Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 190118 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amir Syafrudin
"Dalam menjalankan fungsinya Direktorat Jenderal Pajak Ditjen Pajak perlu memanfaatkan data eksternal data dan informasi terkait perpajakan yang diterima dari pihak ketiga Data eksternal tersebut harus terlebih dahulu dihubungkan ke data wajib pajak melalui identifikasi nomor pokok wajib pajak NPWP untuk data eksternal tersebut. Saat ini proses identifikasi data eksternal masih mengandalkan metode semi manual. Proses tersebut dapat dikembangkan dengan mengadopsi metode record linkage Dua hal penting yang dibutuhkan metode tersebut adalah rule set dan match specification yang sesuai dengan karakteristik data eksternal dan data internal yang akan dihubungkan. Permasalahannya adalah Ditjen Pajak belum memiliki rule set dan match specification yang siap untuk digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang rule set dan match specification yang sesuai dengan kebutuhan Ditjen Pajak Rule set dan match specification tersebut dirancang berdasarkan data tenaga kerja dari BPJS Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan data wajib pajak orang pribadi yang dimiliki Ditjen Pajak. Aplikasi yang digunakan untuk merancang dan menguji rule set dan match specification tersebut adalah aplikasi IBM InfoSphere yang dimiliki oleh Ditjen Pajak.
Hasil pengujiannya menunjukan bahwa metode record linkage dapat meningkatkan kecepatan proses identifikasi data eksternal secara signifikan. Metode record linkage juga dapat mencapai akurasi proses identifikasi data eksternal yang memadai. Hal ini juga menandakan bahwa rule set dan match specification yang dirancang sudah cukup sesuai dengan karakteristik data yang digunakan dalam penelitian ini.

In carrying out its functions, the Directorate General of Taxation (DGT) need to utilize external data (data and information related to taxation received from third parties). The external data must first be linked to taxpayer data by identifying the taxpayer identification number (TIN). Currently, the process of external data identification still relies on semi-manual methods. The process can be improved by adopting record linkage method. Two important things required by this method are rule set and match specification that is suitable with the characteristics of the external and internal data to be linked. The problem is that DGT does not have a ready-to-use rule set and match the specification.
This research aims to design the rule set and match specification that is suitable with the requirements of DGT. The rule set and match specification are designed using labor data from BPJS (Indonesia's Social Security Agency) and individual taxpayers data owned by DGT as the data source. The application used to design and test the rule set and match specification is IBM InfoSphere which is currently owned by DGT.
The test results showed that record linkage method can significantly improve the speed of external data identification process and achieve adequate accuracy for the process. This also indicates that the rule set and match specification designed in this research is suitable with the characteristics of both data sources used in this research.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Moslem Afrizal
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) terhadap penerimaan pajak di Indonesia. Cakupan analisisnya adalah 34 provinsi di Indonesia dalam rentang waktu tahun 2018 s.d. 2022. Pajak yang menjadi basis analisis adalah pajak pusat yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pusat, dimana proksinya adalah tax ratio (penerimaan pajak per PDRB provinsi), dan proksi TIK nya adalah base transceiver station (BTS) dan penetrasi internet. Pada dasarnya, pengaruh TIK terhadap penerimaan pajak bersifat indirect, sehingga penelitian ini menggunakan metode two-stage least square (TSLS) untuk menguji mekanismenya. Variabel yang menjadi penghubung adalah rasio kepatuhan SPT, karena hubungannya dengan TIK bersifat direct. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode two-step system GMM untuk melihat aspek dinamis dan menguji hubungan antara TIK dan penerimaan pajak secara direct. Hasil estimasi TSLS menunjukkan bahwa BTS dan penetrasi internet menunjukkan korelasi positif terhadap rasio kepatuhan, dan rasio kepatuhan berkorelasi positif terhadap tax ratio. Hasil estimasi GMM menggambarkan bahwa BTS dan penetrasi serta kepatuhan memiliki korelasi yang positif terhadap tax ratio. Sehingga, TIK memiliki hubungan terhadap penerimaan pajak secara indirect dan direct. Oleh karena itu, TIK memiliki potensi yang besar bagi peningkatan kepatuhan pelaporan SPT yang dapat mengarah pada penerimaan pajak di Indonesia.

This study aims to examine the relationship between information, communication and telecommunication (ICT) and tax revenue in Indonesia. The analysis covers 34 provinces in Indonesia over the period from 2018 to 2022. The focus of the analysis is on central taxes managed by the Directorate General of Taxes, with the proxy for tax revenue is the tax ratio (tax revenue per provincial GDP), and the ICT proxies are base transceiver stations (BTS) and internet penetration. Essentially, the association of ICT on tax revenue is indirect, thus this study employs the two-stage least squares (TSLS) method to test the mechanism. The intermediary variable is the tax compliance ratio, due to its direct relationship with ICT. Additionally, this study uses the two-step system GMM method to examine the dynamic aspects and test the direct relationship between ICT and tax revenue. The TSLS estimation results indicate that BTS and internet penetration show a positive correlation with the compliance ratio, and the compliance ratio positively correlates with the tax ratio. The GMM estimation results reveal that BTS, internet penetration, and compliance have a positive correlation with the tax ratio. Therefore, ICT is related to tax revenue both indirectly and directly. Consequently, ICT holds significant potential for enhancing tax compliance, which can lead to increased tax revenue in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayuningtyas Hertianti
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
S25990
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qurratul Aini
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efisiensi PNBP 126 kantor imigrasi (kanim) selama periode 2019-2022 dan menganalisis hubungan antara tingkat efisiensi tersebut dengan penggunaan teknologi informasi. Dengan menggunakan metode data envelopment analysis (DEA), tingkat efisiensi sebesar 0,470 menandakan rata-rata efisiensi penggunaan input adalah sebesar 47%. Skor efisiensi relatif meningkat tiap tahun dengan nilai rata-rata secara berurutan dari tahun 2019 hingga tahun 2022 adalah sebesar 0,402, 0,470, 0,635 dan 0,371. Estimasi DEA juga menunjukkan bahwa kanim yang menjadi tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) memiliki nilai rata-rata efisiensi lebih tinggi dibandingkan dengan kanim non TPI dan kelas kanim kelas dengan lokasi lebih strategis memiliki nilai efisiensi lebih rendah. Hasil estimasi menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi pada kantor imigrasi belum memiliki pengaruh terhadap tingkat efisiensi PNBP keimigrasian. Selain itu, sub-sample analysis pada kelas kanim juga memiliki nilai yang beragam.

This study aims to measure efficiency level of Non-Tax State Revenue on 126 immigration offices in 2019-2022 and analyze its relationship with information technology utilization. Using the data envelopment analysis (DEA) method, the efficiency level is 0,470, indicating that the average input efficiency is 47%. The relative efficiency score increases yearly ??from 2019 to 2022 with average values 0,402, 0,470, 0,635 dan 0,371 respectively. DEA estimates that immigration offices with checkpoint services have higher average efficiency score than non-checkpoints one and the more strategic immigration offices’ location tends to lower the efficiency level. The empirical method used is panel data regression with fixed effect model. The estimation results show that the use of information technology at the immigration office has no effect on the efficiency level of immigration Non-Tax State Revenue. In addition, sub-sample analysis on immigration office’ class shows mixed results."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Destiarasari
"Pemanfaatan Teknologi Informasi berbasis internet telah berkembang dengan pesat, Direktorat Jenderal Pajak saat ini telah melakukan transformasi sistem registrasi NPWP yang berbasis online. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. penelitian ini bertujuan membahas apa saja yang telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam melaksanakan transformasi sistem Registrasi NPWP serta menganalisis sistem aplikasi e-Registration ditinjau dari asas ease of administration. Penelitian dilakukan dengan metode post-positivist dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa transformasi yang dilakukan DJP berupa integrasi data dengan sistem OSS dan AHU Online, serta sistem besar yang akan menggantikan SIDJP yaitu COTS. Kendala dalam melakukan transformasi sistem berupa belum adanya kesamaan basis data dan kurangnya sosialisasi.

Utilization of internet-based information technology is now growing so rapidly, The Directorate General of Taxation has now transformed an online Tax ID Number registration system. This is done to improve taxpayer compliance. This study aims to discuss what has been done by the Directorate General of Taxes in carrying out the transformation of the Tax ID Registration system and analyze the e-Registration application system in terms of the ease of administration principle. The research was conducted with quantitative methods with techniques for collecting in-depth interview data. The results showed that there were several transformations carried out by DGT consisting of integrated data with the OSS and AHU Online systems, as well as large systems that would involve SIDJP, namely COTS. Constraints in carrying out a system transformation include lack of similarity in the database and lack of socialization."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Ulfah
"Sistem informasi, infrastruktur, jaringan dan perangkat keras merupakan aset teknologi informasi di Pusdatin BKPM yang perlu dikelola dan dipelihara dengan baik untuk mengurangi terjadinya permasalahan di kemudian hari. Pemeliharaan aset TI, bukan hanya tentang bagaimana memperpanjang jangka hidup aset dan memastikan bahwa aset tersebut beroperasi secara efisien dan ekonomis tetapi juga mempertimbangkan aspek perencanaan dan strategi pengelolaan aset TI. Ketiadaan informasi mengenai aset-aset TI berdampak pada pengelolaan aset-aset TI yang kurang baik sehingga perlu dilakukan suatu pendataan aset TI yang terstruktur, terjadwal dan rutin.
Sistem Informasi Manajemen Aset TI (SMATI) digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan data dan informasi yang berkaitan aset TI. SMATI juga menyediakan kapabilitas pendukung keputusan melalui analisis data aset TI sebagai bahan pendukung keputusan pimpinan (bottom-up) dalam melakukan pengawasan, melakukan penilaian efektivitas pengelolaan aset, dan pemilihan teknologi di masa depan.
Penelitian ini melakukan perancangan spesifikasi kebutuhan sistem informasi dengan menggunakan Rational Unified Process (RUP) dengan disiplin Requirement pada Fase Inception dan Elaboration. Hasil dari penelitian ini adalah berupa dokumen artifak kebutuhan yang merepresentasikan kebutuhan Sistem Informasi Manajemen Aset TI di Pusdatin.

Information system, infrastructure, network, and hardware are information technology asset (IT Asset)s which have to be maintained and to be managed by Data and Information Center (Pusdatin) in order to minimize problems in the future. IT asset management, is not only about how to extend the lifecycle and to operate efficiently but also to consider in strategic aspect. The absence of IT assets information results poor IT asset management. Pusdatin requires a structured, scheduled, routine asset inventory to overcome this problem.
IT Asset Mangement System (SMATI) used by Pusdatin to collect and to reserve IT asset information. SMATI also provides decision support capability through analytical data. It can be used as a management decision support (bottom-up) in monitoring, assessing the effectiveness of asset management, and technology selection in the future.
This research is designing the system requirements specification information system using the Rational Unified Process (RUP) with Requirement discipline in Inception and Elaboration phase. The results of this study are in the form of a document artifacts that represent the needs of IT Asset Management Information System.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Setiowati Suprihatin
"Keberagaman sistem informasi kepegawaian yang ada di Indonesia menyebabkan terjadinya pulau-pulau informasi kepegawaian. Perbedaan sistem, platform, proses, dan metadata kepegawaian menjadi masalah yang tidak terelakan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pengelola data kepegawaian memiliki tugas untuk menyatukan datatersebut dalam sebuah database PNS nasional. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membangun interoperabilitas data kepegawaian. Interoperabilitas ini akan menjadi jembatan sistem-sistem tersebut untuk dapat melakukan sharing data yang dibutuhkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun interoperabilitas data kepegawaian yang sesuai untuk BKN. Pembuatan interoperabilitas data ini menggunakan standar Indonesian E-Government Interoperability Framework (IEGIF) dan metode perancangan Rapid Application Development (RAD) sebagai framework yang digunakan untuk merancang sistem layanan data kepegawaian. Pendekatan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa data primer yang didapat dari wawancara dan notulensi rapat serta data sekunder yang berasal dari dokumen-dokumen sistem.
Penelitian ini menghasilkan sebuah rekomendasi perancangan interoperabilitas data kepegawaian baik dari sisi semantik, organisasi, maupun teknik yang sesuai dengan karakteristik BKN serta implementasi interoperabilitas data kepegawaian tersebut.

The current diversity of personnel information systems in Indonesia is causing segmental issues with respect to the personnel information. Thus, because of the differences in systems, platforms, process and metadata, personnel issues are inevitable. The National Civil Service Agency (BKN) has a duty to produce all the data in a single database of national civil servantsinformation. Developing central employment data entity featuring interoperability is one way amongst other to resolve the issue. This will function as a bridge for those systems to share the required data.
The purpose of this study is to establish interoperability for personnel data for BKN. The development is using Standard of Indonesian E-Government Interoperability Framework (IEGIF) and architecture method of Rapid Application Development (RAD) as a framework for designing the personnel system. The data collection approach used in this study is containing primary data obtained from interviews and minutes of meetings as well as secondary data from system documents.
The end result of this study is a recommendation for personnel data providing interoperability, and designed in terms of semantics, organizations and suitable techniques for BKN and implementation thereof.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jus Widjaja
"Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan internet dewasa ini membawa perkembangan bisnis di segala bidang termasuk juga bagi penyedia jasa permainan rsquo game online rsquo Agar bisa melayani pelanggannya dengan baik dengan tingkat ketersedian yang tinggi diperlukan data center yang memiliki tingkat kehandalan yang baik Selain itu dengan berkembangnya bisnis penyewaan data center perusahaan juga berinisiatif untuk berinvestasi dalam pembangunan data center ini Karena investasi yang besar untuk pembangunan data center maka diperlukan perancangan data center yang bisa bertumbuh sesuai dengan kepentingan perusahaan atau organisasi termasuk didalamnya kepentingan bisnis dan ekonomi Untuk itu diperlukan penelitian yang mendalam tentang faktor faktor yang diperlukan dalam perancangan data center yang bisa bertumbuh dan sekaligus juga sesuai bagi kebutuhan spesifik perusahan Metodologi yang digunakan dalam pembuatan karya tulis ini adalah diawali oleh studi literatur untuk mendapatkan seluruh faktor termasuk seluruh opsinya untuk bisa merancang data center yang bisa bertumbuh Kemudian menyusunnya agar bisa didiskusikan dalam bentuk wawancara dan diskusi kelompok kepada lebih 9 orang ahli data center yang meliputi ahli perancangan data center para ahli sekaligus praktisi pembuat data center dan ahli sekaligus pengguna data center Dari hasil masukan wawancara dan diskusi kelompok Focus Group Discussion dengan peserta ahli data center penulis melakukan analis Pros Cons kepada faktor faktornya termasuk opsi yang memungkinkan data center bisa bertumbuh untuk perusahaan yang dimaksud analisis Pros Cons ini mengelompokan semua faktor tersebut ke dalam kategori untuk kemudian dirangkum dan disajikan kepada pihak perusahaan dalam rangka validasi hasil yang merupakan hasil final karya akhir ini Hasil finalisasi yang diharapkan bisa digunakan untuk perusahaan sebagai strategi pembangunan data centernya yang bisa bertumbuh dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Disamping itu juga hasilnya ini bisa menjadi bahan acuan bagi perancang data center lainnya tentang faktor faktor yang penting dalam perancangan data center yang bisa bertumbuh

Along with the rapid development of information technology and the Internet today bringing business development in all areas including the game for service providers 39 online games 39 In order to serve its customers well with a high degree of availability the necessary data center that has a good level of reliability Moreover with the development of data center rental business the company also took the initiative to invest in the construction of this data center Because of a large investment for the construction of data centers it is necessary to design a data center that can grow in accordance with the interests of the company or organization including business and economic interests It required in depth research into the factors that are needed in the design of the data center that can grow and also according to the specific needs of the company The methodology used to create this thesis is preceded by a study of the literature to obtain all the factors including the option to be able to design the entire data center that could grow Then arrange them in order to be discussed in the form of interviews and group discussions to over 9 expert data center which includes data center design experts the experts at the same data center practitioners and experts maker and user of the data center From the feedback interviews and group discussions Focus Group Discussion with participants of data center experts the authors conducted a Pros Cons analyst to the factors including the option that allows data centers can grow to the company in question the Pros Cons analysis is to group all of these factors into categories for then summarized and presented to the company in order to validate the results of the final results of this thesis Finalization of the expected results can be used for enterprise data center as a development strategy that can grow and in accordance with company requirements Besides it is also the result of this could be a reference for data center designers other important factors in the design of the data center that could grow
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Andarrachmi
"ABSTRAK
Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) sebagai salah satu balai di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memiliki tugas dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kepentingan pemerintah pusat, daerah, publik, komunitas ilmu pengetahuan teknologi, dan industri. Tugas tersebut diwujudkan salah satunya dengan membangun sistem informasi monitoring teknologi informasi dan komunikasi yang bernama Simontik. Kemajuan tren teknologi dan ancaman siber yang tidak dapat dihindari membutuhkan adanya penerapan data mining untuk monitoring intrusi dalam melindungi informasi penting dimana perangkat lunak anti virus dan firewall tidak cukup memberikan perlindungan penuh sesuai dengan kondisi BJIK saat ini. Sejalan dengan hal tersebut, beberapa penelitian terdahulu juga menjelaskan teknik deep learning atau deep neural network pada data mining yang telah mencapai keberhasilan jauh lebih baik di berbagai aplikasi khususnya big data sets classification karena memberikan hasil yang akurat dalam menyelesaikan permasalahan sistem monitoring intrusi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan teknik classification dengan algoritme deep learning, support vector machine, dan random forest sebagai pembanding. Penelitian ini menggunakan metodologi knowledge discovery from data (KDD) dimana data mining hanya merupakan suatu langkah penting dalam urutan prosesnya. Hasil akhir dari penelitian ini merupakan model prediksi yang dikemudian diuji dengan dataset Simontik untuk diketahui akurasinya. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah algoritme deep neural network dan random forest menghasilkan akurasi yang paling baik, yaitu sebesar 99,91% dibandingkan dengan algoritme support vector machine yang memiliki akurasi sebesar 98,11%.
ABSTRACT
The Information and Communication Network Center (BJIK) as one of the centers in the Agency for the Assessment and Application of Technology (BPPT) has the task of implementing information and communication technology (ICT) for the benefit of the central, regional, public, technological and industrial science communities. One of the tasks is realized by building an information and communication technology monitoring information system called Simontik. The unavoidable progress of technological trends and cyber threats requires the application of data mining for intrusion monitoring in protecting important information where anti-virus software and firewalls do not provide full protection in accordance with current BJIK conditions. In line with this, several previous studies also explained that deep learning techniques or deep neural networks in data mining that have achieved success are far better in various applications, especially the big data sets classification because they provide accurate results in solving intrusion monitoring system problems. Based on this, this study uses classification techniques with deep learning algorithms, support vector machines, and random forest as a comparison. This study uses the knowledge discovery from data (KDD) methodology where data mining is only an important step in the sequence of the process. Result of this study is a prediction model which is then tested with the Simontik dataset to determine its accuracy. The results obtained from this study are that deep neural network and random forest algorithms produce the best accuracy, which is 99.91% compared to the support vector machine algorithm which has an accuracy of 98.11%."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wahyuni
"Aplikasi MDK merupakan aplikasi yang digunakan oleh BKKBN untuk mencatat dan menghasilkan laporan terkait data keluarga di 33 provinsi di Indonesia. Aplikasi MDK telah digunakan sejak tahun 2011, tetapi aplikasi ini masih belum efektif. Hal ini terbukti dengan masih adanya masalah yang muncul sehingga aplikasi MDK tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Beberapa masalah yang sering muncul dalam penerapan aplikasi MDK di BKKBN adalah keluaran tidak akurat, penurunan performa ketika periode entry data, dan operator tidak mengikuti SOP yang ada. Oleh karena itu, penulis menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi efektivitas aplikasi MDK, dengan menggunakan model UTAUT dan model DeLone and McLean serta model persamaan struktural. Model UTAUT dan model DeLone and McLean menunjukkan pengaruh antara satu variabel dengan variabel lain yang memengaruhi perilaku pengguna dalam menerima sistem informasi. Model UTAUT berfokus pada aspek individu (pengguna) dan organsisasi, seperti ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan niat perilaku. Model DeLone and McLean berfokus pada aspek teknologi, seperti kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, minat menggunakan, dan kepuasan pengguna. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan ke pengguna aplikasi MDK. Data kuesioner yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan SPSS 22, AMOS 22, dan LISREL 8.80. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil bahwa kepuasan pengguna merupakan faktor yang secara langsung memengaruhi efektivitas aplikasi MDK, sedangkan kualitas layanan, kualitas informasi, kondisi fasilitas, dan kualitas sistem merupakan faktor yang memengaruhi efektivitas aplikasi MDK secara tidak langsung, melalui kepuasan pengguna.

MDK application is an application used by the BKKBN to record the data and generate reports related families in 33 provinces in Indonesia. MDK application has been used since 2011, but this application is not yet effective. This is proven by the existence of a problem that appears to applications MDK can not function properly. Some of the problems that often arise in the application of MDK in BKKBN application are inaccurate output, a decrease in performance when the data entry period, and the operators do not follow the SOP. Therefore, the author analyzes the factors that affect the effectiveness of the MDK application, by using the UTAUT model and the model of DeLone and McLean and structural equation models. Model of UTAUT and model of DeLone and McLean show the effect of one variable with another variable that affects the behavior of users in receiving the information system. UTAUT model focuses on individual aspects (users) and organization, such as performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, and behavioral intentions. DeLone and McLean model focuses on technological aspects, such as information quality, system quality, service quality, intention to use, and user satisfaction. Data were collected through questionnaires distributed to users? MDK application. Questionnaire data obtained were processed and analyzed using SPSS 22, AMOS 22, and LISREL 8.80. The results of analysis showed that user satisfaction are factors that directly affect the effectiveness of applications MDK, while service quality, information quality, facilitating conditions, and system quality are factors that affect the effectiveness of the application MDK indirectly, through user satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>