Ditemukan 96529 dokumen yang sesuai dengan query
Astried Ayoe Hapsarie
"Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan kewirausahaan yang didapat oleh mahasiswa Ekstensi jurusan Manajemen Bisnis dan Manajemen Small Medium Entreprise selama masa perkuliahannya terhadap intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan yang diberikan pada mahasiswa Ekstensi jurusan Manajemen Bisnis dan Manajemen Small Medium Entreprise dapat memberikan pengaruh terhadap intensi wirausaha mahasiswanya lewat terlebih dahulu mempengaruhi sikap positif mahasiswa terhadap kewirausahaan dan meningkatkan kontrol perilaku kewirausahaan.
The focus of this study is to analyze the influence of entrepreneurial education to entrepreneurial intentions among Management of Business and Management of Small Medium Entreprise's extension students who get the entrepreneurial educations on their studies. The entrepreneurial education that is given to Management of Business and Management of Small Medium Entreprise's extension students can give influence to student's entrepreneurial intention by increasing their positive attitude toward entrepreneurship and their perceived behavioral control. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45612
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Panambang, Monicha Shalimar
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai manfaat dari kewirausahaan dan nilai pengorbanan dari kewirausahaan berpengaruh terhadap penilaian pada kewirausahaan sebagai suatu pilihan karir bagi mahasiswa Ekstensi FEUI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 149 responden teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan pada nilai manfaat dan negatif signifikan pada nilai pengorbanan kewirausahaan terhadap penilaian profesi kewirausahaan.
The objective of this research is to analyze how can Perceived Benefits of Entrepreneurship and Perceived Sacrifices of Entrepreneurship effect Perceived Value of Entrepreneurship.This research also applied quantitative approach. The sample comprise of 149 college students at Extension Program in Economic Faculty University of Indonesia. Sampling technique using Purposive sampling. This research used questionerire as research instrument and analyzed with Structural Equation Modeling (SEM). The result of this research findings that perceived benefits of entreprenuship have positive and statisically significant effect on perceived value of entrepreneurship and that Perceived Sacrifices of Entrepreneurship have negative and statisically significant effect Perceived Value of Entrepreneurship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44267
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Marlinna Budiarti
"Kewirausahaan dipercaya sebagai kekuatan penting dalam pertumbuhan ekonomi global yang menciptakan usaha baru dan pertumbuhan ekonomi dan sebagai salah satu solusi untuk masalah pengangguran. Sedangkan pendidikan kewirausahaan merupakan komponen penting dari bisnis pendidikan sekolah yang telah terbukti memberikan stimulus bagi individu dalam membuat dan atau mempertimbangkan wirausaha sebagai pilihan karir sehingga meningkatkan penciptaan usaha baru dan pertumbuhan ekonomi.
Penelitian ini didesain untuk melihat bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan sebelumnya berkontribusi pada niat kewirausahaan mahasiswa dengan pendekatan dari integrasi dua teori yaitu Theory of Entrepreneurial Event (Shapero and Sokol, 1982) dan Theory of Planned Behaviour ( Ajzen, 1991) yang memiliki tiga konstruksi pusat ? Perceived Desirability of Self Employment, Perceived Feasibility of Entrepreneurship , dan Entrepreneurship Intention.
Penelitian dilakukan dengan sampel 71 responden mahasiswa PE FE UI. Survey dilakukan secara online selama bulan Mei - Juni 2012. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis multivariate dengan metode Partial Least Square. Dan hasil analisis diperoleh hasil bahwa Entrepreneurial Education memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Entrepreneurial Intention.
Entrepreneurship is believed to be an important force in global economic growth that creates new businesses and economic growth, and as one solution to the problem of unemployment. While entrepreneurship education is an important component of business school education has been shown to provide stimulus for the individual in making or considering entrepreneurship as a career choice that enhances the creation of new businesses and economic growth. This study was designed to see how the influence of the earlier entrepreneurial education contributed to the entrepreneurial intentions of students with the approach of integration of the two theories : Theory of Entrepreneurial Event (Shapero and Sokol, 1982) and Theory of Planned Behaviour (Ajzen, 1991) which has three central constructs - Perceived Desirability of Self Employment, Perceived Feasibility of Entrepreneurship, and Entrepreneurship Intention. The study was conducted with a sample of 71 respondents of PE FE UI students. The survey was conducted online during the month of May-June 2012. Data analysis methods used are the multivariate analysis by Partial Least Square method. And analytical results obtained results that Entrepreneurial Education has a significant positive effect on Entrepreneurial Intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Trisnawati Wardah
"Universitas di Indonesia memainkan peran yang signifikan dalam mendidik wirausaha wairausahawan dimasa yang akan datang namun tingkat kreasi usaha baru dan inovasi usaha baru masih rendah Skripsi ini menguji apa yang mendorong mahasiswa fakultas ekonomi di Universitas yang berada di daerah Jakarta Bogor Depok tangerang dan Bekasi untuk menjadi seorang wirausaha Disini di uji empat anteseden yang mendorong minat mahasiswa untuk terlibat dalam tiga jenis minat berwirausaha yaitu umum pertumbuhan tinggi dan gaya hidup Kami menemukan empat anteseden yaitu pendidikan kewirausahaan Pengalaman wirausaha Kepribadian yang proaktif dan Kemampuan diri wirausaha Kata Kunci Wirausaha Minat berwirausaha kewirausahaan.
Indonesian Universities play a significant role in educating future entrepreneurs Nonetheless the rate of new venture creation This paper examines what drivers i students at faculty of economic ata region of Jakarta Bogor Tangerang dan Bekasi to want to become entrepreneurs We examined four possible antecedents of students rsquo intent to engage in three different types of entrepreneurship General High Growth and lifestyle entrepreneurship We found that four antecedents namely entrepreneurship education entrepreneurship experience proactive personality and entrepreneurial self efficacy predicted the three of entrepreneurial intent Keyword Entrepreneurs entrepreneurial intention entrepreneurship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S45115
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Syaiful Panigoro
"Pentingnya pekerja migran bagi perekonomian Indonesia dapat dilihat dari banyaknya remitansi yang diberikan oleh mereka selama bekerja di luar negeri. Namun, ketika mereka kembali ke Indonesia, sangat sedikit yang menggunakan pendapatan mereka saat bekerja di luar negeri untuk memulai bisnis di kampung halaman mereka. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh yang paling signifikan bagi pekerja migran pasca kerja untuk mulai berwirausaha di kampung halamannya. Untuk mengetahui pengaruh opportunity recognition dan entrepreneurial self-efficacy terhadap intensi berwirausaha para mantan pekerja migran Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran moderasi subjective norms dan perceived behavioral control terhadap hubungan antara opportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy dan intensi berwirausaha. Data dikumpulkan dari 302 responden para mantan pekerja migran Indonesia yang tinggal di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur pada Juni 2020. Analisis regresi hierarki digunakan untuk menguji efek moderasi dan hipotesis yang diajukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opportunity recognition berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha, tetapi entrepreneurial self-efficacy tidak berpengaruh terhadap niat berwirausaha. Di sisi lain, subjective norms memiliki pengaruh terhadap hubungan antara opportunity recognition dan intensi berwirausaha. namun tidak untuk entrepreneurial self-efficacy. Sedangkan perceived behavioral control tidak memiliki pengaruh terhadap hubungan antaraopportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy dan intensi berwirausaha.
The importance of migrant workers to the Indonesian economy can be seen from the number of remittances given by them while working abroad. Still, when they return to Indonesia, very few use their income while working abroad to start a business in their hometown. This study will analyze the most significant influences for post migrant workers to start becoming entrepreneurs in their hometowns. To investigate the impact opportunity recognition and entrepreneurial self-efficacy on entrepreneurial intention of former Indonesian migrant worker. This paper also examines the moderating role of subjective norms and perceived behavioral control. Data were collected from 302 respondents of post Indonesian migrant worker at West Nusa Tenggara and East Nusa Tenggara in June 2020. Hierarchical regression analysis was used to test the moderating effect and the proposed hypotheses using SPSS software. The result showed that opportunity recognition show a significant positive impact on entrepreneurial intention, but entrepreneurial self-efficacy does not show a impact on entrepreneurial intention. On the other hand, subjective norms have an influence on the relationship between opportunity recognition and entrepreneurial intentions. but not for entrepreneurial self-efficacy. Meanwhile, perceived behavioral control has no effect on the relationship between opportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Anggraeni Asha Haryanto
"Entrepreneur dengan passion dianggap lebih sukses dibandingkan yang tidak memilikinya (Baum & Locke, 2004; Cardon, Zietsma, Saparito, Matherne, & Davis, 2005; Moses, 2001). Dengan adanya passion dapat memberikan individu rasa senang dan kesanggupan untuk melakukan sesuatu yang mereka sukai secara sepenuh hati. Dengan adanya entrepreneurial passion, entrepreneur dapat menghadapi kesulitan-kesulitan yang mereka temukan selama menjalani bisnis (Bird, 1969). Dengan entrepreneurial passion tersebut dapat mengantarkan mereka untuk bisa mempertahankan bisnisnya dalam jangka panjang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari entrepreneurial passion terhadap entrepreneurial behavior. Entrepreneurial passion (EP) akan diukur melalui dimensi EP for inventing, EP for founding, dan EP for developing. Lalu, entrepreneurial behavior akan diukur menggunakan dimensi business planning, financing the new firm, dan interaction with the external environment. Total responden valid yang didapatkan berjumlah 107 responden dengan kriteria mahasiswa Universitas Indonesia berstatus aktif dan sedang memiliki bisnis saat data penelitian ini diambil. Hasil analisis terhadap data yang didapatkan dari responden tersebut menunjukkan bahwa entrepreneurial passion berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap entrepreneurial behavior.
Entrepreneurs with passion are considered more successful than those without it (Baum & Locke, 2004; Cardon, Zietsma, Saparito, Matherne, & Davis, 2005; Moses, 2001). Having passion can give individuals a sense of joy and the ability to do something they like wholeheartedly. With entrepreneurial passion, entrepreneurs can face the difficulties they encounter while running a business (Bird, 1969). This entrepreneurial passion can lead them to be able to maintain their business in the long term. This research aims to analyze the influence of entrepreneurial passion on entrepreneurial behavior. Entrepreneurial passion (EP) will be measured through the dimensions EP for inventing, EP for founding, and EP for developing. Then, entrepreneurial behavior will be measured using the dimensions of business planning, financing the new firm, and interaction with the external environment. The total number of valid respondents obtained was 107 respondents with the criteria being that students at the University of Indonesia had active status and were owning a business when the data for this research was taken. The results of the analysis of the data obtained from these respondents show that entrepreneurial passion has a significant positive effect on entrepreneurial behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Siti Syafira Abdullah
"Entrepreneurial intention merupakan langkah awal dalam menciptakan lapangan kerja baru, mendorong inovasi, memperkuat ekonomi, dan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat serta meningkatkan daya saing suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh university support dan university climate terhadap entrepreneurial intention mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang diberikan kepada lebih dari 300 mahasiswa dan kuesioner yang terisi sebanyak 300 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan Software IBM SPSS Statistics 26 dan SmartPLS 4 untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa university support tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap entrepreneurial intention, namun university climate memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intention mahasiswa. Selain itu, university climate juga ditemukan memediasi hubungan antara university support dengan entrepreneurial intention mahasiswa. Implikasi manajerial dari temuan ini adalah bahwa universitas perlu mengembangkan programprogram dan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengembangan entrepreneurial intention mahasiswa dan menciptakan university climate yang positif di lingkungan kampus.
Entrepreneurial intention is the first step in creating new jobs, encouraging innovation, strengthening the economy, and creating added value for society and increasing a country's competitiveness. This research aims to analyze the influence of university support and university climate on student entrepreneurial intention at the University of Indonesia and Bina Nusantara University. This research uses quantitative methods by collecting data through questionnaires given to more than 300 students and questionnaires filled out by 300 respondents. The collected data was analyzed using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis using IBM SPSS Statistics 26 and SmartPLS 4 software to test the relationship between the variables studied. The research results showed that university support did not significantly influence entrepreneurialism. intention, but the university climate has a positive and significant influence on students' entrepreneurial intention. Apart from that, university climate was also found to mediate the relationship between university support and students' entrepreneurial intention. The managerial implication of these findings is that universities need to develop programs and policies that support the development of student entrepreneurial intention and create a positive university climate in the campus environment."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Natasya Arminta
"
ABSTRAKKesadaran mengenai pentingnya peran kewirausahaan dalam suatu negara membuat para pembuat kebijakan mulai mencari cara untuk meningkatkan tingkat kewirausahaan dengan mengajak generasi muda untuk memulai membuka sebuah bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mengetahui faktot-faktor yang dapat meningkatkan intensi kewirausahaan mahasiswa. Faktor budaya dan pendidikan digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang diolah menggunakan metode
Structural Equation Modelling (SEM) ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam mempengaruhi intensi mahasiswa dalam berwirausaha. Untuk faktor budaya, diketahui bahwa hanya variabel
ABSTRACT"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hanifa Salsabila
"Kegiatan entrepreneurship merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi dan sosial suatu negara. Salah satu upaya pemerintah untuk menghasilkan entrepreneur yang berkompeten dan berdaya saing adalah dengan menerapkan entrepreneurial education di perguruan tinggi, yaitu salah satunya di Universitas Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi universitas untuk mengetahui intensi berwirausaha agar dapat mengembangkan potensi dan ide-ide kreatif dari mahasiswa. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat entrepreneurial intentions mahasiswa yang dilihat dari faktor pendidikan (education), sikap (attitude) dan budaya (culture). Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan partisipan responden mahasiswa sarjana di Universitas Indonesia. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk g-form yang disebarkan secara online dan offline, dengan kriteria responden mahasiswa sarjana Universitas Indonesia yang pernah atau sedang mengikuti mata kuliah entrepreneurship. Data kuesioner terkumpul sebanyak 315 tanggapan, namun hanya 262 tanggapan yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data deskriptif digunakan dengan bantuan software SPSS versi 19, dan analisis data PLS-SEM dilakukan dengan bantuan software SmartPLS versi 4 untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa entrepreneurial education dan entrepreneurial attitude mempengaruhi entrepreneurial intentions secara signifikan positif, entrepreneurial education mempengaruhi entrepreneurial attitude secara signifikan positif dan entrepreneurial attitude memiliki efek moderasi terhadap entrepreneurial education dengan entrepreneurial intentions secara signifikan positif. Selanjutnya, hasil dari variabel culture gagal menjelaskan efek sebagai variabel moderasi dari hubungan entrepreneurial education dengan entrepreneurial attitude, sehingga hasil tersebut negatif dan tidak signifikan.
Entrepreneurship activities are very important in the economic and social development of a country. One of the government's efforts to produce competent and competitive entrepreneurs is by implementing entrepreneurial education in universities, one of which is at the University of Indonesia. Therefore, it is very important for universities to know their entrepreneurial intentions so they can develop students' potential and creative ideas. Thus this research is carried out with the aim of analyzing how the level of entrepreneurial intentions of students is seen from the factors of education (education), attitude (attitude) and culture (culture). A quantitative approach was used in this study by involving undergraduate student respondents at the University of Indonesia. Data was collected by distributing questionnaires in the form of g-forms which were distributed online and offline, with the criteria of respondents being undergraduate students at the University of Indonesia who had or were currently taking entrepreneurship courses. Questionnaire data collected as many as 300 responses, but only 262 responses met the research criteria. Descriptive data analysis was used with the help of SPSS version 19 software, and PLS-SEM data analysis was carried out with the help of SmartPLS version 4 software to test the hypothesis. The findings of this study indicate that entrepreneurial education and entrepreneurial attitude influence entrepreneurial intentions significantly positively, entrepreneurial education influences entrepreneurial attitudes significantly positively and entrepreneurial attitude has a moderating effect on entrepreneurial education with entrepreneurial intentions significantly positively. Furthermore, the results of the culture variable failed to explain the effect as a moderating variable on the relationship between entrepreneurial education and entrepreneurial attitude, so the results were negative and not significant."
Depok: Fakultas Ilmu administrasi Universitas ndonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Eva Mutia Ghofarany
"Suatu negara membutuhkan banyak wirausahawan untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat. Mahasiswa merupakan segmen yang diharapkan dapat menjadi wirausahawan dan meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia. Dampak dari pandemi Covid-19, seperti resesi ekonomi dan meningkatnya penggunaan teknologi, dapat dilihat sebagai hambatan atau peluang bagi mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat berwirausaha pada mahasiswa selama masa pandemi Covid-19. Data 290 mahasiswa dari berbagai tingkat pendidikan dan perguruan tinggi dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dukungan relasional, dukungan pendidikan, dan dukungan struktural terhadap intensi berwirausaha mahasiswa perlu dimediasi oleh sikap dan kontrol perilaku yang dirasakan. Hasil penelitian ini menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, perguruan tinggi perlu meningkatkan dukungan dalam penggunaan TIK sehingga mahasiswa dapat merasa memiliki kemampuan yang lebih besar dalam mengkontrol bisnis. Penelitian ini juga menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, pemerintah perlu meningkatkan dukungan, khususnya dukungan dalam digitallisasi ekonomi, sehingga dapat meningkatkan ketertarikan mahasiswa terhadap kewirausahaan. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa penggunaan teknologi digital dapat memaksimalkan dukungan yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan dalam situasi yang tidak terduga seperti pandemi.
A country needs large numbers of entrepreneurs to strengthen the resilience of national economic and improve the socio-economic welfare of the community. Students are a segment that is expected to become entrepreneurs and increase the number of entrepreneurs in Indonesia. The impact of the Covid-19 pandemic, such as the economic recession and increasing use of digital technology, can be seen as an obstacle or opportunity for students to have the intention of becoming entrepreneurs. This study aims to determine the entrepreneurial intention of students during the Covid-19 pandemic. Data on 290 students from various education levels and universities were analyzed using the Structural Equation Model (SEM). The results showed that the influence of relational support, educational support, and structural support on students' entrepreneurial intentions needs to be mediated by perceived attitudes and behavioral control. The results highlight greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing the ICT usage in universities to increase perceived student's ability to control the business. This study also highlights greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing structural support for economic digitalization to increase the student's interest in entrepreneurship. This study also confirms that the use of digital technology can maximize the support needed by students to have the intention to become entrepreneurs in unexpected situations like a pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library