ABSTRAK
SuvonalyaProgram Studi Kajian Administrasi Rumah SakitAnalisis Mutu Pelayanan Kesehatan Instalasi Rawat Jalan RSUD Budhi AsihDengan Pendekatan Kriteria Malcolm Baldridge Tahun 2018Mutu pelayanan kesehatan menjadi hal penting dalam organisasi pelayanankesehatan sehingga mendorong setiap organisasi pelayanan kesehatan untukmeningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil dari survey kepuasanmasyarakat terhadap instalasi pelayanan RSUD Budhi Asih pada tahun 2014-2017didapatkan ada kesenjangan (gap) antara harapan konsumen dengan mutu pelayanan diinstalasi rawat jalan RSBA sehingga perlu dilakukan peningkatan kinerja di semua unsurunsurpelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mutupelayanan kesehatan instalasi rawat jalan di RSBA dengan menggunakan pendekatankriteria malcolm baldridge. Metode penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptifdengan studi crosssectional gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Penelitiandilakukan di instalasi rawat jalan RSBA pada bulan November-Desember Tahun 2018dengan jumlah sampel 130 dan jumlah informan 12 orang. Hasil didapatkan : Mutupelayanan kesehatan instalasi rawat jalan RSUD Budhi Asih secara umum adalah baik.Ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus padapelanggan, pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan, fokus pada tenaga kerja,fokus pada operasi terhadap hasil yaitu mutu pelayanan kesehatan instalasi rawat jalanRSBA dimana nilai p < 0.05 dan pada uji multivariat yang memiliki keeratan kuat adalahperencanaan strategis dan fokus pada proses. Kualitas pelayanan kesehatan instalasi rawatjalan RSBA perlu ditingkatkan, terutama fokus pada pelanggan, perencanaan strategis,pengukuran, analisis dan manajemen pengetahuan dan hasil-hasil kinerja organisasi.Komitmen dari seluruh elemen di rumah sakit sangat dibutuhkan. Pelayanan konsumendengan baik dan benar, tindakan medis yang tepat sesuai dengan standar operasionalprosedur, pelayanan prima dan upaya untuk memenuhi kelengkapan sarana prasaranarumah sakit adalah hal penting yang harus dilakukan oleh RSBA untuk peningkatan mutupelayanan rumah sakit.Kata kunci: kualitas mutu pelayanan kesehatan, manajemen, evaluasi kinerja, rumahsakit, instalasi rawat jalan, kriteria malcolm baldridge.ABSTRACT
SuvonalyaStudy Program Hospital AdministrationThe Analysis Of Healthcare Service Quality Of The Outpatient Department AtBudhi Asih Hospital Using The Malcolm Baldridge Criteria Approach In 2018The healthcare service quality is crucial in the healthcare service organization toencourage every healthcare service organization to improve their healthcare servicequality. Based on the results of the community satisfaction survey on RSBA servicedepartment in 2014-2017, there was a gap between consumers’ expectations and theservice quality of the outpatient department of RSBA, thus, it is necessary for them toimprove the performance of all service elements. Purposes: To identify the description ofthe service quality of outpatient department in RSBA using the criteria of malcolmbaldridge. Method of this research was a descriptive analytical study with cross-sectionalstudy combined with qualitative and quantitative approaches (mix method). Based on theresult analysis it was found that : In general, the quality of outpatient health services atthe Budhi Asih Hospital is good. There was a significatt influence among leadership,strategic planning, focus on customer, analysis measurement and knowledgemanagement, focus on the workforce, and last focus on operations and focus on theservice quality of outpatient department of RSBA with p-value of < 0.05 and inmultivariate tests, the factors that had strong closeness were the strategic planning andthe process focus. Conclusion: The Healthcare service quality of the outpatientdepartment of RSBA needed improvement, especially Customer Focus, StrategicPlanning, Measurement, Analysis and Management of Knowledge and Results ofOrganizational Performance. The commitment of all elements in the hospital wasrequired. The well and correct service customers, appropriate to the medical treatmentaccording to the standard operating procedures, the excellent service and the effort tomeet the completeness of the hospital infrastructure were important aspects that shouldbe undergone by RSBA to improve the hospital’s service quality.Keywords: healthcare service quality, management, performance evaluation, hospital,outpatient department, malcolm baldridge criteria."