Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154587 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Magdalena
"Kinerja guru Sekolah Minggu sangat menentukan keberhasilan dalam pengajaran agama Kristen di Sekolah Minggu. Pentingnya peranan ini membuat evaluasi kerja menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan sehingga dapat mencegah terjadinya persoalan klasik yang berulang. Namun, sebuah evaluasi kinerja tidak dapat dilaksanakan dengan optimal apabila tidak dilakukan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru Sekolah Minggu pada Komisi Anak Gereja Kristen Indonesia Gunung Sahari tahun 2010. Berdasarkan Teori Perilaku dan Kinerja Gibson yang telah diolah kembali, didapati bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru Sekolah Minggu tidak hanya mencakup faktor internal (kompetensi, lama melayani, persepsi, pelatihan, dan motivasi) saja, tetapi juga mencakup faktor eksternal (sumber daya dan kepemimpinan).
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji koefisien regresi secara bersama-sama dan uji koefisien regresi secara parsial.
Hasil uji koefisien regresi secara bersama-sama menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas dalam penelitian secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat kinerja guru Sekolah Minggu. Namun hasil uji koefisien regresi secara parsial menunjukkan bahwa hanya faktor internal yaitu faktor kompetensi dan faktor eksternal yaitu faktor sumber daya yang secara signifikan mempengaruhi kinerja guru Sekolah Minggu Komisi Anak Gereja Kristen Indonesia Gunung Sahari.

Sunday School teachers performance are critical to success of the Christian religious teaching in Sunday School. The importance of this role makes the evaluation of work becomes an important thing to do in order to prevent the occurrence of recurrent classic problem. However, an evaluation of performance could not be performed with optimal if it is not done on the factors that affect performance.
This study aimed to gain insight about the factors that affect performance Sunday School teacher at the Indonesian Christian Church Commission on Child Gunung Sahari in 2010. Based on Gibson's Theory of Behavior and Performance that has been reprocessed, it was found that the factors that affect the performance of Sunday School teachers include not only internal factors (competence, length of service, perception, training, and motivation), but also include external factors (resources and leadership).
This research is explanatory with quantitative approach. Data was collected by distributing questionnaires to then analyzed using multiple regression analysis techniques. Testing research hypotheses using regression coefficient test together and test the partial regression coefficient.
Regression coefficient test results together indicate that all independent variables in the study jointly affect the dependent variable performance Sunday School teacher. But the test results in a partial regression coefficients showed that only internal factors are competence factors and external factors are resource factors that significantly affect the performance of Commission for Children Sunday School teachers from the Indonesian Christian Church Gunung Sahari."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T 28139
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penelitian teman sejawat dan siswa terhadap kinerja guru pendidikan jasmani (Penjas) SD Negeri di Kabupaten Purworejo, Banyuurip dan Kutoarjo terkait dengan kompetensi padagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Artikel ini hanya membahas kompetensi pedagogik dari guru penjas. Desain penelitian adalah survey dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada teman sejawat dan siswa. Populasi adalah seluruh guru penjas di SD di Wilayah Purworejo, Banyuurip dan Kutoarjo dengan sampel sebanyak 200 guru yang diambil dengan teknik random sampling. Kuesioner yang kembali sebanyak 164 eksemplar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk memudahkan pemaparan dan mendeskripsikannya secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir sebagian besar teman sejawat menilai bahwa kompetensi pedagogik guru Penjas di SD di Wilayah Purworejo, Banyuurip dan Kutoarjo sudah baik (88%) atau sangat baik (29,2%). siswa menilai kompetensi pedagogik guru Penjas mereka dengan sangat baik 33,9%, baik 16,8% dan cukup baik 14,8%. "
JPUT 15:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"E-learning has been growing rapidly despite its pros and cons. Good e-learning is based on principles and pedagogy similar to other type of learning. Align with the shift of educational paradigm from teacher-centered to student-centered, sooner or later teachers should adapt themselves to the new roles. This article discusses teacher's roles and competencies related to e-learning."
JPUT 10:2 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The Quality Management of the Lecturers’ Performance in the Polytechnic of Health Sciences
(An Analysis of the Influence of Leadership Behavior, Organizational Climate, Achievement
Motivation and Commitment on the the Lecturers’ Performance in the Polytecnic of Health
Sciences Ministry of Public Health in Bandung).
The low competency of the Polytecnic of Health Sciences graduates in Indonesia is currently
under the spotlight. This phenomenon is assumed to have a significant correlation with the
achievement of the Human Development Index target. Based on the theoretical review, the low
competency of the graduates is caused by the low performance of the lecturers. From the
theoretical point of view, the low performance of the lecturers can be influenced by the
lecturers’ motivation, commitment, leadership and organizational climate. Based on this
framework, the writer is interested to conduct the quantitative research through survey
method. This research is carried out in the Polytecnic of Health Sciences in Bandung. The
population of the research is 268 lecturers, and the sample is determined by Cochran theory
(2009) and resulted in 161 lecturers as the sample. The respondents of this reseach are lecturers
and students. Path analysis is used as the tehnique of analysis. The result of the research shows
that the average score of the quality of the lecturers performance in the Polytecnic of Health
Sciences is in average category. The aspect of teaching and learning process is more dominant
compared to the performance of the research and community services aspects. This finding
confirms the current practice of the lecturers who still prioritize teaching and learning, rather
than the research and community service activities. The variables of achievement motivation,
lecturers’ comrnitment, leadership behavior, and organizational climate variables influence the
lecturers’ performance both simultaniously and individually. It means that the lecturers’
performance is influenced by achievement motivation, lecturers’ commitment, leadership
behavior, and organizational climate variables. Among the four variables, the achievement
motivation has the strongest influence on the lecturers’ performance. This research offers an
alternative hyphotetic strategy for managing the improvement of lecturers’ performance which
can be used by the leaders of the Polytecnic of Health Sciences as the input material to improve
the quality of human resources, especially lecturers."
JWK 16:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kinerja gu SD yang bergender wanita dalam menjalankan perannya sebagai instruktur pengentasan buta aksara. Penelitian dilaksanakan di 3 Kecamatan di Kabupaten Tangerang: Neglasari, Pinang dan Priok dimulai bulan September sampai dengan November 2007. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pengamatan langsung dan wawancara naturalistik dengan penyandang buta aksara dan instruktur buta aksara yang diambil secara acak. wawancara naturalistik juga dilakukan terhadap Pengelola Sanggar Belajar , Pejabat Pemda , Pejabat subdinas Pendidikan Tingkat Kabupaten dan Ketua Kelompok Belajar untuk mendapatkan data tentang kelangsungan program pengentasan buta aksara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru SD masih tetap berperilaku sebagai sebagai guru SD pada saat menjalankan perannya sebagai instruktur buta aksara bagi kelompok orang dewasa, peserta program PBA lebih menyukai instruktur wanita dibanding laki-laki, dan peran Pemerintah daerah sebagai penyandang dana sangat dominan dalam memelihara kelangsungan program PBA di daerah. Disarankan agar para guru SD yang menjadi instruktur buta aksara merubah cara pendekatan pedagogik yang merupakan landasan metode pembelajaran bagi orang dewasa."
JUPENDI
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Alifah Nur Meiliana
"Topik kesejahteraan pada guru menjadi pembahasan yang terus bergulir dari tahun ke tahun. Hingga saat ini, guru masih dianggap sebagai salah satu profesi dengan tingkat stres yang cukup tinggi, tak terkecuali guru di sekolah dasar yang tugasnya lebih menantang dibandingkan guru di jenjang pendidikan lain. Padahal, stres pada guru dapat memengaruhi berbagai aspek, bukan hanya terhadap proses belajar siswa, melainkan juga pemenuhan kebutuhan personal guru itu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memiliki teacher subjective well-being yang baik. Salah satu faktor yang diduga dapat memengaruhi teacher subjective well-being adalah self-compassion. Penelitian ini hadir untuk mengeksplorasi hubungan antara self-compassion dan teacher subjective well-being pada guru sekolah dasar dengan menggunakan Teacher Subjective Well-Being Questionnaire (TSWQ; Renshaw et al., 2015) dan Self-Compassion Scale (SCS-LF; Neff, 2003a). Melalui 224 partisipan yang mengikuti penelitian ini, ditemukan korelasi positif yang signifikan antara self-compassion dengan teacher subjective well-being (r = 0,389, p < 0,01). Dalam hal ini, komponen-komponen positif dalam self-compassion mampu membantu guru sekolah dasar memaknai perannya lebih dalam sehingga teacher subjective well-being pada guru meningkat.

The topic of teacher well-being is commonly discussed over time. Up to this day, teacher is still mainly named as one of the most stressful job, not to mention elementary school teachers whose demands are more challenging than other secondary teachers. This topic is appealing since teacher’s stress influences some aspects, not only student’s learning process, but also teacher’s journey on personal growth. Therefore, it is important for teacher to maintain a good level of teacher subjective well-being. One of the factors expected to be affecting teacher subjective well-being is self-compassion. This study aimed to explore the correlation between self-compassion and teacher subjective well-being among elementary school teachers using Teacher Subjective Well-Being Questionnaire (TSWQ; Renshaw et al., 2015) and Self-Compassion Scale (SCS-LF; Neff, 2003a). Through the participation of 224 elementary school teachers, a positive, significant correlation is found between self-compassion and teacher subjective well-being (r = 0,389, p < 0,01). In this case, the positive components of self-compassion can help elementary school teachers grasp the meaning of their own role, thus increasing their teacher subjective well-being."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
"Kata-kata "Guru digugu dan ditiru" sering kita dengar diungkapkan. Guru dinilai sebagai seseorang yang dapat di percaya,berdedikasi dan berjasa bagi kemajuan masyarakat ...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>