Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 130729 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Albertus Harsawibawa
"Tujuan penelitian ini adalah memberikan insight atas sesuatu yang terjadi di dalam diri pengamat ketika ia berhadapan dengan sebuah Objek estetis. Kejadian itu disebut pengalaman estetis. Dengan menggunakan perspektif dan metode yang agak berbeda dengan pada umumnya, penelitian ini berhasil mendapatkan wawasan baru atas pengalaman estetis.
Ada sejumlah pemikiran dari para filsuf besar mengenai pengalaman estetis: Pengalaman estetis merupakan pengalaman yang berbeda dengan pengalaman biasa (Dewey). Dalam kejadian itu subjek-pengamat mengalami keadaan yang "tidak wajar" (Aritstoteles, Aquinas dan Schoggnhnuer); di dalam dirinya terjadi perubahan tertentu dimana objek biasa rnenjadi objek estetis (Bullough). Dan semua itu dimungkinkan karena di dalam dirinya ada fakultas tertentu yang "menjelaskan" apa yang dihadapinya itu (Kant).
Walaupun pengalaman estetis sifatnya sangat subjektif tetapi ia tidak dapat dilepaskan dari "dunia luar" (Beardsley). Itulah sebabnya untuk menghasilkannya objek harus dipandang sebagai sesuatu yang memiliki "wajah- wajah" tertentu (Aristoteleg, Aguinas, Q; dan QL), dan objek yang hadir di dalam diri kita dipandang secara virtual (Langer).
Perspektif yang penulis gllilakan dalam penelitian ini adalah kesadaran - dalam hal ini adalah phenomenal consciousness. Dengan perspektif ini berhasil dikuaklah aspek terdalam dari pengalaman estetis; dengan sifamya yang menunjuk pada "what-it-is-like" dari sesuatu yang dialami oleh seseorang, ia berhasil menunjukkan bahwa pengalaman estetis memiliki segi-segi: unity, intensionalitas, struktur Gestalt, perbedaan antara the Centre dan the Periphery, mood, qualitativeness dan pleasurel unpleasure.
Dengan menggunakan phenomenal consciousness sebagai perspektif maka dibutuhkanlah sebuah metode yang juga agak berbeda dari yang umum dikenal. Pandangan umum mengatakan bahwa Fenomenologi adalah metode yang paling pantas untuk menelaah pengalaman estetis, dan penelitian ini menunjukkan bahwa Fenomenologi memang mampu untuk menguak apa yang terjadi di dalam pengalaman estetis. Tetapi ia tidak berhasil menunjukkan bagaimana semua itu bisa terjadi. Untuk itu dibutuhkanlah Heterofenomenologi.
Dengan Heterofenomenologi sebagai prinsip dan dibantu dalam tataran implementasi oleh "Model Teater" dari Baars (1997) berhasil ditunjukkanlah bahwa di dalam pengalaman estetis terdapat "titik berangkat" (berbicara mengenai proses "penangkapan" objek estelis), (berbicara mengenai realitas baru [di dalam diri pengamat] yang dihasilkan oleh objek estetis), "pemain di panggung" (berbicara mengenai sumber-sumber pengalaman estetis, yaitu: indera, ide, tatanan [cerita dan bunyi], imaji, pleasurel displeasure dan feeling), "sportlight of attention" (berbicara mengenai arah perhatian nada sam tink di dalam menghadapi objek estetis), "konteks di belakang panggung" (berbicara mengenai "dunia" dalam Fenomenologi), dan "penonton" (berbicara mengenai permainan hal-hal tertentu di otak pengamat dalam membangun pemahamannya mengenai objek esetis)."
Lengkap +
Depok: Universitas Indonesia, 2007
D1592
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Putri
"
ABSTRAK
Di masa kini, tektonik dalam proses berarsitektur sering diartikan sebagai metode merangkai sambungan agar sebuah bangunan bisa berdiri dengan kokoh. Namun tektonik tidak hanya terbatas pada menyambung untuk keberdirian bangunan, namun juga memperhatikan keindahan sehingga dapat dinikmati dari segi estetika. Bahkan tektonik juga dapat dinikmati sebagai sebuah seni. Selain itu tektonik juga mampu menceritakan kembali ldquo;makna rdquo; yang tersirat dan tersurat baik secara langsung maupun tidak langsung. ldquo;Makna rdquo; ini bisa berupa pesan filosofis yang ingin disampaikan oleh perancangnya melalui elemen-elemen arsitektural makro atau mikro. Salah satu karya arsitektur yang mengungkap cerita tektonik yang kaya adalah arsitektur bambu, karena material ini memiliki karakteristik fisik yang spesial untuk digali dari unsur estetika namun juga tetap kuat sebagai suatu struktur bangunan.

ABSTRAK
In this era, tectonics on architecture process has been explained as a method to connect the joints to make building stand up firmly. But the meaning of tectonic is not only limited by connecting for building stand up, but also pay attention to beauty so it can be appreciated from aesthetic side. Besides, tectonic is capable to re telling implicit and explicit ldquo meaning rdquo directly or indirectly. lsquo Meaning rsquo can be identified as philosophy message that is explained by architect by means of macro and micro architectural elements. One of architecture works that reveals rich tectonic story is bamboo architecture, because this material has special physical characteristic to be uncovered from aesthetic element and also strong enough as building structure."
Lengkap +
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trisha Ayuma Putri
"Skripsi ini membahas mengenai pertanggungjawaban hukum bagi dokter dan klinik kecantikan yang menyediakan layanan stem cell untuk perawatan estetika beserta analisis penulis terhadap Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor 563/Pid.Sus/2020/PN.Jkt.Sel. Fokus dari penelitian ini adalah mengenai legalitas penggunaan stem cell di Indonesia baik untuk tujuan pelayanan kesehatan maupun untuk digunakan dalam perawatan estetika. Bentuk penelitian skripsi ini adalah yuridis normatif dengan tipe deskriptif dan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan stem cell di Indonesia untuk tujuan penyembuhan penyakit maupun perawatan estetika diperbolehkan secara terbatas pada fasilitas pelayanan kesehatan yang telah mendapatkan izin dari kementerian kesehatan. Putusan Nomor 563/Pid.Sus/2020/PN.Jkt.Sel merupakan putusan yang menjatuhkan hukuman pidana terhadap seorang dokter yang menggunakan stem cell untuk perawatan estetika pada pasiennya. Hasil penelitian ini menyarankan agar pemerintah terutama kementerian beserta organisasi kedokteran yang berwenang untuk segera mengeluarkan pengaturan terkait kompetensi dokter yang diperbolehkan menggunakan stem cell baik untuk pelayanan kesehatan maupun untuk perawatan estetika sehingga kepastian hukum bagi dokter yang melakukan praktik stem cell dapat terwujud.

This study discusses legal accountability for doctors and beauty clinics that provide stem cell for aesthetic treatment along with the author's analysis of the South Jakarta District Court Verdict Number 563 / Pid.Sus / 2020 / PN.Jkt.Sel. The focus of this research is on the legality of using stem cells in Indonesia both for health care purposes and for use in aesthetic treatments. The form of this thesis research is normative juridical with descriptive type and qualitative methods. The results of this study conclude that the use of stem cells in Indonesia for the purpose of curing diseases and aesthetic treatments is limited to health care facilities that have obtained permission from the ministry of health. Verdict Number 563 / Pid.Sus / 2020 / PN.Jkt.Sel is a verdict that imposes a criminal sentence on a doctor who uses stem cell for aesthetic treatment of his patient. The results of this study suggest that the government, especially the ministry of health and medical organizations that are authorized to immediately issue regulations regarding the competence of doctors who are allowed to use stem cells for both health services and for aesthetic treatment, so that legal certainty for doctors who uses stem cell in their practicecan be realized."
Lengkap +
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Farida N. Srihadi
"Tesis ini membahas fenomenologi pengalaman estetika menurut Mikel Dufrenne (1910-1995) seorang filsuf yang menerapkan fenomenologi dalam kajian estetika. Buku monumentalnya, La Phenomenologie de L'esthetique, kami jadikan sebagai sumber utama bahan penelitian. Dufrenne membuat semacam struktur pokok pemikiran fenomenologi estetikanya kedalam 4 bagian: fenomenologi obyek estetis, fenomenologi persepsi estetis, analisa karya seni, dan pengalaman estetis.
Fenomenologi obyek estetis Dufrenne bersifat dialektis yaitu hubungan timbal balik antara obyek estetis dengan persepsi estetis yang mengakibatkan terbentuknya pengalaman estetis. Pengalaman estetis berkaitan dengan obyek estetis yang dialami. Pengalaman estetis ini bersifat intensional dimana ada Baling ketergantungan antara pikiran (noesis) dengan fenomena (noema), sehingga hubungan subyek-obyek persepsi bersifat antropologis. Persepsi estetis berbeda dengan obyek estetis. Obyek estetis adalah hakekat karya seni dalam kesadaran, sedangkan pengalaman estetis yang paling murni bersumber dari karya seni. itu.
Dufrenne membentuk teori persepsi yang terdiri dari tiga tahapan: pertama, persepsi sebagai kehadiran, bersifat global, prareflektif dan merupakan kesatuan; kedua, hubungan persepsi dengan representasi dan imajinasi yang cenderung mengobyektifkan persepsi: ketiga, kaitan persepsi dengan refleksi dan perasaan. Kualitas afektif dari obyek estetis memiliki apriori yaitu apriori kosmologis dan apriori eksistensial yang memungkinkan dunia tereskpresi. Kebenaran seni adalah kebenaran kualitas afektif yang bersifat imanen dalam persepsi indrawi dan pengalaman estetis.
Pada rekonsiliasi subyek-obyek yang terjadi melalui persepsi dan pengalaman membentuk kedalaman estetis. Dufrenne memberi dua batasan karya seni 1) Seni formal yang mengasumsi ketentuan, berupa konsistensi dan keselarasan dari pengamatan. Batasan ini melibatkan komposisi yang khas. 2) Seni sebagai suatu menifestasi kecerdasan melalui ekspresi yang melampaui makna karya. Dufrenne membentuk seni berdasarkan spesifikhya atas elemen formal dan skema organik. Skema organik adalah cara melihat kehadiran karya. Dufrenne menganalisis musik dan lukisan dengan syarat skema formal, alasannya karena seni hadir melalui faktor temporal dan keuangan. Dufrenne menganalisis karya piktorial melalui teori penciptaan, yaitu elemen-elemen dasar: keselarasan, irama dan melodi.
Metode pengalaman estetis dari Dufrenne memberikan tempat pada pengamat atau penikmat obyek estetis. Pengalaman estetis harus benar-benar membawa pengertian a priori terhadap rasa haru. Pengalaman estetis memerlukan apriori afektif, supaya obyek estetis melalui keekspresifannya, mampu membuka relasi dengan dunia. Apriori afektif dibedakan atas: 1) Apriori kosmologis yang ada didalam obyek sehingga memungkinkannya dipersepsi. 2) apriori eksistensial yang berada dalam subyek konkret, yang memungkinkan subyek melalui pengalaman estetisnya, mempersepsi karya seni secara estetis dengan memberi anti, nilai dan keunikan karya seni. Subjek konkret ini, mungkin saja seniman atau penonton yang mampu membawa ekspresi seniman itu. Apriori afektif memiliki dua kondisi yaitu sensibilitas dan pemahaman yang menimbulkan pemikiran terhadap objek estetis. Realita memerlukan dunia estetis untuk tampak nyata, sehingga suatu penilaian dapat dilakukan. Dengan memberi signifikasi atau pemaknaan ontologis terhadap pengalaman estetis, diakui bahwa aspek kosmologis eksistensial merupakan apriori afektif sebagai pemakna atau menjadi rasa dari realitas, yaitu nilai-nilai estetis.karya seni."
Lengkap +
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T11880
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999
S6884
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novian Tiffany Puspa Arum Dhini
"[Pengalaman estetis akan musik tidak selalu mengenai musik yang indah. Luigi Russolo sebagai seorang komposer Futuris abad ke 19 telah membuktikannya dengan berbagai karya noise music dan manifesto berjudul The Art of Noise. Noise music pada abad Kontemporer tumbuh menjadi aliran musik tersendiri yang banyak menuai polemik mengenai status estetisnya. Metafor di sini kemudian dijadikan wahana mensiasati pengalaman estetis intersubjektif dari noise music tersebut. Mengapa metafor dan pengalaman estetis seperti apa yang dimaksudkan? Analisis konseptual terhadap noise serta refleksi filosofis dari pengalaman estetis itu sendiri yang dilakukan dalam penulisan ini, berusaha membuka pemahaman baru mengenai musik serta estetika secara keseluruhan.;Aesthetic experience of music is not only about beautiful music. Luigi
Russolo as a Futurist composer in 19th century has proved it with many pieces of
noise music and manifesto titled The Art of Noise. In this postmodern era, noise
music then grows become a polemic genre on its aesthetic status. Here then,
metaphor being mode of inter subjective aesthetic experience from that noise
music. Why metaphor and which aesthetic experience means? The conceptual
analysis to noise with philosophical reflection from that aesthetic experience
itself, due in this writing to try to open a new perception about music also
aesthetic as a whole., Aesthetic experience of music is not only about beautiful music. Luigi
Russolo as a Futurist composer in 19th century has proved it with many pieces of
noise music and manifesto titled The Art of Noise. In this postmodern era, noise
music then grows become a polemic genre on its aesthetic status. Here then,
metaphor being mode of inter subjective aesthetic experience from that noise
music. Why metaphor and which aesthetic experience means? The conceptual
analysis to noise with philosophical reflection from that aesthetic experience
itself, due in this writing to try to open a new perception about music also
aesthetic as a whole.]"
Lengkap +
[, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia], 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Hawa
"Penelitian ini membahas penyelidikan black humour sebagai pengalaman estetis. Pada umumnya black humour hanya dianggap sebagai sesuatu yang sekedar menimbulkan tawa semata serta tidak dilihat sebagai sesuatu yang layak untuk dibahas dalam dunia akademis karena sifatnya yang dianggap hanya sebagai suatu yang `main-main` atau tidak serius. Jarang adanya penyelidikan filosofis terkait black humour, padahal black humour merupakan fenomena yang dekat dengan kehidupan manusia dan kita dapat menemukannya dimana-mana. Penulis melihat bahwa black humour memiliki makna yang lebih luas untuk digali secara filosofis. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini diantaranya, apa definisi dari black humour dan bagaimana black humour dapat dikatakan sebagai pengalaman estetis. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis menggunakan metode kualitatif berupa analisis kritis sebagai alat untuk menganalisis secara kritis pemikiran para pemikir yang tertuang di dalam beberapa sumber bacaan. Hasil analisis ditemukan bahwa black humour dapat menghasilkan pengalaman estetis yang unik bagi penikmatnya lewat penyajian suatu topik tabu yang dikemas dalam suatu lelucon dengan cara menentang logika berpikir umum, dimana pengalaman estetis yang ditimbulkan dapat  merangsang kita untuk memperkaya pandangan kita terhadap dunia. 

This research examines about the investigation of black humour as aesthetic experience. In general, black humour is only regarded as something that causes laughter and is not seen as something that deserves to be discussed in the academic world because of its nature which is considered only as a "playful" or not serious. There is rarely a philosophical investigation related to black humour, even though black humour is a phenomenon that is close to human life and we can find it everywhere. The author sees that black humour has broader meaning to be explored philosophically. Questions to be answered in this study include, what is the definition of black humour and how black humour can be said to be aesthetic experience. To answer this question the writer uses qualitative methods in the form of critical analysis as a tool to critically analyze the thoughts of thinkers contained in several reading sources. The results of the analysis found that black humor can produce a unique aesthetic experience for the audience through the presentation of a taboo topic that is packaged in a joke by opposing the logic of general thinking, where the aesthetic experience that is generated can stimulate us to enrich views we are towards the world."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Franciscus Xaverius Mudji Sutrisno, 1954-
Yogyakarta: Kanisius, 2006
111.85 MUD o
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Franciscus Xaverius Mudji Sutrisno, 1954-
Yogyakarta: Kanisius, 2006
801.93 MUD o
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Donna Asteria
Jakarta: Prenadamedia Group, 2015
302.23 DON k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>