Ditemukan 1804 dokumen yang sesuai dengan query
Uffelen, Chris van
"Drawing on 60 examples, this title shows the multiplicity of contemporary airport construction and design. The projects presented include large scale airports, long term building projects, smaller airports at more remote locations, expansions and individual new functional areas like air traffic control centers, hangars and lounges."
Indianapolis: Braun Publish, 2012
R 725.39 UFF a
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Jakarta: Archipelago Press, 1998
R 720.9 ARC
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Singapore: Archipelago Press, 1998
720 ARC
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Adinda Nuha Fahira Fahmy
"Skripsi ini membahas Bandara Soekarno-Hatta sebagai gerbang masuk negara dan bagaimana sebuah bandara mengkomunikasikan identitas sebuah negara. Tulisan ini menggunakan teori mengenai place dan Semiotika untuk memahami identitas yang terbaca pada Bandara Soekarno-Hatta. Place dapat didefinisikan sebagai tempat yang menunjukkan signifikansi konteks tempat ia berada serta memiliki signifikansi yang dapat berasal dari budaya, sejarah, dan lain-lain. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari simbol-simbol yang dipakai di masyarakat dan perannya dalam mengkomunikasikan suatu ide, termasuk kajian arsitektur di era Pasca Modern. Arsitektur di era ini menunjukkan gaya arsitektur yang ingin membangkitkan kembali arsitektur yang lebih seimbang dari sisi fungsi dengan non-fungsi termasuk ornamen dan simbol identitas. Sebagai gerbang masuk negara, Bandara Soekarno-Hatta memiliki fungsi menyampaikan identitas negara dan memberikan kesan pertama kepada para pengunjung serta menyambut pulang orang-orang Indonesia. Oleh karena itu Bandara Soekarno-Hatta harus menjadi place yang menandakan bahwa pengunjung sedang berada di Indonesia dan identitas lokal seperti melalui penggunaan simbol dan penggunaan arsitektur tradisional dengan teknologi modern. Terminal 1 dan 2 mengangkat identitas Indonesia melalui arsitektur tradisional Jawa menekankan ide tentang place yang lebih spesifik. Sementara Terminal 3 mengangkat identitas Indonesia yang lebih modern dan lebih dominan dengan ide non-place yaitu bandara sebagai ruang transisi. Dari sini bisa dianalisis bahwa arsitektur Bandara Soekarno-Hatta menunjukkan identitas Indonesia yang terus berkembang.
This study explores Soekarno-Hatta Airport as the gateway to Indonesia and how the airport communicates Indonesia’s identity. This study uses theories of place and Semiotics to understand the identity of Soekarno-Hatta airport. Place can be defined as a space with a significant meaning that shows local contexts, coming from local culture, history, and identity. Semiotics is a study about symbols that is used in presenting certain meanings and it has a key role in communicating an identity. Architecture during the Postmodern era can be understood using semiotics such as the modern style that wants to revive architecture that is more balanced in function and non-function including ornaments and identity symbols. As a gateway to a country, Soekarno-Hatta Airport has a function to convey Indonesia’s identity and give first impressions toward visitors and welcome Indonesians home. Because of that, Soekarno-Hatta Airport has to be a place that signifies that visitors are currently in Indonesia, and that can be shown through the use of traditional architecture combined with modern technology or a narration throughout the airport that conveys its identity. Terminal 1 and 2 tell us about Indonesia’s identity from its traditional side and emphasizes the idea of place that is more specific, while Terminal 3 shows Indonesia in a modernized state and is more dominant in the idea of non-place which is the airport as a space of transition. From this study we can conclude that the architecture of Soekarno-Hatta Airport conveys a message about Indonesia’s identity that keeps on growing."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mush`ab Abdu Asy Syahid
"Bandar udara internasional Soekarno-Hatta yang berlokasi di Tangerang, Banten menjadi arsitektur transport hub utama di Indonesia yang mengadakan interaksi global-lokal antardaerah lokal dan internasional. Kekeliruan berulang mengenai letak tapak bandara yang dianggap berada di Jakarta menjadi awal isu penelitian ini. Tesis ini berusaha menggali fenomena sejarah pembangunan arsitektur di Tangerang dengan menggunakan model kerangka teori pusat-pinggir dalam lingkup studi pascakolonialisme. Fokus studinya mencakup bagaimana relasi kuasa pada negara kolonial colonial state dan negara pascakolonial postcolonial state membentuk mekanisme ruang dan identitas melalui pembangunan arsitektur dan teknologi modern.Dengan menggunakan model pusat-pinggir, penelitian ini memaparkan bahwa pembangunan terminal keberangkatan I II bandara Soekarno-Hatta bertendensi untuk merepresentasikan budaya dan identitas nasional, serta menampilkan posisi Tangerang sebagai margin. Hal ini diperkuat dengan hadirnya oposisi biner pada pembentukan ruang kota dan arsitektur di Tangerang, seperti jalinan wacana dan praktik kolonial-pascakolonial, regulasi pusat-daerah yang menempatkan Tangerang sebagai pinggir ibukota Jakarta. Didukung oleh penggalian arsip dan studi kartografi masa kolonial-pascakolonial, tesis ini juga menunjukkan keterkaitan paradigma pembangunan ldquo;modern rdquo; di Tangerang masa kolonial dengan masa Indonesia pascakolonial. Adanya teknologi bandara di daerah juga menghadirkan fenomena ldquo;pusat baru rdquo;, di sisi lain berdampingan dengan ldquo;pinggir lama rdquo;. Pertemuan arus global dan peran lokal selama pembangunan-pembangunan di wilayah pinggir mengaburkan teritorialitas.Tesis ini menyimpulkan bahwa bandara Soekarno-Hatta menjadi representasi dari kecenderungan Orde Baru sebagai pusat untuk membentuk tradisi nasional di wilayah pinggir. Di sisi lain, dengan hadirnya teknologi transportasi dan arsitektur modern umumnya mampu menjadi alat yang turut memengaruhi perkembangan dan dinamika konfigurasi pusat-pinggir di dunia yang semakin cair, meleburkan yang global dan yang lokal. Hal ini terkait dengan bagaimana pembentukan paradigma berpikir pemerintah, arsitek dan masyarakat dalam merancang dan merencanakan pembangunan arsitektur dan ruang kota secara umum di negara pascakolonial.
Soekarno Hatta international airport which is located in Tangerang, Banten is the Indonesia rsquo s main transport hub architecture that provides global local interactions locally and internationally. The initial research issue begins with the case of repetitive misspelling about the airport site location which often emerges as it was perceived located in Jakarta. This thesis is trying to offer fresh view to dismantle the phenomena of history of architecture and urban space development as built environment in Tangerang by the framework of center periphery in postcolonial study. This research focuses on how power relations in colonial state and postcolonial state work to produce spatial mechanism and national identity through the development of modern infrastructure and technology.By concerning centre periphery model configuration, I describe and analyze the planning and desgin development of departure and arrival terminal I II of Soekarno Hatta to represent national identity and culture to display Tangerang as margin. Binary opposition had existed within history of colonialism and political construction of archtiecture and urban space in Tangerang, the discourse and practices of colonial postcolonial, center core region relationship, and global nexus force local agency. Archival and cartography throughout the colonial and postcolonial history, I show the interrelationship of ldquo developmental rdquo paradigm in Tangerang within colonial and postcolonial era. The presence of airport infrastructure in region also provides as catalyst to develop new ldquo centre rdquo , surrounding with the ldquo old periphery rdquo . Modern development and global local intermingling also blur the territoriality and duality of centre and periphery.This thesis conclude that Soekarno Hatta airport becomes a cultural representation from New Order tendency as a centre to create national identity through cultural tradition in space of periphery. The presence of transportation technoloty and modern architecture generally become significance tools in empasizing and developing the relationship of centre periphery configuration and melt between the global and the local. This is also related with how the paradigm of power relation between government, architect and society are constructed in designing and planning their architectural and urban space in the postcolonial state."
2017
T48399
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Natasya Lucky
"Sydney Airport adalah salah satu airport paling sibuk di Australia dan berlokasi 8km dari pusat kota Sydney. Pendapatan utamanya berasal dari 4 sektor yaitu: aeronautical, retail, rental property dan mobil, serta parkir Valuasi perusahaan ini dilakukan dengan 3 metode yaitu: multiples, residual income (RI), dan free cash flow (FCF). Hasil dari multiples mirip dengan harga saham SYD saat ini. Hasil dari RI lebih rendah dari harga saham SYD, dan disarankan agar pembaca menjual investasi mereka. Hasil dari FCF lebih tinggi dari harga saham SYD, dan disarankan agar pembaca berinvestasi pada SYD. Membandingkan ketiga metode, kami percaya bahwa FCF adalah metode paling cocok untuk SYD.
Sydney Airport (SYD) is one of Australia’s busiest airport located 8km south of Sydney’s Central Business District. It derives its revenue from four main sources: aeronautical, retail, property and car rental, and parking and ground transport. The valuation of this company is done by using three different methods: multiples, residual income (RI), and free cash flow (FCF). Multiples valuation results in similar value to SYD’s current share price, suggesting readers to hold their investment. RI valuation results in lower value compared to SYD’s current share price, suggesting that SYD is overvalued and readers need to sell their investment. FCF valuation results in higher value compared to SYD’s current share price, suggesting readers to buy new shares. Comparing the three valuation methods, we believe that FCF is the most appropriate for SYD and we suggest readers to invest in SYD."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Maria Benedikta Stella Harman
"Sydney Airport (SYD) is one of Australia’s busiest airports. Since 2002, Sydney Airport has been listed in the ASX (ASX : SYD). It derives its revenue from four main sources: aeronautical, retail, property and car rental, and parking and ground transport. This report analyses Sydney Airport’s valuation by using three different methods: multiples, residual income (RI), and free cash flow (FCF). Both FCF and multiples valuation results in lower value than SYD’s current stock price suggesting investors to sell SYD’s stock. However, RI valuation results in higher price than the current stock price. Comparing the three methods, our team believes that FCF is the most compatible method to value SYD.
Sydney Airport adalah salah satu airport paling sibuk di Australia. Sydney Airport di terdaftar di ASX (ASX : SYD) sejak 2002. Pendapatan utama Sydney Airport berasal dari 4 sektor yaitu: aeronautical, retail, sewa properti dan mobil, serta parker. Laporan ini menganalisa valuasi Sydney Airport melalui 3 metode yaitu: multiples, residual income (RI), dan free cash flow (FCF). Valuasi menggunakan FCF dan multiples lebih rendah daripada harga saham SYD mengindikasikan agar investor menjual investasi mereka. Namun, valuasi menggunkaan RI lebih tinggi daripada harga saham SYD, mengindikasikan agar investor membeli saham SYD. Membandingkan ketiga metode, kami percaya bahwa FCF adalah metode paling cocok untuk SYD."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
"This volume examines the role that airports play in economic development and land values, the regulation and economic efficiency of airports, airport pricing and competition, and the role played by airports in influencing airline operations and networks."
United Kingdom: Emerald, 2017
e20469415
eBooks Universitas Indonesia Library
I Nyoman Bagiana
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S41816
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jakarta: Indoavis, 2012
R 387.736 2 IND a
Buku Referensi Universitas Indonesia Library