Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 133808 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nuruly Achmad Priadi
"ABSTRAK
Dewasa ini, persaingan pelayanan jasa pendidikan tinggi semakin ketat. Bukan hanya di dalam negeri, namun sudah melampaui batas-batas negara. Untuk itu, institusi pendidikan harus terus meningkatkan pelayanan yang diberikannya. Salah satu jasa ataupun produk yang dihasilkan oleh perguruan tinggi administrasi pendidikan. Salah satu ruang lingkup administrasi pendidikan yang sangat berperan dalam memfasilitasi kebutuhan administrasi kegiatan belajar mengajar adalah administrasi akademik pendidikan tinggi. Tugas-tugas tersebut harus terlaksana dengan baik agar proses belajar mengajar dapat berlangsung sesuai dengan rencana.
Kegiatan yang dilakukan dalam administrasi sangat banyak dan melibatkan beberapa pihak dalam institusi pendidikan. Karena itu, dibutuhkan suatu sistem administrasi akademik yang tertata dengan baik. Selain itu, sistem administrasi akademik pun harus terus dianalisis karena kualitas serta keamanan dari suatu sistem harus terus ditingkatkan.
Untuk mengembangkan atau mendesain sistem maka penting bagi kita untuk mengidentifikasi tujuan atau mission analysis dan memahami requirements yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut atau requirements analysis. Mission ataupun requirements analysis ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi sistem administrasi akademik yang telah berjalan. Dengan begitu kualitas dari sistem administrasi akademik dapat terus ditingkatkan.
Kebutuhan inipun dirasakan di dalam sistem Administrasi Akademik Program Pasca Sarjana Psikologi Universitas Indonesia. Perkembangan yang sangat pesat membuat institusi ini perlu menyesuaiakan diri agar semakin memantapkan kualitas pelayanannya.
Untuk itu, maka dibutuhkan evaluasi terhadap sistem administrasi akademik yang telah berjalan. Evaluasi ini dilakukan dengan mission dan requirements analysis dari sistem administrasi akademik PPSPsi-UI.
Melalui mission dan requirement analysis, sistem administrasi akademik PPSPsi-UI dievaluasi, seberapa jauh sistem administrasi yang berjalan telah memenuhi requirements yang dibutuhkan, atau mengidentifikasi hal-hal penting dari sistem yang masih perlu dipenuhi dalam rangka mencapai mission dari sistem tersebut."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T38460
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jakarta: Departemen Agama, 2003
378.111 IND b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sulistyoweni Widanarko
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
[Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999/2000
378.12 PED
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Depok : Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Univeristas Indonesia , 2007
R 378.9598 UNI d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Made Pidarta
Jakarta: Rineka Cipta, 2004
371.206 MAD m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hadiyanto
Jakarta: Rineka Cipta, 2004
371.077 HAD m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Masalah yang diteliti mengenai mutu manajemen proses pembelajaran yang dipengaruhi oleh faktor-faktor dominan di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) dengan kategori sekolah berstandar nasional dan unggulan (eks RSBI) bidang keahlian teknologi rekayasa. Pokok masalah yang diteliti adalah apakah faktor-faktor input yang meliputi kinerja kepala sekolah, pembiayaan, kemitraan, manajemen sekolah, dan implementasi kurikulum berpengaruh terhadap kinerja pendidik dan perilaku peserta didik serta mutu manajemen proses pembelajaran di SMK berstandar nasional dan sekolah unggulan eks. RSBI di Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode survey explanatory. Pengolahan data menggunakan analisis regresi multiple. Data dikumpulkan dari persepsi guru melalui kuesioner dengan populasi sebanyak 1.910 guru dengan sampel 320 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya SMK SSN dan SMK unggulan eks RSBI di Jawa Barat: 1) Memiliki kepala sekolah dengan kinerja tinggi yang dicirikan oleh kompetensi instruksional, manajerial, kewirausahaan, supervisi, kepribadian, kompetensi sosial, 2) Pembiayaan persepsi sudah tinggi, 3) pelaksanaan kemitraan tinggi, 4) Manajemen sekolah tinggi, 5) Memiliki sarana prasarana tinggi, 6) Implementasi kurikulum tinggi, 7) Kinerja tenaga pendidik tinggi, 8)Perilaku peserta didik tinggi, 9) Mutu manajemen proses pembelajaran tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kinerja kepala sekolah, pembiayaan, kemitraan, manajemen sekolah, sarana/prasarana, dan implementasi kurikulum berpengaruh kuat, positif, dan signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dan peserta didik yang muaranya berpengaruh terhadap mutu manajemen proses pembelajaran di SMK berstandar nasional dan eks. Sekolah RSBI di Jawa Barat. "
JURPEND 14:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>