Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 114746 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Teknik Pemandangan Indah dalam meningkatkan kualitas keterampilan menulis deskripsi pada siswa SD. Adapun teknik yang mengakualisasikan imajinasi persepsi otak atas sebuah objek yang ingin digambarkan..."
MET 12:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Nurdianingsih P A
"ABSTRAK
Dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi bahasa Inggris, siswa kelas 4 mengalami kesulitan untuk memulai kegiatan menulis karena mereka tidak mampu mengungkapkan ide mereka dengan baik terkait topik yang harus mereka tulis. Mind-mapping dianggap dapat memberikan solusi atas masalah ini karena mind-mapping merupakan cara mencatat secara efektif dan kreatif dengan memetakan ide secara terorganisir. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif teknik pengajaran keterampilan menulis teks bahasa Inggris yang lebih menarik dan kreatif khususnya untuk siswa sekolah dasar melalui penerapan teknik mind-mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan merupakan penelitian kolaborasi antara peneliti dan guru bahasa Inggris yang bekerja sama dalam perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, kuesioner, wawancara, dan tes menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mind-mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks narasi bahasa Inggris siswa. Penggunaan gambar berwarna dalam mind -mapping efektif meningkatkan antusiasme siswa dalam tahap pengembangan topik dan pemodelan teks. Penggunaan mind-mapping sebagai strategi pramenulis pada tahap penyusunan dan penulisan teks berhasil membantu siswa mengungkapkan ide mereka dengan baik sehingga siswa mampu menghasilkan teks narasi dengan isi dan struktur teks yang tepat. Penelitian ini juga mengemukakan respon positif persepsi siswa terhadap penggunaan mind-mapping. Kata kunci: keterampilan menulis, mind-mapping, siswa muda, teks narasi bahasa Inggris

ABSTRACT
In writing English narrative texts, 4th grade students as young learners had difficulties in expressing ideas related to topics assigned by teachers. Mind mapping was considered to solve the problem because it was a way of taking note effectively and creatively by mapping organized ideas. This study aimed to provide an alternative teaching techniques of English text writing skills that were more interesting and creative especially for elementary school students through the application of mind mapping techniques. This study was a classroom action research using a combination of quantitative and qualitative methods. The design was a collaborative study between the researcher and English teacher who worked together in planning, implementing, observing, and reflecting on the implementation of mind mapping. Data were collected through classroom observations, questionnaire, interview, and writing activities. The results showed that mind mapping was effective in improving the students rsquo ability to write English narrative texts. The use of colorful pictures was effective to enhance students rsquo enthusiasms in topic development and text modelling. The use of mind mapping as a prewriting strategy at the stage of composing and writing text successfully helped students express ideas so that they could produce narrative texts with appropriate content and structure. This study also revealed that students rsquo perceptions towards mind mapping were positive. Keywords writing skills, young learners, mind mapping, English narrative texts"
2018
T50959
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanang Somantri
"Telah banyak program pembangunan dilaksanakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani, tetapi hasil program belum dapat mengentaskan petani dari kemiskinan dan ketidakberdayaan. Kehadiran Program Aksi Pemberdayaan Masyarakat Tani Menuju Ketahanan Pangan Nasional (Proksidatani) dimaksudkan sebagai suatu upaya meningkatkan keberdayaan petani dan kelompok tani agar menjadi subyek pembangunan. Dengan perkataan lain, meningkatnya kemandirian atau daya saing petani dan kelompok tani maka akan berdampak kepada hasil produksi usaha tani dan dapat mewujudkan kesejahteraan petani serta tercapainya swasembada pangan nasional. Akan tetapi yang menjadi menarik untuk dikaji adalah bagaimanakah karakteristik program yang mengandung unsur pemberdayaan tersebut dan bagaimana pula implementasinya dilapangan.
Untuk melihat karakteristik program digunakan pendekatan dari Korten tentang derajat kesesuaian antara kebutuhan pihak penerima dengan program, prasyaratan program dengan kemampuan mengungkapkan kebutuhan oleh organisasi pelaksana. Pemikiran Korten dipakai karena keberhasilan suatu program pembangunan yang dilaksanakan akan terkait erat dengan kesesuaian tiga arah tersebut. Kemudian, dari segi implementasi program dilihat dari pandangan Lewin yang mengungkapkan strategi-teknik dalam melakukan usaha perubahan yaitu mulai dari tahap: (a) pengembangan kebutuhan akan perubahan, (b) membentuk relasi perubahan, (c) bekerja ke arah perubahan yang terdiri dari; klarifikasi dan diagnosa permasalahan sistem klien, menelaah kemungkinan untuk mencari penyelesaian dan tujuan kegiatan, transformasi dari niat menjadi upaya perubahan yang nyata, (d) generalisasi dan stabilisasi perubahan (e) terminasi relasi perubahan.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif karena penelitian ini menggambarkan mengenai karakteristik dan implementasi program dalam meningkatkan keberdayaan petani dan kelompok tani, sedangkan pendekatan yang dipakai adalah kualitatif sebab penelitian ini menekankan pada sisi proses implementasi program. Untuk itu, teknik observasi partisipasi dan wawancara mendalam digunakan dalam menggali data dilapangan. Kelompok tani dan petani padi sawah di desa Cileunyi Kulon kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung Jawa Barat diambil sebagai kasus hanya sebatas untuk melihat gambaran (kasus) antara karakteristik program (blue print) dengan implementasinya dilapangan, kemudian sampel penelitian yang digunakan adalah teknik snowball dan untuk menganalisa data yang telah diperoleh digunakan teknik editing (editing analysis style).
Berdasarkan temuan lapangan, program Proksidatani di desa Cileunyi Kulon hanya dikenal oleh kelompok petani tertentu yaitu petani yang dekat dengan pelaksana program, sedangkan petani yang miskin atau yang kurang dekat dengan pelaksana program kurang memahami program tersebut. Pemilihan kelompok sasaran menjadi subyektif dimana petani yang berhak untuk memperoleh program tidak diprioritaskan, sehingga tujuan program yang semula dapat meningkatkan keberdayaan petani dan kelompok tani dari kemiskinan menjadi salah sasaran dan jatuh kepada petani yang tidak layak untuk menerima program. Pengenalan dan penggalian potensi wilayah menjadi terbatas pada pemenuhan prasyarat guna mencairkan "bantuan" dari pemerintah pusat. Koordinasi persiapan pelaksanaan program menjadi mandul dan terbatas pada usaha pencairan bantuan semata. Koordinasi yang semestinya menjadi suatu usaha kerjasama antara pelaksana dan penerima program untuk meningkatkan keberdayaan petani dan kelompok tani menjadi terbatas dikalangan kelompok elit desa. Dengan demikian, analisis data menjadi kurang tepat dan hanya terfokus pada pilihan data yang dapat mendukung atau membenarkan rencana pemberian bantuan atau pencairan kredit usaha tani semata.
Tujuan bantuan yang semula sebagai rangsangan atau komponen pelengkap menjadi suatu target utama. Prioritas masalah (bantuan) untuk meningkatkan pendapatan dan kemandirian petani dan kelompok tani menjadi tidak jelas dan lebih menguntungkan elit desa. Program usaha peningkatkan keberdayaan petani belum dipahami secara tepat dan cermat oleh pelaksana ditingkat bawah. Unsur bantuan dalam komponen program akhirnya menjadi suatu bibit bagi nepotisme dan kolusi baru ditingkat bawah. Dengan adanya distorsi antara rencana dan implementasi maka keberlanjutan atau generalisasi dan stabilisasi belum berjalan dan tidak sesuai dengan harapan. Ukuran terminasi relasi kegiatan hanya diukur oleh habisnya bantuan yang telah dialokasikan dan tidak bersandar pada terbentuknya petani atau kelompok tani yang kuat dan berdaya. Oleh karena itu, suatu program yang akan diluncurkan kepada masyarakat ternyata diperlukan persiapan sosial yang matang dan sosialisasi secara terus menerus dengan memakai berbagai teknik seperti dengan pelatihan petani kader, seleksi penerima secara tepat atau pemilihan kelompok sasaran dan evaluasi secara terbuka oleh masyarakat sendiri."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
T7165
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aria Bayu Setiaji
"Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada aspek kemampuan ketrampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Panca Rijang. Permasalahan tersebut antara lain (1) siswa kurang merespon pembelajaran menulis karangan deskripsi, (2) siswa mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan suatu objek atau peristiwa dalam betuk karangan, (3) Guru tidak mengnakan metode pembelajaran yang inovatif guna untuk merangsan dan mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis, (4) Siswa kurang sadar akan pentingnya mempelajari karangan deskripsi. Penelitian ini adalah penelitian infrensial yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pengunaan metode Quantum Writing terhadp hasil belajar siswa pada kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Panca Rijang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa nilai empiris lebih besar daripada nilai tabel yaitu 7,187 lebih besar daripada 2,201 pada taraf signifikan 5% dan 7,187 lebih besar dari pada 2,704 pada taraf signifikan 1% dengan db 40. Dengan perbedaan perolehan nilai tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menerapkan metode Quantum Writing lebih baik dari pada kemampuan siswa yang diajar dengan mengunakan metode konvensional.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan aspek kemampuan ketrampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Panca Rijang. Permasalahan tersebut antara lain (1) siswa kurang merespon pembelajaran menulis karangan deskripsi, (2) siswa mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan suatu objek atau peristiwa dalam betuk karangan, (3) guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang inovatif guna merangsangdan mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis, (4) siswa kurang sadar pentingnya mempelajari karangan deskripsi. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan metode Quantum Writingterhadap hasil belajar siswa pada kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Panca Rijang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Compare Means dengan uji Independent Sample T-Test. Pada penelitian ini, diambil dua kelasdari enam kelas, dengan menggunakan teknik Random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa nilai empiris lebih besar daripada nilai tabel yaitu 7,187 lebih besar daripada 2,201 pada taraf signifikan 5% dan 7,187 lebih besar daripada 2,704 pada taraf signifikan 1% dengan db 40.Perbedaan perolehan nilai tersebut menyatakanbahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menerapkan metode Quantum Writinglebih baik daripada menggunakan metode konvensional."
ambon: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, 2019
400 JIKKT 7:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Krishna Eka kurnia
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26622
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Hestieyonini Hadnyanawati
"Oral hygiene determines by food debris, plague, calculus, material alba, and stain at surface of tooth. The main cause of gingivitis is plague, with following anomaly periodontal. The purpose of this study is to know the correlation of oral hygiene and gingivitis of class V (five) elementary school students in Kabupaten Jember. Method cross sectional was use in this study, and sample was taken by Stratified Random Sampling. Material and tools uses in this study are mouth glass, sonde, pincer, probe periodontal, sterile cotton, and alcohol 70%. The respondents examined and write OHI-S status and GI status. The result indicated that OHI-S status was relation with becomes gingivitis. Student with bad OHI-S status will become gingivitis (100%). This data waas test by Chi square (X2), and indicated that there is correlation between oral hygiene and gingivitis (p = 0,000)."
[Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Journal of Dentistry Indonesia], 2002
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tinneke Primasari
"Salah satu tolak ukur dalam keberhasilan pembangunan nasional suatu bangsa adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Anak usia sekolah merupakan investasi terbesar suatu bangsa karena merupakan generasi penerus bangsa yang dapat membawa perubahan terhadap bangsanya. Kekurangan gizi pada anak usia sekolah adalah masalah kesehatan yang menyangkut masa depan dan kecerdasan serta berdampak buruk pada masa dewasa yang mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas. Banyak faktor yang mempengaruhi kejadian ini seperti ketidakseimbangan zat gizi, keberadaan penyakit infeksi, kondisi sosial ekonomi dan lain sebagainya. Penilaian status gizi responden berdasarkan klasifikasi WHO-NCHS dengan indeks berat badan menurut umur (BB/U). Gizi kurang terjadi karena rendahnya konsumsi makanan (energi) dibandingkan dengan kebutuhan dan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Dimana keadaan ini diperburuk oleh faktor lingkungan yang tidak mendukung dan perilaku keluarga yang tidak membiasakan anak sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi kurang pada siswa sekolah dasar di 3 kecamatan di Kabupaten Kampar tahun 2007. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian crossectional. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 149 siswa. Analisis dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi-square.
Hasil penelitian menunjukjan sebanyak 16,1% responden berstatus gizi kurang, 2% berstatus gizi buruk, 81,2% berstatus gizi baik dan 0,7% lainnya berstatus gizi lebih. Proporsi responden laki-laki lebih sedikit dibandingkan responden perempuan dan lebih banyak responden dengan umur ≥ 10 tahun dibandingkan responden berumur < 10 tahun. Sebagian besar responden memiliki pengetahuan gizi baik yaitu sebesar 51,7% dan sebanyak 59,1% responden tidak ikut serta dalam program PMT-AS. Tidak terdapat perbedaan bermakna (p>0,05) antara umur, riwayat kesehatan, pengetahuan gizi, kebiasaan makan pagi, kebiasaan jajan, keikutsertaan PMT-AS, pendidikan dan pekerjaan orangtua serta konsumsi zat gizi dengan status gizi siswa. Sedangkan jenis kelamin mempunyai hubungan yang bermakna (p=0,03) dengan status gizi siswa, dimana POR=2,88 yang berarti bahwa anak laki-laki mempunyai peluang 2,88 kali untuk mengalami gizi kurang dibanding anak perempuan. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak sekolah dan pelaksana program pemberian makanan tambahan agar dapat memberikan makanan tambahan kepada siswa dengan status gizi kurang sehingga tujuan program dapat tercapai, yaitu perbaikan status gizi dan kesehatan siswa."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>