Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6963 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Universitas Indonesia, 2008
TA1017
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Joko Wisnugroho
"Dalam studi ini, pengelolaan sampah berbasis smart waste management system yang dengan menggunakan aplikasi IoT diterapkan. Terutama untuk sampah botol plastik yang memiliki nilai ekonomi. Dalam studi ini penulis membuat desain mesin DAUR untuk untuk menerima sampah botol plastik sesuai dengan design requirement dan objectives dari pengguna. Selain itu, simulasi atas kelayakan investasi juga dilakukan dengan menggunakan sistem dinamik sesuai dengan Bass Diffusion Model. Terdapat 2 kasus yang disimulasikan, sesuai dengan alternatif desain yang dibuat. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa teknologi ini akan diadopsi oleh masyarakat dengan cepat sehingga diprediksi akan memasuki masa jenuh pada akhir tahun keempat. Selain itu, kenaikan biaya investasi mesin sebesar 16% telah berdampak menurunkan NPV sampai dengan 68%. Namun, investasi pada kedua alternatif desain tetap layak untuk dilakukan karena memiliki nilai NPV lebih besar dari nol. Analisa atas hasil uji sensitivitas juga dilakukan oleh penulis dengan variasi nilai faktor sebesar +20% dan -20% sehingga terdapat 12 kasus simulasi tambahan. Penulis juga telah membuat desain yang identik pada prototipe mesin DAUR untuk memudahkan modifikasi, perawatan, dan efisiensi waktu pembuatan.

In this study, waste management based on an intelligent waste management system using IoT applications is applied. Especially for plastic bottle waste, which has economic value. In this study, the authors design a DAUR machine to receive plastic bottle waste according to the user's design requirements and objectives. In addition, a simulation of investment feasibility is also carried out using system dynamics according to the Bass Diffusion Model. Two cases are simulated, according to the design alternatives made. From the simulation results, it is found that this technology will be adopted by the community quickly so that it is predicted to enter a saturation period at the end of the fourth year. In addition, the 16% increase in investment costs for machinery has resulted in a lower NPV of up to 68%. However, investment in both design alternatives is still feasible because it has an NPV value greater than zero. Analysis of the results of the sensitivity test was also carried out by the author with a variation of factor values of +20% and -20% so that 12 additional simulation cases was added. The author has also made an identical design on the prototype of the DAUR machine for easy modification, maintenance, and efficiency of manufacturing time. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kukuh Satrio Wibowo
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
TA468
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Faishal Muhammad
"Peningkatan jumlah pengguna jasa kereta commuter line diikuti oleh inovasi pengadaan mesin penjual tiket yang menggantikan loket manual. Permasalahan muncul ketika 79% pengguna merasa kesulitan menggunakan mesin tiket. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan purwarupa mesin tiket yang memberikan kemudahan tampilan dan penggunaan. Pendekatan desain berbasis manusia (UCD Approach) digunakan untuk menghasilkan wireframe, mock-up, dan prototype. Responden yang dilibatkan berjumlah 20 orang dan dibagi dalam 2 kelompok sesuai dengan afinitas teknologinya. Data kebutuhan responden disusun menjadi wireframe tampilan dan fisik. Wireframe fisik disusun menjadi mock-up sesuai dengan antropometri Indonesia. Mock-up yang dihasilkan kemudian dibuat menjadi prototype 3 dimensi 1:1. Evaluasi postur tubuh menunjukkan beban kerja yang aman dan nyaman bagi pengguna. Usability testing menunjukkan matriks performa pengguna yang tinggi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa purwarupa mesin tiket yang dirancang telah memberikan kemudahan tampilan dan penggunaan.

An increasing number of commuter line users followed by ticket vending machines inovation procurement that replace the manual counters. The problem arises when the 79% user felt difficult by using the vending machine. The purpose of this research is to produce a vending machine prototype that provide ease of display and usage. User-centered design approach (UCD Approach) was used to generate a wireframe, mock-up, and prototype. Twenty people were involved as respondents and divided into two groups in accordance with their technology proficiency. The data of respondent needs then translated into physical and display wireframe. The wireframe then translated into physical mock-up in accordance with Indonesian anthropometry. A 1:1 3-dimensional prototype then built to be evaluated. Posture evaluation index indicate the working posture is safe and convenient for all users. Usability testing shows a good performance matrix during the evaluation. So, it can be concluded that the prototype has provided an ease of display and usage.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48893
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Liberty Binsar
"ABSTRAK
Keban yakan operator selular saat ini dihadapkan pada tantangan dimana pertumbuhan pelanggan sudah mengalami saturasi dan terjadi penurunan pertumbuhan pendapatan karena layanan legacy cenderung mengalami penurunan karena mendapat ancaman dari layanan over-the-top (OTT). Strategi pengembangan bisnis layanan digital pun dilakukan untuk dapat meningkatkan pendapatan perusahaan melalui penyelenggaraan layanan digi tal payment & mobile e-money, digital advertising dan bisrus machine-to-machine (M2M) mengingat potensi dan dukungan dari ekosistem digital yang cukup menjanjikan. Namun dalam ken yataannya, penyelenggaraan layanan di gital tersebut belum dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan pendapatan perusahaan sehingga diperlukan strategi baru dengan suatu i novasi layanan. Penel itian ini bertujuan untuk memodelkan integrasi tiga layanan digital yaitu mobile e-money, digital advertising dan M2M ke daJam layanan Smart Vending Machine (SVM), serta menganalisis model bisnis penyelenggaraan layanan pada studi kasus PT. XYZ sehingga diharapkan dapat menjadi suatu sumber pendapatan baru bagi operator seJular PT. XY Z. Berdasarkan hasil pemodelan sistem dan analisis model bisnis rudapatkan bahwa pen yelenggaraan l ayanan SVM mengikuti pola model bisnis platfonn bersisi banya k, yang mempertemukan dua kelompok pelanggan yang berbeda yaitu pelanggan e-money dan pelanggan korporasi. Empat model bisnis juga dianalisis dimana la yanan SVM laya k untuk diimpl ementasikan dan diharapkan dapat memberikan tambahan pendapatan bagi operator selular PT. XYZ

ABSTRACT
Most of Cellular Operators are currently facing challenges in which subscriber growth is saturated and revenue growth is declined because legacy services are tend to decreased due to threat from over-the-top (OTT) services. Strategy to offer digital services is developed in order to increase operators' revenue through offering of services such as digital payment & mobile e-money, digital advertising and machine-to-machine (M2M) business, where potential and digital ecosystem support of those services is very promising. In reality, the implementation of those digital services is not yielding significant effect on operators' revenue growth, thus they need new strategy with a new service innovation. This research aims to modeling an integration of three digital services which are mobile e-money, digital advertising and M2M , into a Smart Vending Machine (SVM ) service. Furthermore, this research also analyzes business model implementation of this service as a study case at PT.XYZ, where this service is expected to become a new revenue source. From system modeling result and business model analysis, it is revealed that implementation of SVM services practices multi-sided platform business model pattern that brings together two different groups of customers which are e-money users and corporate customers. Moreover, this research analyses four business models approach to find appropriate implementation models of SVM services and additional revenue opportunities for PT.XYZ."
2016
T46255
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faishal Muhammad
"Commuter Vending Machine (C-VIM) adalah jawaban dari PT. Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) terhadap meningkatnya kebutuhan atas transportasi kereta commuter line. Mesin ini hadir dan mulai menggantikan loket konvensional di stasiun. Implementasi mesin C-VIM bertujuan untuk memperkenalkan teknologi self-service kepada para pengguna jasa commuter line. Namun, hal ini menimbulkan permasalahan ketika pengguna tidak terbiasa menggunakan mesin C-VIM dan menimbulkan adanya antrean. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi user experience penggunaan mesin penjual tiket kereta commuter line. Evaluasi dilakukan dengan memberikan skenario task sesuai dengan fitur yang ditawarkan mesin C-VIM. Metode yang digunakan meliputi performance metrics, kuesioner System Usability Scale (SUS), dan kuesioner Questionnaire for User Interface Satisfaction (QUIS). Berdasarkan hasil penelitian, mesin C-VIM memiliki penilaian usability yang belum baik sehingga dilakukan redesain tampilan menggunakan metode Activity Relationship Chart (ARC). Hasil penelitian ini adalah penilaian user experience, rekomendasi, dan desain tampilan mesin C-VIM yang dapat meningkatkan usability pengguna.

Commuter Vending Machine (C-VIM) is the answer from PT. Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) to the increase of commuter line train transportation needs. The machine come and starting to substitute the conventional ticket windows. The purpose of C-VIM implementation is to introduce self-service technology to the commuter line user. Instead this implementation causing problems when the user is not accustomed to using the machine. The intention of this research is to evaluate user experience after using commuter vending machine. The evaluation is done by giving task scenario according to the feature offered by the machine. Methods used in this research are usability performance metrics, System Usability Scale (SUS) questionnaire, and Questionnaire for User Interface Satisfaction. Results indicate that C-VIM has a relatively low usability score, so interface redesign was proposed using Activity Relationship Chart (ARC). The output of this research are user experience evaluation, reccomendation, and interface design to increase the user usability.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63323
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giovanni Fataro Hia
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh kepada penerimaan masyarakat pengguna jasa KRL Commuter Line terhadap adanya suatu teknologi baru yaitu mesin penjual tiket CVIM di samping pelayanan loket yang sudah ada sebelumnya dengan meneliti sikap terkait teknologi technology readiness dan need for interaction , dan faktor situasional perceived crowdedness dan role clarity terhadap niat untuk menggunakan intention to use mesin penjual tiket C-VIM . Selain itu, penelitin ini juga didesain untuk melihat perbedaan karakteristik pengguna mesin penjual tiket C-VIM dengan pengguna loket. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signnifikan antara sikap terkait teknologi dan faktor situasional terhadap minat untuk menggunkan mesin penjual tiket C-VIM . Sebagai tambahan, hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signfikan antara kelompok pengguna mesin penjual tiket C-VIM dengan kelompok pengguna pelayanan loket. Need for Interaction merupakan pembeda utama ketika seseorang memilih menggunakan mesin penjual tiket C-VIM atau menggunakan pelayanan loket sedangkan Perceived Crowdedness tidak menunjukan hasil sebagai pembeda antara kelompok pengguna mesin penjual tiket C-VIM dengan kelompok pengguna pelayanan loket.

ABSTRACT
This research aims to find out the factors affected the commuters rsquo acceptance of KRL Commuter Line to its new service technology, called CVIM or Commuter Vending Machine. It rsquo s placed beside the manual ticket counters that have been used previously, by studying the Technology Related Attitudes technology readiness and need for interaction , and Situational Factors perceived crowdedness and role clarity to the intentions to use the ticket selling machine or CVIM. Besides, this research is designed to observe the characteristic differences between CVIM rsquo s users and the manual tickets counters rsquo users. The result of this research shows the significant effect between Technology Related Attitudes and Situational Factors toward intention to use Commuter Vending Machine. In addition, the result of this research also shows the significant difference between CVIM users and manual ticket counters users. Need for interaction is the main difference when a user chooses to use C VIM or manual ticket counters, meanwhile perceived crowdedness has shown that it can rsquo t be identified as the difference between CVIM and manual ticket counters. "
2017
S67783
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Grace Silvana
"Kebijakan Pemerintah Kota untuk mengurangi kemacetan mendorong penggunaan moda transportasi publik seperti Commuter Line. Saat ini Commuter Line sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari masyarakat Jabodetabek, namun persepsi masyarakat tentang kualitas layanan masih sangat beragam. Hal tersebut mendorong PT. KAI Commuter Jabodetabek terus meningkatan kualitas jasa salah satunya dengan mengadopsi SST berupa mesin penjual tiket commuter otomatis C-VIM untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bertransaksi dan tentunya menarik minat masyarakat untuk beralih ke transportasi publik dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah Kota. Penelitian ini didesain untuk mengetahui penerimaan masyarakat pengguna jasa Commuter Line terhadap suatu teknologi baru dengan meneliti pengaruh kegelisahan anxiety. keramaian crowding. dan tekanan waktu time pressure terhadap niat untuk menggunakan kembali intention to use. Responden dalam penelitian ini berjumlah 160 penumpang commuter line Jabodetabek yang pernah menggunakan mesin penjual tiket commuter otomatis C-VIM. Sebuah model penelitian dengan 9 hipotesis diuji dengan metode Structural Equation Modeling SEM untuk mengetahui hubungan antara kegelisahan technology anxiety. keramaian perceived crowding. dan tekanan waktu perceived time pressure.

The Government's policy to reduce congestion has encouraged public's use of Commuter Line. Though Commuter Line has became a part of everyday activities for people lived in Jabodetabek, yet the society's perception of service quality is still vary. It encourages PT. KAI Commuter Jabodetabek to continue to improve its service quality by adopting an SST like commuter line ticket vending machine C VIM to somehow be able to increase the efficiency and effectiveness of transaction and of course, attracting public to actually shift to public transportation, to support the policy of the City Government. This study is designed to understand the acceptance of the commuter line users' acceptance towards a new technology by investigating the influence of anxiety, crowding, and time pressure on their intention to use. The total amount of 158 passengers of commuter line Jabodetabek are involved in this research, those are passengers who have already experienced or used the commuter line ticket vending machine C VIM. This research contained 9 testable hypotheses and used the Structural Equation Modeling SEM method to analyze the relationship between technology anxiety, perceived crowding, and perceived time pressure.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S65886
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Damiri Putra
"ABSTRAK
Hipertensi merupakan salah satu kondisi yang sering banyak ditemui dan dapat menyebabkan stroke, gagal ginjal, dan kematian bila tidak dideteksi secara dini dan tidak dilakukan pengobatan dengan benar. Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal gagal ginjal , jantung penyakit jantung koroner , dan otak menyebabkan stroke . Banyak pasien hipertensi dengan tekanan darah tidak terkontrol dan jumlahnya terus meningkat. Berdasarkan laporan infodatin dari Kementrian Kesehatan RI pada tahun 2014 mengenai hipertensi, secara nasional 25.8 penduduk Indonesia menderita penyakit hipertensi. Suatu topik yang sedang dibicarakan adalah layanan M2M dalam bidang kesehatan. Pemanfaatan layanan M2M dalam bidang kesehatan diharapkan dapat membantu atau meningkatkan layanan kesehatan yang sudah ada. Teknologi M2M menghubungkan mesin, perangkat, dan peralatan melalui berbagai jenis komunikasi. Hal tersebut membuat perangkat menjadi perangkat pintar yang dapat saling berkomunikasi. Desain sistem perangkat machine-to-machine M2M dalam sektor kesehatan saat ini lebih banyak pada sistem monitoring kesehatan. Pada riset ini diajukan desain sistem komunikasi M2M yang tidak hanya dapat memonitoring pasien, tapi juga dapat memberikan rekomendasi pengobatan. Treatment pengobatan dapat dimonitoring oleh pihak medis. Pada sistem ini akan dibuat dua perangkat dan satu aplikasi mobile. Perangkat pertama yaitu tensimeter yang terhubung dengan mikrokontroler, perangkat kedua medicine box yang terhubung dengan mikrokontroler, dan aplikasi mobile. Dengan desain sistem machine-to-machine M2M yang diajukan, diharapkan dapat membantu pasien pada kesehatannya. Hasil dari riset ini adalah waktu kirim data perangkat mikrokontroller sphygmomanometer ke aplikasi mobile menggunakan bluetooth adalah waktu minimun data sampai adalah 12 ms, waktu maksimum data sampai adalah 96 ms, dan waktu rata-rata data sampai ke aplikasi adalah 28.46 ms. Waktu koneksi data medicine box ke server lebih cepat menggunakan modul ethernet dibandingkan dengan wifi atau koneksi selular. Dari hasil ujicoba pada pasien, pengukuran didapat tekanan darah sedikit berkurang. Diharapkan apabila sistem ini digunakan dalam jangka waktu panjang dapat membantu pengguna untuk menjaga tekanan darah menjadi normal.

ABSTRACT
Hypertension is a condition that is often prevalent and can lead to stroke, kidney failure, and death if not detected early and treatment is not done properly. Hypertension is an increase in systolic blood pressure over 140 mmHg and diastolik blood pressure over 90 mmHg. Increased blood pressure that lasts for a long time can cause damage to the kidneys renal failure , heart coronary heart disease , and brain causing a stroke . Many hypertensive patients with uncontrolled blood pressure and is steadily increasing. Based infodatin report of the Ministry of Health in 2014 regarding hypertension, nationally 25.8 of Indonesia 39 s population suffer from hypertension. A topic that is being discussed is the M2M services in the field of health. Utilization of M2M services in the health sector is expected to help or improve existing health services. M2M technology connects machines, devices and equipment through various types of communication. This makes the device into a smart device that can communicate with each other. The system design machine to machine M2M in the health sector are now much more on health monitoring system. This research proposed design of M2M communication system that are not only monitor the patient, but also can provide treatment recommendations. The treatment can be monitored by medics. In this system, will be made of two devices and a mobile application. The first device is tensimeter connected to the microcontroller, the second device medicine box connected to the microcontroller, and a mobile application. With the design of the system of machine to machine M2M filed, is expected to help patients in their health recovery. The result of this research is sending data of microcontroller sphygmomanometer device to mobile application using bluetooth is minimum data up to 12 ms, maximum data time up to 96 ms, and time average data up to application is 28.46 ms. The connection time of medicine box data to server is faster using ethernet module compared with wifi or cellular connection. From the results of trials in patients, the measurement of blood pressure obtained slightly reduced. It is hoped that if this system is used in the long term it can help the user to keep blood pressure normal. "
2017
T47917
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Volume 37 of REA features eleven original articles organized in four different sections, each focusing on a specific, popular and significant theme in economic anthropology: production, exchange, vending, and tourism."
United Kingdom: Emerald, 2017
e20469459
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>