Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 184680 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
TA2444
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
TA2351
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
TA2348
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
TA2371
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
TA2388
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sigit Wijanarko
"Outsourcing manajemen sistem informasi semakin mendapat perhatian dalam dua dasawarsa terakhir. Strategi yang dimaksud adalah untuk menyelesaikan beberapa persoalan manajemen sistem infomasi, dan telah berkembang cakupannya dari sekedar menangani masalah~masalah pemrosesan data dan resource sharing, ke hal-hal yang lebih kompleks seperti misalnya manajemen sistem aplikasi. Penerapan outsourcing juga telah menyentuh hal-hal yang dahulu dianggap sebagai kritikal dan strategis serta sangat beresiko bila diserahkan kepada mitra ke1ja dari luar. Dalam masalah ousourcing telah dikenal metode-metode yang diterima di kalangan industri maupun masyarakat ilmiah, yang memungkinkan studi outsourcing dapat dilihat secara ilmiah. Beberapa hal yang penting tersebut antara lain masalah penyusunan kontrak, Service Level Agreement, formulasi biaya dan manajemen sumber daya manusia. VICO Indonesia, sebuah perusahaan tmgas yang beroperasi di Indonesia baru saja mendefinisikan rencana strategis sistem informasinya. Diantara keputusan strategis adalah perlunya melakukan outsourcing dari semua fungsi departemen sistem informasinya. Tesis ini akan menganalisa tujuan dan strategi dari outsourcing manajemen sistem informasi yang sedang berjalan, dengan lebih memusatkan perhatian kepada outsourcing manajemen sistem aplikasinya. Tujuan yang ingin dicapai dengan outsourcing tersebut ialah pemusatan perhatian ke bisnis inti perusahaan dan tercapainya cost effectiveness dalam manajemen sistem aplikasi, serta untuk meningkatkan service level. Pembahasan yang dilakukan dengan menganalisa pengambilan keputusan serta penerapan critical success factors ternyata menemukan bukti beberapa kekurangan yaitu antara lain dalam rincian Service Level Agreement, ketiadaan mekanisme penalti dan insentif, serta antisipasi terhadap kemungkinan buruk yang bisa terjadi. VICO menaruh harapan yang besar terhadap outsourcing tersebut, tetapi persiapan yang dilakukan kurang memadai, dan masih memerlukan beberapa perbaikan.

Information Systems outsourcing has gained more attention m the last two decades. The strategy is meant to relieve some information systems management problems. It has improved its scope from data processing and resource sharing to more complex functions e.g. application systems management. Outsourcing penetrations have also occurred in functions that had been earlier considered critical and strategic, that is too risky to be offered to an external vendor. There have been best practice methods on managing the outsourcing which known by the industry and acknowledged by the scientific society. Among the important aspects are e.g. contract preparation, Service Level Agreement, method of pricing and human resources management. VICO Indonesia as an oil and gas company operating in the country, had been defining its information systems strategic plan recently. Among its directions is the need to proceed with the outsourcing plan of its infonnation system depariment functions. This thesis will cover the objectives and the strategies of the ongoing plan, which focus on the application systems management outsourcing. Among the impotiant goals of the related ~mtsourcing are the need to focus on the company's core business, achieving cost effectivenes~ in the application systems management and increasing the service level. The analysis of the outsourcing decision and the implementation of outsourcing critical success factors has found that there are some important things which had been missed or insufficiently managed, e.g. the details of Service Level Agreement, penalty and incentive mechanism, and the anticipation of unexpected conditions. VICO relies highly on this outsourcing, while there are still some improvements need to be carried out.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000
T40343
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Poppy Yuditya Candralita Abidin
"Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur yang harus diperhatikan oleh perusahaan, karena sumber daya manusia yang berkualitas akan menentukan keberhasilan perusahaan. Untuk menghasilkan kinerja yang memuaskan, maka kepuasan kerja karyawan perlu diperhatikan. Karena tercapainya tingkat kepuasan kerja karyawan akan memberikan umpan balik bagi motivasi karyawan untuk meningkatkan prestasi berdasarkan kemampuan, ketrampilan dan pengalaman. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan kerja karyawan di VICO Indonesia, yang merupakan suatu perusahaan yang telah berkecimpung dalam pengembangan sumber-sumber gas alam di Indonesia selama hampir 30 tahun.
Pada skripsi ini juga dipelajari dan dianalisa variabel kepuasan yang paling rendah, serta mengetahui faktor yang mempengaruhinya. Dengan penulisan skripsi ini diharapkan VICO Indonesia akan lebih memperhatikan kepuasan karyawannya dengan cara merancang dan menerapkan suatu strategi baru agar masalah-masalah kepuasan kerja ini dapat diperkecil atau bahkan dihilangkan sama sekali sehingga motivasi kerja terus menanjak, produktivitas meningkat dan pada akhirnya perusahaan akan merasakan hasilnya, yaitu kinerja dan keuntungan yang meningkat."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S49863
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryanto
"VICO Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Pertambangan Minyak dan gas Bumi, Iokasi kegiatannya di area Balikpapan, Kalimantan Timur. VICO Indonesia selalu menghadapi masalah kecelakaan kerja baik yang dapat mengakibatkan cidera ataupun kerusakan pada peralatan operasinya. Kecelakaan kenja yang terjadi berpengaruh terhadap karyawan maupun perusahaan, oleh karena itu setiap kecelakaan kerja hams ditangani dan diminimalkan dengan upaya bersama yang melibatkan semua pihak.
Tesis ini melihat trend kecelakaan kerja yang terjadi selama tiga tahun dari tahun 2003-2005. Dengan diketahuinya penyebab kecelakaan maka akan mempermudah dalam upaya pencegahannya. Faktor yang menjadi penyebab kecelakaan adalah kurang kontrolnya manajemen, faktor manusia, faktor pekerjaan, perilaku tidak aman dan kondisi tidak aman.
Manusia adalah faktor utama dari berbagai kecelakaan kerja tetapi bukan berarti faktor-faktor lainnya dapat diabaikan begitu saja karena secara keseluruhan faktor-faktor tersebut saling mempengaruhi.
Upaya pencegahan kecelakaan kerja akan lebih baik jika dititikberatkan pada akar permasalahanya yaitu kontrol manajeman. Pencegahan dapat berupa pembuatan program baru atau peningkatan program lama menjadi lebih insentif lagi dan yang terakhir kepatuhan terhadap standar-standar yang ada.

Vico Indonesia is an oil company deals with Oil and Gas operation in Balikpapan, East Borneo District. Vico Indonesia always faces accidents caused bith injury and damage of property in the their operation. The accident impacted to employee as well as company thertefore any accident happened shall be taken care and be minimized by integrated efforts all of parties.
This thesis take a look on accident trend happened during period 2003 - 2005. If the accident causes is detected already it can he easily to prevent the same accident. Accident cause factor can he come from inadequate control of management, factor personal, factor job. unsafe act and tmsafe condition.
Person is become dominant accident factor but the other factor can not be neglected because they are influence each other.
The effort to prevent accident will satisfied if focused to management control as basic problem. These effort is make a new program or increasing the existing program to be more effective. The last effort is compliance to the all standards.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T21119
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jugo Widioro
"Berkaitan dengan penerapan atau dukungan layanan TI yang ada saat ini terhadap proses bisnis perusahaan, dilakukanlah penelitian yang berkaitan dengan tata kelola TI. Penelitian yang dikerjakan ini berupa analisa terhadap tata kelola TI yang diterapkan oleh perusahaan. Kemudian dilakukanlah pengembangan usulan solusi berkaitan dengan tata kelola TI, dengan menggunakan standar Maturity Level berbasis COBIT.
Kekuatan Maturity Level yang dimiliki VICO Indonesia perlu didukung engan pengelolaan faktor-faktor non teknis yang dapat menjadi kendala operasional bisnis. Seperti memperhatikan ketersediaan SDM yang handal dan bersifat jangka panjang, dan mempertimbangkan segala bentuk investasi TI dengan usia Kontrak Kerja Sama dengan BPMIGAS. Hal-hal semata bermanfaat untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi aktivitas bisnis.

Related to the applications or support of current existing IT services in the business processes of he company, this research is performed related to the IT governance. This research is performed by analyzing the IT governance at VICO Indonesia company, and to propose a solution related to IT governance, by using COBIT sytandard, focusing in MAturity Level valuation.
The strength of Maturty Level of VICO Indonesia needs to be support with the management of non-technical factors which will became as operational obstacle. Concerns in availability and capability of human resources for the long term, and consideration in IT investment which in line with the PSC period should be manage to optimie the effectiveness and efficiency of business process."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T27729
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>