Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 139513 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wesky Putra Pratama
"ABSTRAK
Anggaran dasar suatu badan hukum baik yang berbentuk perseroan maupun
perseroan terbuka merupakan hal yang fundamental. Tesis ini membahas suatu
bentuk pengaturan pokok-pokok anggaran dasar yang wajib untuk dimuat dalam
anggaran dasar suatu perseroan terbuka. Pembahasan disini terutama mengenai sifat
pengaturan dan penerapan sanksi atas pelanggaran kewajiban penyesuaian anggaran
dasar. Pasar modal memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, sehingga
pelaksaanan ketentuan yang dimuat dalam berbagai peraturan perundang-undangan
harus dijalankan secara tepat dan diawasi secara tegas. Beralihnya fungsi Bapepam-
Lk kepada OJK seharusnya dapat memberi perubahan yang terintegrasi menuju kea
rah yang lebih baik, pembahasan dalam tesis ini diharapkan dapat memberikan
kontribusi terdapat hal tersebut.

ABSTRACT
The articles of association of a legal entity in the form of either the company or the
public company is fundamental. This thesis describes a form of regulation of key
points to the articles of association which shall be published in a publicly held articles
of association of public company. The discussion here is mainly on regulating
attributes and application of sanction for the violations of obligations to adjust the
articles of association. Capital markets have an important role in the Indonesian
economy, thus imple provisions contained in various legislations must be executed
appropriately and monitored strictly. Shift function from Bapepam-LK to the OJK
should be given to the integrated change toward the better, the discussion in this
thesis are expected to contribute to that."
Universitas Indonesia, 2013
T35416
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Yustika Haryanti
"ABSTRAK
Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas mewajibkan
perseroan yang didirikan sebelum lahirnya undang-undang tersebut untuk
menyesuaikan anggaran dasar perusahaannya agar sesuai dengan ketentuan
Undang-Undang No. 40 Tahun 2007. Dalam kasus yang diangkat dalam tesis ini
terdapat PT. Tjitajam yang menggugat Direktur Jenderal Administrasi Hukum
Umum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia ke Pengadilan Tata Usaha
Negara karena tidak bisa melakukan perubahan anggaran dasar disebabkan ada
pihak lain yang sebelumnya sudah melakukan perubahan anggaran dasar PT.
Tjitajam, yang mana perubahan tersebut tidak diketahui oleh pihak PT. Tjitajam
sebagai Penggugat. Pokok permasalahan dalam tesis ini adalah mengenai peranan
Notaris dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam proses
penyesuaian perubahan anggaran dasar PT. Tjitajam dan mengenai perlindungan
hukum bagi pemegang saham PT. Tjitajam terhadap hasil putusan Pengadilan
Tata Usaha Negara Jakarta Nomor 124/G/2009/PTUN-JKT. Bentuk Penelitian
yang dipergunakan dalam penulisan tesis ini adalah penelitian hukum yuridis
normatif dengan data yang digunakan adalah data primer, sekunder, dan tersier.
Dalam pengolahan data digunakan metode kualitatif. Berdasarkan penelitian,
dapat disimpulkan bahwa Notaris sebelum melakukan perubahan anggaran dasar
harus melakukan pengecekan terlebih dahulu pada Sistem Administrasi Badan
Hukum atas data-data perseroan yang terdapat pada perubahan anggaran dasar
sebelumnya, apabila data-data tersebut cocok dengan data-data yang dimiliki
Notaris, maka dapat dilanjutkan proses permohonan perubahan Anggaran Dasar
ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia melalui system administrasi
badan hukum, dalam hal ini peranan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
adalah melakukan pengecekan apakah permohonan tersebut sudah sesuai dengan
persyaratan dan tata cara permohonan untuk perubahan anggaran dasar, dan
apabila sudah sesuai maka Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
mengeluarkan surat keputusan persetujuan perubahan anggaran dasar yang
ditandatangani secara elektronis oleh Menteri.

ABSTRACT
Law No. 40 of 2007 concerning Limited Liability Company requires the company
which established before the provision of the law to adjust their company's
articles of the association to the provision of Law No. 40 of 2007. In this thesis
there is PT. Tjitajam who bring lawsuit against Direktur Jenderal Administrasi
Hukum Umum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia to the State
Administrative Court because it cannot amend its Articles of Association because
there was another party did, which PT. Tjitajam as the plaintiff was not aware of
such amendment. The main problems of this thesis are about Notary's and
Ministry of law and Human Rights's role in the process of the amendment to the
articles of the association of PT. Tjitajam and about the legal protection of PT.
Tjitajam's shareholders to the verdict of the Jakarta's State Administrative Court
number 124/G/2009/PTUN-JKT. The form of research used in this thesis is a
normative legal research with the data used are primary data, secondary, and
tertiary. In the data processing used qualitative methods. Based on the research, it
could be concluded that before the amendment of the articles of the association,
Notary, firstly has to check about the company's data on the Administrative
System for Legal Entities, whether those datas are match with the datas that
Notary's have, then if so, Notary can continue the process of amendment to the
Ministry of Law through Administrative System for Legal Entities, in this case,
the Ministry of Law and Human Right's role is to check whether the application is
already correspond to the requirements and the procedure of the amendment to the
articles of the association, and if so, then the Ministry of Law and Human Rights
will issue the consent decree of the amendment to the articles of the association
which electronically signed by the Minister."
2013
T32587
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Yulean
"ABSTRAK
Perseroan terbuka mempunyai sistem manajemen yang berbeda dengan
perseroan tertutup. Dalam perseroan terbuka harus terdapat transparansi yang
dapat dipertanggungjawabkan kepada publik, mengingat banyaknya pemegang
saham publik. Pemegang saham dalam suatu perseroan dapat terdiri dari
pemegang saham minoritas dan pemegang saham mayoritas. Hal tersebut dapat
dibedakan dari jumlah kepemilikan saham dalam suatu perseroan. Dikarenakan
pemegang saham minoritas memiliki persentase kepemilikan saham yang lebih
kecil dibandingkan dengan pemegang saham mayoritas, maka seringkali
dirugikan atau ada ketidakpuasan terhadap keputusan-keputusan yang diambil
oleh manajemen perseroan. Terlebih apabila manajemen perseroan didominasi
oleh pemegang saham mayoritas, sehingga keputusan terkait perseroan yang
diambil cenderung mewakili kepentingan pemegang saham mayoritas. Bahkan
pada saat pengambilan keputusan melalui Rapat Umum Pemegang Saham
(“RUPS”), maka pemegang saham minoritas akan mengikuti keputusan (dari
pemegang saham mayoritas/melalui) RUPS. Bertitik tolak dari permasalahan
tersebut di atas, maka masalah-masalah yang timbul sebagai berikut: pertama,
bagaimana hak pemegang saham publik yang mengalami kerugian dalam
perseroan terbuka karena nilai saham menurun yang disebabkan oleh tindakan
pemegang saham mayoritas, kelalaian anggota direksi ataupun dewan komisaris;
kedua, kesulitan apa yang dihadapi oleh pemegang saham minoritas dalam
menuntut hak-haknya; ketiga, bagaimana hak anggota direksi untuk melakukan
pembelaan terhadap setiap gugatan pemegang saham; keempat, apakah pemegang
saham minoritas sudah cukup mendapat perlindungan hukum. Dari penelitian
kepustakaan yang menggunakan metode atau bersifat yuridis normatif dengan
metode pengumpulan data kepustakaan, hasil penelitian menemukan jawaban
bahwa pemegang saham publik yang dirugikan dapat mengajukan gugatan
derivatif, yaitu menggugat direksi atau dewan komisaris atas nama perseroan
apabila mewakili minimum 1/10 dari jumlah seluruh saham perseroan, dan direksi
sebagai pengelola perseroan dapat melakukan pembelaan atas adanya gugatan
yang timbul dengan menggunakan prinsip Business Judgement Rule. Namun
demikian, pemegang saham minoritas dalam perseroan terbuka belum cukup
mendapat perlindungan hukum karena masih terdapat kesulitan dalam
pembuktian. Disarankan agar prinsip keterbukaan perlu dimiliki dan diterapkan
dalam perseroan terbuka serta otoritas lembaga, khususnya Otoritas Jasa
Keuangan dan Bursa Efek Indonesia memainkan peran sentral dalam melindungi
kepentingan pemegang saham dengan membuat peraturan-peraturan yang
meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan perseroan publik.

ABSTRACT
A public company has a different system of management as opposed to a
closed company. A public company is required to implement transparency
accountable to the public, considering the huge number of the public investors.
The shareholders in a company may distinct into minority shareholders and
majority shareholders. That differentiation may be based on the portion of the
shares ownership in the company. Due to the portion of the minority shareholders
hold the shares in less number than the majority shareholders, often they are
damaged or not satisfied by way the decision are made by the management of the
company. This is based on the fact that the management of the company is
dominated by the majority shareholders, thus corporate decision is taken for the
benefit and interest of the majority shareholders. Even at the voting at the General
Meeting of Shareholders, the minority shareholders shall follow the decision
made by the majority shareholders. In the view of that, the issues are as follows:
firstly, what are the rights of the public shareholders that incurred loss in a public
company due to the value of the shares collapse as a result of the majority
shareholders action, including the negligence of the Board of Directors members
or even the Board of Commissioners members; secondly, what are the obstacles
faced by the minority shareholders in the pursue for their rights; thirdly, what are
the rights of the Board of Directors to defend itself against any claims of the
shareholders; fourthly, are there adequate legal protection to the minority
shareholders. Through literature data collating based on legal normative form by
using library research methods it has summarized several answers, among others
are that public shareholders who experience damages may use derivative action to
claim on behalf of the company if the shareholders as the claimant represent all
together minimum 10% voting rights of the entire shares issued by the company,
and the Board of Directors may use the principle of Business Judgment Rule to
defend itself of any claim raised against it. However, the minority shareholders in
a public company are not adequately legally protected due to the obstacle in the
implementation considering most of the claims must be proven. It is advisable that
the transparency principle must be uphold and implemented in a public company
and the related authorities, mainly Otoritas Jasa Keuangan (Financial Services
Authority) and the Stock Exhance of Indonesia has a central role in the protection
of the shareholders interest in the capital market by issuing provisions to enhance
the transparency and accountability practice in the management of a public
company."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2014
T38764
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hardijan Rusli
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996
346.06 HAR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rochmat Soemitro
Bandung: Eresco, 1993
346.06 ROC h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>