Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 52640 dokumen yang sesuai dengan query
cover
R. Budi Haryanto
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40218
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Roy Sahat
"Era globalisasi menuntut semua organisasi, baik yang berorientasi pada laba ataupun nirlaba, untuk beroperasi secara efesien dan efektif. TUtujuannya untuk meningkatkan kualitas organisasi agar dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Penggunaan Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu solusi yang dapat memberikan kemudahan untuk membuat, memproses, menyimpan dan menyebarkan informasi. TI juga memungkinkan terjadinya proses komunikasi yang sebelumnya sulit bahkan tidak mungkin dilakukan.
PT. "XYZ" Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang agrobisnis dan telah berdiri sejak tahun 1993. Seiring perkembangan perusahaan yang semakin pesat, penambahan jumlah karyawan, dan kondisi geografis cabang-cabang perusahaan yang tersebar, hal ini membawa kedala dalam proses workflow perusahaan, hal ini juga dikarenakan proses workflow selama ini masih dijalankan secara manual, walaupun fasilitas komputer telah di sediakan, namun dukungan dari aplikasi yang minim membuat proses berlangsung lama dan berlarut-larut. Menjawab hal tersebut perusahaan membentuk satu divisi Informasi Teknologi (IT) untuk menangani masalah pengembangan aplikasi maupun infrastruktur. Dalam pengembangan aplikasi workflow, divisi IT memilih teknologi e-business dan open source, penerapan teknologi e-business dan open source dipilih karena merupakan kebijakan perusahaan, dipandang dari sisi biaya, ketersediaan sumber daya manusia, dan kehandalan teknologi tersebut.

Globalization era demands all organizations, whether they are profit or non-profit oriented to operate efficiently and effectively. The purpose is to increase the quality of the organization, so that it can survive in the competitive environment. The implementation of information technology is one of the best solutions to create, process, store, and distribute information. Information technology also makes possible communications to take place, including those that were previously impossible.
PT "XYZ" group of companies, established since 1993, operates in agribusiness sectors. As the company grows rapidly, employees' total number also increases, distributed across company branches which are geographical spread in many areas. This situation brings problems to the company human resource workflow process. The problems are mainly due to the manual workflow process. Although they have had computer facilities and networking infrastructure support, the support from the application is not enough to speed up the processes. To respond to this situation the company establishes the Information Technology (IT) division to build an application and its infrastructure to automate the HR workflow processes. In developing the workflow application, the IT division uses an e-business approach and open source technology. This technology was chosen according to a company policy that was made based on financial considerations, human resources availability, and technology capability.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai hukum dalam menunjang penyelenggaraan pemerintahan khususnya mengenai peraturan perundang-undangan, diperlukan suatu informasi yang tertata dan terselenggara dengan baik dalam suatu sistem dan untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran tugas dibidang hukum, sehingga perlu dibangun suatu sistem informasi yang mudah cepat dan akurat melalui teknologi informasi yaitu melalui Sistem Informasi Hukum (SISKUM). Pemerintah pusat baru saja menetapkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan lnformasi Hukum Nasional tanggal 20 Maret 2012. Salah satu pertimbangannya adalah perlu membangun kerja sama dalam suatu jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional yang terpadu dan terintegrasi. Penelitian yang dilakukan akan merancang suatu model integrasi Sistem Informasi Hukum di Tingkat Pusat (Kementrian-kementrian) dengan Sistem Informasi Hukum di Tingkat Daerah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tersebut sehingga data peraturan perundang-undangan pusat dapat terintegrasi secara efektif dan ejisien dengan Sistem Informasi Hukum di Daerah. Dalam penelitian ini perancangan integrasi menggunakan Service Oriented Architecture (SOA)."
005 JEI 2:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
R.A. Dyah Wahyu Sukmaningsih
"Dalam implementasi penggunaan teknologi informasi di organiasi, terdapat kendala-kendala pada saat operasional sehari-harinya. Akibatnya proses bisnis yang diharapkan dapat lebih efektif dan efisien menjadi terhambat akibat adanya ketidakmampuan dari teknologi informasi yang digunakan. Akibat Jain dari proses bisnis yang terhambat salah satunya ialah hilangnya kesempatan untuk meraih laba atau mendapatkan informasi yang cepat serta akurat Oleh karena itu dukungan dalam operasional penggunaan teknologi diperlukan. Disinilah fungsi Help Desk dalam mendukung proses bisnis terutama yang telah menggunakan sistem/teknologi informasi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan dalam perancangan Help Desk pertama-tama adalah menganalisa kebutuhan bisnis akan teknologi informasi, dilihat dari penggunaan aplikasi, perangkat keras serta infrastruktur lainnya yang mendukung proses bisnis. Kemudian karena Help Desk ada dibawah divisi Teknologi Informasi di PT AR, maka perlu juga melihat sumber daya dari ahli di bidang teknologi informasi yang dimiliki oleh PT AR. Dari sini perancangan yang menggunakan metode prototyping dibuat.
Hasil dari perancangan yang masih berupa prototype ini nantinya dapat diimplementasikan dengan tahap lanjut yaitu coding serta implementasi. Peran aplikasi ini dalam pelaksanaan dari fungsi Help Desk adalah sebagai kesatuan dari fungsi Help Desk dan bukan hanya sebagai alat bantu."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40532
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Artanti Setyorini
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang proses pengadaan barang dan jasa pada Institusi Pendidikan X. Penyediaan kebutuhan barang dan jasa secara cepat dan tepat waktu sebagai penunjang dalam kegiatan operasional dan pengajaran sangatlah penting. Sistem informasi pengadaan barang dan jasa diharapkan akan mempermudah dalam proses pengadaan barang dan jasa. Analisis dan perancangan sistem informasi pengadaan barang dan jasa Institusi Pendidikan X menggunakan metode FAST Framework for the Application of System Thinking . Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis permasalahan dan kebutuhan yang diinginkan oleh stakeholder menghasilkan rancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan proses bisnis dan stakeholder.

ABSTRACT
Focus of this study is the procurement of goods and services at an Educational Institution X. A timely procurement process to support operational and academic activity is very crucial. The procurement information system is expected to ease the process of procurement. The Analysis and design of procurement information system at Educational Institution X is employed using FAST Framework for the Application of System Thinking method. This study shows that the analysis of the problem and identification of users rsquo requirement of the expected system are necessary to produce system design that meets the requirement of business process and stakeholders."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Aplikasi mekatronika terus berkembang, hampir semua industri baik besar, menengah, ataupun industri kecil tidak lagi bergantung pada tenaga manusia, melainkan bergantung pada kemampuan dari komponen mekanik dan elektronik. Otomasi merupakan salah satu dari aplikasi tersebut. Dimana hampir semua kegiatan pada industri semua dilakukan secara otomatis. Oleh karena itu diperlukan satu modul yang kompatibel dengan semua komponen tersebut juga murah. Riset mengenai otomasi dapat dikatakan esensial, sebab riset ini berkaitan langsung di bidang manufaktur otomasi dan robotika dalam pengaplikasiannya nanti. Demo rig otomasi industri merupakan alat demonstrasi dari otomasi yang terjadi di industri. Pembuatan demo rig ini merupakan salah satu proyek pengembangan Laboratorium Teknologi Manufaktur guna mendukung pembelajaran dalam mata kuliah yang berkaitan juga dalam penelitian lain. Untuk itu diharapkan modul ini dapat terus digunakan dan dikembangkan di tahun-tahun mendatang sehingga dapat bermanfaat bagi pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan di bidang mekatronika, khususnya otomasi. Perancangan demo rig otomasi industri terdiri dari dari tahap-tahap yaitu desain, penyesuaian komponen di pasaran, desain CAD, perhitungan, pembuatan BOM, dan realisasi. Dari model CAD, data, dan hasil penelitian diharapkan demo rig ini dapat menjadi acuan dalam penelitian selanjutnya."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37863
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harry T. Yani Achsan
"ABSTRAK
Perusahaan perdagangan konvensional sekarang semakin sulit karena membengkaknya biaya pemasaran dan turunnya margin keuntungan. Hal tersebut masih ditambah dengan kenyataan makin banyaknya wanita bekerja, bertambah macetnya arus lalu lintas serta tingginya resiko di jalan sehingga menyebabkan toko-toko semakin sepi pengunjung.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat mendukung penerapan otomasi pemasaran dengan sistem call center terpadu untuk telemarketing yang memudahkan penjual menghubungi prospek, melakukan survei dan melakukan transaksi melalui saluran telekomunikasi. Potensi telemarketing sangat besar karena hampir semua keluarga di kota besar mempunyai telpon; bila dilihat dari sisi penjual, penjual akan dapat meningkatkan efisiensi karena dapat diputuskannya jalur distribusi yaitu barang dapat langsung dikirim dari pabrik ke pembeli.
Pengembangan sistem telemarketing menjadi semakin mudah karena adanya teknologi DDE (Data Dynamic Exchange) dan OLE (Object Link and Embedded) yang memungkinkan menjalankan fungsi-fungsi dalam aplikasi lain dengan program sederhana.
Studi kasus dalam tesis ini dilakukan terhadap beberapa sistem aplikasi telemarketing komersial dilakukan sebagai komparasi dari sistem yang ada di pasaran dengan kebutuhan bisnis perusahaan yang spesisfik dan harus terintegrasi dengan aplikasi back office yang sudah ada. Hasil studi kasus dapat dipakai sebagai referensi pada perancangan sistem telemarketing.
Perancangan sistem telemarketing beserta call center-nya merupakan titik berat tesis ini dengan harapan dapat membantu praktisi pengembang perangkat lunak dalam membuat sistem telemarketing dengan mudah, murah dan cepat.

ABSTRACT
Conventional trading company now is getting more trouble because of the increase of marketing expense and lower profit margin. In addition to the problems, the number of working women is currently higher, traffic is heavier than before and more dangerous occurs when driving in the street, therefore conventional store is becoming lack of visitors.
The advancement of information technology and telecommunication that support the application of marketing automation with integrated call center system offers a new way of marketing called telemarketing. With telemarketing the seller can easily contact the prospective buyers, conduct surveys, and close transactions through the telecommunication tools. Telemarketing offer a big potential marketing ways as most families in the big cities have a phone and this system can shorten the distribution of goods from the factory to the buyer.
Developing telemarketing system become more easy with help of DDE (Data Dynamic Exchange) and OLE (Object Link and Embedded) that enabling to run functions from other applications using simple program code.
The case study of commercial telemarketing systems in this thesis intended as comparison of the system that can be bought in the market and the specific business needs, and the integration to the back office system they already have. The result of this case study can be used as reference when designing telemarketing system.
I emphasized this thesis on the design of telemarketing system and the call center. I hope that this thesis will help the software developer to create telemarketing system easier, cheaper and faster."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
D. Suryadi H.S.
Jakarta: Gunadarma, 1996
658.403 SUR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sofyan Hadi
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2003
T40446
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wayan Agus Winarta
"DPLK Jiwasraya adalah sebuah perusahaan penyelenggara dana pensiun di Indonesia. Dalam menjalankan operasi bisnisnya, DPLK Jiwasraya telah menerapkan Sistem Informasi hanya saja sistem informasi yang ada belum terintegrasi misalnya antara bagian keuangan dan bagian administrasi dan pelayanan masing-masing memiliki file peserta yang disimpan terpisah. Kebutuhan akan sistem informasi terintegrasi yang mencakup seluruh proses bisnis semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring perkembangan perusahaan, pertambahan jumlah peserta, tuntutan standar pelayanan yang semakin tinggi dan pihak-pihak yang berkepentingan semakin banyak jumlahnya. Disamping itu berbagai macam kendala yang dihadapi pada saat pengoperasian sistem yang lama telah menimbulkan aktifitas kerja yang kurang efisien, duplikasi kerja, keterbatasan informasi dan keterbatasan pelayanan terhadap peserta. Proyek akhir ini mencoba melihat proses pembangunan sistem informasi yang akan dilakukan DPLK Jiwasraya dalam mengatasi semua persoalan diatas agar tetap eksis dan memenangkan persaingan. Metodologi yang digunakan dalam pengerjaan proyek akhir ini adalah melalui wawancara langsung yang dilakukan terhadap PT. Asuransi Jiwasraya baik di kantor pusat maupun di kantor DPLK, survey ke kantor DPLK Jiwasraya untuk melihat kondisi yang ada dan mempelajari beberapa dokumen operasional yang dipakai. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang dihadapi dan mendapatkan informasi mengenai kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi oleh sistem yang akan dibangun. Dalam kajian ini dilakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, menentukan penyebabnya, memaparkan solusi dan kendala terhadap solusi yang diberikan. Hasil akhir dari kajian ini berupa rancangan sistem informasi dengan menggunakan metodologi Rapid Application Development dan teknik prototyping dalam pengembangannya. Pemilihan metodologi ini didasarkan atas beberapa pertimbangan baik dari segi waktu, kompleksitas sistem, penguasaan terhadap teknologi, jumlah pengembang dan sebagainya.

DPLK Jiwasraya is one of Pension Fund Company in Indonesia which has applied Information System (IS) to automate its business processes. However, the existing IS is not an integrated system. The demand of having an integrated IS which covers entire business processes progressively increase from time to time in line with company growth, increasing members, increasing customer needs and stake holder need that become more complicated. The constraints from the old system have led into less efficient activities, job duplication, and limited information and limited service able to be delevered to customer. This project aims to show the information system development process that will be doing by DPLK Jiwasraya to increase company?s competitive strategy. To fulfill the objective of this project, several steps have been taken : survey and analyzed operational documents. This process is aim to get factual information regarding the problem faced and also to get concerning expected requirement of the system. The study analyzed the current system, determine the caused and provided solution and determine constraints for system improvement. The output from this project is a system design which use Rapid Application Development and prototyping techniques as a development methodology according to the project constraints such us time, user requirements, familiarity with technology, developer team members, and complexity of the system."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
PA-98
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>