuk kualitas karyawan cukup baik, walaupun rata-rata pendidikannya tidak terlalu tinggi. Sementara perlindungan fisik atas aktiva juga memadai, kecuali terhadap bahaya banjir, dan proses dan prosedur kerja perusahaan cukup jelas. Saran yang bisa diberikan adalah meningkatkan mutu karyawan, dengan seleksi yang lebih ketat, peningkatan keamanan terhadap sistem sentralisasi pengolahan data, dan peningkatan pengendalian terhadap penyimpanan suku cadang, misalnya dengan mengganti binning label yang lusuh, dan meningkatkan frekuensi stock taking untuk jenis persediaan tertentu."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
S19059
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Norman Yazid
"Full Maintenance Contract (FMC) merupakan salah satu lini bisnis dari departemen service PT United Tractors Tbk. dalam melakukan kontrak perawatan dengan pelanggan. Terdapat beberapa hal penting sebagai tolok ukur berhasilnya bisnis FMC ini, yang pertama dari sisi eksternal (ke pelanggan) adalah unit performance PA (Physical Availability) dan yang kedua dari sisi internal (ke perusahaan) adalah bisnis performance GP (Gross Profit). Biaya perawatan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pencapaian profit FMC, dimana persentase terbesar dari biaya perawatan adalah biaya penggantian komponen mayor (Engine, Transmission, Axle) yaitu mencapai 46%. Berdasarkan pengamatan pada studi kasus Proyek FMC Adaro Tanjung, perlu dilakukan aktifitas Prolong Lifetime Component Engine agar biaya perawatan sampai dengan akhir periode kontrak lebih efisien. Dengan memperhatikan K3LH dan memperhatikan potensi resiko proyek ini dikerjakan dengan beberapa kombinasi tools analisa, yaitu diantaranya FMEA dan Fishbone Diagram Analysis. Hasil perbaikan dalam proyek ini mampu meningkatkan lifetime component Engine HD1500-7 sebesar 47%, dari rata-rata awal 17000 jam operasi menjadi 25000 jam operasi. Serta telah menerapkan 3 aspek keinsinyuran yaitu KEEI, K3LH dan Profesionalisme

Full Maintenance Contract (FMC) is one of the business lines of the service department of PT United Tractors Tbk. There are several important things as Key Performance Indicator for the success level of this FMC business, the first is for the external side (to customers) is the PA (Physical Availability) performance unit and the second for the internal side (to the company) is the GP (Gross Profit) business performance. Maintenance costs are one of the most affected factor to the achievement of FMC's profit, where the largest percentage of maintenance costs is came from replacing major components (Engine, Transmission, Axle), which reaches 46%. Based on observations in the Adaro Tanjung FMC Project case study, it is necessary to carry out Prolong Lifetime Component Engine activities so that maintenance costs are more efficient until the end of the contract period. By paying attention to K3LH and paying attention to potential risks, this project was carried out using several combinations of analysis tools, namely FMEA and Fishbone Diagram Analysis. The results of the improvements in this project were able to increase the lifetime of the Engine HD1500-7 component by 47%, from an initial average of 17,000 hours of operation to 25,000 hours of operation and has implemented three aspects in engineering the three aspects are KEI, K3LH, and professionalism.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S37426
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>