Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2807 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Helcke, George
OXford: Commission of the European Communities by Pergamon Press, 1981
658.155 3 HEL e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Smith, Peter F.
Amsterdam: Architectural Press, 2004
720.472 SMI e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36011
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denno, Khalil
New York: McGraw-Hill, 1994
621.317 DEN e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Baron, Stephen L.
New York: Prentice-Hall, 1978
R 621.042 MAN
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
"The focus of this paper is to develop the control strategy on aldehyde dsitillation column. The objectives are to maintain the consistency of produc''s energy saving and optimum cost....."
IPTEKAB
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Femy Sanana Sanvia
"Sektor bangunan gedung merupakan salah satu pengguna energi listrik terbesar.
Sistem pada bangunan gedung yang menggunakan energi listrik terbesar, antara
lain adalah sistem tata udara, sistem pencahayaan, dan sistem transportasi gedung.
Energy Saving Performance Contract (ESPC) dapat menjadi salah satu alternatif
dalam mendukung implementasi efisiensi energi pada sektor bangunan gedung
hingga 10-30%. Studi ini menginvestigasi penerapan ESPC dalam Replacement
perangkat sistem tata udara pada gedung, yaitu Chiller. Replacement perangkat
Chiller dapat menghasilkan efisiensi energi listrik sebesar 1200 MWh/tahun atau
mengurangi konsumsi energi listrik hingga 34% dengan investasi payback period
5 tahun. Studi ini dapat diperluas untuk mengembangkan penerapan ESPC di
Indonesia.

Building sector is one of the biggest electricity energy consumption. Building’s
system that used the biggest electrical energy consumption, are air conditioning
systems, lighting systems, and building transportation systems. Energy Saving
Performance Contract (ESPC) could be an alternative to support implementation
of energy efficiency in the building sector up to 34%. This study investigates the
application of ESPC in the Replacement of the air conditioning system in the
building, Chiller. Chiller Replacement can produce 1200 MWh/year energy
efficiency or reduce 34% electrical energy consumption with a 5-year payback
period investment. This study can be broadened to develop application of ESPC in
Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Azim
"Program Lampu Hemat Energi (LHE) yang dikampanyekan PLN ke rumah tangga kecil memberikan keuntungan dari sisi hemat energi, akan tetapi hal ini juga memiliki kerugian yaitu dari sisi harmonik yang ditimbulkannya karena dapat menimbulkan gangguan baik pada sistem kelistrikan maupun pada system telekomunikasi. Karakteristik harmonik Lampu Hemat Energi dapat dilihat dari pengukuran THD (Total Harmonic Distortion) tegangan dan THD arus. Cahaya yang dihasilkan dapat diketahui dengan mengukur Lux (lumen/m²). Sedangkan pengaruh harmonik pada keakuratan pembacaaan Kwhmeter dapat diketahui dengan mengukur energinya dengan Kwhmeter.
Analisis yang dilakukan dari data hasil pengukuran adalah dengan melihat frekuensi harmonik yang memiliki amplitudo tegangan dan arus terbesar, hubungan besar THD terhadap faktor dayanya (PF), menghitung nilai faktor bentuk (form factor) dan faktor puncak (crest factor), serta besar Lux yang dihasilkan. Untuk data hasil pengukuran dengan Kwhmeter dianalisa dengan membandingkan hasil perhitungan dengan hasil pengukuran energinya.
Dari hasil pengukuran diperoleh harmonik tegangan dan arus pada LHE adalah harmonik orde ganjil dengan harmonik tegangan terbesar pada orde ke-5 dan harmonik arus terbesar pada orde ke-3. Selain itu harmonik pada LHE memiliki pengaruh yang buruk yaitu menurunkan nilai PF dan harmonik pada LHE sangat kecil pengaruhnya terhadap error pada pembacaan Kwhmeter. Dari hasil pengukuran diperoleh pula bahwa beban nonlinier lain disekitar tempat pengukuran yang terhubung dengan sistem sangat mempengaruhi bentuk tegangan sistem.
Berdasarkan hasil penelitian harmonik pada LHE ini, efek negatif harmonik pada LHE masih kecil dibandingkan keuntungan yang diperoleh dari sisi hemat energinya. Selain itu dari hasil penelitian harmonik ini dapat pula didesain filter untuk memperkecil harmonik tegangan pada orde ke-5 dan harmonik arus pada orde ke-3.

Energy Saving Lamp program announced by PLN to small residential customers gives advantage on energy saving side, but it has disadvantage on the harmonic produced, because it can disturb electrical power system and telecommunication system. Harmonic characteristic of Energy Saving Lamp can be seen from THD (Total Harmonic Distortion) measurement of it's voltage and current. The light produced by this lamp can be measured from the Lux (lumen/m2) produced, while the influence of harmonic produced to the acuracy of Kwhmeter can be known by measurement of energy.
The analysis done to measurement datas is by seeing harmonic frequency which has the biggest voltage and current amplitude, relation between it?s THD and power factor (PF), calculate form factor and crest factor of it?s voltage and current waveform, and the lux produced. The data of energy measurement is analysed by compare the results of measurement with the results of calculation.
Measurement results shows the voltage and current harmonic of energy saving lamp are odd order harmonics. The voltage is predominantly fifth harmonic but the current is predominantly third harmonic. The harmonic produced has a significant negative effect on power factor. It decreases true power factor but the influence of harmonic produced to the acuracy of Kwhmeter is small. Non linier loads near measurement place which are connected to the system have a significant effect on system voltage waveform.
According to the results of this harmonic research, negative effect of the harmonic produced is smaller than the advantage on energy saving side. The results of this research also can be used to design filter to decrease harmonic voltage of fifth order and harmonic current of third order.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40556
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Yosua Stevanus
"Semakin berkembangnya jaman yang diikuti dengan perkembangan teknologi membawa dampak pada peningkatan konsumsi energi listrik sehingga perlu dilakukan penghematan. Salah satu penghematan dengan melalui penghematan konsumsi energi listrik untuk penerangan. Seiring kemajuan teknologi ditemukanlah penerangan dari LED yang lebih hemat energi.Oleh karena itu dilakukanlah pengujian lampu penerangan dari lampu pijar, lampu hemat energi, dan lampu LED untuk menemukan adakah peluang lampu LED untuk menghemat pemakaian energi listrik.
Dari hasil pengujian dan simulasi yang diasumsikan maka diperoleh hasil bahwa 1 watt lampu LED akan setara dengan 1,36 watt lampu hemat energi 1,09 lampu hemat energi bentuk tornado, dan 12,19 watt lampu pijar sehingga memungkinkan peluang penghematan engergi listrik dari pemakaian lampu LED. Untuk saat ini memang biaya yang dikeluarkan untuk pemakaian LED lebih mahal daripada jenis lampu hemat energi yang sudah ada dimana setelah pemakaian 5 tahun lampu LED akan lebih mahal Rp 110.058,00 dari lampu hemat energi biasa dan lebih mahal Rp 211.866,00 dari lampu hemat energi bentuk tornado.

The development of the era which followed with the development of technology brings impact on electrical energy consumption increase so that the savings needed to be made. One with saving through savings on energy consumption of electricity for illumination. Technology progresses in his possession was the explanation of the LEDS more energy efficient.Therefore testing of lighting lamps was did for incandescent lamps, energy-saving lamps, LED lamps to discover the opportunities of LED lamps to save electrical energy consumption.
From the results of testing and simulation assumed then retrieved the results that the 1 watt LED lamps will be the equivalent of 1.36 watts of energy-saving light bulbs, 1.09 watts of energy saving light bulb tornadoes form, and 12,19 watts of incandescent bulbs so allows saving opportunities of electric engergi LED lamps usage. For the moment LED lamps cost's are more expensive than other types of energy-saving light bulbs where after 5 years of use LED lamps will be more expensive Rp 110.058 for energy-efficient lights regular form and more expensive Rp 211.866 from energy-saving lamps tornadoes form.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43035
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Leonardo Guntur
"Emisi dari industri pelayaran berkontribusi sebesar 2,89 persen dari total emisi CO2 global. dimana jenis kapal container, kapal curah, dan kapal tanker menjadi kontributor terbesar yaitu lebih dari 80% dari total emisi. Bagi kapal existing dapat melakukan strategi untuk menurunkan nilai EEXI sehingga memenuhi standar nilai EEXI yang disyaratkan salah satunya dengan Optimized hull design pengurangan konsumsi bahan bakar dengan mengurangi hambatan yang timbul dari lambung kapal. Penggunaan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) dan metode berbasis Slender-Ship Theory saat ini telah banyak digunakan untuk menganalisis seakeeping kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan lambung kapal Tanker 17500 DWT dengan pemasangan ESD jenis fin secara full scale untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap efisiensi dan emisi. Referensi yang digunakan untuk menghitung dan melakukan simulasi adalah MARPOL Annex VI and EEXI relevant guidelines/guidance dengan estimasi speed-power curve dari tank test. Selanjutnya dilakukan penelitian hambatan pada lambung kapal dengan metode CFD pada kondisi calm water yang akan divalidasi dengan metode Holtrop dan Maxsurf Resistance. Setelah itu akan dilakukan simulasi CFD Openwter untuk mendapatkan karakteristik performa kapal dan divalidasi hasilnya menggunakan metode regresi polinomial B-series profiling. Kemudian akan dilakukan self-propulsion test dengan CFD Resistance with Actuator Disk dalam kondisi calm water untuk mendapatkan nilai power operasional desain kapal. Dengan adanya optimasi ESD fin nilai Thrust deduction factor meningkat akibat nilai thrust meningkat dan resistance kapal menurun. Nilai Wake factor juga meningkat karena nilai Va menurun, tetapi nilai Relative Rotation Efficiency menurun. Nilai wake factor menyebabkan nilai efisiensi juga meningkat, hal tersebut terbukti pada nilai Hull Efficiency dan Propulsive Efficiency meningkat. Dilakukan juga simulasi seakeeping dengan Metode Slender-Ship Theory dan CFD untuk mendapatkan nilai added resistance yang dialalami kapal berdasarkan titik resonant frequency kapal di wavelentgh ratio 1-1.25. Nilai EHP karena penurunan hambatan yang dialami kapal sebesar 2.55% sehingga nilai BHP juga menurun, hal itu menunjukkan bahwa daya output main engine untuk menggerakkan kapal maju pada kecepatan servis yang tetap akan semakin berkurang sehingga mengurangi fuel consumption main engine. Hal tersebut berpengaruh kepada hasil perhitungan nilai EEXI attained yang disebabkan oleh peningkatan nilai referenced speed yang dialami kapal. Optimasi pemasangan fin di lambung kapal mampu menurunkan nilai EEXI kapal hingga memenuhi standar dengan penurunan nilai EEXI sebesar 9.5%. Setelah adanya optimasi lambung dengan fin total fuel consumption dan CO2 emission kapal berkurang sebesar 8.6%, tetapi belum bisa memenuhi standar CII yang dibutuhkan oleh kapal.

Emissions from the shipping industry account for approximately 2.89 percent of total global CO2 emissions, with container ships, bulk carriers, and oil tankers being the largest contributors, representing more than 80% of these emissions. Existing vessels can implement strategies to lower their Energy Efficiency Existing Ship Index (EEXI) values to comply with the required EEXI standards, one approach being the optimized hull design to reduce fuel consumption by minimizing the resistance generated by the ship’s hull. The use of Computational Fluid Dynamics (CFD) and Slender-Ship Theory-based methods has become prevalent for analyzing ship seakeeping. This study aims to optimize the hull of a 17500 DWT Tanker by installing a fin-type Energy Saving Device (ESD) on a full scale to assess its impact on efficiency and emissions. The references used for calculations and simulations include MARPOL Annex VI and EEXI relevant guidelines/guidance, with an estimation of the speed-power curve from tank tests. The research involves analyzing the hull resistance using the CFD method in calm water conditions, which will be validated with the Holtrop method and Maxsurf Resistance. Subsequent CFD Open water simulations will be conducted to determine the ship’s performance characteristics, validated using the polynomial regression method of B-series profiling. A self-propulsion test with CFD Resistance and Actuator Disk will also be performed in calm water conditions to ascertain the operational power design of the ship. With the optimization of the ESD fin, the Thrust Deduction Factor increases due to the rise in thrust and the decrease in ship resistance. The Wake Factor also increases as the Va value decreases, but the Relative Rotation Efficiency decreases. The increase in the Wake Factor leads to improved efficiency, evidenced by the enhanced Hull Efficiency and Propulsive Efficiency. Seakeeping simulations using the Slender-Ship Theory and CFD methods are also conducted to determine the added resistance experienced by the ship based on the ship’s resonant frequency point at a wavelength ratio of 1-1.25. The ship’s resistance decreases by 2.55%, resulting in a reduction in Effective Horsepower (EHP) and Brake Horsepower (BHP), indicating that the main engine’s output power for propelling the ship forward at a constant service speed will be reduced, thereby lowering the main engine’s fuel consumption. This impacts the calculation of the attained EEXI value due to the increase in the ship’s referenced speed. The optimization of fin installation on the ship’s hull successfully reduces the ship’s EEXI value by 9.5%, meeting the standards. After the hull optimization with fins, the total fuel consumption and CO2 emissions of the ship decreased by 8.6%, but it has not yet met the required Carbon Intensity Indicator (CII) standards."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>