Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24479 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maria Firani Rosari
"Seiring dengan pertumbuhan ekonominya, India meluncurkan Doktrin Maritim di tahun 2004 dan Strategi Maritim di tahun 2007. India juga tengah meningkatkan kapabilitas AL-nya sebagai upaya untuk menjadi Seapower di tahun 2020. AL India diharapkan memiliki kemampuan ‘blue water navy’ yang mampu menjalankan kontrol atas laut wilayah dan perairan jauh.
Skripsi ini bertujuan meneliti faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan kapabilitas AL India dalam konteks kekuatan maritim. Dalam membahas topik tersebut, penelitian menggunakan dan teori seapower dari Corbett yang didukung oleh pembahasan dari Geoffrey Till. Peningkatan kapabilitas India akan dianalisis berdasarkan empat faktor dari teori seapower yaitu faktor sumber daya / kekayaan alam, jalur transportasi maritim, informasi, dan dominasi.

Along with its economic growth, Indian Government launched Indian Maritime Doctrine in 2004 and Indian Maritime Strategy in 2007. India is also improving its naval capability as an effort to become Seapower in 2020. Indian Navy is expected to have 'blue water navy' capability which capable of exercising control over the territorial sea and distant waters.
This thesis aims to examine factors that caused the improvement of Indian Naval capabilities in maritime power context. In discussing the topic, this research uses Seapower theory by Corbett, supported by Geoffrey Till’s writing. The improvement of Indian Naval capabilities will be analyzed based on four factors of Seapower theory which are resource factors / natural resources, maritime transport, information, and domination.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S45645
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Marman Saputra
"Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957 dan berlakunya UNCLOS 1982 telah mempengaruhi penggunaan laut untuk kepentingan ekonomi dan pertahanan Indonesia, termasuk penerapan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan landas kontinen Indonesia. Di satu sisi, UNCLOS 1982 memberikan manfaat bagi pembangunan nasional yang meningkatkan luas wilayah yurisdiksi nasional. Ini berarti bahwa Indonesia dapat mengambil keuntungan di ZEE dan landas kontinen. Di sisi lain juga meningkatkan kerentanan karena wilayah yang semakin luas. Teori Seapower tentang karakteristik kekuatan negara maritim dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis kegagalan Indonesia menjadi negara maritim.
Penelitian ini dibagi menjadi dua aspek, aspek fisik dan aspek kebijakan. Menurut Alfred T. Mahan bahwa ada enam karakteristik kekuatan negara maritim, yaitu geografi, posisi wilayah, jumlah dan karakter penduduk, karakter nasional dan karakter pemerintah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Indonesia gagal menjadi negara maritim, karena minimnya sumber pendukung dari Seapower yaitu minimnya armada niaga, kekuatan angkatan laut, serta pangkalan dan pelabuhan, dan lemahnya kebijakan maritim Indonesia.

The Declaration of Djuanda on December 13th 1957 and the entry into force of UNCLOS in 1982 have influenced the use of the sea for economic and defense interests of Indonesia, including the application of Exclusive Economic Zone (EEZ) and the continental shelf of Indonesia. On one hand, the 1982 UNCLOS provides benefits for national development which increases the extent of national jurisdiction. This also means that Indonesia can take advantages in the ZEE and the continental shelf. On the other hand it also increases vulnerability because of the vast marine area. The Seapower theory about the characteristics of maritime power in this study is used to examine and analyze the failure of Indonesia as a maritime state.
The study is divided into two aspects, the physical aspects and the aspects on policy. According to Alfred T. Mahan, there are six characteristics of maritime state. They are geography, position of the region, number and character of population, national character and character of the government. This study concludes that Indonesia has failed to become maritime state, due to the lack of supporting power as Seapower factors such as the limitation of trade shipping, the limited force of the navy, the limitation of bases and sea ports, and the weakness of Indonesian maritime policy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41492
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
En Wang, Asutin Horng
"This article explores the change and continuity of how Taiwanese voters consume political information in the past 20 years. The analysis exploits five waves of Taiwan’s Election and Democratization Study (TEDS) face-to-face post-presidentialelection survey between 2004 and 2020 and reveals three major results. First, more than 80% of voters rely on television to consume political information, but the number relying on newspapers and radio is declining; meanwhile, Internet usage surpassed the newspaper as the second most common consumption method. Second, voters with different national identities and unification-independence preferences tend to select different newspapers and news channels. Meanwhile, the news channels in which the audience has a stronger political preference are much likely to be chosen by the voters as the main source of information. Nevertheless, the overall level of media polarization does not increase across time. Third, social media surpassed the radio as one of the important channels for political information, but the variety of the users’ age distribution exists across platforms, foretelling the future political impacts of the social media sites. In the end, this article briefly discusses the methodological challenges in studying political information consumption in this new information era."
Taipei: Taiwan Foundation for Democracy, 2021
059 TDQ 18:4 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Ezra Valentino
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh cross-sectional risk, yang merupakan risiko spesifik bisnis dan volatilitas pasar saham, sebagai variabel untuk mengestimasi risiko makroekonomi di Indonesia. Penelitian ini mengobservasi perusahaan- perusahaan publik di Indonesia dan data-data makroekonomi Indonesia pada periode 2004-2020. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan term spread sebagai variabel dependen yang merefleksikan risiko makroekonomi, dan financial friction, arus kas, debt-service-ratio, dan volatilitas pasar saham sebagai variabel independen. Dengan menggunakan metode Autoregressive Distributed Lag Model, penelitian ini menunjukkan bahwa risiko perusahaan secara spesifik dan risiko pasar saham mampu mengestimasi risiko makroekonomi, sehingga menjadi sinyal awal shock ekonomi, seperti resesi atau inflasi tinggi di masa depan. Model dalam penelitian ini juga meneliti hubungan cross-sectional risk terhadap indikator makroekonomi lainnya, seperti consumer confidence index, money supply, dan neraca dagang Indonesia. Setiap variabel merepresentasikan makna masing-masing dalam menjelaskan risiko makroekonomi Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada peneliti selanjutnya, investor, pelaku bisnis, perbankan, dan regulator.

This study was conducted with the aim of knowing the effect of cross-sectional risk, which comprises business-specific risk and stock market volatility, as a variable for estimating macroeconomic risk in Indonesia. This study observes public companies in Indonesia and Indonesian macroeconomic data in the period 2004-2020. In this study, the authors use term spread as the dependent variable that reflects macroeconomic risk, and the cross-sectional risk comprises financial friction, cash flow, debt-service-ratio, and stock market volatility as independent variables. By using the Autoregressive Distributed Lag Model method, this study shows that business-specific risk and stock market risk are able to estimate macroeconomic risk, so that it becomes an early signal of economic shock, such as recession or high inflation in the future. The model in this study also examines the cross-sectional risk relationship with other macroeconomic indicators, such as the consumer confidence index, money supply, and Indonesia's trade balance. Each variable represents its own meaning in explaining Indonesia's macroeconomic risk. The results of this study are expected to provide insight to further researchers, investors, entrepreneurs, banks, and regulators."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nadiah Atsil Gustina
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas penyebab kegagalan kebijakan Make in India pada masa pemerintahan Narendra Modi periode 2014-2019. Kebijakan ini memiliki tujuan untuk memfasilitasi investasi, mendorong inovasi, meningkatkan pengembangan keterampilan pekerja, dan membangun India menjadi negara pusat industri manufaktur dunia. Teori the Competitive Advantage of Nations oleh Michael Porter digunakan sebagai pedoman analisis. Teori ini digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang membuat target program Make in India tidak tercapai. Ditemukan bahwa kegagalan reformasi undang-undang di bidang ketenagakerjaan (Factory Act 1948, The Apprentices Act 1961, dan Labor Laws 2011) dan pembebasan lahan (Land Acquisition Bill 2015) berimplikasi pada ketidaktercapaian target dan tujuan dari program. Make in India. Reformasi dua undang-undang ini terhenti karena adanya penolakan dari pihak oposisi di parlemen dan serikat pekerja. Hal ini akhirnya berdampak pada tingkat kompetitif perusahaan manufaktur domestik di India yang seharusnya menjadi kunci untuk memiliki keunggulan kompetitif di perdagangan global.

This study aims to discuss the causes of the failure of the Make in India policy during the reign of Narendra Modi in the 2014-2019 period. This policy aims to facilitate investment, encourage innovation, enhance worker skills development, and build India into a global manufacturing hub. The Competitive Advantage of Nations theory by Michael Porter is used as a guideline for analysis. This theory is used to analyze the factors that prevent the targets of the Make in India program from being achieved. It was found that the failure to reform labor laws (Factory Act 1948, The Apprentices Act 1961, and Labor Laws 2011) and land acquisition (Land Acquisition Bill 2015) had implications for the targets and objectives of the Make in India program not being achieved. The reform of these two laws was halted due to resistance from the opposition in parliament and the trade unions. This ultimately impacts on the competitive level of domestic manufacturing companies in India which should be the key to having a competitive advantage in global trade."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mumtaz Anwari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi pelaku UMKM untuk menjadi Halalpreneurs dilihat dari attitude seperti awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and motivation, honesty and integrity, risk-taking attitude, relative advantage and perceived desirability, subjective norm yang terdiri atas family support and peer influence, dan perceived behavioral control yang tediri atas perceived feasibility and goverment support serta religiosity. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 239 responden muslim yang sedang memiliki dan menjalankan usahanya sendiri. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan Smart PLS 3.0.
Hasilnya adalah intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, relative advantage, perceived desirability, family support, serta perceived feasibility memiliki pengaruh positif terhadap halalpreneurial propensity. Sedangkan awareness of halalpreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, perceived governmental support, peers influence, risk taking attitude, serta religiousity tidak memiliki pengaruh positif terhadap halalpreneurial propensity.

This study aims to know the motivational factors of SMEs entrepreneurs to become Halalpreneurs based on their attitude such as awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and motivation, honesty and integrity, risk taking attitude, relative advantage and perceived desirability, Subjective norm such as family support and peer influence, and Perceived behavioral control such as perceived feasibility and goverment support and religiosity. Data were collected from questionnaire that gathered 239 muslim respondents that have their own business. Data were then analyzed using descriptive analysis and partial least square in SmartPLS 3.0.
From the result, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, relative advantage, perceived desirability, family support, and perceived feasibility positively influenced halalpreneurial propensity. Meanwhile awareness of halalpreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, perceived governmental support, peers influence, risk taking attitude, and religiousity did not positively influence halalpreneurial propensity.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nandi Mulyadi
"Kapabilitas pemasaran (marketing capabilities) dipandang berpotensi menjadi salah satu konsep pokok di dalam disiplin Pemasaran yang dapat diandalkan untuk menghadapi peningkatan kompleksitas fenomena bisnis mass depan. Namun upaya pengembangan dan formalisasi terhadap konsep yang turut dipopulerkan oleh Day (1994) serta Vorhies and Harker (2000) tersebut tampak masih belum digiatkan oleh pars peneliti Pemasaran Akademis.
Studi ini mencoba menggali penjelasan teoritis atas konsep Marketing Capabilities tersebut, terutama tentang peranannya sebagai determinan kinerja organisasi bisnis serta contributory conditions untuk membangunnya. Sebagai sebuah proses penyelidikan ilmiah, studi ini berfandaskan pada modem empricism (Hunt, 1991).
Dan basil tinjauan literature terutama di bidang pemasaran strategis, manajemen strategis serta studi-studi organisasi diperoleh dukungan teoritis bahwa kepemilikan marketing capabiltes oleh suatu organisasi bisnis akan sangat diperiukan untuk menghadapi Iingkungan yang turbulen sehingga dapat memperbesar peiuang kesinambungan (sustainability) mereka dalam jangka panjang.
Selain itu, dengan menggunakan pendekatan complex adaptive system (CAS), diperoleh pula hipotesis bahwa suatu organisasi bisnis yang berada dalam kondisi chaord akan mampu membangun kapabittas pemasaran yang handal bila mereka terfebih dahulu memiliki puia nitai-nilai orientasi pasar dan orientasi belajar yang kuat.
Dukungan empiris awal terhadap hipotesis hipotesis di atas telah pula diupayakan melalui ex post facto survey (correlational studies). Subjek peneltian yang dipergunakan terbatas pads usaha jasa agensi perjalanan wisata skala kecil dan menengah di kawasan pesisir selat Melaka.
Dengan menggunakan beberapa assumsi, hasil-hasil pengujian empiris tersebut tampak telah memberikan dukungan yang rnemadai terhadap model-model penelitian yang diajukan. Dart keseturuhan hasit studi ini, setidaknya dapat disimpulkan bahwa terdapat indikasi swat tentang potensi konsep marketing capabilities tersebut.
Studi ini diharapkan dapat menggugah semangat para mahasiswa dan peneliti Pemasaran Akademis untuk turut mempopulerkan konsep marketing capabilities dan mempergunakan pendekatan complex adaptive system dalam mengkaji berbagai persoalan Pemasaran."
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T20103
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Alfa Irianti
"ABSTRAK
PT Isra Presisi Indonesia adalah UKM yang bergerak dalam bidang manufaktur dalam pembuatan dies, precision part, checking fixtures, machining, serta molding. Dalam meningkatkan penjualannya, PT Isra ingin memperluas pasar ke arah industri non-otomotif. Sayangnya, pemilik tidak tahu apa potensi mereka.Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kapabilitas dan potensi konsumen di pasar non-otomotif serta membuat strategi untuk perluasan pasarnya. Data didapatkan melalui serangkaian wawancara terstruktur dengan PT Isra Presisi Indonesia dan perusahaan non-otomotif di Delta Silicon Cikarang untuk mengetahui kebutuhan mereka dan apa kemampuan PT Isra Presisi Indonesia untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Hasil dari wawancara terstruktur dianalisis dengan menggunakan beberapa alat. Untuk melihat kapabilitas menggunakan Analisis Core Competence Kompetensi Utama dan untuk melihat potensi menggunakan Analisis Potensi Konsumen. Hasil akhir akan ditentukan strateginya oleh TOWS Matrix. Dari hasil analisis terbentuklah beberapa strategi untuk market development, yaitu melakukan repositioning produk, memperluas channel pemasaran, merevisi dan meningkatan kapabilitas kritikal untuk memasuki pasar non-otomotif, dan menambah lini baru dari produk saat ini, seperti penambahan mesin stamping, pressing, injuction, dan lain-lain.

ABSTRACT
PT Isra Presisi Indonesia is a SME engaged in the manufacture of dies, precision parts, checking fixtures, machining, and molding. In increasing its sales, PT Isra wants to expand the market toward non automotive industry. Unfortunately, the owners don rsquo t know what their potential is. The purpose of this paper is to know the capabilities and potentials of customers in the non automotive market as well as to create strategies for market expansion. The data were obtained through a series of structured interviews with employees of PT Isra Presisi Indonesia and non automotive companies in Delta Silicon Cikarang to find out their needs and what the ability of PT Isra Presisi Indonesia to meet the needs of its customers. The results of structured interviews were analyzed using several tools. To view capabilities using Core Competence Analysis and to see potential use of Customer Potential Analysis. The final result will be determined strategy by TOWS Matrix. From the analysis, there are several strategies for market development repositioning products, expanding marketing channels, revising and increasing critical capabilities to enter non automotive markets, and adding new lines of current products, such as adding stamping, pressing, injection, and etc."
2017
T49361
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>