"Sentosa pada seminar PPNI di RSU Kardinah menyebutkan bahwa salah satu
permasalahan terhadap pelayanan kesehatan adalah komunikasi yang kurang baik antara
tenaga kesehatan dan pasien (Suara Merdeka, 2001). Dalam hasil survei di RSUP
Sanglah Bali, didapat data bahwa keluhan yang sering disampaikan oleh klien adalah
perawat yang judes, sering cemberut, kurang komunikasi, dan sangat tidak ramah (Bali
Post, 2001)- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan
komunikasi terapeutik perawat dan bagaimana persepsi pasien terhadap komunikasi
perawat. Penelitian ini dilakukan di RS Karya Medika Tambun, Bekasi, dengan jumlah
responden sebanyak 28 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif
sederhana, dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner. Analisa data yang
digunakan adalah analisa univariat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 68%
perawat menerapkan komunikasi terapeutiknya dengan baik, 32% perawat kurang
menerapkan komunikasi terapeutiknya, dan tidak ada perawat yang tidak menerapkan
komunikasi terapeutik. Penelitian ini merekomendasikan agar penerapan komunikasi
terapeutik lebih ditingkatkan."