Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144082 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pratiwi Prima E.S.
"Suatu program pemastian Suatu program pemastian dan peningkatan kualitas dirancang untuk memungkinkan suatu evaluasi kesesuaian aktivitas audit internal terhadap definisi dan standar audit internal, serta evaluasi apakah auditor internal telah menerapkan kode etik yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terpenuhinya kualitas standar departemen audit internal PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. yang sesuai dengan standar IIA dan mengetahui persepsi pemakai terhadap kualitas departemen audit internal. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat descriptive comparative dengan metode penelitian trend analysis dari studi lapangan. Hasil penelitian adalah program quality assurance belum digunakan secara optimal sebagai upaya peningkatan kualitas yang berarti serta penilaian pemakai memiliki perbedaan persepsi dalam menilai kualitas departemen audit internal. departemen audit internal

An assurance and quality improvement program is designed to enables an evaluation of the suitability of the internal audit activity and the definition of internal auditing standards, as well as evaluating whether the internal auditors have implemented a code of ethics. The objective of this study was to determine the fulfillment of the quality standards PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk?s internal audit department in accordance with the IIA standards and determine the users perception on the quality of the internal audit department. This study used a descriptive comparative approaches with trend analysis research method from the study field. The results of this research is the quality assurance program is not used optimally as a significant quality improvement efforts as well as the users assessment have different perception in assessing the quality of the internal audit department."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T55454
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Willyanto Arifin
"Internal audit departemen merupakan suatu departemen independen dalam perusahaan yang melakukan evaluasi terhadap internal control perusahaan. Evaluasi internal control perusahaan perlu dievaluasi secara berkala untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada. Kelemahan dari internal control perlu diperbaiki dengan melibatkan seluruh bagian dalam perusahaan yang terkait. Untuk melakukan evaluasi secara objektif diperlukan suatu departemen dalam perusahaan yang tidak melaksanakan kegiatan operasional perusahaan sehingga dapat memberikan penilaian yang objektif.
Internal audit sebagai lembaga independen dalam perusahaan perlu memiliki kualitas agar audit yang dilakukan berkualitas dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi perusahaan. Salah satu cara dalam menjaga kualitas internal audit adalah dengan melakukan quality assurance review yang dilakukan oleh pihak ketiga yang independen misalnya konsultan, kantor akuntan publik dll.
PT. X sebagai salah satu distributor konsumer produk terbesar, telah memiliki internal audit yang berkualitas, hal ini tampak dari analisis quality assurance yang dilakukan oleh penulis. Kualitas internal audit ini tampak dan adanya struktur organisasi yang jelas, program & jadwal audit yang tersusun dan training untuk memberikan pengetahuan kepada internal auditor.
Evaluasi internal control yang dilakukan adalah internal control atas kas, piutang, persediaan, aktiva tetap dan hutang selama tahun 2003-2004. Hasil darn evaluasi yang dilakukan menunjukan bahwa internal control PT X telah memadai walaupun masih memerlukan perbaikan dan peningkatan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan. Untuk memperbaiki kelemahan internal control yang ada maka perlu kerjasama antar setiap bagian dalam perusahaan. Manajemen perusahaan harus turut berperan aktif dalam melihat kelemahan yang ada dan perbaikan yang dilakukan atas kelemahan tersebut."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T15606
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga
"[Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan assessment atas tingkat maturity staffing quality assurance sesuai dengan standar IIA 1300 dan kemudian memberikan rekomendasi untuk meningkatkan maturity level staffing quality
assurance menjadi tingkat yang dapat diterima (acceptable). Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat exploratory kualitatif dengan menggunakan perangkat kuesioner dan dokumen-dokumen pendukung sebagai alat bantu penelitian. Tingkat maturity PT X (Persero), Tbk berada pada tingkat 2 dan 3 people management, IA-CM Model untuk sektor publik dan juga dengan mempertimbangkan penilaian dari pihak internal lainya yaitu komite audit dan manajemen, namun perlu ada perbaikan untuk menyempurnakan tingkat tersebut minimal memenuhi batas minimum penilaian yang ditetapkan.

The purpose of this research is to assess the level of maturty staffing quality assurance in accordance with standard IIA 1300 and then provide recommendations to improve the maturity level of staffing quality assurance to becomes an acceptable level. This research is a qualitative exploratory research that is using the questionnaire and supporting documents as a tools for research. Level of maturity PT X (Persero), Tbk is at level 2 and 3, people management, IA-CM Model for the public sector and by considering the assessment of other parties that is audit committee and management, but there should be an improvements to refine this level at least meet the minimum set of assessment.;The purpose of this research is to assess the level of maturty staffing quality
assurance in accordance with standard IIA 1300 and then provide
recommendations to improve the maturity level of staffing quality assurance to
becomes an acceptable level. This research is a qualitative exploratory research
that is using the questionnaire and supporting documents as a tools for research.
Level of maturity PT X (Persero), Tbk is at level 2 and 3, people management,
IA-CM Model for the public sector and by considering the assessment of other
parties that is audit committee and management, but there should be an
improvements to refine this level at least meet the minimum set of assessment, The purpose of this research is to assess the level of maturty staffing quality
assurance in accordance with standard IIA 1300 and then provide
recommendations to improve the maturity level of staffing quality assurance to
becomes an acceptable level. This research is a qualitative exploratory research
that is using the questionnaire and supporting documents as a tools for research.
Level of maturity PT X (Persero), Tbk is at level 2 and 3, people management,
IA-CM Model for the public sector and by considering the assessment of other
parties that is audit committee and management, but there should be an
improvements to refine this level at least meet the minimum set of assessment]
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gary Linggar
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan studi kasus mengenai peran internal auditor pada implementasi ICoFR di PT Telkom Indonesia Tbk. Metode yang digunakan pada tesis ini adalah penelitian kualitatif dengan cara studi literatur dan studi lapangan pada internal audit Telkom. Terdapat beberapa peran internal audit. Faktanya, peran internal audit dalam implementasi ICoFR tidak disebutkan dalam Sarbanes-Oxley Act, namun The IIA membuat panduan atas peran internal audit tersebut. Berdasarkan pada panduan tersebut, peran internal audit di Telkom akan dievaluasi. Peran utama internal audit Telkom dalam implementasi ICoFR adalah menguji desain yang dibuat oleh tim manajemen risiko dan menguji operasi yang dilakukan oleh unit-unit bisnis terkait. Karena perusahaan sudah mengimplementasi ICoFR sejak tahun 2006, perusahaan sudah cukup stabil dalam desainnya, sehingga sebagian besar defisiensi berupa defisiensi operasional. Peran tersebut akan dievaluasi berdasarkan Auditing Standard No. 5 dan kasus praktiknya akan dibahas pada Plain Old Telephone Service dalam siklus pendapatan.

ABSTRACT
This thesis is a study case pertaining to internal audit?s role in Internal Control over Financial Reporting (ICoFR) implementation at PT Telkom Indonesia Tbk. The method in this thesis is qualitative research by doing a study of the literature and studies in the field of internal auditing. There are numerous roles of internal audit. In fact, in Sarbanes-Oxley Act itself, internal audit?s role is not mentioned, yet The IIA published a practical guide for internal audit?s role in ICoFR implementation. Based on the guide, internal audit?s role at Telkom will be evaluated. At Telkom, the main role of internal audit in ICoFR implementation is to test the effectiveness of design and its operational. Owe to the fact that the implementation started from 2006, the design has been stabilized reasonably well, therefore most of the deficiencies came from the operational deficiencies. That particular role of internal audit will be evaluated based on PCAOB Auditing Standard No. 5, while its practical case in Telkom will be given at Plain Old Telephone Service in Revenue Cycle."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T55457
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrico Stephanus
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian implementasi Standar IPPF 2400 Komunikasi Hasil Penugasan di Bank X dengan praktik profesional dalam standar internasional audit internal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan IPPF 2400 masih belum secara penuh dan kualitas penugasan audit internal terkait LHA belum optimal sesuai standar audit IIA. Penerapan IPPF 2400 tersebut masih memiliki kekurangan terutama dalam pedoman yang diterapkan, proses review QA, dan pemahaman terhadap pedoman yang berlaku bagi tim audit. Kondisi tersebut menyebabkan kualitas penugasan tim audit internal Bank X masih belum optimal dan tidak memenuhi keseluruhan standar audit.

This research aims to determine the suitability implementation of IPPF Standard 2400 about Communicating Results in Bank X with professional practices in international standards of internal audit. This research used a qualitative method with descriptive design. The results of this research concluded that the implementation of IPPF 2400 is still partially conform and the quality of internal audit assignment related to internal audit report is not working optimally according to IIA standard. The implementation of the IPPF 2400 still has lacks, especially in the guidelines implemented, QA review process, and an understanding of the guidelines applicable to the audit team. This condition causes the quality of internal audit in Bank X is not working optimally and does not meet the overall audit standard.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nano Soeartono
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas Internal Audit melalui. pendekatan quality assurance sehingga dapat menentukan tingkat pemenuhannya atau ketaatannya terhadap standar profesi dan standar lainnya yang berlaku. Dalam penelitian termasuk menentukan tingkat ketaatan Internal Audit terhadap Anggaran Dasar Internal Audit, dan menampung harapan serta saran dari responden (Manajemen Senior, Pelanggan Audit, Direktur Internal Audit dan Auditor) guna meningkatkan kualitas Internal Audit.
Standar profesi yang digunakan dalam evaluasi ini adalah "Standard for the Professional Practice of Internal Auditing" yang disusun oleh the Institute of Internal Auditor, Amerika, dimana organisasi Internal Audit Indonesia berafiliasi. Standar memiliki 5 dimensi umum kualitas yaitu: Kemandirian (Independent), Keahlian Profesional (Professional Proficiency), Ruang Lingkup Pekerjaan (Scope of Work), Pelaksanaan Pekerjaan Audit (Performance of Audit Work), dan Manajemen Departemen Internal Audit (Management of the internal Auditing Department). Dalam aplikasinya standar dirinci lebih lanjut dalam 25 standar khusus (sub dimensi kualitas) yang menjadi ukuran kualitas Internal Audit yang diteliti.
Populasi dalam penelitian inl sebanyak 147 orang karyawan dengan sampel sebanyak 81 karyawan yang dipilih berdasarkan pertimbangan (judment sampling) dan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode gabungan antara metode survey (dilakukan dengan memberikan pertanyaan penelitian kepada responden) dan analisis isi dokumen.
Persepsi responden yang diperoleh melalui kuisioner dianalisis kedalam label frekwensi untuk menentukan apakah kualitas Internal Audit yang dievaluasi berdasarkan dimensi umum dan khusus tersebut "telah memenuhi" atau "tidak memenuhi" standar.
Hasil evaluasi menunjukan bahwa:
- Kualitas Internal Audit "telah memenuhi" standar dengan peringkat sepenuhnya memenuhi (fully complies)"
- Internal audit telah dijalankan sesuai dengan Anggaran Dasar Internal Audit.
- Responden memberikan masukan harapannya seperti: agar internal Audit bekerja sebagai konsultan, menjadi mitra manajemen, dan terus meningkatkan profesionalismenya guna meningkatkan kualitas Internal Audit dan Auditor."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T8640
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Halim Irwansyah
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi fungsi dan peran departemen internal audit di PT. Indika Energy Tbk serta pandangan audittee terhadap fungsi dan peran internal audit perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analisis. Penelitian juga dilakukan dengan studi literatur, penelitian lapangan dengan cara observasi dan menyebarkan kuesioner.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa internal audit telah menjalankan fungsi dan peranannya dengan baik untuk meningkatkan pengendalian intern perusahaan telah memadai, meskipun masih terdapat beberapa kelemahan seperti dalam penyusunan rencana kerja audit tahunan belum berdasarkan risk based audit, serta belum dilakukannya monitoring follow up terhadap hasil audit.

This research was conducted to find out the implementation of the function and role of the internal audit department at PT. Indika Energy Tbk and audittee view of the internal audit function and the role of the company. The method of analysis used in the study is descriptive analysis. Research is also done with literature studies, field research by observation and distributing questionnaires.
The results of this study indicate that the internal audit has implemented adequately it?s function and role to improve firm internal controls, although there are some weaknesses such as the preparation of the annual audit work plan not based on risk-based auditing, and his not followed up on audit result.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T33780
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prihandana Aditiyando Suprapto
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Quality Assurance yang dilakukan oleh Aparat Pengendali Internal Pemerintah BPK-RI pada audit atas laporan keuangan pemerintah. Analisis implementasi diperlukan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Quality Assurance yang berguna untuk meyakinkan bahwa mutu pemeriksaan telah dilaksanakan sesuai dengan standar dan ketentuannya. Penelitian menggunakan data primer berupa wawancara dan menggunakan data sekunder berupa Laporan Hasil Quality Assurance Aparat Pengendali Internal Pemerintah yang dalam hal ini Inspektorat Utama BPK-RI. Metode analisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Quality Assurance telah dilaksanakan dengan cukup baik. Namun peneliti menyarankan kepada BPK agar lebih memberikan rekomendasi yang sifatnya lebih universal, sehingga rekomendasi berulang dapat dieliminasi.

This study aimed to analyze the implementation of the Quality Assurance conducted by Apparatus of Government Internal Controller at BPK-RI on the audit of government financial statements. Analysis of implementation is required to determine the extent of the application of Quality Assurance which is useful for assuring that quality checks have been carried out in accordance with the standards and provisions. The study used primary data in the form of interviews and the use of secondary data from the Quality Assurance Report of Apparatus of Government Internal Controller in this case Inspektorat Utama BPK-RI. The method of analysis using descriptive qualitative method. The results of this study indicate that the implementation of Quality Assurance has performed quite well. But the researchers suggest the BPK-RI to better provide recommendations that are more universal, so that repetitive recommendations can be eliminated.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63289
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Citrakusuma
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas internal audit Bank X
berdasarkan International Standards for the Professional Practice of Internal
Auditing (SPPIA) dan Quality Assurance. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi dalam perkembangan peran internal audit sehingga dapat
meningkatkan kualitasnya serta memberikan value added, khususnya bagi internal
audit di suatu perbankan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi kasus pada
Bank X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan melakukan
penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kualitas internal audit pada Bank X dapat diukur berdasarkan
International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing
(SPPIA) dan review oleh tim Quality Assurance melalui pendekatan Risk Based
Internal Audit, Key Performance Indicators (KPI) dan lima dimensi SPPIA.
Penilaian kualitas internal audit Bank X pada pokoknya telah memenuhi standar
IIA (substantially complies). Pada divisi internal audit Bank X, perlu dilakukan
review lebih detail secara periodik dalam mengevaluasi kualitas internal audit.
Profesionalitas internal audit dapat dipertahankan dan ditingkatkan melalui
training dan pelatihan khusus bagi internal audit, seperti pada lembaga sertifikasi
bagi internal audit yang berkualitas

ABSTRACT
The purpose of this study was to analyse the quality of internal auditors in Bank X
based on International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing
(SPPIA) and Quality Assurance. This study want to give a contribution for the
development of internal audit?s role to increase their quality and provide some
value added in bank. This study was a kind of case study in Bank X. This study
used the descriptive analysis methodology and qualitative method by literature
study and research in Bank X. This study shows that internal audit?s quality in
Bank X can be measured based on International Standards for the Professional
Practice of Internal Auditing (SPPIA) and reviewed by Quality Assurance through
Risk Based Internal Audit Approach, Key Performance Indicators (KPI) and five
dimensions of SPPIA. Internal audit?s quality in Bank X was substantially
complies based on SPPIA. It is important for internal audit division in Bank X to
increase their review and evaluation about quality of internal audit periodically.
Their professionalism can be develop by any special trainings as sertification
institute for qualified internal audit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T55453
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Haerunnisa
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas audit internal di bidang Internal Audit PT Telekomunikasi Indonesia Internasional dan bagaimana persepsi auditan terhadap bidang tersebut. Faktor-faktor yang diteliti adalah Perencanaan, Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Komunikasi dan Penerimaan, Independensi, Peraturan dan Prosedur, Dukungan Dari Manajemen Puncak, serta Laporan Terhadap Manajemen Puncak. Dalam meneliti faktor-faktor tersebut, digunakan metode deskriptif komparatif. Dalam meneliti persepsi auditan, digunakan metode deskriptif statistik hasil kuesioner dengan sampel sebanyak 30 auditan.
Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar keadaan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas tersebut telah sesuai dengan karakteristik yang ada dari beberapa sumber literatur dan auditan berpersepsi baik terhadap kinerja dari bidang Audit Internal perusahaan.

This study aims to identify factors that influence internal audit?s effectiveness of Internal Audit Department, PT Telekomunikasi Indonesia Internasional and the perception of auditee to its productivity. The examined factors are Planning, Resource Management, Communication and Approval, Independency, Policies and Procedures, Support of the Board, and Reporting to the Board. In examining the factors, this study uses descriptive-comparative method. And in examining the auditee's preception, the study uses descriptive-statistic method with 30 samples of auditee.
The results show that almost factors that influence audit internal's effectiveness are appropriate with the characteristics that be able in some literatures. And in average, auditees have a good perception to the productivity of Internal Audit Department.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46153
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>