Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 104905 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pfeiffer, Ronald P.
Jakarta: Erlangga, 2012
617.102 7 PFE p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Mulisari
"Pengetahuan akan pertolongan pertama merupakan hal yang sangat penting tidak hanya bagi tenaga kesehatan, namun bagi olahragawan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perbandingan tingkat pengetahuan antara mahasiswa anggota UKOR Hockey UI dengan mahasiswa FIK UI angkatan 2014 tentang pertolongan pertama cedera olahraga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif komperatif dengan teknik simple random sampling melibatkan 134 responden.
Hasil analisis diperoleh bahwa mahasiswa FIK UI angkatan 2014 memiliki tingkat pengetahuan dengan kategori sangat baik ndash; baik sebanyak 43 mahasiswa 51,2, sementara mahasiswa UKOR Hockey UI sebanyak 24 mahasiswa 48 yang memiliki pengetahuan cukup. Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara mahasiswa FIK UI angkatan 2014 dengan UKOR Hockey UI p=0,001, =0,05. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan serta informasi bagi UKOR Hockey UI untuk meningkatkan pengetahuan akan pertolongan pertama dan bagi FIK UI dalam mengembangkan keperawatan olahraga.

Knowledge of first aid is very important not only for health workers, but also for athletes. The purpose of this study is to identify the comparative level of knowledge between students of UKOR Hockey UI and FIK UI student class of 2014 about first aid of sports injury. The design that used in this study is descriptive comparative using simple random sampling technique with 134 respondents.
The result of analysis shows that FIK UI student of class of 2014 with very good good knowledge category are 43 students 51,2, while UKOR Hockey UI students were 24 48 students with enough knowledge. The result of this research is there is a difference of knowledge level between students of UKOR Hockey UI and FIK UI student of class of 2014 p 0,001, 0,05.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Skeet, Muriel
Jakarta: EGC, 1993
616.025 2 SKE t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sjofjan Rassat
Jakarta: Djambatan, 1991
616.025 2 RAS p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sjofjan Rassat
Jakarta: Djambatan, 1988
363.1 SJO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Thygerson, Alton L.
Jakarta: Erlangga, 2011
616.025 THY ft (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Stanway, Andrew
Jakarta: Arcan, 1992
R 616.0252 STA p
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Fitramaya, 2007
362.18 PER
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Papyrus
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010
613 PAP w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cyrillistanti Tishka Kusumaedi
"Latar Belakang: Cedera trauma dental merupakan masalah serius secara global terutama pada siswa Sekolah Dasar karena frekuensi kejadian yang tinggi serta sifat pengobatannya yang rumit, mahal, dan terkadang memiliki efek samping yang dapat bertahan beberapa tahun. Peran guru sangat penting dalam memberikan penanganan yang tepat apabila terjadi cedera pada muridnya.
Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan guru SD di DKI Jakarta tentang cedera trauma dental dan hubungan antara sikap, efikasi diri, karakteristik pribadi, pengalaman, serta sumber informasi guru dengan pengetahuan.
Metode: Studi cross-sectional dengan metode convenience sampling pada 624 guru SD di DKI Jakarta dengan mengirimkan kuesioner online yang disebarkan melalui Dinas Pendidikan di seluruh wilayah DKI Jakarta. Analisis data dilakukan secara deskriptif, uji Chi Square, dan analisis statistik dengan nilai Odds Ratio.
Hasil: 51,8% guru SD di DKI Jakarta masih memiliki pengetahuan yang terbatas mengenai praktik pertolongan pertama cedera trauma dental. 30,8% guru mengetahui bahwa bagian gigi yang patah dapat disambung kembali, 90,1% guru mengetahui bahwa kontrol perdarahan harus dilakukan segera setelah terjadinya cedera, dan 29% guru mengetahui bahwa gigi yang terlepas dapat dikembalikan ke posisi awalnya. Sumber informasi, pengalaman, dan efikasi diri guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan mengenai manajemen cedera trauma dental (p < 0,05).
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan guru SD di DKI Jakarta mengenai manajemen pertolongan pertama cedera trauma dental masih terbatas. Mayoritas guru belum pernah mendapatkan pelatihan ataupun informasi mengenai cedera trauma dental sehingga berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan sikap dan efikasi diri guru. Sumber informasi mengenai cedera trauma dental dapat mempengaruhi pengetahuan guru SD di DKI Jakarta melalui edukasi dan pelatihan pertolongan pertama dari para ahlinya.

Background: Traumatic dental injury is a serious problem globally, especially in elementary school students because of the high frequency of occurrence and the nature of the treatment which is complicated, expensive, and sometimes has side effects that can last several years. Teacher’s role is very important in providing appropriate treatment in the event of an injury to a student.
Objective: To determine the knowledge level of elementary school teachers in Jakarta about traumatic dental dental injuries and the relationship between teachers’ attitudes, self-efficacy, personal characteristics, experiences, and information sources with knowledge.
Methods: A cross-sectional study using convenience sampling method was conducted on 624 elementary school teachers in Jakarta by sending an online questionnaire which was distributed through the Education Office in all areas of Jakarta. Data analysis was carried out descriptively, Chi Square test, and statistical analysis with the Odds Ratio value.
Results: 51,8% of elementary school teachers in Jakarta have limited knowledge about the practice of first aid for traumatic dental injuries. 30.8% of teachers know that broken teeth can be reattached, 90.1% of teachers know that bleeding control must be done immediately after the injury, and 29% of teachers know that an avulsed tooth can be returned to its original position. Teachers' sources of information, experiences, and self-efficacy had a significant relationship on knowledge about the management of traumatic injuries (p < 0.05).
Conclusion: The knowledge level of elementary school teachers in Jakarta regarding first aid management for dental trauma injuries is still limited. The majority of teachers have never received training or information about traumatic dental injuries so that it affects to the knowledge level and self-efficacy of teachers. Sources of information regarding traumatic dental injuries can affect the knowledge of elementary school teachers in Jakarta through education and first aid training from experts.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>