Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 156302 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Sri Indah Suryaningsih
"ABSTRAK
Menurunnya jumlah pendengar radio dari tahun ke tahun menggeser tren
kebiasaan mendengarkan radio melalui saluran analog ke digital. Perkembangan
teknologi ini, membawa dampak bahwa persoalan saluran radio menjadi semakin tak
terbatas lagi daya jangkauannya. Potensi ini perlu diimbangi dengan kualitas konten
yang dapat memenuhi harapan pendengar. Melalui pendekatan model expectancy
values, penelitian ini dilakukan untuk memahami nilai–nilai harapan pendengar
melalui analisis hubungan variabel–variabel yang terdapat dalam model tersebut.
Studi ini dilakukan dengan metode survei kepada 105 pendengar aktif Suara
Edukasi yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Melalui teknik quota sampling,
sampel terbagi dalam 3 kategori yaitu Remaja, Muda, dan Dewasa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebagian besar responden berpendapat bahwa keyakinan dan
penilaiannya terhadap radio pendidikan adalah baik dan bermanfaat. Responden
memiliki seperangkat harapan yang terbagi dalam 5 dimensi kebutuhan yaitu
kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelarian/pengalihan masalah.
Penggunaan media radio pendidikan mengikuti pola kebiasaan yang beragam dilihat
dari frekuensi, waktu, jenis program acara dan saluran yang digunakan dalam
mendengarkan radio. Kepuasan khalayak pendengar terhadap penggunaan media
radio pendidikan secara umum dikategorikan puas. Variabel–variabel dalam model
expectancy values memiliki pengaruh hubungan langsung maupun tak langsung
terhadap variabel satu dengan lainnya. Melalui analisis path, penelitian ini juga
menghasilkan 4 model yaitu: model expectancy values remaja, model expectancy
values muda, model expectancy values dewasa, dan model expectancy values
gabungan.

ABSTRAK
The reduced number of radio listeners shift listening trends from analog to
digital channels. Because of technology evolution, radio channel has more power
range to be infinite. It should be balanced with quality content of radio broadcasting
that meet the expectations of the listeners. By using expectancy values model, this
study aimed to understand the value of listeners expectation, and analyze the
correlation of the variables in this models.
The study was applied by survey to 105 active listeners of Suara Edukasi in
the Greater Jakarta area. Quota sampling technique was chosen to set the research
sample. Then, respondents were divided into 3 categories: Adolescent, Young, and
Adult. The result of the research showed that most respondents have beliefs and
evaluations that the educational radio is nice and helpful. Respondents have a set of
expectations that are cognitive, affective, personal integration, social integration, and
tension release needs. They have a habit patterns of media consumption, such as
frequency, time, type of programs and radio channels that used. Generally, the
gratifications obtained of educational radio listeners are satisfied. The variables in the
model expectancy values have an direct and indirect correlations influence with each
other. Through path analysis, this study also resulted in 4 models: expectancy values
model of adolescent, expectancy values model of young, expectancy values model of
adult, and the combined expectancy values model."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41534
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roberts, R.S.
Jakarta: Elex Media Komputindo, 1981
R 384.5 Rob k
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Arman Djohan Diponegoro
Depok: Universitas Indonesia, 1993
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Internews Indonesia, 2000
384.54 RAD
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan istilah Bumi Gora karena berhasil mengembangkan pola tanam dengan sistem Gogo Rancah pada daerah lahan kering atau tadah hujan, sampai saat ini terdapat tidak kurang dari 100 stasiun radio komunitas,puluhan radio swasta dan publik...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Suwarno
Jakarta: Bina Aksara, 1982
621.384 1 SUW t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Nur Robbani
"Bagian 1. Salah satu tugas perkembangan remaja adalah menentukan karier ekonomi. Namun, informasi mengenai karier dan profesi untuk remaja masih sedikit. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah program radio yang menyediakan informasi tentang karier dan profesi bagi remaja.
Bagian 2. Program radio tentang karier dan profesi memiliki beberapa manfaat dan tujuan. Salah satu manfaatnya adalah memberi informasi tentang pilihan karier dan profesi. Salah satu tujuan program tersebut adalah mengajak remaja peduli pada masa depannya.
Bagian 3. Program radio tentang karier dan profesi akan diberi nama "All Career at Oz" dan disiarkan seminggu sekali di Radio Oz Jakarta. Khalayak sasaran pada program ini adalah remaja berusia 15 sampai 17 tahun di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Format program adalah chat show dengan durasi satu jam.
Bagian 4. Metode evaluasi dari program radio "All Career at Oz" adalah kuesioner yang akan dibagikan kepada 100 orang pendengar program, diadakan setelah empat episode program disiarkan.
Bagian 5. Anggaran yang dibutuhkan pada produksi program "All Career at Oz" adalah Rp 660.000 per satu kali produksi. Prakiraan pendapatan dari program "All Career at Oz" adalah Rp 10.010.000

First Section. One task of adolescence is to determine the economic career. However, information regarding careers and professions for teens still a little. Therefore, it needs a radio program that provides information about careers and professions for adolescents.
Second Section. Radio program about career and professions has several benefits and purposes. One benefit is to provide information about career choices and professions. The purpose of the program is to encourage teenagers to bother about their future.
Third Section. Radio program about career and professions will be named "All Career at Oz". The program will be broadcast once a week on Oz Radio Jakarta. Target audience at this program is adolescents aged 14 to 21 years old, and living in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) area. Radio program is chat show format with one hour duration.
Fourth Section. Evaluation method of "All Career at Oz" program is questionnaire that will be distributed to 100 listeners. The evaluation was conducted after the program aired four episodes.
Fifth Section. Budget required to produce "All Career at Oz" program is Rp 660.000 per one-time production. Estimated revenue from the program is Rp 10.010.000
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58768
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Putu Dessy Wulandari
"BAGIAN 1
Analisis Situasi
Saat ini jumlah pengangguran di Indonesia didominasi oleh kaum muda. Penyebabnya, ketergantungan kaum muda untuk bekerja pada sektor pemerintahan. Kaum muda belum terdorong menjadi entrepreneur. Padahal, UKM di Indonesia dari tahun ke tahun berkembang dengan baik. Namun, jumlah pengusaha muda di Indonesia masih sedikit. Kaum muda belum terdorong menjadi entrepreneur salah satunya karena akses informasi. Selama ini, akses tersebut terdapat pada buku. Namun, kaum muda lebih banyak mengkonsumsi media elektronik, yaitu radio. Di Jakarta sendiri, belum ada radio dengan segmentasi anak muda yang membuat program wirausaha.
BAGIAN 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat bagi khalayak pendengar: Sebagai salah satu sumber ide dan insiprasi bagi kaum remaja untuk mengembangkan kreativitasnya dalam berwirausaha Manfaat bagi stasiun radio: Menambah varian program di radio Mustang FM.
Tujuan Sosial: Membantu memotivasi peningkatan jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.
Tujuan Ekonomi: Dapat menarik pengiklan dengan menawarkan program yang menarik dengan segmen pasar yang terbidik dengan baik.
BAGIAN 3
Prototipe yang Dikembangkan
Program ini bernama “Business is Me” dan berformat talk show. Program ini akan menghadirkan entrepreneur yang sudah sukses di sebuah bidang usaha, dan rencananya disiarkan setiap hari senin, pukul 17.00-18.00. Target pendengar program ini adalah remaja dan dewasa muda usia 15-26 tahun di Jabodetabek dengan SES A,B,C.
BAGIAN 4
Evaluasi
Pre test dilakukan dengan metode FGD. Para peserta akan dibagi ke dalam dua kelompok yang terdiri dari enam orang. Pre test akan dilakukan setelah prototipe program “Business is Me” selesai dibuat, dengan instrumen FGD sebagai panduan. Evaluasi akan dilakukan setelah empat episode pemutaran program. Evaluasi dilakukan melalui metode penyebaran kuesioner (bagi khalayak) serta melihat respon dari berbagai channel Mustang FM (email, twitter, website, facebook).
BAGIAN 5
Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan Program: Rp. 550.000
Jumlah Biaya Produksi 13 Episode: Rp 7.150.000
Prakiraan pendapatan per episode (tanpa sponsor): Rp. 133.250.000
Jumlah Anggaran Pre test: Rp. 1.375.000
Jumlah Anggaran Evaluasi: Rp. 1.500.000

PART I
Situation Analysis
Currently the unemployment rate in Indonesia is dominated by young people due to dependency to work in the government sector. Young people are not pushed into entrepreneurs Whereas, the existence of Micro, Small and Medium Enterprises are now developing. However, the number of young entrepreneurs in Indonesia is still lack. Young people are encouraged to become entrepreneur is not one of them because of access to information. During this time, there is access to books. However, more young people consume electronic media, especially radio. In Jakarta, there is no segmentation radio with young people who make entrepreneurship program.
PART 2
The Advantages and The Purposes of Prototype Development
Advantage for listener: As one of idea and inspiration source for youth to develop their creativity in entrepreneurship.
Advantage for radio station: To enlarge various program at Mustang
Social Objective: To encourage and to emphasize government program in order to motivate the development of Micro, Small and Medium Enterprises in Indonesia.
Economic Objective: To captivate advertiser with interesting program, well set target market.
PART 3
Develop Prototype
The progam is “Business is Me” It is a talk show. Successful entrepreneur will appear in this program that will be broadcasted every Monday, 5 PM-6 PM. Target audience is teenager and adults, 15-26 year old living in Jabodetabek, SES A,B,C.
PART 4
Evaluation
Pre test will be conducted with FGD. Participants will be devided into two groups contains with 6 persons. Pre test will be held after the Business is Me prototype has done, with FDG as guide. Evaluation will be conducted after 4 episodes broadcasted. Evaluation will use questioner and observase response from many channel of Mustang FM (email, twitter, website, facebook).
PART 5
Budget
Total budget: 550.000 IDR
Total production budget: 7.150.000 IDR
Income per episode prediction (without sponsor): 133.250.000 IDR
Total pre test budget: 1.375.000 IDR
Total evaluation budget: 1.500.000 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58599
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>