Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125332 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hanifa Asra Silmi
"Penelitian ini berfokus untuk melihat efektivitas strategi story map untuk meningkatkan pemahaman bacaan pada siswa dengan disabilitas intelektual ringan. Strategi story map merupakan strategi yang digunakan untuk membentuk skema selama membaca suatu bacaan. Program ini dilakukan dengan pendekatan direct instruction, yaitu peneliti memberi contoh (modelling), memberi arahan minimal (guiding) dan memberi kesempatan pada siswa untuk menjalani strategi secara mandiri (independent practice). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan memahami bacaan pada siswa setelah program diberikan. Setelah tiga hari program dihentikan, subyek juga masih mampu mempertahankan kemampuan memahami bacaan tersebut.

This study focuses to see the efectiveness of story map to increase reading comprehension for student with mild intellectual disabilities. Story map is a strategy to build a schemata during reading. This program is created using direct instruction approach, consist of three step:modelling, guiding, independent practice. The result of this study showed that the subject's reading comprehension skill increased after this program. Three days after program, subject still maintain the reading comprehension skill.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42190
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Said, Edward W.
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998
305.552 SAI rt (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Said, Edward W.
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014
305.552 SAI rt (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Juli K. Adi
"Penelitian ini bermula dari kekhawatiran para pendidik mengenai pengaruh negatif kegiatan luar sekolah terhadap prestasi belajar di sekolah. Tujuan. penelitian dipusatkan untuk melihat perbedaan prestasi belajar di sekolah dan kreativitas antara siswa yang Ikut kursus musik dan yang tidak kursus musik di SD kelas VI. Setelah dibahas mengenai teori-teori perkembangan kreativitas pada anak dan peranannya dalam pendidikan, fungsi belahan otak, peranan musik dalam pendidikan anak, konsep berpikir kreatif dalam musik, kekhususan belahan otak dengan aspek melodi, hubungan musik dengan kemampuan ruang dan verbal, maka dapat diajukan 6 hipotesa. Hipotesa-hipotesa ini diuji secara statistik menggunakan data yang diperoleh dari 52 siswa sebagai sampel. Keterbatasan jumlah sampel disebabkan terbatasnya jumlah siswa kelas VI yang ikut kursus musik. Data diolah dengan menggunakan perhitungan analisa kovarians dan korelasi parsial. Tiga dari hipotesahipotesa tersebut diterima. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dan kreativitas verbal siswa-siswa yang ikut kursus musik lebih tinggi dibanding dengan siswa-siswa yang tidak ikut kursus musik. Namun demikian perbedaan ini tidak berarti disebabkan oleh keikutsertaan kursus musik, sebab dari hasil perhitungan korelasi lama kursus dengan ke dua variabel tersebut ternyata tidak menunjukkan adanya hubungan. Tesis ini ditutup dengan saran-saran praktis bagi pendidik dan orang tua maupun kepada peneliti lain yang berminat meneruskan penelitian sejenis ini."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1989
T22
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Said, Edward W.
New York: Vintage Books, 1994
305.552 SAI r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Syed Hussein Alatas
Jakarta: LP3ES, 1988
305.521 723 ALA it
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Firsta Andrina Sukmawan
"Disabilitas intelektual merupakan kondisi keterbatasan yang signifikan dalam fungsi intelektual dan perilaku adaptif seseorang yang muncul sebelum usia 18 tahun. Salah satu bagian dari perilaku adaptif adalah keterampilan konseptual, yang di dalamnya mencakup keterampilan membaca yang bersifat fungsional atau biasa disebut membaca fungsional. Tujuan utama dari membaca fungsional untuk siswa dengan disabilitas intelektual ringan adalah membaca untuk melindungi diri sendiri dan untuk mendapatkan informasi yang berguna untuk keseharian mereka, oleh sebab itu kemampuan ini penting dimiliki untuk penyesuaian diri dan hidup secara mandiri di lingkungannya.
Intervensi berupa strategi parafrase yang terdiri dari tiga langkah yaitu membaca read, bertanya ask, dan menceritakannya kembali put terbukti dapat meningkatkan pemahaman bacaan bagi siswa SMA dengan disabilitas intelektual ringan melalui penelitian oleh Hua, Woods-Groves, Ford, dan Nobles 2014 dan Feeney 2012, namun implementasi dari strategi ini pada siswa dengan disabilitas intelektual ringan yang berada di jenjang SMP belum ditemukan.
Pada penelitian berdesain single subject experimental study ini, peneliti ingin melihat apakah strategi RAP Read, Ask, Put efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan fungsional pada siswa dengan disabilitas intelektual ringan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor pemahaman bacaan fungsional antara sebelum dan sesudah diberikan program intervensi dengan strategi Read, Ask, Put RAP, subjek juga dapat mempertahankan kemampuannya tanpa bimbingan peneliti.

Intellectual disability is a significant limitation in the intellectual function and adaptive behavior of a person that appears before the age of 18 years. One of the adaptive behaviors is conceptual skill, which includes functional reading. For students with mild intellectual disabilities, the main purpose of functional reading is to protect themselves and get benefecial information for their daily lives. This ability is also important for self adjustment and to live independently in their environment.
The intervention to strengthen this skill through paraphrasing strategies that consists of three steps read, ask, and putting the information in their own words, has been proven to improve reading comprehension in high school students with mild intellectual disability Hua, Woods Groves, Ford, Nobles, 2014 Feeney, 2012, but the implementation of this strategy on student with mild intellectual disability in junior highschool is yet to be found.
Through this single subject experimental study design, the researcher aimed to see whether RAP strategy is effective in improving functional reading comprehension for student with mild intellectual disability.
The results showed that there is an improvement in participant's functional reading comprehension before and after the intervention program. The participant was also able to maintain their functional reading ability even without guidance from the researcher.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T49141
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasir Tamara
Yogyakata: Yayasan Benteng Budaya, 1997
305.552 NAS m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bryan, Robert J.
Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1993
305.5 BRY it
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Prasetyo
Yogyakarta: Resist Book, 2007
305.5 EKO j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>