Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2138 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sawyer, R. Keith
Mahwah, N.J. : L. Erlbaum Associates, 1997
155.418 SAW p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Symon, Keith R.
Amsterdam: Addison-Wesley, 1971
531 SYM m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Williams, Jan R.
San Diego : Harcourt brace jovannovich, Publishers , 1989
657.044 WIL i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sitepu, Sri Rosma Kencana
"Medical play merupakan salah satu terapi bermain yang dapat diberikan pada anak di mana anak diberi kesempatan untuk mengeksplorasi peralatan medis yang ada di ruangan tempat anak dirawat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh medical play terhadap kecemasan dan nyeri anak usia prasekolah saat dilakukan tindakan pemasangan akses intravena perifer. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment pre and posttest with control group yang melibatkan masing-masing 31 responden untuk kelompok kontrol dan intervensi. Pemilihan responden dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Analisis perbedaan kecemasan pretest dan posttest pada kelompok intervensi maupun pada kelompok kontrol dilakukan menggunakan uji T dependen, sedangkan analisis perbedaan kecemasan posttest maupun nyeri posttest pada kelompok kontrol dan intervensi dilakukan menggunakan uji T independen. Hasil uji statistik T independen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor kecemasan posttest pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan nilai p<0,001 (p<0.05) dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor nyeri posttest pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan nilai p=0,528.

Penelitian ini merekomendasikan penerapan medical play untk mengurangi kecemasaan pada anak usai prasekolah saat dilakukan pemasangan akses intravena perifer.

 

Kata kunci: cemas; medical play; nyeri; prasekolah


Medical play is one of the play therapies that can be provided to children, where they are given the opportunity to explore medical equipment in the room where they are being treated. The purpose of this study is to analyze the influence of medical play on anxiety and pain in preschool-aged children during peripheral intravenous catheter insertion. This research utilized a quasi-experimental pre and posttest design with a control group, involving 31 respondents each for the control and intervention groups. Respondents were selected using consecutive sampling technique. Analysis of the differences in pretest and posttest anxiety scores in both the intervention and control groups was conducted using dependent t-test, while analysis of the differences in posttest anxiety and posttest pain scores between the control and intervention groups was carried out using independent t-test. The results of the independent t-test showed that there was a significant difference in the mean posttest anxiety scores between the control and intervention groups, with a p-value of <0.001 (p < 0.05), and there was no significant difference in the mean posttest pain scores between the control and intervention groups, with a p-value of 0.528. This study recommends the implementation of medical play to reduce anxiety in preschool-aged children during peripheral intravenous catheter insertion."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Twain, Mark, 1835-1910
London: Random House, 1991
R 813.4 TWA t
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Twain, Mark, 1835-1910
Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2016
813.4 TWA at
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Fina Melinda
"Usia prasekolah merupakan usia emas dalam pembentukan perilaku prososial anak dan menentukan perilaku prososial di usia perkembangan berikutnya. Berbagai metode perlu digali untuk memaksimalkan perilaku prososial, salah satunya dengan metode permainan imajinatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara permainan imajinatif dan perilaku prososial dengan kontrol inhibisi sebagai moderator. Alat ukur yang digunakan berupa Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) dimensi Perilaku Prososial, Child Imagination Questionnaire (CIQ), dan Tugas Kepala-Pundak-Lutut-Kaki. Partisipan merupakan anak prasekolah berusia 3-6 tahun (N=75). Orang tua dan guru anak juga dilibatkan untuk mengadministrasikan data. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara penilaian guru dengan orang tua. Pada penilaian guru, ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara permainan imajinatif dengan perilaku prososial. Kontrol inhibisi juga ditemukan dapat memoderasi hubungan permainan imajinatif dengan perilaku prososial. Sementara, pada data orang tua tidak terdapat hubungan antara ketiga variabel. Begitu juga dengan kontrol inhibisi yang tidak dapat memoderasi hubungan antara permainan imajinatif dengan perilaku prososial. Perbedaan hasil ini dijelaskan lebih lanjut di dalam naskah.

Preschool age is a crucial period to foster children's prosocial behavior using imaginative play. This study aims to determine the relationship between imaginative play and prosocial behavior, with inhibitory control as a moderator. The instruments used were the Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) dimensions of prosocial behavior, the Child Imagination Questionnaire, and Head-Shoulders-Knees-Feet Play. Participants were preschool children aged 3-6 years (N = 75). Parents and teachers of children are also involved in administering the data. The results showed that there were differences in the assessment results between teachers and parents. The teachers' assessment result shows a significant relationship between imaginative play and prosocial behavior, and inhibitory control can moderate the relationship between imaginative play and prosocial behavior. However, the correlation among the three variables was found to be non-significant in the parents’ assessment. Inhibitory control also cannot moderate the relationship between imaginative play and prosocial behavior. The different results between teachers' and parents' assessments are analyzed further for possible explanations."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Alfareza Mahendra
"Jumlah kasus positif COVID-19 yang telah terkonfirmasi di Indonesia saat ini telah melebihi angka 6,4 juta. Walaupun angka kasus kian menurun, aturan menjaga jarak harus tetap dipatuhi. Aturan untuk menjaga jarak atau menjauhi kerumunan juga diterapkan di sekolah-sekolah, namun saat ini belum ada sistem yang dapat memonitoring hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem pendeteksian tingkat kerumunan orang dalam ruangan kelas untuk membantu menekan angka kerumunan yang terjadi di sekolah-sekolah, selain itu sistem yang dibangun dapat mempermudah memantau kerumunan sehingga dapat memperkecil area penyebaran virus COVID-19. Sistem yang dibangun menggunakan algoritma deteksi dan segmentasi pada Mask R-CNN. Sistem yang dirancang dapat mendeteksi objek orang, kerumunan, dan kepadatan dalam ruangan. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metrik akurasi dan membandingkan kepadatan hasil perhitungan dengan hasil segmentasi. Pengujian dilakukan di area Indoor ruang kelas dan menggunakan kamera webcam. Hasil pengujian menggunakan matriks konfolusi menunjukkan tingkat akurasi deteksi objek manusia yaitu 92,42 %, sedangkan tingginya performa deteksi adalah 96,5%. Sedangkan Error terendah dan tertinggi yang di dapat pada pengukuran kepadatan masing-masing adalah 7,51% dan 0,79%

The number of confirmed positive cases of COVID-19 in Indonesia has now exceeded 6.4 million. Even though the number of cases is decreasing, the rules for maintaining distance must still be obeyed. Rules to maintain distance or stay away from crowds are also implemented in schools, but currently there is no system that can monitor this. The purpose of this research is to build a crowd level detection system in classrooms to help reduce crowd numbers that occur in schools, besides that the system built can make it easier to serve crowds so as to reduce the area of spread of the COVID-19 virus. The system built uses detection and segmentation algorithms on Mask R-CNN. The designed system can detect objects, people, crowds, and density in the room. System testing is carried out using measurement metrics and comparing the calculated density with segmentation results. Testing was carried out in the indoor area of the classroom and using a webcam camera. The test results using the convolution matrix show that the accuracy of human object detection is 92.42%, while the high detection performance is 96.5%. While the lowest and highest errors that can be achieved in density measurements are 7.51% and 0.79%, respectively."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnew, Palmer W.
Boston: Allyn and Bacon, 1996
006.6 AGN m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sawyer, Malcolm C.
London: Macmillan Publishers, 1985
330.155 SAW e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>